Sajen

 Wednesday, April 13, 2005

Kemarin gue ketemu tetangga yang lagi mudik karena sedang liburan UTS. Ngobrol ngalor-ngidul dari soal AGP card, Prosesor, Mobo, dll pokoknya berhubungan komputer deh. Tetangga gue ini kuliah Ekstension di Universitas di Jogja, nah karena waktu itu di Jogja pernah heboh mau ada bencana alam badai, makanya gue iseng tanya ke tetangga gue ini "Loe ikutan ritual yang di suruh sultan gak?".
"Ritual apaan? kayaknya gak ada ritual deh...." jawab tetangga gue ini.
"Masak loe gak tau?, dulu kan isunya habis tsunami di aceh... di jawa bakal kena bencana, terutama di daerah selatan jogja. Nah gara-gara heboh mau ada bencana alam ini kan sultan jogja nyuruh warganya melakukan beberapa ritual"
"Oh itu mah bukan tsunami, tapi mau ada badai" kata temen gue
"Ya maksud gue itu... loe ikutan ritual gak?" tanya gue dengan penasaran
"Ah gue gak tau ada perintah begituan, ya gue gak ngapa-ngapain" jawab temen gue yang emang sepertinya gak terlalu peduli dengan peringatan pemimpin jogja.
"Soalnya gue waktu itu di ceritain sama temen gue, sekitar awal bulan februari... temen gue yang tinggal di jakarta pada heran tetangga-tetangganya yang asalnya dari jogja pada rame-rame masak & makan sayur lodeh, ternyata ini salah satu laku yang musti dilakonin supaya bencana bisa dihindarkan dari jogja terutama parang tritis" kata gue
"Kalo kata berita yang waktu itu gue denger, saking khawatirnya orang-orang jogja sama bencana alam mereka pada rame-rame ikut perintah sultan untuk ritual-ritual tertentu, termasuk makan sayur lodeh itu" kata gue lagi.
"Ah gue gak terlalu merhatiin masalah begitun" kata temen gue yang emang keliatannya gak terlalu peduli

Kebetulan waktu itu gue ma tetangga gue lagi ngobrol di depan warung, dan saat itu yang punya warung juga kebetulan lagi dengering pembicaraan gue ini. Terus yang punya warung ikutan nimbrung, sambil nanya "Itu dimana kejadiannnya orang di suruh makan sayur lodeh?". "Di jogja teh..." jawab gue.

"Eh disini juga sebenernya ada juga perintah model gituan" jawab si Eteh (Begitu orang-orang memanggilnya - meski sebenernya gue harusnya manggil ibu soalnya dia memang udah ibu-ibu karena sebenernya Eteh itu kependekan dari kata "Teteh" yang artinya kakak perempuan dalam bahasa sunda).
"Masak teh? kan disini gak ada bencana alam?" tanya gue
"Ehhh iya tapi bener..., waktu itu si iyat nanya ke eteh, bikin apa? ya eteh bilang aja gak bikin apa-apa... emangnya ada apa?. Terus si iyat bilang kalo orang-orang mesjid bilang supaya masyarakat pada bikin aneka jenis makanan minuman, udah gitu dibeda-bedain kalo rumah yang ngadep ke kulon musti bikin ini, kalo yang ngadep ke kidul suruh bikin apaan, pokoknya beda-beda tiap rumah deh, ada yang di suruh bikin pisang goreng, kolek tales macem-macem deh... Di RT-RT sebelah mah pada bikin, cuma di RT kita aja yang gak pada bikin" jawab si eteh
"Ah yang bener teh... kok saya gak tau sih? emangnya mau ada benca apa teh?" tanya gue
"Kalo kata-orang-orang mah, sekarang ini gak tau di Gunung Gede kalo gak di Gunung Salak sekarang udah mulai retak, makanya ada acara model-model gitu supaya jangan sampe tuh gunung nyelakain kita-kita" jawab si pemilik warung.
"Terus kalo emang bener kayak gitu, kenapa eteh gak ikutan buat makanan teh?" tanya gue pengen tahu
"Ah eteh mah gak percaya yang gitu-gituan, kalo emang dasarnya udah nasib... mau nyediain makanan atau minuman macem-macem juga gak ngaruh kalo emang di sini emang dapet takdir bencana" jawab si Eteh yakin
"Bener juga sih teh, kalo udah takdir mah kita mau lari kemana aja emang gak bakal ada tempat yang bener-bener aman. Yang di pantai takut tsunami lari ke gunung, yang tinggal di gunung takut meletus kalo gunungnya meletus larinya kebawah, jadi ya gak ada tempat yang aman" jawab gue sok tau gitu... :)
"Ngomong-ngomong makanan ama minuman yang di buat warga di kemanain teh?" tanya gue
"Ya pada di kumpulin terus di bawa ke mesjid, terus di makan rame-rame sama jamaah yang habis sholat jum'at kemarin. Ah kata eteh mah itu emang pada pengen makan ama kolak tales aja.." kata si eteh sambil bercanda
"Ah si eteh bisa aja, jangan-jangan emang gitu teh...." kata gue mengamini komentarnya si eteh

Malamnya gue keluar cari makan, kali ini gue makan bubur ayam yang dah jadi langganan gue. Pas lagi makan ini si tukang bubur ngomong "Wah jaman sekarang bencana di mana-mana ya? belum beres aceh, terus nias, belum beres sekarang padang".
"iya nih, ngomong-ngomong bener gak sih katanya di bogor ini juga ada tanda-tanda mau bencana, terus katanya warga di suruh buat aneka jenis makanan & minuman, bener gak tuh?" tanya gue pengen tau bener/tidaknya isu warga yang disuruh bikin makanan & minuman seperti di ceritain si eteh siang sebelumnya.
"Katanya sih gitu tiap warga di suruh bikin makanan & minuman, tiap rumah tertentu di bedain bikinnya" kata penjual bubur
"Oh, jadi bener doong isu bikin makan & minuman itu... Emangnya mau bencana apaan sih?" kata gue
"Kalo kata orang-orang sama kata koran, katanya di Gunung Salak sekarang udah mulai retak-retak. Makanya orang-orang pada takut kalo sampe gunungnya jadi meletus" kata penjual bubur
"Warga di sini di suruh bikin apa emangnya?" tanya gue masih penasaran
"Macem-macem, dan tiap rumah bisa beda-beda, kalo yang rumanya ngadep ke kiblat di suruh bikin pisang goreng, kalo yang sebaliknya di suruh bikin yang lain lagi... pokoknya macem-macem deh" jawab si penjual bubur
"Gak ikut-ikutan bikin teh?" tanya gue ke penjual bubur
"Ah saya mah gak percaya yang begituan, kayaknya gak masuk akal aja bikin aneka jenis makanan & minuman supaya gunungnya gak meletus... emang bisa apa gunung gak jadi meletus kalo kita bikin makanan-minuman"
"Iya sih..., tapi warga sini banyak yang tetep percaya sama yang begitun?" tanya gue...
"Ada yang percaya banget, malah waktu saya bilang saya gak percaya yang begituan sama ibu-ibu, eh malah saya yang diserang sama ibu-ibu... kata ibu-ibu, bikin makanan & minuman itu emang udah sareat (syariat?) supaya jangan ada bala"
Lanjutnya "Kata saya mah, kalo emang udah takdir mah mau bikin makanan/minuman kayak gimana juga kalo emang udah dasar takdir mah gak bisa di apa-apain lagi. Lagian saya gak mau ikut-ikutan begituan (maksudnya bikin makanan & minuman tertentu -red) takutnya gak sesuai dengan perintah agama"

Dipikir-pikir emang ada benarnya juga nih omongan pemilik warung sama penjual bubur. Lebih-lebih omongan si penjual bubur yang takut gak sesuai perintah agama. Dulu kalo gak salah gue pernah denger ada yang bilang kalo "Perbuatan syirik/menyekutukan Allah itu lebih halus terdengar dari pada derap seekor semut" (gak tau itu hadis atau apa?) . Dan di dalam islam Syirik/menyekutukan Allah itu termasuk dosa besar yang tidak di ampuni.

Kayaknya ada benarnya juga "ketakutan" penjual bubur untuk tidak buat aneka makanan/minuman tertentu, karena ya takut-takut bisa aja ini ngarah ke tindak syrik.... karena kalo semata-mata berfikiran dengan membuat makanan/minuman tertentu maka bencana gunung meletus bisa dicegah, maka secara tidak sadar (kalo menurut gue) hal ini bisa ngarah pada tindakan menyekutukan Allah, karena bagaimanapun jadi atau tidaknya bencana alam ini sudah ditakdirkan oleh Allah. Dan kalo dipikir-pikir kayaknya kalo ingin menolak bala dilakukan dengan buat aneka jenis makanan/minuman ini kok seperti orang-orang jaman dulu aja yang masih percaya sama yang namanya sajen (sesajen) buat para dewa-dewa atau bikin anek sajen biar rezeki tambah lancar. Setau gue (kalo salah mohon di perbaiki) dalam Islam kayaknya gak ada syarat-syarat tambahan model-model nyediain aneka sesajen biar doa-doa kita bisa di terima Allah SWT. Entahlah hanya Allah yang tau... tapi ketimbang ragu kalo praktik menyediakan aneka makanan & minuman ini bisa mengarah pada perbuatan syirik, ya baiknya mungkin gak usah dilakonin...

Wajar aja sih kalo orang-orang pada ketakutan dengan bencana yang bakal terjadi, mengingat sebelumnya di Aceh ada gempa & tsunami yang membuat puluhan ribu nyawa manusia hilang, udah gitu di Nias terjadi gempa, ditambah sekarang di padang juga terkena gempa. Dan kalo dilihat dari pola terjadinya gempa emang seperti bergerak dari utara (Aceh) terus ke arah selatan (Nias kemudian Padang). Di tambah berita-berita hari ini yang gue baca di detikcom seperti berita Gunung Talang di Padang yang meletus, atau Gunung Tangkuban Perahu di Jawa barat yang sedang dalam keadaan siaga. Secara geografis katanya Gunung Salak ataupun Gunung Gede memang berada di antara jalur tektonik yang sama dengan gunung-gunung itu, jadi wajar saja kalo warga yang berada di sekitar wilayah itu khawatir. Kalo untuk di tempat tinggal gue wajar juga kalo kekhawatiran ini muncul, mengingat memang lokasi tempat tinggal gue ini berada lumayan dekat dengan Gunung Salak.

Setelah tau kalo ternyata masih ada orang-orang di sekitar gue yang percaya dengan bikin aneka sajen seperti yang gue dah ceritain... yah setidaknya hal ini jadi membuka sedikit wawasan gue, kalo ternyata di jaman yang udah modern gini masih ada aja orang yang mempercayai hal-hal begini. Semoga bencana alam yang ditakutkan masyarakat tidak menjalar lebih jauh kalo perlu tidak perlu terjadi...
Karena kalo sampe ini terjadi... gue juga gak tau mau ngungsi ke mana... Semoga warga yang sudah menjadi korban bencana alam dapat diberikan kesabaran dan ketabahan. Semoga Yang Maha Kuasa menyelamatakan kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan, tapi jika memang tidak... sesunggunya Dia lebih tau apa yang terbaik bagi kita semua.

0 Comments: