Praktikum

 Thursday, October 13, 2005

Kemarin si apit ngedadak gitu ngasih tau gue suruh gantiin dia jadi pengajar praktikum untuk mata kuliah 'Pemrograman Web' di UIN yang di Ciputat itu... Tadinya sih gw gak yakin bisa... Tapi berhubung kerjaan lagi agak lowong... makanya yah gak ada salahnya di coba...di samping si apit ngeracunin gue, dia bilang "Akhwatnya manis-manis lho.... >:)".

Dateng agak kepagian, tanpa persiapan apa-apa buat materi yang bakal di kasih, habis si apit ngeyakinin gitu kalo yang di ajar baru basic HTML, yah kalo masih itu sih gw mau. Tapi sejujurnya gw paling males ngajar kalo gak ada guideline. Setelah tanya-tanya sana-sini ternyata gw musti ngajar praktikum ke gedung laboratorium di lantai 6! yang letaknya hampir di paling ujung kompleks UIN.

Harusnya ngajar jam 11.10, tapi anak2 baru dateng jam 11.30-an. Udah gitu ternyata ada bentrok. Gw ngajar buat dua kelas, kelas A & B, kalo menurut absensi kelas A yang duluan masuk jam 11.10, sedang kelas B baru jam 13.50, tapi di daftar penjaga lab malah kelas B dulu baru kelas A. Ternyata kelas A keluarnya telat, sedangkan anak2 kelas B udah pada siap, berhubung mereka (kelas B) minta langsung diajar... ya udah langsung aja praktikumnya gw kasih.

Ternyata setelah itu, ada anak-anak dari kelas A mau masuk praktikum, dan ada satu orang yang agak marah-marah gitu gara2 ngerasa jatah praktikumnya di serobot anak kelas B. Gw suruh mereka sabar lebih-lebih nih bulan puasa, habis ini baru giliran mereka. Setelah gw jelasin, eh tuh mahasiswa malah bilang "Kita udah bayar nih, kok malah kayak gini" dengan nada tidak puas. Gua juga agak gondok digituin, tapi ya kayaknya emang harus sabar... lagian kesalahan administrasi ini emang sepengetahuan gue apa...? lagi pula status gue pun sebatas pengajar praktikum serep aja untuk gantiin Bapak Hafizzudin Amin (aka Apit) untuk kamis ini aja, dan gue dah bilang ke mahasiswanya belum tentu minggu depan mereka akan gue ajar lagi. Sayang juga sih sebenernya, kayaknya para mahasiswanya udah cukup bisa berkomunikasi dengan gue :p Sayangnya gue gak mengintensifkan untuk komunikasi (personal) dengan salah seorang Akhwat yang manis, kan siapa tau bisa kenalan :) *huuuh dasar :p*

Motivasi gue mau nerima permintaan si apit untuk gantiin dia hari ini sebenernya sih lebih karena rasa penasaran! kayak gimana sih ngajar praktikum anak2 UIN :) Disamping ingin membukikan omongannya si Apit yang katanya Akhwatnya manis-manis >:) dan ternyata memang ada beberapa kok yang mukanya manis... (hmmm yg inisial namanya D manis juga tuh, kalo pake bahasa anak cewek "mukanya lucu juga") :p~ *duh bisa hilang nih pahala puasa gue hari ini :p*. Ternyata daya tangkap mereka ya lumayan lah, beberapa ada yang cepet ngerti kalo diterangin beberapa emang ada yang belum, tapi dibanding gue ngajar dulu kayaknya daya tangkep dalam menerima pelajaran mahasiswa disini lebih baik *no offense!*

Cuma berhubung tempatnya jauh... (Ciputat gitu loch... :p) aduh kok kayaknya kalo tiap kamis musti gantiin si apit ngajar praktikum kayaknya belum tentu bisa nih pit... :p. Hmmm kayaknya emang semester ini gw emang gak boleh ngajar-ngajar dulu kali ya, termasuk di tempat yang dulu...

~pengacara=pengangguran-banyak-acara...

0 Comments: