Emang Bener!

 Thursday, February 24, 2005

Mengingat masa anak-anak kadangkala akan membuat diri kita tersenyum sendiri. Kadang kita jadi tertawa dengan kepolosan (atau kebodohan) diri kita. Punya anak kecil disamping menyenangkan tetapi kadang juga sangat menjengkelkan, utamanya kalo anak kecil itu punya keinginan, dan kalo keinginannya itu tidak dipenuhi. Mereka umumnya ngambek, nangis, dan berbagai hal-hal yang membuat orang tua kesal (ada gak yang sampe nyesal?).

Kebanyakan orang tua mengambil jalan pintas yang paling gampang, biasanya membohongi atau menakuti-nakuti anak kecil. Kalo pas maghrib anak-anak masih belum mau pulang, ada orang tua yang akan menceritakan kisah anak nakal yang di culik Wewe Gombel karena tidak mau pulang saat maghrib, akhirnya anak-anak pada mau berhenti bermain dan pulang kerumah masing-masing. Kalau ada anak yang ngotot minta dibeliin jajan, orang tua akan menceritakan hal-hal yang menyebabkan akan tidak jadi untuk minta jajan.

Contoh yang masih gue inget adalah waktu gue minta dibeliin es cendol yang lewat didepan rumah gue. Gue ngotot pengen di beliin, tapi nyokap gue waktu itu gak mau beliin, terus nyokap gue ngomong "Kamu jangan beli es cendol ya!, tau gak tukang jualnya buat cendolnya pake celana dalam". Denger cerita kayak gitu gue langsung deh hilang nafsu pengen jajan es cendol. Gak nafsu ngebayangin joroknya tukang jual bikin es cendol itu.

Kalo dipikir lebih jernih, pernyataan nyokap gue waktu dulu emang bener! mana ada orang bikin cendol sambil telanjang, pasti orang bikin cendol pake pakaian lengkap dan pastinya ya pake celana dalam doong. Kalo hal ini diinget bareng-bareng nyokap, nyokap gue juga ketawa sendiri. Dasarnya anak masih kecil di cerita model begini bukannya mikir malah bikin takut untuk jajan es cendol... ah salahkan diri gue yang terlalu bodoh menelan mentah-mentah cerita itu (ya... namanya juga masih kecil)

Cerita model gitu sebenernya gak harus terjadi pada anak kecil, yang udah gede pun kadang masih suka ditakut-takuti dengan cerita model gitu. Gue inget waktu itu ada temen gue yang beli soto ayam, harganya relatif murah 2.500 ayamnya banyak banged! (saking banyaknya). Biasanya duit segitu paling dapet daging ayam yang gak terlalu banyak, kadang isinya juga cuma kulit ayam yang penuh kolestrol. Karena curiga harga yang terlalu murah, temen gue yang lain nakut-nakutin temen gue "Hati-hati lho, jangan-jangan itu ayamnya ayam mati". Awalnya temen gue rada takut juga sih denger nasehat temen gue yang lain, takut sakit gara-gara makan ayam mati. Tapi setelah mikir temen gue bilang "Ya iya lah ayamnya ayam mati, mana ada orang jual soto ayamnya masih idup" dan dengan cueknya temen gue melanjutkan makan soto yang relatif murah itu.

Kalo habis mandi terus rambut basah, orang yang iseng suka ngomong "Eh loe habis mandi basah ya?" Secara sekilas omangan itu akan diartikan habis mandi karena mimpi basah. Padahal kalo dipikir-pikir mana ada mandi yang gak basah. Selama mandi pake air ya pasti setiap mandi akan sah-sah saja di sebut mandi basah...

Gue yakin pasti masih ada istilah model gini, yang kesannya "salah" tapi ya "bener" :) sayangnya sekarang, gue gak bisa mikir lagi jadi ya segitu dulu yang baru diketahui...

0 Comments: