Oknum di Stasiun Pasar Minggu

 Wednesday, September 14, 2005

Kejadiannya kemarin, gw habis sama temen gue ke daerah pondok pinang buat ngelamar, tapi kayaknya gue rada kurang sreg dengan tempatnya yang jauh. Lebih-lebih kalo mau kesana harus naik bis Deborah yang menyebalkan karena pelayanannya mengecewakan, selalu padat benar-benar gak manusiawi, udah gitu jalannya lelet, dan tarifnya yang rada mahal kalo dibandingin bis yang lainnya.

Rencananya abis dari situ gue mau pergi buat upload kerjaan gue, ternyata disana lagi pada sibuk menyiapkan rekrutmen pegawai, jadi kayaknya gue gak bisa kesana. Akhirnya gue putusin aja balik, dan gue turun di cilandak. Tanya kanan kiri ternyata gak ada tuh kendaraan umum yang dari cilandak ke depok, terpaksa harus ke Pasar Minggu dulu.

Di Pasar minggu, gue nyebrang lewatin jembatan, setelah sampe situ gua rencananya mau ke stasiun pasar minggu, berhubung trotoarnya penuh sama pedagang kaki lima, gue rada males, dan kepikiran untuk nyusurin rel kereta aja. Ternyata kereta yang mau dinaikin gue udah mau sampe stasiun, gue buru-buru lari ngejar ke arah stasiun. Sebelum masuk stasiun eh gue ditahan sama petugasnya nanyain abodemen gue, gue rada kesel juga, tapi gue keluarin juga dompet gue yang berisi abodemen gue. Gak masalah kan harusnya, karena gue jelas punya abodemen jadi ya boleh masuk stasiun.

Entah apa, petugas yang nahan ini bukannya langsung mempersilahkan gue untuk masuk ke stasiun dan berterima kasih karena gue udah nunjukin abodemen gue, dia malah cari masalah. Kebetulan waktu pas gue ngeluarin abodemen, dia liat ada SIM gue. terus petugas pemeriksa karcis di stasiun itu pengen liat SIM gue.
"Buat apa?" kata gue dengan nada kesel
"Liat dulu..." kata petugasnya rese
"Pak saya buru-buru, apa lagi sih saya kan punya abodemen"
"Diem, sini serahin SIM kamu!"
Dalam hati gue, "jangan rese deh... mentang-mentang loe petugas jaga jangan sok over acting deh."
"Buat apa sih! Inget pak bapak ini aparat, yang sopan dong!" kata gue kesel liat kelakuan pegawai ini
"Ini juga udah sopan, kamu jangan macem-macem ya!"
"Macem-macem apa pak? udah lah... saya mau buru-buru itu kereta saya mau berangkat!"
"Tar dulu!!!, tau gak kamu ini punya salah!"
"Salah apa pak?" kata gue kesel
"Kamu lewat nyusurin rel, kamu bisa baca gak tulisan dilarang jalan di rel?" bentak pegawai ini sambil nunjuk papan peringatan

Duh sial bener gue, waktu dan tempat lagi gak pas. Kalo itu petugas cuma sendiri gue mungkin siap-siap aja kalo emang harus berantem satu lawan satu, soalnya gue pikir badannya lebih kecil dari gue, tampangnya aja rada kurang wibawa gitu. Sayangnya ini wilayah dia sama temen-temennya, paling enggak ada dua orang temennya di belakang dia. Wah ini sih repot kalo sampe jadi urusan adu fisik.

Akhirnya kereta yang tadinya mau gue naikin, lewat di depan gue. Dan gue digiring dia masuk ke sebuah ruangan di samping mushola stasiun pasar minggu.

Gue coba iseng, kali aja gue berhasil bujuk.
"Pak entar dulu deh, saya belum sholat nih, entar aja urusannya di beresin kalo saya udah sholat deh". kata gue dengan nada masih rada kesel
"Ah... kamu, bukannya dari tadi-tadi sholat"
"Yah pak saya juga baru nyampe sekarang pak! masak saya boong"
"Alaaah... sekarang pake sholat dibawa buat alesan, udah masuk dulu kesana"
Sial! dalam hati gue rada tersinggung juga, gue emang sebelumnya niat mau sholat dulu kalo emang keretanya gak buru-buru dateng, tapi karena keretanya dateng niatnya mau di stasiun berikutnya aja, jadi dia nangkep seolah-olah gue cari alesan. Tapi terserah dia lah...

Gue akhirnya di bawa suatu ruangan di samping mushola, WC dan deket loket pembelian karcis bagian selatan-timur. Gue liat, udah ada beberapa orang yang spertinya sedang diintrogasi. Sepertinya mereka yang diinterogasi itu orang-orang yang gak pada beli karcis. Paling gak gue liat di ruangan interogasi yang kecil itu ada sekitar 4 orang petugas PT KA. Gue rasa mereka bagian tukang meriksa karcis stasiun pasar minggu. Di luar ruangan juga gue liat paling enggak ada 1-2 orang. Dalam hati gue membatin, wah pasti gue bakal dikerjaain disini. Waktu gue masuk ke ruangan interogasi di dibagi jadi dua bagian oleh sekat triplex. Di bagian depan emang buat tempat interogasi yang ada kursi dan meja, sedang bagian yang lain kosong melompong. Gue dibawa sama petugas yang rese itu ke ruangan yang kosong. Satu petugas yang sepertinya cukup senior diantara pegtugas pemeriksa karcis ini udah siap. Sambil menggerekan jarinya dia mengisyaratkan gue sama petugas yang ngeggiring gue untuk bawa gue masuk ke ruangan yang kosong/bagian belakang. Gue liat ruangan itu sepi banget, paling cuma ada gue sama petugas ini. Petugas yang senior ini badannya lumayan gede, dan sepertinya cukup punya wibawa juga di banding yang ngegiring gue sebelumnya. Badannya gede, umurnya gue taksir sekitar 37-45 tahunan lah, kalo berbicara gigi bawahnya terlihat kecoklatan, akibat sering ngerokok.

Terus terang aja waktu gue cuma sendirian di ruangan kosong sama petugas ini agak jiper juga, kaki gue rada gemeteran juga, soalnya gue sempet ngebayangin kalo sampe gue kena maen fisik bakal lumayan juga, ditambah tempatnya yang rada terpencil jauh dari perhatian calon penumpang kereta lainnya. Terus dia memulai pembicaraan sambil nanya
"Kamu tau gak apa gunanya rel kereta api?"
"Buat lewat rel kereta api" kata gue rada kesel
"Udah tau, tapi kenapa kamu lewat"
"Emang salah saya apa pak?" tanya gue ksel
"Kamu lewat jalan kereta, itu slah kamu!" kata petugas yang senior ini
"Pak, di Bogor, orang-orang yang dari pasar tiap hari malah lewat jalan kereta, malah sampe disediain tempat beli tiket segala, jadi harusnya gak apa-apa dong!" kata gue
"Saya gak mau tau, kamu sudah melanggar undang-undang, kamu gak liat papan peringatan?" Sambil mau nyeret gue buat ngeliat papan peringatan itu
"Iya saya udah liat!" kata gue udah males, pasti dia ini emang mau ngerjain gue
"Terus kenapa?" kata gue rada ngebentak
"Kamu itu salah! ini berat hukumannya, menurut undang-undang kamu bisa kena denda 1 juta" kata dia ngotot
"Gak masalah pak, kalo emang begitu perarturannya. Tapi sebelumnya saya mau liat undang-undang itu" kata gue ngotot gak mau kalah
"Urusan undang-undang itu urusan orang sana, bukan urusan saya" kata petugas yang rambutnya jabrik ini. Di sini gue ngeliat kalo dia gak menguasai undang-undang seperti polisi-polisi, dan memang dia seperti polisi karena sekarang dia pegang SIM gua. Gue pikir orang kayak gini sih jangan diajak debat terus, bisa-bisa gue makin dikerjaain, padahal urusan gue bukan hanya ini aja. Gue udah tau pasti UUD (ujung-ujungnya minta duit). Setelah itu gue coba ikutin aja apa yang dia mau.
"Dah sekarang mau bapak gimana?, saya mau urusan ini cepet beres!. Saya mau ambil SIM saya pak" sambil gue berusaha ngerebut dari tangannya
"Kamu ini salah!!! kita bisa kasih keringanan kalo kamu mau bayar 50 ribu buat administrasi" kata dia tanpa malu-malu
"Yang bener aja pak, gede amat! gak ada saya duit segitu" kata gue gak terima
"Terserah..." kata dia sok gak peduli
"Pak, hari ini saya lagi sial pak, saya ngelamar kerjaan gak lolos, bapak jangan tambah kesialan saya lagi dong pak!" kata gue coba ngeles, kebetulan gue emang gak jadi nerima kerjaan yang di tawarin jadi ya gue emang gak boong kalo hari itu gue bilang gue gak di terima gawe.
"Bapak tau sendiri kan! Jaman sekarang susah cari kerja, jadi bapak jangan tambah masalah saya lagi doong!" kata gue coba ngeyakinin dia
"Sama aja, saya ini orang bego makanya kerja saya cuma kayak gini!!! tapi kamu jangan sok pinter deh, kamu ini udah salah jangan macem-macem deh" kata dia gak mau kalah
"Pak, kalo gitu bapak udah tau, bapak orang susah, saya juga orang susah, bapak jangan gitu lah, kita sama-sama orang susah, bapak jangan mempersulit saya doong, saya ini udah sial hari ini!" kata gue gak mau kalah juga.

Dalam hati gue ngebatin, duh nih orang apa gak pernah nonton sinetron rahasia ilahi, udah jadi orang susah, malak lagi, coba kalo loe gak jadi pegawai disini mungkin loe gak bakal bisa pake kekuasaan loe buat ngerjain gue. Tapi itu gak akan gue omongin, kalo orang kayak gini udah susah deh buat di ceramahin, bukannya malah insyap, yang ada gue malah lebih dikerjain, lagian gue juga tau diri, gue emang gak sepenuhnya bener, tapi diperes gara-gara jalan diatas rel kayaknya baru sekarang gue alamin dan ini konyol! Karena di bogor malah orang-orang kalo dari pasar anyar sering masuk lewat dengan nyusurin rel kereta!, jadi yang salah siapa petugas PT KA di stasiun bogor apa di pasar minggu?.

