Membuat Cakue

 Friday, July 09, 2004

Kemarin, gara-gara gak masuk gawe (maaf boss saya bolos, kirain listrik jadi dimatiin makanya saya bolos), dari pada bengong gue coba aja bikin cakue. Resep Cakuenya gue ambil dari internet, alamatnya kayaknya udah gak ada lagi deh...

Bahan-bahan:
½ kg terigu
400 ml air
1 sdm. baking powder
2 sdt. baking soda
1½ sdt. garam
Minyak untuk menggoreng

Catatan: Gue ngerasa, pasti masih ada bahan resep yang kurang tapi gak tau apa ya... (lagian yang diatas itu kata orang sih bukan kata penjual cakue)


Bahan-bahan yang dibutuhkan (berdasarkan resep)

Cara Pembuatan
Campur baking soda, baking powder, garam dengan air, aduk bahan-bahan tadi hingga rata di dalam suatu wadah (baskom). Setelah itu tambahkan terigu ke dalamnya.

Campur terigu kedalam air yang sudah dicampur

Aduk adonan hingga adonan terasa halus. Tidak seperti membuat roti, perbandingan air dengan tepung terigu dalam pembuatan cakue memang akan membuat adonan menjadi lengket, tidak kalis sepert halnya roti

Adonan yang sudah rata

Diamkan adonan, selama beberapa jam. Tutup adonan dengan plastik, dan kadang-kadang beri minyak di bagian luar adonan, agar bagian luar adonan tidak mengeras.

Susun adonan agar nantinya siap untuk dibentuk

Langkah selanjutnya adalah memoton-motong adonan, dan bentuklah seperti cakue. Nah ini agak sulit karena memang adonannya elastis (mudah melar). Pokoknya bentuk deh sesukannya, gue agak sulit nih waktu pas mau bikin bentuk cakue. Secara garis besar sih potong dua adonan tipis-tipis terus tempelin keduanya, dan tarik tapi jangan sampai putus. (maaf gak ada gambarnya)

Goreng bentuk adonan cakue kedalam minyak goreng yang mendidih. Gue percaya kalo goreng cakue minyaknya harus banyak supaya hasil cakuenya lebih ngembang (sepert halnya tahu sumedang)

Goreng adonan cakue ke minyak yang sudah panas

Setelah digoreng agak alama, maka cakue akan tampak kecoklatan. Maka cakue siap diangkat dan dihidangkan

Hasil gorengan cakue

Catatan:
Meskipun secara teknis pembuatan cakue ini bisa dibilang berhasil, namun dibalik itu semua gue masih kecewa berat. Kenapa soalnya rasanya kok gak mirip cakue yang gue beli ya? Rasa cakuenya masih di dominasi oleh rasa tepung terigu. Penasaran deh gue apa lagi sih bahan resep yang harus ditambahkan soalnya gak nemu-nemu nih? ada saran?

Pas di makan nyokap sih, nyokap gue bilang rasanya ya udah sama dengan yang dijual. Cuma ya itu masalahnya emang nyokap gue gak terlalu suka makan dan beli cakue jadi ya kayaknya sih itu cuma perasaannya nyokap gue...

Waktu pas bikin adonan, gue kayaknya terlalu sering mengaduk-aduk adonan, konon katanya ini akan menyebabkan adonan menjadi "matang" sehingga akan sulit untuk mengembang. Gue akuin emang iya sih cakuenya memang ada pori-pori (alias mengembang) cuma ya itu memang gak terlalu mengembang... lain kali jangan terlalu sering untuk mengaduk-aduk adonan jika adonan sebenarnya sudah halus.

Meskipun gue merasa "agak gagal" dalam membuat cakue ini tapi penggunaan baking powder & baking soda telah menambah pengalaman memasak gue. Adonan cakue yang bisa melar ini ternyata persis dengan adonan dari martabak telor. Pantes dulu gue coba bikin kulit martabak telor kok gak bisa melar-melar ternyata gara-gara dua bahan ini (baking powder & baking soda)... entar ah coba bikin adonannya... (kalo mood doong) cuma kayaknya bikin adonannya dikit aja jangan sampe 1/2 kg terigu kayak bikin cakue ini (Bakalan banyak banget....) mungkin beberapa puluh gram terigu sudah cukup...

Setelah membuat cakue ini gue kok rada pesimis ya kalo buat makanan yang menggunakan bahan-bahan pengembang seperti baking powder, baking soda, dan ragi (fermipan). Gue sering ngerasa kalo rasa dari adonan yang gue buat sudah tepat, tapi seringkali kok gak sama ya antara harapan dengan kenyataan. Wahai para pembuat roti/cakue berkanlah resep yang bener... Teknis pembuatan sih sudah hampir OK, rasanya pun gak jelek-jelek amat cuma kok rasanya gak mirip ya dengan yang dijual-jual???? atau memang ada resep rahasia...

~pengen-banget-bisa-menciptakan-resep-rahasia...

7 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Linda: resep rahasianya yaitu sering2x nyobain bikin cakue :) Kalo masak...harus banyak2x bereksperimen biar ketemu rasa yang pas. Dulu linda pernah nyobain bikin donat kentang....beberapa kali bikin baru nemu resep yang seharusnya gimana... dan kalo bikin kue pake tepung terigu, campuran tepung dan air serta proses pengadukan itu memegang peranan penting untuk menentukan bagus atau gaknya adonan.
Kalo dibandingin sama yang dijual...mungkin kurang penyedap :D *analisa linda* kalo liat dari bahan2xnya gak pake penyedap kan? biasanya sih kalo penjual itu berusaha supaya makanannya terasa sedap atau gurih, jadinya "resep rahasianya" ya di penyedap itu.... Tapi gak tau juga yang dipake apaan...

Monday, July 12, 2004 2:57:00 PM  

Blogger KentutIjo said...

eh brur, berpikir seperti penjual cakue dong.... gimana caranya dengan modal dikit bisa untung banyak. Mungkin gak bahan2 yg elo pake itu...... agak2 kemahalan? :D
coba aja elo sering2 beli cakue, tapi pas penjualnya gak sedia yg udah jadi, nah kalo gitu kan elo sempet ngeliat gimana cara penjualnya ngebikin cakue.

Tuesday, July 13, 2004 8:02:00 AM  

Blogger alvifauzan said...

tuk linda: wah sering kali gue males tuh kalo musti nyoba-nyoba resep yang sama :) kalo ada penambahan bumbu-bumbu mungkin ok-lah...
setuju dengan masalah pengadukan, memang ini ngaruh banget terutama untuk makanan yang menggunakan bahan terigu dan pengembang (fermipan, baking powder, baking soda)
Nah untuk masalah penyedap, ini yang bikin gue penasaran sampe sekarang yang jelas bukan rempah-rempah seperti halnya merica, ketumbar, lada, pala dll. gue yakin mungkin bumbunya ini tidak memiliki aroma yang tajam seperti rempah-rempah... kalo udah tau resepnya kasih tau ya :D

tuk mr kentutijo, kalo terigu mah dimana-mana harganya sama... nah mungkin baking powder dan baking sodanya sama minyak gorengnya musti yang curah (gak bermerek) biar murah, lagian kalo beli banyak kan pasti dapet diskon hehehe
Kalo bikin cakue yang dimaksud loe itu, motong adonan hingga goreng sih gue udah liat kalo pas beli cakue... :) Gak mungkin doong gue liat dia pas bikin adonannya pasti ngerjainnya di rumahnya dia

Tuesday, July 13, 2004 3:32:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

kalo bikin cakue -sesuai dgn resep Alvi ini- makan waktu berapa lama ya?

Thursday, September 09, 2004 3:36:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

Wah Vi, kayaknya loe pas ngaduknya kebanyakan air.
Masukin dikit2 aja air nya.
Gue dah sering lho bikin donat kentang kayak yang Linda bilang, dan sebagian besar sich berhasil.
Cuman sekarang udah lupa ukuran2 bahannya.
Rahasianya, pas ngaduk, jangan sampe terlalu basah, dan jangan sampe terlalu keras adonannya.
Abis itu, diemin dech tuch adonan di panci, tutup pake apaan kek.
Klo udah mengembang, tinggal digoreng.

PS : Donat kentang itu enak lho, gurih dan gak perlu
pake gula banyak, cukup dikit aja.

