Gak Sopan!

 Tuesday, March 29, 2005

Sialan gue dapet SMS yang isinya:
Pakl nlp kepak Marso atau mau ngebales sms kami buat bukti, untuk ngerubah nilai kami menjadi C, bapak udah ngerubah nilai kami menjadi C di Email maca***_hi***** (E***.S/065101087 A******h.S/065095)
Ini anak dua masih nekat aja ngotot pengen nilainya berubah, padahal udah jelas-jelas gue gak mau ngerubahin nilainya, malah udah gue kasih penjelasan segala.

Heran apa email gue gak nyampe atau mereka gak ngerti tulisan gue! masak udah di tolak masih aja ngotot... malah berani nyuruh untuk ngerubahin... huh gak sopan!. Akhirnya bener gue telpon juga pak Marso (orang Sekre), bukan untuk ngerubah nilai itu tapi malah menegaskan supaya beliau jangan ubah-ubah nilai yang gue kasih. Untunglah pak Marso bilang ke gue kalo dia gak berani ngerubah-rubah tanpa persetujuan yang mengeluarkan nilai... bagus berarti nilai itu tetep seperti yang gue kasih. Gue kalo di paksa-paksa gini bukannya malah ngasih tapi gue bakal lebih ngotot untuk gak ngerubah... >:(

Gue ngerasa, kalo mereka-mereka ngotot minta ngerubah nilai dan gue mengabulkan berarti secara tidak langsung gue mengakui kebijakan gue selama ini adalah salah. Kalo keputusan sudah dilakukan dengan pertimbangan yang sangat matang dan melihat dari berbagai sudut kelayakan, kayaknya gue gak perlu terlalu menanggapi keinginan orang-orang itu. Kalo mau terus-menerus mengikuti keinginan tanpa alasan yang jelas malah bisa jadi blunder. Dalam jangka panjang, image orang yang gampang merubah keputusan akan jelek, orang akan meremehkan setiap keputusannya, karena orang lain tau orang model gini gampang di pengaruhin - ombang-ambing (IMHO). Jadi kalo gue yakin gue benar buat apa gue harus meluluskan permintaan mereka... alsan apa yang harus ada...? alasan kasian? ya sudahlah buat kalian berdua lebih baik belajar yang rajin, jangan bolos kuliah, jangan dateng pas UTS & UAS aja ketimbang merengek-rengek minta nilainya jadi C.

Soal ngotot-ngotan ini, gue kok jadi coba memahami cara berpikir pemerintah menyangkut 'kengototan' mereka menaikin harga BBM (kok jadi nyambung ya?). Meskipun aksi demonstrasi tak henti-hentinya selalu terjadi di bulan Maret ini, pemerintah tetap pada keputusannya menaikan harga BBM. Dalam hal mempertahankan pendapatnya, gue coba setuju deh bagaimana ngototnya pemerintah... disamping alasan yang sudah di terangkan pemerintah (BBM tidak tepat sasaran, kompensasi untuk rakyat miskin, dll), kalo menurut gue alasan tetap mempertahankan adalah sekaligus untuk menjaga wibawa pemerintah. Kalo 'hanya' karena demo anti kenaikan BBM yang tidak henti-henti-nya pemerintah mau kembali membatalkan, maka pemerintah secara tidak langsung menunjukan kalo keputusan menaikan BBM selama ini adalah keputusan yang salah, alias pemerintah tidak becus. Secara tidak langsung ini bisa menimbulkan bibit-bibit anarkisme... (sok tau banget deh gue... :p)

Terlepas siapa yang benar soal naik/tidaknya harga BBM, gue sih punya harapan kalo kengototan pemerintah untuk tidak menurunkan harga memang ada dasar yang kuat. Mereka harus benar-benar menepati janji memberikan pendidikan dasar gratis, fasilitas kesehatan untuk semua rakyat. Makanya kalo sampe ada cerita pemerintah daerah yang berencana mau naikin tarif RSUD/puskesmas atau biaya SPP gue akan sangat kecewa! Kalo pemerintah pusat yakin dengan keputusannya dan mampu mempertanggung jawabkannya (ini yang paling penting!) kayaknya sih gue & mungkin rakyat umum bisa memakluminya... yang penting ada manfaat!. Mungkin sekarang rasanya pahit, tapi kalo memang akhirnya bisa menyembuhkan masalah ya sebaiknya kita berikan kesempatan...

0 Comments: