Ngeblog vs Manual

 Tuesday, November 15, 2005

Buat orang yang melakukan suatu pekerjaan yang disukai, tentu hasilnya akan jelas berbeda dengan orang yang melakukan pekerjaan yang tidak disukai, begitupula dengan gue. Buat orang yang baca blog ini tentu bisa melihat betapa relatif panjanganya tulisan-tulisan gue ini. Bahkan saking panjangnya ketika blogger menerapkan kebijakan anti blog spam, blog gue ini di deteksi sebagai blog spam, dimana salah satu definisinya adalah tulisannya yang terlalu panjang sehingga si server dengan suatu algorimanya sendiri memberi tanda otomatis kalo blog gue adalah blog spam! Menyebalkan! kalo gue mau nge-publish tulisan gue, gue jadi harus selalu mengisi verifikasi. Untunglah setelah gue mengisi form yang disediakan blogger untuk meminta direveiew oleh orang dari blogger yang menentukan apakah blog gue blog spam/bukan? Akhirnya sekarang status sebagai blog spam sudah diremove dari blog spam, dan gue gak perlu lagi sekarang ngisi kode verifikasi setiap mau nge-publish tulisan gue :)

Ngomong soal panjangnya tulisan gue di blog ini, rasanya kontras sekali dengan kerjaan gue!. Sejak beberapa hari yang lalu, gue sebenernya sudah bertekad untuk mengerjakan utang manual sistem yang harus gue serahin sebelum akhir tahun 2005 ini berakhir, bukannya dikerjaain... yang ada ditunda-tunda mulu. Heran juga kalo nulis blog bisa panjang-panjang, waktu mau bikin "manual sistem" dari dulu sampe sekarang masih gak juga beranjak dari 2 halaman! Bingung mau nulis apa, mungkin karena kalo nulis manual musti pake bahasa yang formal makanya sampe sekarang utang manual yang harus gue kerjain masih belum ada progress. Rencananya hari ini gue mau nerusin nulis manual, eh malah gue nulis blog ini! :)

Gue juga jadi inget, betapa lamanya gue dulu nyelesain laporan kerja praktek (KP), kalo gak salah dari bulan Desember sudah dimulai tapi males-malesan karena waktunya emang banyak buat fokus ke kerjaan, pas bulan Maret tahun berikutnya sebenernya waktu luang udah lebih banyak karena emang udah gak kerja lagi, tapi laporan KP gak kunjung juga kelar, baru pas akhir bulan Juni baru deh kelar. Kalo di itung-itung udah berapa lama tuh gue ngerjain laporan KP?. Kalo liat dari situ bisa dibilang gue bukan orang yang bisa menulis tapi kalo ngeliat panjangnya gue nulis blog kok rasanya kontras?

Mungkin kalo nulis laporan atau manual gue sudah terikat dengan aturan-aturan tertentu, sedang kalo nulis blog gue bebas sebebas-bebasnya dari aturanbagimana membuat tulisan blog. Kalo nulis laporan atau manual, tema dan tujuan dari tulisan sudah ditentukan, sedang kalo blog apa yang lagi kepikiran di otak bebas untuk diungkapkan gak peduli apakah blog ini punya tema tulisan ataupun tujuan. emang kayaknya Blog bisa jadi sarana yang tepat buat mengekspresikan pengalaman atau pemikiran gue. Yang jelas dari pengalaman gue yang susah buaaaanget untuk bikin kelar "manual sistem" gue jadi teringat tulisan yang bilang "Engineer's can't write good documentation", dan sepertinya itu berlaku juga buat gue.... :)

~ayo-dong-jangan-males-bikin-manual!!!!

0 Comments: