Blogspot Comment

 Wednesday, February 23, 2005

Beberapa hari yang lalu ternyata bloger sudah mendukung comment dalam tiga jenis user yaitu melalui login blogger, anonymous dan other. Komen untuk other ini sebenernya bukan hal yang baru, tapi entah kenapa dari dulu blogger/blogspot nggak pernah mau memberikan option info para pengomentar seperti nickname dan alamat web sitenya. Setelah ketinggalan dari yang lain-lain, baru sekarang blogger/blogspot memberikan fasilitas seperti ini (telat banget sih...).

Bagi para pemiliki account blogger, setelah memilih nama blog yang kita punya, kemudian pilih Settings > Comments, kita bisa memilih comment kita ditampilkan seperti biasanya (komen jadi satu dengan tulisan blog) atau secara popup layaknya comment tools seperti HaloScan dkk. Caranya pilih option YES pada menu "Show comments in a popup window?". Ketimbang menggunakan comment tools external, tetep lebih asik yang semuanya telah di sediain blogger dooong!... gak perlu pusing-pusing ngubah-ngubah atau bikin account baru... dan yang pasti blogger sekarang lebih lebih terintegrasi.

Dibanding blog hosting yang lain, blogger boleh di bilang paling populer. Meski populer ternyata feature-nya rada "miskin". Awal gue bikin account blogger bulan Desember 2003 (sekedar coba-coba aja), fasilitas comment belum ada sama sekali, baru pas bulan April 2004 blogger memberikan fasilitas comment, dan Februari 2005, para peng-komentar boleh mengisikan nick dan alamat websitenya, sehingga tidak melulu harus "Anonymous". Dibanding yang lain-lainnya blogger juga "agak payah" dalam soal site feed. Blog hosting yang lain udah pake RSS sedangkan blogger pake ATOM. Sebenernya blogger juga ada yang pake RSS tapi buat yang bayar (iya lah masak gratisan mau semua fasilitas ada!).

Tapi kenapa kalo ngeblo mending bikin account di Blogger? Karena yang punya Blogger adalah Google. Setidaknya untuk saat ini dan saat-saat mendatang, Google adalah perusahaan yang kuat secara finansial jadi setidaknya kita boleh bermimpi, selama Google tidak bangkrut, maka kita akan bebas sepuasnya nge-blog di blogger/blogspot. Kalo blog hosting yang lain, emang lengkap sih, tapi kita mana tau berapa lama blog hosting itu akan bertahan. Kalo tiba-tiba harus tutup karena masalah finansial, sangat sayang kalo kita udah banyak nulis blog di blog hosting itu. Dan karena dimiliki perusahaan dengan modal yang gede, bukan tidak mungkin suatu saat fasilitasnya akan bertambah baik... contohnya: penambahan feature comment ini :) *terkesan promosi gak sih tulisan gue ini?*.

4 Comments:

Blogger imponk said...

test :D

Friday, February 25, 2005 5:38:00 AM  

Anonymous Anonymous said...

arih:
hehe alasan lu ttg finansial itu rada gak kuat juga vi. Siapa bilang yg bsa bangkrut cuma persh kecil :p
Kalo mau aman, beli domain, sewa space sendiri, install blog-engine sendiri (gak susah2 amat kayaknya, apalagi kerjaan lu juga PHP kan?).
Satu lagi, gua ngeblog di tabulas, di situ ada feature archieving. Jadi gua bisa ngebackup entry blog gua, so lumayan aman kan?

Friday, March 04, 2005 4:26:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Beralasan lah kalo sudah menyangkut masalah dukungan finansial :)

Loe masih ingat kan Tsunami di Aceh yang lalu?, loe perhatiin gak beberapa bangunan yang gak ikut ancur ke sapu Tsunami? (kayak rumah org yg bikin video amatir).

Rumah yang kecil-kecil udah ancur duluan, rumah yang besar & konstruksinya kuat setidaknya lebih bisa bertahan, nah kalo diibaratkan nanti ada suatu bencana finansial dalam dunia Internet... yah setidaknya gue masih bisa berharap lebih banyak kalo hosting blog gratisan di perusahaan yang punya dukungan finansial bisa lebih bertahan :) IMHO lho... :p

FYI Bloger juga ada fasilitas Archieving bahkan bisa di set mau per bulan atau per minggu (lama-lama gue jadi marketingnya bloger juga nih!)

Friday, March 04, 2005 5:11:00 PM  

Blogger adhinatalia said...

Akuurrr Mas Alvi,
Blogspot enak digunakan krn sangat user friendly..semua fiturnya asik dan berguna...sederhana tapi ngena..Blogspot 4ever deh..heheeh..

Friday, March 13, 2009 6:10:00 PM