~Benny

Tuesday, September 14, 2004 12:59:00 PM  

Blogger Misteri Ayam Cemani said...

untuk bikin cakue supaya terasa lebih legit,gan terasa enak di lidah,lembit,dan kenyal,cara nya mesti ditambahin pake mentega dan telor,...cobain deh pasti enak,...
http://www.kostumbadut.blogspot.com
www.misteriayamcemani.blogspot.com

Sunday, January 10, 2010 2:51:00 PM  

Blogger danasahabat.blogspot.com said...

Kartu Kredit Bukopin adalah Kartu Kredit dengan berbagai Program Menarik & Variatif untuk kebutuhan Anda beserta Keluarga yang tidak membedakan Tingkat Bunga Transaksi Belanja maupun Penarikan Uang Tunai.

Untuk keperluan belanja atau kebutuhan tunai, Anda dapat mengandalkan Kartu Kredit Bukopin VISA dan MASTERCARD, Kartu ini memberikan banyak kemudahan dan sekaligus keuntungan bagi Anda.

Tingkat Bunga yang tidak membedakan transaksi belanja maupun tarik tunai Kartu Kredit Bukopin VISA dan MASTER memberikan suku bunga yang ringan dan kompetitif.
eward program
Setiap transaksi belanja dengan Kartu Kredit Bukopin akan mendapat poin reward yang bisa di tukar dengan hadiah menarik.

Executive Lounge
Bagi pemegang Kartu Kredit Bukopin Platinum, tersedia fasilitas Airport Lounge untuk menunggu penerbangan di bandara yang bekerjasama, sehingga menjadikan perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan.

Pembayaran Melalui E-Banking & ATM Bersama.
Pembayaran tagihan Kartu Kredit Bukopin dapat dilakukan melalui Internet Banking, seluruh ATM Bukopin, ATM CIMB Niaga, ATM BNI, ATM BII, ATM BTN dan semua ATM Bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama di seluruh Indonesia.

Penarikan Tunai Via ATM.
Nikmati bunga tarik tunai yang sama besarnya dengan bunga belanja. Biaya tarik tunai terendah hanya 2% atau minimal Rp.50 ribu (mana yang lebih besar).

Bukopin One Payment.
Fasilitas pembayaran rutin bulanan (berlaku untuk semua kartu) untuk Telkom, Speedy, PLN, Indovision, Palyja dan Aetra serta tagihan handphone pasca bayar (Tagihan pasca bayar dari operator : Telkomsel, XL, 3, Axis, Mobile-8, Esia), Top Up Pulsa (operator : Telkomsel, XL, Indosat, 3, Axis, Mobile-8 dan Esia).

Purchase Protection Insurance.
Secara otomatis seluruh barang yang dibeli dengan Kartu Kredit Bukopin Platinum dilindungi dari kerusakan atau kecurian dengan nilai perlindungan maksimal sebesar Rp.30 juta per barang. Perlindungan diberikan 30 hari sejak tanggal pembelian di wilayah Indonesia atau 40 hari untuk pembelian di luar negeri.

Travel Accident Insurance.
Pembelian tiket penerbangan dengan Kartu Kredit Bukopin, secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan, khusus untuk Kartu Kredit Bukopin Platinum perlindungan hingga Rp.4 miliar. Perlindungan diberikan sejak perjalanan ke bandara, selama di bandara, selama di pesawat dan turun dari pesawat hingga sampai di tempat tujuan.

Travel Inconvenience Insurance.
Sebagai pemegang Kartu Kredit Bukopin Platinum secara otomatis Anda mendapatkan perlindungan atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, keterlambatan bagasi.

Cicilan 0%
Manfaatkan fasilitas Cicilan Tanpa Bunga dari merchant-merchant pilihan Bank Bukopin.

Call Center 24 Jam.
Untuk informasi atau anda memerlukan bantuan segera, tersedia Layanan Call Center 24 Jam untuk Anda. Hubungi Halo Bukopin 14005, officer kami siap melayani Anda 24 Jam sehari, 7 hari seminggu.

UNTUK PENGAJUAN AREA JATENG HUB CHAIRUL VIA SMS / TELP 085229348635.
ALAMAT KANTOR JL BULUSTALAN 4 NO 418 SEMARANG.

Saturday, June 15, 2013 3:52:00 AM