Karena gue udah gak tahan ditahan-tahan & dikerjain, udah gue langsung kasih tawaran
"Udah deh pak, saya masih banyak urusan, besok saya musti cari gawean lagi. Saya cuma ada uang sepuluh ribu buat bapak" kata gue sambil ngeluarin duit dari dompet, gue agak khawatir kalo sampe dia liat duit 50 rebu dan minta dari gue, dan untungnya lagi gue juga ada duit 10 rebu, kalo enggak masak gue ngeluarin 50 rebu sambil minta kembalian 40 rebu? :D

Dia kayaknya liat juga gua punya duit 50 rebu, terus gue langsung ngomong sebelum dia minta 50 rebu gue
"Pak biar saya ada duit 50 rebu, itu buat nyawa besok pak, nih duitnya buat bapak" kata gue sambil ngasih selembar duit sepuluh rebuan ke tangan petugas jabrik yang juga petugas paling senior di ruangan itu.
"Baik, kali ini kamu saya maafkan, tapi kalo sampe di ulangi lagi saya gak matanggung jawab" kata dia sok wibawa, gue rasa itu kata yang digunakan untuk mengganti ucapan terimakasih karena udah gue kasih duit.

"Ya udah deh pak, kalo gitu saya minta SIM saya" gue minta SIM yang masih ditahan
Terus dia nyerahin SIM itu ke gua, dan gue bilang
"Oke pak, saya pergi dulu deh, oooh iya pak sekalian juga ya doain saya dong biar besok lulus lamaran kerja ya" Gue iseng sok-sok akrab ke petugas itu, sampe tangan gue pegan pundaknya kaya sama temen biasa :p. Gue liatin di depan udah gak ada lagi orang yang diinterogasi, tapi jumlah pegawainya lumayan lah bikin gue babak belur kalo sampe ada adu fisik.

Wah kalo gue berontak, gue bisa babak belur juga nih, di ruangan sama di samping ruangan udah di jagaain gitu sama petugas-petugasnya. Tapi gue lega udah beres deh urusan gue. Cuma gue ngebatin aja... cari duit tambahan kok gini caranya? Tadinya bilang gue salah karena melanggar undang-undang dan gua bisa kena denda 1 juta, terus dia dibikin ringan jadi cuma 50 rebu, eh gue bayar 10 rebu kok doyan juga, undang-undang model apaan tuh!!!

Cuma gue penasaran aja kalo dibayar 5 rebu mau apa enggak ya? gue rasa enggak kali ya... orang temen gue pernah cerita waktu dia dikerjain polisi terus kasih duit 5 rebu, polisinya malah bilang "Eh duit 5 rebu mah gak bisa buat beli rokok ji sam su" Sial!!!!..., gue rasa yang ini juga bakal kayak gitu reaksinya, cuma emang gue belum pernah coba, dan males lah nyobain....

Setelah keluar dari situ, gue bertanya-tanya kenapa kok petugas penjaga karcis stasiun pasar minggu jadi "kreatif" gini (jangan jangan di stasiun lainnya kayak gini juga?). Sebenernya mereka itu bermafaat, utamanya buat nangkepin para penumpang yang pernah beli karcis, untuk hal ini gue sangat mendukung kerja merea yang penting jangan memeras (tapi kayaknya sih iya, kalo dari yang gue liat di ruangan "interogasi" tadi). Tapi setelah punya pengalaman buruk dengan mereka (para penjaga karcis), gue jadi menganggap mereka ini seperti Leukimia (Kanker Darah?), kalo Leukimika itu kan katanya produksi sel darah putih yang berlebih melebih produksi normal, sehingga ketika kuman-kuman gak ada maka sel darah merah akan ikut dimakan, mungkin itulah perumpamaan gue buat mereka. Karena udah gak ada orang yang bisa ditahan/dikerjain karena gak beli karcis, akhirnya dicari-carilah segala alasan buat memeras orang-orang seperti gue ini yang jelas-jelas punya abodemen.

Kelakuan mereka gue gak sepenuhnya menyalahkan mereka 100%, gue rasa ini satu bentuk kemisikinan mental yang mereka punya, dan juga mungkin para petugas itu juga frustasi dengan keadaan mereka sekarang. Setiap orang punya celah buat mengambil "kesempatan". Kalo pejabat tingkat tinggi bisa mark up anggaran, anggota DPR bisa jadi calo anggaran, polisi bisa nilang orang, kondektur bisa dapet uang dari penumpang yang gak beli karcis, sedangkan mereka? ya mereka akhirnya ikut-ikutan meras orang yang salah (gak beli karcis dll) ataupun mencari-cari kesalahan orang....

Kapan negara ini bakal beres!, yah salahkan belanda kali... :p VOC bangkrut gara-gara korupsi, gue rasa orang indonesia hanya meneruskan tradisi yang pernah ada sebelumnya juga....

0 Comments: