Makanan Sehat Jaman Sekarang?

 Thursday, August 25, 2005

Oke gue dah gak terlalu kesel, server itu akhirnya berfungsi tapi bukan sama gue sih tapi sama temen gue... yo wis masalah beres! Sempet ada error di satu server dimana autentifikasi pake LDAP ternyata gagal. Agak bingung cek source code udah sama, cek setingan web server juga udah sama, library yang dibutuhin juga udah ok, terus salah dimana? Tanya-tanya sana sini kok gak bisa, mereka agak bingung juga tapi akhirnya ketemu juga... ternyata masalahnya di DNS server IP-nya salah tulis! Huuuuah ternyata emang setingan IP yang gak lengkap! pantes gak bisa konek ke LDAP server :)

Pas udah beres-beres nyeting server, malemnya gue balik kemaleman, tukang bubur udah abis dagangannya, tukang baso juga, yang ada tinggal tukang Ayam Goreng. Gue emang jarang makan Ayam Goreng, gak tau kenapa males aja :). Biasanya selain jualan ayam goreng biasanya juga jualan pecel lele. Gue pesen ayam goreng, terus gue iseng ngeliatin penggorengannya yang gede dan banyak minyaknya itu, kok warnanya butek/keruh warnanya item spt oli.

Waduh gawat pikir gue, katanya kalo minyak goreng kelamaan dipake buat goreng dia bisa menyebabkan kanker (disamping kanker yang lain alias kantong kering :p). Pengennya sih gue gak jadi mesen, tapi kan kasian juga... Ah bodo lah sekali-kali makan gak papa kali ya. Rasanya sih ya lumayan lah, meski minyak gorengnya item buanget! Yang bikin enak soalnya pake nasi uduk dan sambel yang rasanya passsss, gue ampe lupa kalo ayam goreng yang gue makan ini di goreng di minyak yang udah gak sehat. Cuma emang sih abis makan perut rasanya agak-agak mules, mungkin ini efek akibat cuci tangannya gak terlalu bersih. Mo cuci bersih juga air kobokannya cuma dikit, dan gak ada sabun, ya mana bisa bener-bener bersih...?

Waktu itu gue jadi mikir, kalo mau hidup sehat kayaknya harus diimbangi juga dengan makan makanan yang sehat, yang kayaknya sekarang makin susah aja. Mungkin ini imbas dari kemajuan jaman, dan tingginya tingkat pertumbuhan penduduk, bikin permintaan sumber makanan jadi ikut tinggi. Gara-gara permintaan tinggi para produsen (petani, peternak/nelayan) jadi mulai meninggalkan cara tradisional dan beralih pake cara-cara modern yang ada kalanya belum tentu sehat.

Sekarang kalo makan ayam, kadang bertanya-tanya apa ni ayam kena flu burung apa kagak? Terus apa ayam ini disuntik hormon yang bikin ayam cepet gemuk, sampe2 umur sekitar 3 bulan udah bisa dipotong. Katanya beberapa obat yang mengadung hormon penggemuk ini juga udah ada yang dilarang, soalnya hormonnya ini nanti ikut masuk ke tubuh kita setelah makan ayam itu... Mungkin yang masih sahat ayam kampung kali ya? tapi apa ya masih ada ayam kampung yang bener-bener kampung jaman sekarang ini?

Makan ikan juga sama aja, katanya berita di TV bilang kalo sekarang ikan-ikan hasil tangkapan nelayan udah di awetin pake formalin, sampe-sampe laler aja gak doyan, emang sih keliatan masih seger tapi pasti gak sehat...

Makan baso, sama aja. Kalo beli baso yang kenyal dan harganya murah kayaknya perlu waspada juga soalnya ada kemungkinan kenyalnya itu pake boraks. Kata orang sih sebenernya kalo mau baso kenyal tanpa boraks bisa asal daging yang dipake masih baru dipotong dari tukang jagal.

Makan sayur juga..., sekarang sayur pake disemprot-semprot sama pestisida biar daunnya bebas dimakan serangga. Tapi jadinya sayurnya jadi ada racunnya, katanya sih itu bisa bikin kanker. Makanya kalo ada sayur yang bilang bebas pestisida biasanya lebih mahal (beras juga gitu sih). Kata guru biologi waktu jaman SMA sayur yang baik itu justru yang ada bekas di makan hewan model ulet atau serangga karena itu membuktikan di sayur itu gak ada racunnya.

Pernah gue makan gado-gado di langganan gue biasa beli ternyata ada ulet. Terus temen-temen gue yang liat ulet pada jadi gak nafsu makan, sama gue uletnya gue buang dan gue terusin lagi makan gado-gadonya. Terus temen gue bilang, "kenapa masih loe makan juga gado-gado yang ada uletnya itu?", terus gue bilang aja dengan kalem "kalo ada ulet, berarti sayur ini bebas racun pestisida dan berarti ini sehat buat dimakan". Biarin aja gue makan bekas ulet, toh setelah makan gue masih sehat-sehat aja... *itu sebenernya karena laper aja sih :p*

Jaman sekarang ini kalo mau sehat, emang kayaknya agak susah juga. Kalo kita makan sate, kerak yang suka muncul di daging katanya juga bisa bikin kanker. Beli minuman energi ternyata juga mengandung sakarin (pemanis buatan) yang katanya juga gak sehat. Beli buah aja juga kadang gitu, mungkin karena paranoid kali ya gue sekarang kalo makan apel musti di kupas kulitnya, gak peduli kata orang kulit apel itu sehat. Sehat sih sehat kalo gak ada residu pestisida, kalo ada gimana? mau makan jadi sehat malah bisa sakit!

Yah mungkin ini efek negatif dari pertumbuhan penduduk yang pesat, untuk memenuhi kebutuhan sumber makanan semuanya dilakukan dengan teknologi yang instan yang ada kalanya gak sehat buat tubuh. Denger-denger katanya produk makanan hasil transgenik juga masih diperdebatkan soalnya keamanannya bagi manusia. Ada salah satu tulisan di koran yang bilang jangan membayangkan transgenik itu seperti cangkok pohon X antara varietas Y dengan varietas Z tapi bisa jadi gak ada hubungannya sama sekali antara keduanya. Misal, bisa aja nanti ada ayam yang dibikin jadi ayam transgenik pake DNA-nya sapi, agak ngeri juga tuh (setidaknya saat ini) kalo makan yang transgenik.

Makan ayam bisa kena flu burung, tetelo, kemasukan hormon
Makan daging bisa kena antrax, sapi gila
Makan ikan bisa keracunan formalin
Makan sayur bisa keracunan pestisida
Makan gorengan bisa kena kanker
Minum manisan bisa kena efek negatif pemanis buatan
Malah katanya cewek kalo pake kosmetik/lipstik juga bisa kena efek negatif bahan berbahaya spt 'Lead' (logam berat?) soalnya bahan itu yang bikin lipstik gampang nempel di kulit/bibir, katanya coba cek lipstik di gosok2 sama emas minimal 18 karat, kalo lipstik/kosmetik jadi item berarti lipstik itu mengadung bahan berbahaya *katanya lho*.
dll...

Rasanya makanan jaman sekarang makin jarang yang aman buat di konsumsi...

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Kamu monyet_metro ya

Friday, August 26, 2005 5:32:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

monyet_metro????

Monday, August 29, 2005 11:45:00 AM