Ngubek Setu Gede 10 Oktober 2004

 Wednesday, October 13, 2004

Blog ini kemungkinan bakal membuat browser anda teler.... kenapa? karena isinya 40 foto yang totalnya mencapai 2,45MB!!! 40 file aja udah di kecilin resolusinya jadi 320x240 pixel. Crash Browser Tidak Ditanggung!!! :p


Hari minggu 10 Oktober 2004 adalah hari minggu terakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan. Entah sejak kapan, yang jelas sejak gue kecil (TK/SD?) budaya ngubek ini udah ada di daerah sekitar Setu Gede, Bubulak, dan Sindang Barang (tempat tinggal gue), Bogor. Kini budaya ngubek ini sepertinya sudah bisa dikatakan komoditi wisata lokal penduduk Bogor saat menjelang Ramadhan. Bahkan beberapa penduduk Jakarta juga terlihat mengikuti acara ngubek ini.

Ngubek setau gue sih, bahasa sunda yang artinya kira-kira sama dengan ngobok kalo dalam bahasa jawa atau apa kira-kira artinya mengaduk... ah susah kayaknya susah deh nyari padanannya di Bahasa Indonesia. Jadi ngubek ini adalah acara tahunan di sekitar kawasan setu gede, dimana setu gede (setu=danau) di bersihkan dari berbagai tanaman air (teratai, eceng gondok dsb) dan untuk selanjutnya ikan yang ada di dalamnya di ambil.Tapi setau gue sekarang sih di setu gede udah gak ada tanaman air jadi kayaknya ya sekedar cari ikan aja sih... Cara mengambil ikan umumnya adalah dengan menggunakan getek (perahu dari bambu).

Oh iya selain dikenal sebagai Setu Gede, nama danau ini yang lain adalah Rawa Jaha dimana rawa ya artinya Rawa sedangkan Jaha maksudnya adalah Jahat. Karena emang konon katanya sih Rawa Jaha ini rada-rada angker karena letaknya persis di samping hutan, yang dulu juga katanya sih tempat orang buang mayat :p. Waktu gue kecil, pernah temen-temen nyeritaain kalo pernah ada orang yang habis ngambil ikan dari danau ini pas ikannya di makan yang makan itu akhirnya mati. Bener atau enggak gue gak tau... Kalo dipikir-pikir, dulu temen main waktu gue SD suka banget nyeritain hal-hal yang model-model mistik kaya begini... tapi sepertinya gue sekarang semakin yakin kalo cerita itu jelas2 bohong belaka... nyatanya ada acara ngubek dimana pastinya ikan yang ditangkap bakal di makan. Kalo emang pada mati gara-gara makan ikan dari Rawa Jaha (Setu Gede) pastinya acara ini gak bakal boleh terus diadain tiap taun, ya gak?.

Sekedar Informasi letak Setu Gede berada di Barat Laut (Antara Timur dan Utara) Kota Bogor. Jika dari tempat tinggal gue (Sindang Barang) kurang lebih berjarak 3 Km. Mungkin jika dari kota bogor sekitar 5-10Km... (belum pernah ngitung sih jarak Bogor-Sindang Barang :p) Kalo dari CIFOR deket banget... karena emang kantor pusatnya CIFOR itu di tengah-tengah hutan disamping persis Setu Gede.

Kini acara ngubek ini semakin penuh dan dipadati pengunjung yang ingin menonton acara ngubek pada 10 Oktober 2004 dibanding acara ngubek sekitar 10-15 tahun yang lalu. Untuk mengikuti ngubek dan mengambil ikan konon katanya perlu mendaftar ke panitia dengan membayar biaya sekitar 100 ribu rupiah (wow biaya yang lumayan... padahal kalo niatnya cari ikan, ke pasar udah pasti dapet berkilo-kilo tuh...)

Gue bukan fotografer beneran, jadi jangan harap hasil gambarnya bakal bagus-bagus, standar amatir lah. Lebih lebih gambarnya cuma diambil pake TRV-38E yang hasilnya gak terlalu bagus ditambah hasil gambar juga di perkecil. Akhir kata silahkan menikmati gambar-gambar Ngubek Setu Gede (yang kemungkinan besar akan membuat lambat koneksi internet dan juga komputer anda lambat tentunya (hang mungkin gak?),.... jadi waspadalah anda sudah diperingatkan....! :p)




















0 Comments: