09 Okt 2005

 Monday, October 10, 2005

Penasaran dari sebelum-belumnya kok gak berhasil nginstal php secara manual diatas PHP... Buat ngetes gw dah buat file info.php yang isinya manggil phpinfo(). Pas nginstal secara manual Apachenya gagal ngeload PHP module, terus pas instal pake veri PHP yang lain gak gagal ngeload, tapi waktu manggil info.php kok blank gak ada apa-apa. Akhirnya install ulang Apache n PHP, ternyata masih gak bisa... terus gw penasaran ngecek file info.php yang dibuat... ternyata... terang aja gak bakal muncul habis harusnya memulai php dengan tag '<? dan diakhiri dengan '?>' eh gw malah mulain dengan '<%' dan diakhiri dengan '%>' terang aja gak jalan..... Huuuh udah pusing sana sini, ternyata salah bikin test case :) *gara2 kebanyakan main di JSP*

Siangnya pas gw lagi main gw ketemu dengan temen. Dia lagi ngegendong bayi. Dasarnya penasaran gw tanya...
"Eh bayinya siapa ini?"
"Bayi gue nih..." sambil becanda
"Mana gue percaya itu bayi loe... coba bayi ini berapa umurnya?" tanya gw penasran
"Gak tau..."
"Huuu gimana sih? mana ngakunya anak loe, ditanya umurnya aja gak tau sih...?" kata gw bales ngeledek
"Ya ini sebenernya juga gue dititipin temennya gue, dia lagi nyusul nyokapnya..."
"Jadi temen loe bukan nyokapnya ini bayi?" tanya gue
"Bukan, temen gue juga di titipin sama ibunya bayi ini, soalnya dia lagi jadi pembicara seminar"
"Ohhh gitu, lucu nih bayinya... coba sini gue coba gendong..." kata penasaran menawarkan diri menggendong bayi.
Terus bayinya gue gendong, diem aja gak ada reaksi... gak takut atau nangis malah bayinya diem aja waktu gue gendong.
"Eh vi, sumpah loe udah cocok lho..." kata temen gue
Dalam hati, "huh?" gue dah gak inget kali udah berapa orang yang ngomong persis seperti komentar temen gue itu...
"Vi, bayinya kayaknya anteng tuh digendong sama loe... gue tinggal dulu yah, gue mau cari temen gue, sekalian cari nyokapnya bayi ini..." kata temen gue
"Eh, yang bener doong ini anak orang gue gendong-gendong, entar kalo ada apa-apa gue gak mau tanggung jawab ah..." kata gue rada males...
Terus gue pegang pantat bayi itu, kok perasaan agak anget... sial gw takut aja kalo bayinya ngompol atau BAB, males aja kalo beneran kejadian...
"Eh kalo dia ngompol gimana nih?" tanya gue
"Tenang, dia pake pempers kok..." kata temen gue.
"Tar ya gue cari nomernya temen gue...?" kata temen gue, sambil cari2 mana nomor temennya.
Ya udah bayinya gue gendong aja gue ajak keliling-keliling, terus gue ajak ngobrol. Duh kadang kepikiran aja gue kayak orang 'bego' ngajak bayi ngobrol.. "Eh liat tuh ada mobil, itu ada pohon..." Tetep aja ya namanya bayi cuma diem aja gue ajak ngobrol. Gue rasa karena masih umurnya sekitar 5-6 bulanan ya wajar kalo emang lebih banyak diem.

Gue jadi teringat dengan ponakan gue yang namanya firda, dia sempat dititipin sama sepupunya nyokap, karena kebetulan waktu itu mereka belum bisa nemu pengasuh bayi yang cocok. Selama dititipin, ya udah si firda jadi hiburannya orang serumah, waktu itu umurnya paling baru 4 bulan pokoknya baru bisa tengkurep terus kalo mau belajar 'berangkang' (sory gak tau bhs indonesianya, kalo sundanya sih 'ngorandang'). Kadang gue juga suka ngegendong si firda, makanya pengalaman ngegendong kali ini bukan hal yang baru. Kadang takut juga ngegendong bayi orang lain, soalnya bikin bayi kan susah, lama dan biayanya tidak sedikit :) Makannya ada juga temen gue yang takut ngegendong bayi, habis takut kenapa-napa.

Mengamati perkembangan bayi jadi teringat dengan lirik lagunya "What a Wonderful Life"-nya Louis Armstrong yang bilang "They learn much more, than we ever know" Dan gue setuju sekali dengan lirik itu. Dulu si firda waktu umurnya sekitar 6-7 bulan kan suka diajarin nyanyi "Cicak-Cicak di Dinding", yang liriknya "Cicak-cicak di dinding, diam-diam merayap, datang seekor nyamuk HAP lalu ditangkap..." Setelah beberapa kali di perdendangkan di depan si firda, kalo setelah sampe lirik "datang seekor nyamuk" dia bakal langsung nyaut "AAAP" dengan semangatnya... Wah dari situ gue berangggapan ternyata umur segitu sudah sanggup membedakan jenis kata dan nada. Cuma yang konyolnya waktu pas diajarin lagu "Balonku ada 5" setiap nyampe bagian "Meletus balon Hijau DOOOOR" dia masih nyautinnya dengan "AAAP" seperti lagu cicak-cicak di dinding, bukannya "DOOR" atau minimal "DOOL" (kan bayi biasanya masih cadel gak bisa nyebut huruf R)... Ah kalo inget kejadian itu gw jadi sering senyum-senyum sendiri :D.

Oh iya balik lagi ke cerita bayinya temennya-temennya-temen gue :D, lama juga tuh gue gendongnya ada kali 5-10 menitan... Gak enak aja anak orang gue gendong-gendong, takut kalo kenapa-napa gue ikut ketempuhan. Gak lama kemudian dateng dua orang wanita, ternyata itu temennya temen gue sama nyokapnya bayi yang gue gendong.
"Eh itu digendong sama siapa?" kata nyokapnya ngomong ke bayinya. Gue senyum2 aja gak enak gendong anaknya dia (gue juga gak kenal sama sekali dengan nyokapnya bayi)
"Yuk ikut?" kata ibunya yang punya bayi menjulurkan kedua tangannya ke arah si bayi yang digendong gue...
Ternyata bayinya gak ngerespon...
"Vi, sumpah deh... tuh bayi gak mau lepas dari gendongan lu tuh hehehehe" kata temen gue becanda
Ya mana gue tau, habis nyokapnya udah mau ngegendong, bayinya malah gak mau ngerespon, ada kali sampe dua atau tiga kali diajak nyokapnya untuk ngegendong gak ngerespon. Akhirnya gue kasih aja langsung ke tangan nyokap yang punya bayi ini. Untungnya gak nangis bayinya... coba kalo nangis gue bisa di maki-maki sama yang punya bayi kali :) Mungkin bayi itu udah cocok kali digendong sama gue hehehe :) Dulu si firda juga sempat kayak gitu, mau di gendong nyokapnya malah gak mau lepas dari gendongan gue.
"Vi kayaknya loe cocok tuh jadi baby sitter..." komentar temen gue setelah liat kejadian tadi
Ya kalo sekedar gendong sih gue OK-OK aja... tapi kalo di suruh ganti popok... huh no way aja lah! :p

Setelah bayinya di ambil sama ibunya, gw jadi ngobrol-ngobrol dengan temen gue, yang sebenernya juga baru gue kenal beberapa minggu. Lumayan banyak yang diobrolin, tapi gue gak akan lupa komentar provokatif-nya ke gue
"Lo itu seperti sedang mencoba membohongi diri sendiri!"
"Dari mana loe yakin gue seperti itu?" tanya gue penasaran
"Ya gue percaya dengan feeling gue, feeling gue biasanya gak pernah boong" kata temen gue
Dalam hati, "huh?" belum lama kenal dengan gue kok dia berani menilai gue seperti itu? Apa feelingnya yang salah dan kacau! atau emang guenya yang terlalu bego untuk sadar...

~huh!...

0 Comments: