Apa Kabar?

 Friday, November 11, 2005

Fhewww kayaknya dah lumayan lama juga nih blog di anggurin. Meski dah lewat lebih dari seminggu, sebelumnya Gw mo ngucapin Mohon Maaf Lahir dan Bathin, mohon di maaf kalo ada salah2 kata/tulisan dari gue yang menyinggung perasaan baik sengaja/tidak...

Ngomong-ngomong soal lebaran, jadi teringat persis seminggu yang lalu pas hari Jum'at temen kelas jaman gw kelas 2 SMA nelpon, ngajak ngumpul di rumah temen yang kebetulan lagi ada di Bogor. Kalo ada tawaran main dari temen-temen kelas 2 (kelas 2-6 tepatnya) di usahain gak bakal gw tolak, habis gimana ya... susah senang sudah pernah kami rasakan bersama (ya elah bahasanya...). Dari jalan-jalan bareng, jalan kaki atau naik bak mobil terbuka bareng gara-gara waktu itu angkot pada mogok, nginep sambil bakar ayam, men-"jarah" rumah temen2 cewek... dan aktifitas yang rasanya sulit dilupakan sebagai kenangan yang berkesan (meski kata "berkesan" tidak selalu indah lho...)

Kabar temen-temen gue saat itu bervariasi, ada yang dapet musibah dimana dia harus di kuret karena keguguran, ada juga yang mau ketemu calon mertua di kota Malang, ada juga yang ngasih surat undangan pernikahan untuk bulan november ini dll, Bayak sekali kabar hari itu!. Berhubung waktu itu gue sama temen-temen kumpul di tempat temen gue Guna, jadi gue mo cerita tentang dia. selama ini dia dinas di suatu dirjen yang dianggap orang sebagai dirjen "basah", selama ini dia ditempatin di kota Jayapura, Papua. Biasalah kalo ketemu gak jauh2 tanya-tanya kabar gimana. Temen-temen gue kalo becanda biasanya tanpa ampun, paling gak kudu kuat mental lah, temen gue yang lain sempet becandain si Guna yang badannya masih kurus kerempeng. si Guna cuma bisa mesem-mesem aja, terus temen gue nyeletuk lagi "Tapi bagus lah loe masih kurus, berarti loe masih jadi orang jujur, tar kalo gue liat badan loe agak gemukkan berarti ada kemungkinan loe udah kena pergaulan gak beres di sono".

Harus diakui, emang dirjen tempat temen gue gawe termasuk "basah" bahkan kalo seandainya dirjen ini dipisah dari Departemen yang sekarang, katanya sih Departemen itu bakal kurang kerjaan. Cuma ya karena urusannya deket sama bau-bau duit, konotasi sebagian orang ya rada jelek juga, bahkan si Guna pun mengakui kalo dia itu disana jadi orang aneh, karena mayoritas temen-temennya banyakan dah terkontaminasi oleh budaya yang tidak terpuji. "Bayangin aja dari 40 orang yang gawe, paling yang bener-bener bersih cuma ada 2 orang doang, pait gak tuh! Dulu gw sempet bertekad daripada orang-orang ngomongin kejelekan tempat gue gawe, mending gue coba ngubah dari dalem, kenyataannya susah! Kalo terus-terusan kayak gini, mending begitu ikatan dinas gue habis, lebih baik gue cabut aja dari tempat itu" sepertinya dia juga agak frustasi juga dengan kondisi tempat dia gawe.

Terus gue nyeletuk becanda "Wah, gun tapi bagus lah kalo loe masih tetep seperti dulu, jangan sampe deh gun entar di akherat kita-kita bisa ketemu di surga, tapi pas cari-cari loe ternyata loe gak ada di surga" *ini contoh becanda yang berusaha jujur, tapi sadis! padahal "kita" disitu juga belum tentu yakin bisa masuk surga*
Dengan spontan si Guna bilang "Astaghfirullah, ya Allah", yang lain nimpalin "Yah gun kalo loe emang bisa bertahan dengan sikap loe yang sekarang kita doain deh biar loe kuat, ya masing-masing dari kita emang gak ada yang mastiin sampe berapa lama kita bisa kuat megang prinsip, ya mudah-mudahan aja loe masih di beri kekuatan" timpal temen-temen gue yang lain.

