Gak Jelass....

 Friday, November 18, 2005

Gue mau nulis sesuatu yang gak jelas, abstrak, gak tau mulainya dari mana, hmmm tapi baiknya mungkin gue mulai dari khotbah jum'at yang di ucapkan oleh khatib yang menyatakan di jaman perang dunia ke-dua, Hitler pernah mengatakan bahwa (kira-kira) "Ucapakanlah kebohongan terus menerus kepada orang lain, maka lambat laun kebohongan itu akan dipercaya sebagai suatu kebenaran". Hmmm kata-kata itu rasanya pernah gue baca, kalo gak salah di bukunya Amy Goodman tapi yang bilang bukan Hitler melainkan Joesef Goebbels, mentri propaganda di era Nazi berkuasa.

Beberapa hari sebelumnya di FIB lagi ada pameran, disalah satu stand ada yang jual buku dengan judul "9 Komentar tentang Partai Komunis", buku itu di tulis oleh mantan anggota partai komunis tionghoa (PKT), nah dibuku itu disebutkan berbagai kebohongan atau kelicikan-kelicikan yang diperbuat oleh PKT, seperti pernah PKT menyatakan beberapa alasan kenapa mereka tidak membenci Amerika, seperti: karena Amerika tidak pernah menjajah Cina seperti halnya Inggris dan Jepang, Mereka memberikan bantuan senjata bagi PKT, dll. Di lain waktu ketika terjadi krisis di semenanjung Korea yang berujung pada pembagian Korea Utara yang didukung China, dan Korea Selatan yang didukung Amerika. PKT dengan mudahnya berbalik sikap 180 derajat dengan pernyataan sebelumnya dan mengatakan bahwa bangsa Amerika adalah bangsa yang jahat harus dimusnahkan, propaganda ini disebarluaskan ke anak-anak muda China agar mau berperang di semenajung Korea. Berbagai media yang berusaha mengungkap pernyataan PKT yang dulunya mendukung Amerika di sensor.

Selain itu di buku itu disebutkan, tanpa malu-malu PKT menyatakan bahwa PKT-lah yang membebaskan China dari penjajahan Jepang, sedang partai saingannya Kuomintang (KMT) dianggap sebagai partai yang pengecut karena tidak berperang menghadapi Jepang, menurut buku itu sebenarnya yang pengecut adalah PKT, karena justru persenjataan yang memadai hanya dimiliki oleh KMT sehingga KMT lah yang banyak berperang melawan Jepang, sedangkan PKT hanya memiliki persenjataan ringan dan dengan dalih memerangi Jepang mereka menghindari berperang dengan Jepang & KMT dengan melakukan perjalanan panjang yang lebih dikenal sebagai Long March, dimana di dalam sejarah Komunis China aksi Long March ini selalu diagung-agungkan sebagai tonggak berdirinya kekuasaan komunis di China, termasuk naiknya Mao Tse Tung sebagai pemimpin China.

Menurut buku itu aksi Long March sebenarnya tidak lebih dari aksi melarikan diri dari peperangan dengan Jepang. Tapi di buku yang lain di tulis oleh Jules Archer dalam buku Kisah para Diktator, disebutkan bahwa perjalanan Mao Tse Tung beserta pengikutnya dalam aksi Long March merupakan perjalanan yang sangat luar biasa dimana pada awal perjalanan terdapat lebih dari 90.000 orang tentara yang ikut serta dan pada saat akhir perjalanan yang tersisa tinggal sekitar 20.000 orang saja, kemudian Jules Archer menambahkan kalo dibandingkan dengan perjalanan Hannibal (Jendral dari Carthago) sewaktu menyerang Kerajaan Roma, perjalanan Hannibal ini tidak lebih dari sekedar darmawisata. Suatu bentuk pengakuan betapa beratnya Long March, meski menurut buku yang lain aksi Long March tak lebih dari aksi pengecut melarikan diri dari kewajiban membela negeri Cina dari penjajahan Jepang.

Kembali lagi ke soal Nazi, gue jadi inget ada film yang mengisahkan pengadilan penjahat perang Nuremberg. Disitu tergambar sosok Hermann Goering yang begitu yakin dengan tujuan partainya, dimana dia sendiri sebenarnya mengakui bahwa rakyat Jerman sebenarnya memang tidak menginginkan Perang. Waktu pas buka wikiquote emang ada kata-kata yang cukup "berkesan" dari Goering, berikut gue kutipkan:

Göring: "Why, of course, the people don't want war. Why would some poor slob on a farm want to risk his life in a war when the best that he can get out of it is to come back to his farm in one piece. Naturally, the common people don't want war; neither in Russia nor in England nor in America, nor for that matter in Germany. That is understood. But, after all, it is the leaders of the country who determine the policy and it is always a simple matter to drag the people along, whether it is a democracy or a fascist dictatorship or a Parliament or a Communist dictatorship."

Gilbert: "There is one difference. In a democracy, the people have some say in the matter through their elected representatives, and in the United States only Congress can declare wars."

Göring: "Oh, that is all well and good, but, voice or no voice, the people can always be brought to the bidding of the leaders. That is easy. All you have to do is tell them they are being attacked and denounce the pacifists for lack of patriotism and exposing the country to danger. It works the same way in any country."

In an interview with Gilbert in Göring's jail cell during the Nuremberg War Crimes Trials (18 April 1946)


Kalo ngeliat omongannya Goering ini jadi teringat dengan ucapannya George W Bush yang selalu menggembar-gemborkan perlunya perang terhadap Irak, Afghanistan, dll dengan dalih melindungi Kebebasan Demokrasi di Amerika dll, ternyata benar sekali ucapannya Goering kalo mau membawa rakyatnya berperang:

"All you have to do is tell them they are being attacked and denounce the pacifists for lack of patriotism and exposing the country to danger. It works the same way in any country."

Oh iya ngomong-ngomong soal Nazi jadi inget dengan film Rat Race, ceritanya tentang perlombaan mendapatkan hadiah yang sangat besar, salah satu pesertanya adalah pasangan keluarga yahudi, kebetulan waktu pas di jalan anak perempuannya ngeliat ada museum Barbie, tentu saja anak perempuan itu menyangkanya museum itu berisi boneka Barbie produksi Mattel, ternyata museum itu berisi hal-hal yang berkaitan dengan Klaus Barbie, yang pada kenyataannya memangbenar pernah ada tokoh yang bernama Klaus Barbie, dia pernah memimpin Gestapo (Polisi Rahasia) Nazi. Bahkan konon ada anekdot, kalo boneka Barbie sekarang ini kan gak pernah bareng pasangannya yaitu boneka Ken, nah ada orang yang mengusulkan supaya boneka Barbie berpasangan aja dengan Boneka Klaus Barbie :)

0 Comments: