Belajar...

 Wednesday, September 21, 2005

Gara-gara dibilang skill gw basic, gw sekarang jadi rada rajinan dikit buat baca tentang teknologi Java hehehe. Ternyata terlalu banyak (sangat2 banyak malah) yang musti gue kejar :(. Tapi yang basic aja dulu deh dipelajari model-model belajar pake Ant, sama JUnit yang kayaknya paling mungkin gue pelajari saat ini :D Duh kayaknya telat banget yah baru belajar gituan? tapi kata orang bijak tidak ada kata terlambat untuk terus belajar *jadi semangat!*

Terus gue juga jadi denger teknologi yang terbaru di lingkungan Java. Yang sekarang lagi gue baca sekarang adalah soal Spring Framwork yang katanya sedang naik daun, dan diperkirakan bakal mengimbangi penggunaan EJB. Dari dulu aja ampe sekarang aja gue belom bisa bikin EJB! dulu pernah coba2 JBoss tapi kayaknya gue give up, gak ngerti dimana errornya setiap coba. Terus temen gue bilang dia pernah kerja pake aplikasi open source yah model2 JBoss ternyata kadang manualnya itu suka ada yang kelewatan nerangin sesuatu, yang intinya bikin gak jelas. Tapi emang waktu itu lagi gak sempet buat serius belajar, jadi ya sudah ditinggalkan dulu lah niat belajar EJB lebih lanjut.

Belum juga EJB gue pelajari, sekarang ada Spring Framework. Katanya EJB terlalu kompleks, terlalu dependent sama container, dan susah untuk melakukan unit testing dsb (katanya sih, gue sendiri belum pernah cobain). Sebelum Spring Framework, sebelumnya juga udah ada Struts, Tapestry, untuk data mapper juga ada Hybernate, iBatis, TopLink --dan semuanya itu belum ada yang di cobain :( Menyedihkan memang semua yang disebutin tadi belum ada satupun yang sempat di coba. Masalahnya emang susah juga sih coba, kalo kita gak punya contoh nyata buat kita belajar.

Jadi software developer itu emang lumayan kompleks, perkembangannya terlalu cepat, sangat cepat malah dari yang pernah di bayangkan. Jadi kalo kita ketinggalan dikit, udah banyak deh ketinggalan jauh. Padahal untuk mempelajari teknologi-teknologi yang ada, tidak sedikit investasi yang harus dikeluarkan, yah minimal investasi waktu. Kita harus merelakan waktu kita untuk belajar hal-hal baru berkaitan dengan teknologi yang berkembang saat ini. Begitu kita menguasai teknologinya... eeeh teknologi yang lain udah ada lagi, teknologi yang udah capek2 di pelajari entah gimana nasibnya? kita musti belajar lagi yang baru dari awal.... terus dan terus setiap waktunya...

Belajar terus menerus emang sebenernya penting sih. Gue jadi teringat dengan omongan temen gue saat makan siang. Dia bilang kalo jadi sofware developer itu susah, terlalu banyak yang harus kita pelajari, belum lagi ilmunya cepet banget berkembangnya, jadi kalo kita mau membikin master ke suatu teknologi, kita kayak berjudi. Apa ilmu yang telah kita perdalam kelak bener-bener akan dipake apa enggak? Kalo kata temen gue, kalo kerjaan yang lain kayaknya "lebih enak", misal jadi auditor keuangan, dari dulu sampe sekarang ya tetep aja pake ngitungnya ya gak jauh-jauh dari neraca laba rugi. kasarnya, gak bakal banyak ilmu yang benar-benar dramatis berubah dari yang dulu-dulu (itu katanya lho, gw sendiri kenyataan sebenernya juga gak tau).

Entah bener apa enggak kata temen gue, yang jelas kayaknya emang perlu banget sih belajar terus menerus untuk terus ningkatin skill kalo emang mau tetep exist di dunia perdeveloperan software (bahasanya tidak memenuhi kaidah bahasa yang baik nih!). Sekarang tinggal pinter-pinternya kita aja buat mengivestasikan waktu untuk belajar pada teknologi yang diperkirakan memiliki masa depan yang cerah *padahal itu susah banget memprediksinya* :)

~fiuhhh

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

yah yang penting mah satu teknologi dulu yg kita pake, yg laennya ntr jg kepake dengan sendirinya kl merasa teknologi sekarang gak bisa nge resolved masalah..
SO enjoy aja,,hehe

Friday, June 26, 2009 12:51:00 AM