Kue Kering Goreng

 Saturday, September 18, 2004

Beberapa hari sebelumnya gue mendapat "request" dari nyokap gue untuk bikin makanan yang resepnya ada di balik bungkus margarin. Gue liat resepnya, di situ tertulis resep untuk Kue Kering Goreng. Menarik juga sih...


Resep Kue Kering Goreng.

Begitu liat gambarnya... agak tertarik juga sih pengen bikin. Ya udah gak ada salahnya dicoba deh untuk bikin pas sabtu. Sebelumnya gue beli beberapa bahan yang emang gak ada di rumah seperti Keju Cheddar, Tepung Maizena. Lumayan juga sih harga kedua barang itu lebih-lebih kejunya harus wajib beli dua kotak soalnya dua kotak itu bonusnya piring :p (padahal gue gak butuh piring & keju banyak-banyak... tapi ya sudahlah itung-itung buat entar...)
Oh iya kalo tulisan di gambar itu gak jelas, nih gue tulisin lagi resepnya berdasarkan bungkus margarin diatas:

  1. Resep
    Bahan Dasar
    - 500 gr Tepung Terigu
    - 25 gr Keju Cheddar Parut
    - 100 gr Margarin
    - 150 ml Santan Kelapa
    - Minyak Goreng untuk menggoreng (ya iya lah)
    Bahan Bumbu
    - 2 Siung Bawang Putih
    - 1,5 sendok teh Garam
    Bahan Taburan
    - 150 gr Tepung Maizena (Tepung Jagung)
    - 100 gr Keju Cheddar Parut
    - 50 gr Margarin yang sudah di lelehkan
    - Putih Telur untuk merekatkan olesan

    Bahan utama

  2. Siapkan Tepung Terigu
    Pertama dan pasti, ya siapkan tempat untuk menaruh tepung terigu. Kalo menurut resep sebaiknya terigunya di ayak dulu. Gue juga gak ngarti buat apa musti di ayak dulu, mungkin biar nyaring kutu-kutu yang ada di dalam terigu kali :)

    Tepung terigu

  3. Tambah Keju Parut
    Tambahkan keju cheddar yang sudah diparut ke dalam trigu

    Tambah parutan keju ke dalam baskom

  4. Tambah Bumbu
    Tambahkan bumbu kedalam baskom yang berisi tepung terigu. Bumbu dibuat dari ulekan bawang putih dengan garam. Sepertinya rasanya diharapkan ada gurih-gurihnya bawang putih kalo ngeliat resepnya.

    Tambahkan bumbu yang sudah di haluskan

  5. Tuang Santan Cair
    Tuang santan cair (emang ada yang gak cair?) ke dalam baskom. Gue juga gak tau ini gunanya buat apa? gue menduga ini untuk bikin kuenya jadi gurih dan renyah (kali).

    Tambahkan santan cair

  6. Tambah Margarin
    Tambahkan margarin ke dalam baskom adonan. Sepertinya margarin ini memang resep wajib supaya makanan jadi empuk, renyah dan gurih.

    Tambahkan margarin

  7. Aduk Semua Bahan Dasar
    Setelah semuanya dimasukakan ke dalam baskom, berarti kita siap untuk membuat adonan dasar. Seperti biasa aduklah hingga adonan menjadi kalis. Karena sudah menggunakan santan, gue gak perlu nambahin air lagi. Sepertinya komposisi resepnya sudah pas untuk membuat adonan menjadi kalis. Soalnya kadang kita harus menambah ataupun mengurangi cairan (air/santan) dari adonan agar pas kalisnya.

    Siap-siap untuk mengaduk

    Aduk terus hingga adonan mulai menyatu (kalis)

    Adonan yang sudah kalis

  8. Giling Adonan ke Mesin Penggiling
    Adonan yang sudah kalis sebelumnya kita bagi-bagi kedalam bagian kecil, kemudian dengan menggunakan mesin penggiling (biasa di gunakan juga untuk membuat mie) seperti tampak pada gambar dibawah.

    Giling adonan yang sudah kalis ke mesin penggiling

    Pertama-tama kita harus menyetel (menge-set) ukuran ketebalannya ke yang paling tebal. Karena jika langsung ke yang paling tipis akan lebih sulit untuk dikerjakan.
    Perlahan-lahan dengan sabar kita giling berkali-kali. Setiap kali penggilingan kita bisa mulai menipiskan ketebalan adonan seperti tampak pada gambar berikut.

    Giling adonan dengan ketebalan yang lebih tipis.

    Sebisa mungkin kita mengatur ketebalan ke bagian paling tipis, tapi kelemahannya jika terlalu tipis akan membuat hasil gilingan cepat patah,rusak sehingga pada akhirnya akan sulit untuk dibentuk. Ya akhirnya tentukanlah tingkat ketipisan yang memadai.

  9. Taburi Hasil Gilingan Adonan dengan Margarin Cair
    Setelah kita mendapatkan tingkat ketipisan adonan yang sesuai, maka kita taburi margarin cair. Gunanya adalah untuk merekatkan taburan diatasnya

    Olesi hasil gilingan adonan dengan margarin cair

  10. Taburi dengan Tepung Maizena
    Tambahkan tepung maizena diatas lembaran adonan yang sudah di olesi oleh margarin cair.

    Taburi dengan tepung maizena

  11. Taburi dengan Keju Cheddar Parut
    Jangan lupa juga tambahkan keju cheddar parut ke atas lembaran adonan.

    Taburi dengan keju cheddar yang sudah di parut

  12. Gulung Adonan
    Setelah tepung maizena dan parutan keju ditaburkan, kita gulung lembaran tipis adonan dengan menggunakan putih telur untuk merekatkannya. seperti tampak pada gambar berikut

    Gulung dan beri cairan putih telur untuk merekatkan gulungan

    Setiap sekali menggulung sebaiknya kita oleskan dengan putih telur hali ini dimaksudkan agar gulungan lebih rekat. Ketebalan penggulungan bisa kita sesuaikan dengan selera masing-masing.

    Gulung lembaran adonan + maizena + keju

  13. Iris Gulungan
    Setelah gulungan adonan sudah sesuai dengan yang kita inginkan, maka kita dapat mengiriskan sesuai dengan bentuk yang kita inginkan, lebih baik kalo pengirisan dilakukan dengan miring.

    Iris gulungan bahan

    Gulungan adonan yang sudah di iris

  14. Goreng Irisan
    Setelah pengirisan selesai, maka kita bisa goreng ke atas minyak yang panas.

    Goreng dengan minyak goreng yang telah panas

  15. Siap Di Hidangkan
    Dan akhirnya setelah digoreng maka gorengan akan tampak kecoklat-coklatan. Jika tingkat kematangan sudah sesuai, kita bisa angkat dan tiriskan. Maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar berikut...

    Hasil gorengan dari "Kue Kering Goreng"



Catatan
Sebelumnya gue pengen bilang kalo nama resep "Kue Kering Goreng" ini kayaknya gak pas deh... gue lebih suka kalo bilang ini sebagai "Keju Goreng Gulung" habis kalo di bilang kue rasanya kok gak manis sih :)
Bagaimana rasanya? hmmm gue bilang sih lumayan, rasanya ada gurih-gurih asin terutama rasa kejunya. Cuma gue memperkirakan karena kita menggunakan bawang putih sehingga pas dimakan ini kerasa banget rasa bawang putih-nya. Selain rasa bawang putih yang ketara, di mulut juga akan terasa rasa khas keju cheddar yang kering. Rasa keju cheddar yang kering ini mirip sekali dengan rasa keju yang menjadi taburan di kue-kue pas lebaran (kastengel?) Agak aneh juga sih biasa ngerasain keju cheddar kering di kue dengan rasa keju cheddar kering dengan rasa bawang putih... tapi tetep layak untuk di makan sih...
Soal rasa sudah di bahas, nah sekarang soal waktu pembuatan. Untuk membuat ini relatif lama juga sih untuk membuat adonan saja mungkin bisa sekitar 1/2 jam untuk membuat adonan menjadi kalis. Sedangkan waktu menggiling hingga mencapai ketebalan yang tertipis bisa memakan waktu 15-30 menit untuk semua adonan. Nah yang lebih lama adalah saat menaburi maizena, keju dan menggulungnya serta memotongnya. Waktu yang dibutuhkan kira-kira 30 menit-an lebih lah. Kalo untuk menggoreng nah ini sih standar biasanya memang cukup lama soalnya kita tidak menggunakan api kompor yang terlalu tinggi karena dapat membuat gorengan menjadi cepat gosong jadi ya harus agak kecil lah otomatis waktu penggorengan menjadi matang ya cukup memakan waktu lah bisa 1 jam-an mungkin untuk semua resep diatas.
Nah sekarang gue ingin memberikan penilaian sebarapa layak-kah (worthed) resep ini untuk di praktekan selanjutnya. Gue harus jujur meskipun rasa cukup lumayan tapi bagi gue waktu pembuatannya cukup lama di samping itu harga bahan-bahannya itu lho yang gak nahan (Keju-nya). Mungkin karena belum terbiasa kali ya gue ngerasa untuk makanan seperti ini proses pembuatannya kurang praktis jadi bagi perut gue yang pengen cepet-cepet ngerasain hasilnya harus bersabar culup lama. Biasanya kalo resepnya itu layak gue bakal buat lagi di lain kesempatan, nah untuk resep "Kue Kering Goreng" ini kok gue punya feeling gak bakal bikin model beginian lagi... kenapa ya? Mungkin mahal kemahalan kali ya bahan-bahannya? :p atau karena agak lama juga sih bikinnya.... tapi buat yang penasaran resep ini layak kok untuk di coba, cuma memang kalo dijadikan makanan utama pada momen-momen tertentu seperti lebaran atau menjamu tamu kayaknya sih enggak deh :p
Anyway... buat yang mau coba buat "Kue Kering Goreng" selamat mencoba deh....

10 Comments:

Anonymous Anonymous said...

geekgirl: whoaaa vi.. tobh deh lu!

Wednesday, September 22, 2004 1:36:00 PM  

Blogger KentutIjo said...

santan yang gak cair namanya santan kental :)) gak tau juga deng. Gile loe, gak nyangka akhirnya beli gilingan mie juga. Anyway, gue punya satu request buat elo, gue sendiri udah nyerah ngebuatnya: KUE SEMPRONG atau ICE CREAM CONE! gue gak bisa ngebuat dua2nya. Resepnya mirip banget, cara ngebuatnya juga mirip. Tapi gw gak bisaaaaaa argh stressss!!!

Thursday, September 23, 2004 1:21:00 AM  

Blogger alvifauzan said...

Soal santan gue juga gak bisa jelasin sih, cuma yang jelas susah lho untuk dapetin santan kental apa lagi kalo udah di panasin wah bisa pecah tuh santannya, makanya gue bilang aja santan cair... :p santen yang gue pake ini langsung lho dibuat dari kelapa kebun sendiri di pecah terus di blender (males marut hehehe) udah deh jadi... oh iya pake airnya yang mateng ya.

Btw gue gak beli gilingan mie, kebetulan duuuuulu banget nyokap gue pernah beli gilingan mie jadi beruntung lah gue tinggal pake aja.... gak usah beli :)

Wah boleh doong gue minta resepnya untuk Kue Semprong & Ice Cream Cone-nya. Btw kalo loe gak berhasil kayaknya bakalan susah juga ya gue buatnya? :(

Thursday, September 23, 2004 3:31:00 PM  

Blogger KentutIjo said...

di internet banyak banget resep semprong ama ice cream cone

Thursday, September 23, 2004 7:00:00 PM  

Blogger MUSIDA said...

Aku pengin yang sudah jadi aja deh, kayaknya uenak lho....

Sunday, September 28, 2008 10:36:00 PM  

Blogger Unknown said...

ka'.... itu tepung maizenanya cuma buat taburan aja yach? gak di campur ke dalam tepung terigunya buat adonan?

Thursday, December 11, 2008 4:23:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

mo nyoba tapi nga pake alat giling bisa nga ya

Friday, January 30, 2009 12:36:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

kayaknya kalo kamu gak suka ama ni resep...gak perlu ditayangin deh...kan dah tau rasanya gaka enak...

Wednesday, July 08, 2009 9:09:00 PM  

Anonymous Resep Kue Cubit said...

Resep Aneka Masakan Sederhana Dan Praktis

Resep Masakan Indonesia

Aneka Resep Masakan Nusantara

Sunday, August 02, 2015 8:03:00 PM  

Blogger kelinci said...

Aneka kelinci

Monday, January 16, 2017 4:22:00 AM