Renang Siang Hari

 Tuesday, April 05, 2005

Ceritanya dari beberapa bulan lalu gue selalu pengen renang, yah itung-itung buat nambah sehat badan. Cuma emang dasar males aja, rencana tiap sabtu untuk berenang gak pernah kesampean, nah baru kemarin tuh gue bener-bener nyempatin untuk berenang. Cari tempat yang gampang terjangkau oleh angkot dan harganya juga terjangkau :), akhirnya yang kepikiran adalah renang di Mila Kencana di daerah GOR Pajajaran Bogor. Kalo dari tempat gue, cukup dua kali naik angkot setiap kali naik abis 1.200 perak jadi pulang pergi ya abis sekitar 4.800, yah lumayan terjangkau lah. Dan untuk harga karcis untuk berenang "cuma" 2600 (hehehe tempat lain harganya udah diatas goceng, ada juga yang dah 15 rebu tuh... dulu sekitar tahun 2000 gue ama si sadr renang di sini malah harganya masih 1100).

Kebetulan setiap sabtu airnya masih bersih, dan kalo tiap sabtu emang agak sepi, yang rame palingan anak balita :). Cowok yang renang di situ emang gak banyak, apalagi cewek... paling cewek yang renang cuma beberapa orang. Gak heran waktu ada cewek yang tampangnya agak lumayan ikutan berenang, "gerombolan" cowok-cowok yang renang disitu pada semangat mau kenalan dengan tuh cewek... Tapi sayang tak selang beberapa lama si cewek itu pergi sebentar jemput seorang cowok. Sepertinya cowok yang diajakin masuk si cewek adalah cowoknya. Dan karena si cewek udah bawa gandengan... yang pasti musnah sudah deh harapan "gerombolan" cowok-cowok itu untuk mengenal lebih jauh cewek itu :)

Lumayan juga gue renang di tempat itu paling gak dari jam 10-an lebih sampe jam 12 lebih (abis adzan dzuhur). Asik juga sih siang-siang ditengah terik matahari, badan tetap sejuk kena air kolam. Kalo sering-sering renang mungkin gue bisa sedikit menurunkan berat badan yang berlebih dengan lemak. Selama renang ada insiden yang nyaris membahayakan diri gue, pas lagi renang tiba-tiba kaki kiri gue keram, aduh sakitnya dan untungnya gue renang di bagian kedalaman 2 meter, kalo lebih kan repot kalo sampe kelelep. Setelah keram di tengah kolam renang, gue sempet takut, jangan-jangan gue ada gejala asam urat nih...

Gara-gara berenang di siang bolong juga beberapa hari ini "my body" terasa "not delicious" nih (gak enak badan maxudnya :p). Bahu gue masih agak perih, kulitnya masih berwarna merah sepertinya kebakar, kebetulan bagian ini cukup sering kena sinar matahari waktu pas gue renang. Sekarang masih kerasa agak gatel-gatel perih :(. Muka gue juga jadi agak kemerah-merahan, beberapa hari setelah renang malah ada bagian kulit di muka gue yang agak-agak ngelupas. Sebenernya gue dah yakin sih kalo renang di siang hari efeknya bisa bakal bikin kulit terasa perih (kebakar?). Pikir gue.... demi kesehatan ya gak ada salahnya sekali-kali renang, eh... taunya efeknya lebih dari yang gue duga. Efek positif dikit terasa, eh yang banyak malah efek negatif yang sampe sekarang masih agak kerasa (kulit kebakar).

Kebetulan sedikit baca bagian awal bukunya Thomas J. Slaga yang berjudul "The Detox Revolution", nah di bab 2 yang bertema "Menurunkan Beban Sistem Detoksifikasi Anda" di sebutkan 20 saran untuk meningkatkan kemampuan detoksifikasi tubuh seperti "Jangan Merokok", "Hindari konsumsi daging yang di bakar, diasap dan dimasak terlalu matang", "Hindari berada dibawah radiasi sinar Matahari langsung dan sinar X secara berlebih", dst... dst... Waduh ternyata gue salah juga tuh berenang di terik siang hari. Di buku itu disebutkan kalo Radiasi Sinar Matahari, terutama antara pukul 10 pagi sampai pukul 3 sore dapat menjadi sumber utama radikal bebas penghancur DNA yang dapat menimbulkan kanker kulit (karsinoma dan melanoma sel basal dan skuamosa -- gue juga gak tau apa arti semua istilah itu :p) dan penuaan dini. Kata buku itu, jika terpaksa harus pake krim pelindung. Soalnya kalo gak pake... kata referensinya buku itu yaitu International Journal of Cancers (Juli 2000) seseorang yang beresiko terkena kanker kulit dan berada di luar ruangan dalam waktu yang lama ketika matahari sedang bersinar terik tanpa menggunakan krim pelindung akan beresiko terkena melanoma ganas! *kedengarannya syerem :(*.

Para peneliti yang di sebut di buku itu menganjurkan pake krim pelindung yang mengandung SPF-16 (waduh istilah apalagih nih) atau dengan kadar yang lebih. Dan krim itu juga harus dipake setiap satu atau dua jam sekali. Katanya di tahun 2000, terdapat lebih dari satu juta kasus kanker kulit di Amerika. Kalo ngeliat gitu kayaknya renang di terik siang hari bukan ide yang baik... wah salah deh gue. Abis mo gimana lagi rata-rata tempat renang kan jarang ada yang indoor (setidaknya di Bogor), kalo pagi biasanya tempat renang belum buka, kalo sore tempat renangnya mau tutup... jadi gimana dong? kan gak mungkin juga gue musti bikin kolam renang sendiri? :) *no fulus & no tempat lowong*

Terus kalo mengikuti saran dengan menggunakan krim apa gak ngaruh kalo buat renang? Soalnya kalo udah kena air kan berarti olesan krim pelindungnya juga ikutan luntur jadi kayaknya gak ngefek deh.... Kalao mau waktu yang fleksibel buat renang, kayaknya sungai bisa dijadiin tujuan, tapi gue males banget... airnya pada kotor sih hiiiii!! udah gitu suka ada kejadian orang hanyut dari sungai jadi mending cari tempat renang yang bener aja deh...

Setidaknya untuk beberapa waktu kedepan gue musti cari informasi lebih banyak nih cari-cari tempat renang & waktu berenang yang memungkinkan kita untuk menghindari resiko terkena kanker kulit akibat terik matahari siang. Mungkin ada yang tau dimana tempat renang yang indoor? (kalo bisa di Bogor). Mau sehat tapi kalo harus sakit kayaknya gak asik banget....

0 Comments: