Preferences Box

 Monday, March 28, 2005

Iseng-iseng pengen nyobain supaya blog ini bisa ganti warna-warna "on the fly". Akhirnya gue coba tambahin box "Preferences" diatas box "About Me". Kalo di klik box "Preferences" maka akan tampil daftar warna, font & layout "main post" & "side bar".

Awalnya cuma pengen ganti warna, akhirnya gue coba manipulasi via javascript. Tapi kalo ganti style berdasarkan ID atau HTML Tag Name, kayaknya agak ribet... penasaran bisa gak sih kalo ngerubah berdasarkan "CSS selector"... voila ternyata bisa... cuma kalo di jelasin bakal terlalu technical banget & ribet. Sialan... W3C udah rilis CSS1 & CSS2 tapi tetep aja ribet untuk soal kompatibilitas. Pengalaman gue kalo pake IE biasanya CSS-nya kadang suka kacau. Contoh, kalo buka blog ini pake IE, Shoutboxnya agak lebar sedikit, itu karena "kebodohan" IE :(. IE menghitung width berdasarkan asumsi margin atau padding = 0 jadi kalo kita set margin, terutama padding maka kacaulah perhitungan width si IE. IE juga kadang suka gak ngerender sesuai perintah CSS, misalnya "display:block;" eh si IE malah tetep nampilin secara "inline" Damn!.

Biar tampilan warnanya lebih "asik" gue tadinya pengen bikin perubahan warna berdasarkan input user yaitu derajat Hue, Saturation & Intensity (HSI). Saking niatnya, gue coba bela-belain baca kembali buku "Digital Image Processing"-nya si Gonzales-Woods buku resmi kuliah Pengolahan Citra. Setelah di baca, kayaknya gue gak nemu rumus yang gue mau. Memang ada rumus HSI & RGB (Red Green Blue) tapi untuk convert nilai HSI ke RGB atau sebaliknya "aja", gak ada rumus ngerubah suatu warna RGB yang dimanipulasi dengan derajat HSI yang menghasilkan kembali nilai RGB. Awalnya mau pake tabel aja... tapi males terlalu banyak. Kalo mau ideal setidaknya butuh array sebanyak 360x3 (karena keliling satu lingkaran = 360 derajat & RGB butuh 3 tempat)... kelamaan & gak praktis!. Coba pengen cari rumus sendiri.. ternyata agak belibet karena grafiknya gabungan dari grafik sinus/cosinus & nilai 0 dan 1 (atau 255)... yah gue terlalu males deh buat ngulik rumus!. Ya udah yang paling gampang ya definisiin entri warna sendiri & pake random value.

Intinya... kalo mau ganti warna blog ini..., buka box "Preferences" yang ada di ata box "About Me" terus pilih salah satu warna... Kalo main ke blog ini pake IE 6+ atau Mozilla Firefox 1.0+ seharusnya bisa lihat warna blog ini berubah kalo kita klik salah satu warna :). Oh iya kalo pengen nyoba warna random yang dipilihin komputer, pilih di bagian ujung paling kanan bawah yang warnanya abu-abu deket putih. Harusnya kalo pake browser IE 6+ atau Mozilla Firefox 1.0 & "Javascript Enabled" bisa...

Kalo bagian font... bisa dimanfaatkan untuk ngerubah font size ataupun font family. Pilihan Font Family sengaja di batasi hanya "Georgia" (default), "Trebuchet MS", Verdana dan Arial. Pilihan font size dibuat dari ukuran kecil, normal, besar & lebih besar. Kalo bagian Layout kita bisa merubah posisi posting blog di sebelah kiri dan navigation bar/sidebar (about me, previous post dll) di sebelah kanan menjadi sebaliknya. Pilih salah satu dari dua pilihan yang ditampilkan itu yaitu "Posts_Nav" untuk menentukan tulisan blog berada di sebalah kiri & sidebar di sebelah kanan. Sedang menu "Nav_Posts" untuk ngerubah yang sebaliknya.

Kalo suka dengan pilihannya... gak ada salahnya juga lho seting kita disave, jadi kalo mampir ke blog ini pake setingan yang disimpen itu. Caranya ya apalagi kalo bukan dengan menekan tombol "Save Options" :) Tapi ada syaratnya browser anda harus "Cookie Enable". Harusnya sih setelah menekan "Save Options", kalo kapan-kapan ke sini lagi setingan yang udah disimpen bisa di tampilin... Kalo gak bisa... mungkin karena Cokkies-nya udah di hapus.

*Hehehe ngarti gak sih gue nulis apa?* sorry bahasanya emang terlalu "technical"

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

waaah lagi iseng ya?^^ tapi boleh juga idenya:)

Monday, March 28, 2005 11:11:00 AM  

Blogger Luluk said...

vi, kalo lagi iseng, kutak katik lay out blog gw dong.. :p

Wednesday, March 30, 2005 6:05:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

emang layout blog loe yang sekarang kenapa luk? kayaknya masih baik-baik ajah :)

Friday, April 01, 2005 3:01:00 PM