"Oh iya ngomong2 temen loe seangkatan apa ada yang dah banyak berubah?" tanya gue
"Sebagian emang udah pada berubah, kebawa lingkungan"
"Ada yang udah ditangkep KPK belum?" tanya gue
"Ada, temen gue seangkatan ada yang sekarang dah di penjara sama KPK gara-gara gak bisa mempertanggung jawabkan darimana dia bisa beli rumah sama mobil, padahal baru beberapa tahun kerja"
"Loe pastinya banyak doong yang nawar-nawarin sesuatu ke elu"
"Banyak, waktu itu aja gue sempet ditawarin tiket pesawat bolak-balik Jakarta-Jayapura kalo gue mau, cuma gak gua ambil. Mungkin orang-orang yang nawarin ke gue itu keliatan rela, baik dan hormat sama gue, tapi mana gue tau kalo dibelakang gue, dia maki-maki gue, gue gak mau kayak gitu" kata si Guna

Terus si Guna nerusin ceritanya "Emang kadang berat juga punya profesi kayak gue, kalo keliatan biasa atau miskin orang bakal ngerasa aneh, tapi kalo gue kaya, yang ada orang bakal curiga. Istri gue sempet tuh di 'panas-panasin' sama salah seorang kerabatnya, kerabat istri gue bilang kalo sodaranya dia, tempat kerjanya sama ama gue, pas pensiun tanahnya berhektar-hektar tersebar dimana-mana, masak sih hidupnya gue sama istri gue masih gini-gini aja. Terus istri gue bilang 'Kalo mau, Aa Guna juga bisa, udah banyak orang yang nawarin, bahkan waktu itu sempet ada orang yang siap ngasih tiket pesawat pulang pergi, ada juga waktu itu yang nawarin amplop isinya 30 juta, tapi di tolak sama Aa Guna. Kalo mau mah Aa Guna juga bisa kayak gitu! cuma apa ya tega kalo sampe Aa Guna di tangkep, terus dipenjara nanti siapa yang ngurus keluarga? Apa tega ngeliat Aa Guna kaya gitu?'. Setelah istri gue bilang gitu langsung diem dia!"

Dalam hati gue, wah gue bersyukur masih punya temen yang kayak gini! Contoh baik kayak gini yang baik untuk di tiru (meski berat banget!). Selain itu gue juga jadi terinspirasi kelak kalo cari temen hidup harus yang punya prinsip kayak istrinya temen gue ini :) *boleh dong bercita-cita :p*. Kata orang-orang termasuk ceritanya si Guna juga, kalo sesungguhnya "Harta, Istri dan Anakmu adalah sumber fitnah". Terus si guna bilang "Tapi kalo kita bisa membuat ketiganya jadi baik, maka ketiganya justru bisa jadi sumber kebaikan dan pahala". Dalam hal ini gue harus mengakui juga omongannya temen gue ini, emang gue pernah denger ada laki-laki baik, hanya karena tekanan istri yang selalu manas-manasin suaminya supaya memanfaatkan jabatannya akhirnya kalap, ngambil jalan pintas, terus jadi maling negara, dan akhirnya hidupnya malah gak bahagia. Kalo keinget cerita tadi, gue jadi inget aja pesennya bokap semalem "Orang cari gaji itu jangan gedenya aja, tapi cari yang berkah". Dan sampe sekarang gue masih bertanya-tanya apa sebenernya definisi 'eksak' dari "berkah" itu kayak gimana... Kalo "Birkah" gue mungkin tau, itu singkatan dari "Bibir Merekah", istilah temen-temen SMA gw ke seorang adik kelas cewek yang kece & bibirnya terlihat seksi :D

0 Comments: