Gawe

 Tuesday, September 13, 2005

Iseng, sekarang gue post lamaran gawe kemana-mana. Terus waktu senin kemaren gw di panggil wawancara. Gue akui gue ketinggalan banyak ngikutin perkembangan teknologi Java, terus di tanya-tanya gitu ternyata dia agak kecewa juga kalo ternyata skill java gue dianggap basic. Ya gak papa lah, tapi gue bilang "Gue bisa belajar kalo memang nantinya di percaya...". Dia juga nyari orang yang punya sifat perfeksionis dll. Banyak hal yang di bicarakan tapi akhirnya dia sih bilang, yah kayaknya kamu bisa di teruskan ketemu bos saya, saya cuma nyaring aja apa gue ini layak kerja di tempat dia apa enggak. Perusahaannya masih baru, dan jauh pula di Kelapa Gading, wah bikin gue mikir2 juga gue ambil apa enggak, tapi sepertinya dia menjanjikan ilmu yang baru buat gue...

Ada kejadian yang rada konyol, dia nanya "Ini IP kamu sekian koma sekian?".
"Iya.." jawab gue.
"Kenapa bisa sampe cuma segitu?"
Gue gelagepan juga... emang sih IP gue gak terlalu keren2 banget, tapi gue coba ngeles aja "Yah saya akui sih, saya emang banyak lemah di kuliah-kuliah model-model analisa numerik, fisika, dll, jadi yah segitu lah"
"Kalo nilai kuliah pemrograman gimana?"
"Yah kadang dapet B, kadang dapet A" kata gue
"Wah harusnya kuliah pemrograman itu bisa dapet A doong"
"Iya harusnya sih... cuma saya sering juga dapet nilai nanggung, dikit lagi dapet batas bawah nilai A, jadi ya begitulah..." Kata gue ngeles... :D
"Ohhh... gitu, apa lagi ya...? Oh iya kamu kenal anak fasilkom 98 namanya ****?"
"Oh iya kenal, ngomong-ngomong ada hubungan apa ya bapak dengan dia?"
"Saya ini kakaknya..." kata dia dengan santai
Glek... (gaya donal bebek). Dalam hati gue pengen ngomong, pantes aja dia nanya-nanya IP gue, terang aja dia bandingin ama adeknya yang lulus dengan IP bagus bgt dan kelar kuliah dalam waktu 3,5 tahun... Nasib... nasib... :)
"Ternyata dunia ini memang sempit ya?" Kata dia..
"Iya ya pak...". dst... dst... dst...
Benerean habis wawancara itu baru gue tau bagaimana begonya gue... Awalnya sempet gak PD juga, habis tampang yang ngewawancara itu masih keliatan muda mungkin gue pikir lebih muda dari gue, tapi setelah tau kalo dia kakaknya si **** yah gue rada bisa excuse... terang aja dia bisa "mempertanyakan kualitas gue" habis bandingannya (mungkin) sama adeknya yang pinter... dan gue rasa kakaknya ya gak beda jauh juga pinternya...
Dan untuk sekarang gue mungkin nunggu panggilan dia? bener apa enggak gue emang cukup qualify buat dia. Dan gue juga mikir kalo sampe di terima dan kerja di kelapa gading yang ujung dunia itu, buat gue cukup "worthed" apa enggak...?. Susah juga emang cari gawe yang bisa sesuai keinginan...

Karena masih agak siang, gue iseng mampir ke rumah sodara gue yang gak terlalu jauh dari tempat gue wawancara, yah itung-itung silaturahmi :). Sampe di sana gue ketemu dengan sepupunya nyokap (gue manggilnya Bude). Terus gue ngobrol-ngobrol...
"Mbak L (sebut aja gitu, anaknya Bude) masih kerja di (perusahaan) U?" tanya gue.
"Masih..."
"Sekarang jabatannya apa bude?"
"Sekarang jadi manajer Brand Image untuk produk S (suatu produk deterjen -red)"
"Wah udah sibuk doong sekarang...?" kata gue basa-basi
"Sibuk banget, tiap hari itu pulangnya malem terus, kadang jam 10 kadang lebih dari jam 11 malem, padahal tempat kerjanya itu cuma di gatot subroto, situ aja"
"Lho itu kan deket, bude..."
"Lha makanya itu, kadang mbak L ya juga ngeluh kerjanya sibuk terus, tapi ya emang dasarnya mbak L itu seneng belajar karena perusahaannya itu sering n'reining ke mana-mana, kemarin aja dia baru pulang training dari Bangkok"
"Kerja sampe malem gitu, emang kerjanya apa aja sih bude?" kata gue penasaran
"Yah macem-macem, namanya orang usaha saingannya kan banyak jadi sering rapat-rapat. Bude aja pernah nemenin mbak L kerja hari sabtu, padahal sebenernya libur, cuma karena kerjaan hari jum'at-nya belum beres ya di terusin hari sabtu. Udah gitu bosnya tuh sering banget nelpon dari luar negeri buat konsolidasi, kalo nelpon dari luar negri kan tau sendiri roamingnya gimana? Bude pernah gak sengaja liat tagihannya itu sampe x rupiah tiap bulan (yang jelas digit 0-nya ampe 6 deh -red)"
"Tapi kan di ganti doong bude, kan ada rainburst?"
"Enggak!! itu tuh pake duit sendiri. Makanya sekarang kalo bude suka liat tagihan pulsanya, mbak L itu malah marah-marah"
"Tapi kan gajinya mbak L ya gede kan?" gue balik tanya
"Emang, gajinya kalo dibandingin kebanyakan orang, emang gede, tapi ya pengeluarannya banyak juga"
"Kan mbak L termasuk eksekutif, ya pergaulannya lumayan banyak makan biaya doong bude?"
"Oh iya, katanya kalo disana itu kalo gak ikut sama temen-temennya bisa tersisih dari pergaulan, makanya kalo mereka makan ke tempat-tempat tertentu ya mau gak ikutan, padahal sekali makan habisnya banyak banget. Cuma ya namanya juga manajer ya kalo gak gitu nanti di mata relasi jadi gimana kan kalo sampe gak ikut-ikut temen-temennya?"
"Itung-itung nge-loby ya?" kata gue menimpali
"Iya..."
"Kemarin aja mbak L kan habis ulang tahun, kalo di rumah mungkin duit 100 ribu aja udah bisa kalo dirayain sama orang serumah aja, cuma karena disana temen-temennya kebiasaannya itu suka ngerayain jalan kemana, ya mau gak mau mbak L itu ya musti kaya temen-temennya, apa lagi kalo sekali jalan habisnya tuh...." Kata bude, dengan geleng-geleng.
"Gak kepikiran pengen jadi PNS aja bude biar santai kerjanya...?" Iseng gue nanya
"Pengen juga sih, cuma kapan ada waktunyabuat ikutan test-test?, orang sibuk banget kerjaannya"
"Ngomong-ngomong kerja di perusahaan U itu saingannya ketat-ketat dong?"
"Ohh ketat banget..."
"Saya pernah baca buku, katanya dulu perusahaan U & P saingan berat ya, sampe saingannya nyuri ide buat produknya" Tanya gue iseng...
"Oh iya itu bener, gak hanya itu saingannya juga sama perusahaan W, kalo perusahaan W lebih hebat lagi soalnya dia itu perusahaan keluarga, jadi lebih solid"
"Persaingan harga jadi ketat dooong?" tanya gue
"Uuuuh ketaatt banget vi, Masak bos-bosnya mbak L baru mau rapat buat nurunin harga produknya, di saaat yang sama perusahaan saingannya tuh malah udah jual dengan harga yang lebih murah, gimana gak ketat...?" Kata bude gue
"Kalo gitu caranya,untungnya perusahaan jadi dikit doong?"
"Iya, orang kemarin-kemarin aja saking tipis keuntungannya, yang dulu-dulunya suka ada bonus akhir tahun, kemarin itu udah gak ada lagi bonus akhir tahun"
Dalam hati gue, "Ngenes amat, udah kerja berangkat pagi mulu, pulang selalu mau tengah malem, pulsa gak di bayarin, gak ada bonus akhir tahun pula..., kalo gitu sih biar rada gede gajinya ya sering stress kali ya...". Dan emang bude juga pernah bilang kalo mbak L pernah ngeluh kalo dia itu kayak udah gak punya kehidupan pribadi, waktu pas gue tanya apa mbak L udah punya pacar, eh bude malah bilang "Boro-boro cari pacar, kerjanya sibuk gitu".

dst.. dst... dst...

Hari udah siang, dan gue disuruh makan disana, gue sih sebenernya gak mau, cuma mau gimana lagi. Akhirnya ya gue makan bareng juga dengan mereka, terus gue liat di meja makan ada gelas yang ada tulisannya "DB2", "Websphere" pokoknya produk dari perusahaan yang sempat dikenal dengan sebutan "Big Blue", gue jadi inget dengan Mas W yang juga kakak iparnya mbak L (atau menantunya bude). Terus gue tanya, "Sekarang gimana kabarnya mas W? masih kerja di perusahaan I?"
"Masih..." kata bude gue
"Sibuk dooong bude..." tanya gue
"Sibuk banget, minggu-minggu kemarin tuh sering banget mas W pulangnya jam 3-4 pagi terus paginya berangkat kerja lagi. Kemarin aja mas W baru pulang dari di opname gara-gara terlalu capek"
Dalam hati gue, "Busyet, emang segitu dahsyatnya ya kerjaan sampe waktu 24 jam terasa kurang?"
Yah begitulah,... mungkin gue pikir karena mereka kerja di perusahaan besar dan mapan target keuntungan itu selalu prioritas, jadi gimana caranya ya mereka harus tetep bisa eksis di persaingan, kalo perlu memaksa para pegawainya kerja melebihi waktu normal.

Kalo ngeliat gitu, bener juga kalo ada yang bilang "Bisnis itu seperti Perang". Perang merebut konsumen, Perang merebut peluang pasar, Perang dalam menciptakan peluang, dll. Gila... gue baru tau kalo di perusahaan besar & establish yang persaingan pasarnya ketat, iklim kerjanya memang "se-sadis" itu... (telat banget sih gue taunya)"

Besoknya gue coba mendatangi ke tempat gawe sama temen gue apit di daerah Pondok Pinang, apa lagi kalo buat ngelamar-lamar gawean lagi :p. Sebelum kesana pasti lewat daerah Lebak Bulus, ternyata setelah sekian lama gue gak pernah lewat sana, sekarang disana telah berdiri satu pusat perbelanjaan baru bernama "Giant" tepat berhadapan di depan "Carrefour". Dan saat itu gue membatin, pasti para manajer di kedua tempat itu selalu "sibuk berat" buat mempertahankan pasarnya sampe sering balik malem-malem seperti mbak L atau mas W.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Dani :

yang nge interview loe kampungan tuh :D upss.. dia kakaknya siapa sih vi hihihihihihi

Tuesday, September 20, 2005 5:05:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

hehehe gak enak lah disini di sebut kakaknya siapa? paling enggak loe dah tau dia itu kakaknya salah satu anak 98 yang otaknya top lah.... *banyak doong kemungkinannya* :)

Wednesday, September 21, 2005 9:46:00 AM