Minggu ini....

 Wednesday, November 23, 2005

Apakabar blog hari ini? kabar gue.... huah gw sebenernya pengen banyak cerita sesuatu, sayang cerita itu terlalu pribadi untuk dituliskan di blog ini :D Mungkin gue cerita yang gak terlalu pribadi aja... jadi gw sudah memutuskan kalo gue sepertinya memang musti stop dari kerjaan gue yang sekarang. Berat memang tapi sepertinya hal itu harus di lakukan!

Ketika gue mengajukan enggak mau meneruskan kerjaan gue yang sekarang, ekspresi muka dia jadi kecewa... gue udah menduga, tapi apa mau dikata... gue merasa harus melakukannya...

huh, males juga nih mau cerita2 yang beginian... mungkin sebaiknya gue bikin blog tersendiri yang cuma gue doang yang tau... jadi gue bebas nulis hal2 yang pribadi... masalahnya sayang juga ada 'cerita' kalo gak di dokumentasikan ke dalam blog :) mau nulis pake ms word, gak asik banget kayaknya... :p

Ohhh what a life.... kok bisa ya kejadiannya seperti itu!


Ehmm... tanggung mau balik, yang ada gue malah pengen baca-baca yang berbau mistik, dasar kurang kerjaan! (padahal sih banyak kerjaan yang harus diselesein!). Gue jadi cari-cari artikel tentang mistik model2 'mutih', 'pati geni' duh gak guna banget deh... eh tp lucu juga... gw dapet alamat blog yang berisi amalan-amalan, namanya juga "aneh-aneh" model-model "Ilmu Jaya Teguh", "Ilmu Lembu Sekilan", "Brojomusti" alamatnya di sisilain.blogdrive.com. Bacaannya gak ngarti, kayaknya pake bahasa jawa. Lagian gw iseng banget ya... Ahhh kalo ngeliat tulisan ini gw jadi teringat si Jere, kalo dia ngomongin hal-hal mistik, begitu meyakinkan sekali seolah-olah itu nyata dan benar adanya... Emang... kalo liat profilenya di Friendster, Favorite Book-nya diisi "Primbon" :)

Terlepas dari bener apa enggak isinya, yang jelas "Primbon" bisa dikategorikan karya sastra asli produk dalam negeri, hanya saja karena lebih berkonotasi klenik... kalo denger kata "Primbon" jadi inget aja dengan masalah kejawen dan mistik2. Lagipula soal kepercayaan terhadap suatu hal di luar rasio itu terjadi di banyak belahan bumi mana saja... Orang barat percaya angka 13 angka sial, orang Asia Timur percaya angka 4 bawa sial dan angka 9 bawa hoki. Pernah juga si Jere cerita, kalo di Hong Kong meskipun orang udah pada sukses mengejar dunia, mereka masih percaya dengan hal-hal yang berbau "mistik", katanya si Jere kalo sebagian orang Hong Kong percaya hoki atau keberutungannya itu bergantung pada bakti pada kedua orang tuanya (bukankah ini memang inti ajaran Confusius?), nah salah satu wujud berbakti kepada orang tua adalah kalo orang tua sudah meninggal maka anak-anaknya harus menjaga baik-baik kuburan orang tuanya, kecuali kalo mau celaka. Katanya si Jere nih, kalo para pengusaha sukses disana umumnya selalu merahasiakan lokasi dimana orang tua mereka dimakamkan, karena kalo sampe lawan bisnisnya tau... maka lawan bisnisnya bakal ngacak-ngacak kuburan itu, sehingga hoki-nya dalam usaha bakal hilang, sehingga usaha mereka bakal hancur. Blah... kadang-kadang gue gak habis pikir, jaman sekarang yang teknologinya dah canggih, apa masih pantes percaya yang begituan...? hmmm susah juga sih... Pada dasarnya manusia kan butuh suatu keyakinan tertentu yang bisa dia dia jadikan suatu pengangan -- seperti halnya dalam beragama kali ya... Kalo dengan mempercayai hal-hal yang "tidak rasional" itu membuat mereka lebih tenang dan bahagia bukankan itu bagus... toh tujuan manusia menjadi tenang dan bahagia akhirnya tercapai...

Umumnya orang timur lebih percaya dengan hal-hal yang berbau mistik ketimbang orang barat yang percaya pada rasionalitas dan tidak terlalu mempercayai model-model begituan. Selama manusia masih hidup yang namanya masalah gak akan pernah lepas dari hidupnya, bedanya kalo orang timur ketika tertekan dengan keadaannya hidupnya, pelariannya ke dukun-dukun untuk minta aji-ajian biar lebih tenang dan mantap dalam mengarungi badai kehidupan (ya elah bahasanya) atau bisa juga kembali kepada ajaran agama yang diyakininya, kalo orang barat mungkin semua harus dianggap sebagai hal yang ilmiah dan masuk akal, maka gak heran kalo orang barat kena masalah hidup lebih suka dateng ke psikolog ketimbang dukun sebagaimana orang timur. Sok tau deh gue :)

Terlepas dari cara mana yang benar, tapi gue percaya kalo mereka yakin dengan apa yang mereka lakukan itu akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan, maka rasanya sah-sah saja bagi kita yang katanya udah hidup di jaman modern masih percaya dengan hal-hal mistik :), tapi rasanya kurang proporsional juga kalo kita terlalu percaya hal-hal itu begitu saja, alih-alih kita tidak berfokus pada aktifitas positif, yang adalah aktifitas destruktif yang diakibatkan terlalu banyak memikirkan hal-hal berbau klenik. Entahlah... hanya Tuhan saja yang tau... :D

~waktunya pulang, cukup sekian tulisan 'gak jelas' untuk hari ini....

0 Comments: