HaPe

 Friday, April 01, 2005

Waktu itu gue lagi nongkrong nunggu angkot di depan warung. Datanglah tukang baso yang nganterin pesenan baso dari yang punya warung. Habis nganterin baso pesenan, tiba-tiba tukang baso itu deketin gue, sambil ngeluarin sesuatu dari kantongnya. Gak tau kenapa bawaan gue udah curiga aja nih ada niat yang gak bener kayak mau malak atau menawarkan barang terlarang, habis sikapnya "mencurigakan" gitu sih... :p.

"Mas, bisa ajarin saya ngirim SMS gak?". Ya ampun gue dah berburuk sangka gitu... taunya dia ngeluarin HP untuk minta diajarin ngirim SMS...
"Oh kenapa mas?" gue penasaran
"Ini saya udah bisa ngetik-ngetik SMS, tapi saya gak tau gimana cara ngirimnya" jawab si penjual baso dengan pasrahnya.
"Oh coba sini mas saya liat" sambil gue ambil HP-nya.
Kebetulan HP-nya HP model tahun 2002/2003-an yang masih monokrom, dan bagusnya menu itu pake bahasa Indonesia. Karena gue gak pake HP jenis ini, ya gue kan juga harus coba-coba dulu sebelum nerangin. Setelah gue coba-coba akhirnya gue siap untuk nerangin.

Baru sebentar nerangin, eh udah ada yang mau beli baso, terpaksalah "pelajaran" di tunda dulu... HP-nya di suruh megang sama gue. Kebetulan yang punya warung kayak penasaran, ya gue bilang aja "ini nih lagi ngajarin si mas buat ngirim SMS".
"Kayaknya sih si mas baru beli HP teh..." celetuk gue
"Oooo, Pantes waktu kemarin apa 2 hari yang lalu, orang-orang yang pada mau beli baso pada bingung kemana tukang baso-nya. Taunya waktu itu dia jadi beli HP dari si ade" jawab yang punya warung...

Lama juga gue nungguin yang punya HP, habis yang beli basonya banyak banget. Setelah agak sepi baru dia minta diajarin lagi. Mungkin karena belum biasa, dia agak-agak gak ngerti dengan konsep menu dan sub-sub menu, tombol-tombol untuk eksekusi (tombol OK/Cancel). Ya mememang harus ekstra sabar sih ngajarinnya. Sebisa mungkin gue nerangin dari langkah pertama ngeklik tombol menu ini-itu. Kayaknya karena belum ngerti konsep menu, dan menu di dalam menu dia agak bingung gitu. Padahal udah gue suruh praktek segala dari belajar ngirim SMS, sampe baca SMS.

Besoknya kebetulan gue beli baso di dia. Dia langsung ngomong ke gue "Hape-nya udah saya jual mas, habis bingung belajar SMS kok gak bisa-bisa".
"Kapan di jualnya mas?" gue penasaran
"Kemarin sore habis situ ngajarin saya jual aja ke counter" jawab dia
"Counter yang dimana mas di depan sana" tanya gue
"Bukan, counter yang di kaler (Utara -red) sana sekalian ngider jualan"
"Oh di situ... Emang belinya dulu berapa duit mas?" iseng-iseng aja gue nanya...
"Mahal, 35 dari orang sebelah situ" jawab dia
"350 ribu mas?" tanya gue lagi pengen tau
"Iya segitu" jawab dia.
"Emang kemarin di jual laku berapa?" gue penasaran juga
"Cuma laku 280?" jawab dia tanpa ekspresi
"Gak nyesel mas HP-nya di jual?"
"Ya gimana, habis udah 2 hari belajar kok gak bisa-bisa SMS, kalo buat nelpon atau nerima telpon sih bisa cuma ya itu kok susah ya belajar SMS"
"Sebenernya HP penting gak sih buat mas?" tanya gue
"Ya sebenernya sih gak terlalu, kalo saya butuh ngobrol biasanya saya ke wartel, cuma kalo sodara saya mau menghubungi saya kan susah, jadi ya saya beli HP" jawab dia.
"Kalo gitu emang udah perlu juga sih mas" kata gue dengan gaya sok-sok meyakinkan

Terus gue coba meyakinkan si tukang baso, sambil bilang "Wajar lagi mas kalo pertama kali pake hape atau SMS susah belajarnya, saya aja waktu belum pernah megang HP punya temen takut-takut gitu..."
"Oh jadi kalo gitu bukan saya aja ya yang takut pake HP. Saya takutnya kalo pencet-pencet nanti ada yang kehapus atau hpnya rusak"
"Ah sama aja mas semua juga gitu kalo baru pertama kali belajar, yang penting tetep sabar untuk belajar makenya aja mas" gue sok-sok meyakinkan
"Ya, saya juga maunya gitu, pengen juga nyobain belajar lagi cuma kalo pinjem punya orang lain gak enak kalo nanti jadi ngerusakin, harusnya ya emang punya HP sendiri sih. Saya pikirannya pendek sih waktu itu jadi ya main jual aja" jawab si tukang bakso dengan nada agak nyesel.

"Yah..., yang penting jangan kapok buat tetep belajar SMS mas :)"

Terima kasih buat kemajuan teknologi, semakin lama harganya semakin terjangkau masyarakat. Dulu yang punya hp cuma yang kelebihan duit, sekarang bukan barang aneh liat tukang jual di pinggir jalan bawa hp... :) Semoga suatu saat harga tarif pulsa hp lebih murah dari tarif telpon rumah, semoga si telkom jadi gak semena-mena memainkan tarif pulsa...

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

arih: Hmmm, dulu waktu Ceriwis ngundang Marshanda dan Dea imut, mereka sekalian ngundang seorang pedagang jajanan yg pake P800. Trus kemaren gua lewatin tukang koran (kayaknya agen sih) di trotoar yg lagi ngetik pake N9500... Kalo gini gimana Vi?

Monday, April 04, 2005 7:44:00 AM  

Anonymous Anonymous said...

jadi inget ngajarin mama cara ngirim sms pake hp:) Alhamdulillah sekarang beliau dah lancar ngirim sms....jadinya komunikasi lebih lancar:)
arih: tukang koran pake N9500? hmmm....keren juga yah^^

Monday, April 04, 2005 10:15:00 AM  

Blogger alvifauzan said...

buat arih: gue gak terlalu heran ri kalo sekarang tukang jualan punya P800 atau N9500. FYI gue sempet ngobrol sama tukang nasgor, dia bilang temennya yang juga tukang nasgor di kejar-kejar cewek (anjing kali dikejar), soalnya tuh cewek tau meski profesinya tukang nasgor, duitnya banyak - punya motor, punya HP berkamera terbaru, dikampungnya udah punya rumah yang bagus dsb. Rata-rata tukang nasgor itu bisa dapet untung bersih(bukan omset lagi) lebih dari 120 ribu (bisa lebih malah). Kalo di kali 30, sebulan paling gak dia dapet untung 3.6 jt. Ngumpulin duit berapa bulan, beli HP model gitu mah tinggal tunggu waktu aja ri :p

buat linda: ngajarin orang tua SMS kayaknya emang butuh waktu & tenaga ekstra deh... :)

Wednesday, April 06, 2005 11:58:00 AM