Gak Jelas Judulnya

 Monday, August 08, 2005

Gue gak tau minggu ini apa bisa dibilang minggu yang baik atau buruk, minggu ini kedua hardisk yang ngendon di komputer terdeteksi ada bad sector, Windows XP gak bisa booting, mau coba di benerin tapi perlu floppy disk, tapi floppy disk gue udah rusak, terpaksa pinjem dari temen masih gak berhasil dan akhirnya gue beli tapi ternyata juga masih rusak yah gue kayak rugi bandar nih beli barang yang gak kepake... untung masih garansi. Selain itu server baru masih ngaco, entah kenapa pathnya ngaco apa mungkin gara-gara ganti server dari IIS ke Apache jadi ngaruh ke sistem path... entah yang jelas gue puyenk ah kalo inget hal itu... belum lagi kerjaan yang lain yang perlu di selesein... deadline... deadline... deadline...!!!!

Tapi di sisi yang lain, ternyata hasil pengumuman spmb menjadi berita yang cukup baik bagi tetangga gue... setidaknya dia keterima di universitas negeri seperti harapannya meski itu pilihan kedua, begitu juga dengan anaknya temen nyokap gue yang meski gagal keterima di fasilkom ui ternyata masih berhasil keterima di IPB meski tanpa jurusan sebagaimana, sama seperti anak-anak via jalur PMDK (tau gitu kan mending ikut PMDK doong... :p) tapi kedua orang tuanya malah seneng soalnya anaknya gak perlu umpel-umpelan naik kereta, cukup kuliah di dalam kota bogor. Yah gue ikut senenglah mereka berdua setidaknya telah berhasil mencoba...

Achie & AnaknyaKebahagiaan yang lain datang dari temen sma gue Isti yang hari minggu tadi nikah. Meski gak semua teman-teman SMA hadir, senang juga rasanya gue bisa ketemu dengan temen-temen lama saling cerita pengalaman masing-masing selama ini. Beberapa teman sma yang sudah menikah tidak lupa membawa anak mereka seperti Fanny istrinya Guna, temen gue 3 tahun sekelas di SMA (sayang dia gak bisa dateng karena dinas di daerah terpencil), ada juga Trian dan Achie yang bawa satu anak perempuan mereka yang lucu, kalo gak salah namanya "Atthira" (gak tau bener apa salah itu namanya, habis gue gampang lupa sama nama orang yang 'aneh') yang juga pernah gue ceritaain di blog ini sekitar setaun yang lalu. Sepertinya mereka cukup bahagia menjadi orang tua yang di karunia seorang putri yang lucu, gak rewel (gak gampang nangis), dan cantik seperti ibunya :) *hush istri orang tuh*. Memang ada perubahan yang agak keliatan di wajah Trian temen sekelas gue waktu kelas 3, dia terlihat lebih gemuk, agak sedikit gelap kulitnya dan wajahnya agak terlihat lebih tua. Entah kenapa gue kok ngerasa orang-orang yang udah nikah dan punya anak kadang kala (gak semua sih) wajahnya terlihat lebih tua seperti terjadi juga sama temen SD gue yang juga keliatan lebih tua setelah di menikah dan punya anak. Tapi sikap gemar bercanda tetep gak ilang dari sifat si Trian, masih menyenangkan sebagai teman ngobrol (sayang waktu untuk saling bercerita cukup terbatas). Trian gak malu-malu sambil bercanda mengakui kalo sekarang perutnya dia sudah mulai mancung kedepan (buncit) seperti banyak "di idap" (emang penyakit?) laki-laki kalo dah umur 20 tahun keatas, hehehe jadi serasa nyindiri diri sendiri nih...

Senang banget bisa ketemu temen-temen lama, entah kapan lagi ada kesempatan seperti ini lagi... Yah sepertinya tahun 2005 ini banyak sekali temen-temen dari SMA gue yang dah banyak menebar undangan perkawinan utamanya yang cewek-cewek. Semoga mereka bisa jadi keluarga yang bahagia, punya keturunan yang baek-baek, awet sampe kakek nenek, dan gak gampang mengumbar nafsu minta cere' setiap ada masalah rumah tangga seperti di tayangan inpotaimen yang isinya gak jauh-jauh dari berita percerean orang tenar... (heran gak bosen apa mereka nayangin berita dengan tema itu-itu mulu)

Kebetulan penganten yang baru berbahagia itu datang ke resepsinya agak telat, jadi pas pengantennnya dateng, ruangan resepsi udah sangat padet bange diisi oleh para undangan yang kian waktu kian banyak. Imbasnya antrian makanan jadi cukup panjang sampe beberapa meter di setiap jenis makanan! dan itu bikin gue ama temen-temen gue rada males buat ngantri makanan. Cuma gara-gara males ngantri jadinya ada temen gue yang wakut pas balik perutnya masih berasa laper (salah sendiri kenapa gak sabar ngantri... :p).

Ya udah balik dari kawinan temen gue, gue temenin temen gue makan di kedai baso. Sambil makan biasalah ngobrol-ngobrol, gak inget habis ngebahas apa terus temen gue jadi cerita soal kerjaannya dia. Dan dari cerita dia gue harus akui gue kagum dengan prinsip yang dia pegang. Temen gue ini cewek dan di pekerjaannya yang sebelumnya dia udah punya posisi lumayan lah kalo gak salah jadi Manajer Purchasing. Kalo kata orang bagian Purchasing atau pengadaan barang biasanya menggiurkan, banyak diincer soalnya banyak penjual barang yang sangat berkepentingan supaya barang-barang dia di beli sama orang Purchasing. Temen gue ini memang mengakui kalo dia sering di iming-imingin duit atau ditanya mau minta duit berapa dari para calon supplier supaya perusahaan tempat temen gue gawe mau beli barang dari mereka. Mungkin masih muda, temen gue gak terlalu tertarik dengan soal gituan yah dari situ gue salut dengan prinsipnya yang dia pegang itu.

Sambil nerusin makan baso, dia juga cerita alasan dia keluar dari perusahaan baru-baru ini semata-mata karena menuruti permitaan orang tuanya, dan yang gue juga gak tau harus menilai gimana (itu juga kalo gue punya hak menilai) adalah pernyataan dia yang seolah-olah mengakui kalo dia selama ini agak salah dalam "menilai hidup". Temen gue sepertinya merasa "agak bersalah" karena dulu dia begitu mengagung-agungkan "cita-cita untuk berkarier", hal yang biasa atau lumrah bagi wanita yang hidup di jaman sekarang. Yah memang bener sih prestasi dia sebagai Manajer Purchasing yang membawahi beberapa orang adalah prestasi yang lumayan untuk orang baru dan masih berusia muda. Bahkan sepertinya kalo dia mau meneruskan kerja di situ ada harapan kariernya pasti akan lebih baik, dan gue tau emang temen gue ini lumayan gampang bergaul dengan berbagai jenis orang. Tapi ya itu yang menurut gue "unik" dari temen gue ini, karier yang lebih baik telah terbuka lebar, tapi disaat yang sama dia tanpa banyak debat mau dengan suka rela melepaskan cita-cita untuk berkarir demi permintaan dari keluarga.

Memang sih waktu kerjanya lumayan padat, seringkali temen gue ini musti balik tengah malam dan itu terjadi bukan sesekali tapi hampir sering. Keluarganya memang sangat mengkhawatirkan dengan kesibukan yang membuat dia harus pulang lewat tengah malem, lebih-lebih tempat kerjanya di jakarta yang lumayan jauh membuat orang tuanya "memaksa" temen gue untuk berhenti kerja dari tempat itu. Temen gue bilang "Gue disuruh bokap nyokap gue berhenti, dan gue yakin omongan orang tua gue pasti bener dan gau akhirnya bener-bener berhenti meski gua tau gue besoknya gue gak tau mau ngelamar kerja di mana lagi, gak ada kerjaan pengganti. Tapi gue yakin omongan orang tua gue pasti bener". Omongan yang bener-bener bikin gue sempet mikir dan akhirnya bikin gue malu, ternyata gue gak seperti temen gue yang begitu meyakini omongan orang tuanya, mungkin gue belum tentu bisa seperti itu kalo jadi dia, lebih-lebih kalo masa depan gue sebenernya secara karir sangat berprospek seperti dia.

Gue salut, gue hormat sama orang yang begitu setia mematuhi perintah ataupun nasehat kedua orang tuanya, dan gue pengen juga sih... bisa seperti itu. Temen gue begitu yakin omongan orang tuanya pasti selalu ada benarnya, dan dia begitu yakin juga kalo suatu saat dia bakal dapet tempat kerja yang deket (mungkin gak jauh2 dari bogor) dengan gaji dan karir yang juga tidak kalah bagus, salut gue dengan keyakinannya. Sepertinya nasehat orang tuanya telah membuat dia memiliki pandangan hidup yang gak selalu harus terus mengejar karir sebagai "sekedar" ajang pembuktian kalo dia telah atau bisa jadi orang sukses, sekarang dia melihat ada juga "cara kesuksesan lainnya" selain mengejar karir seperti memikirkan untuk mulai berumah tangga misalnya. Memang jaman sekarang kayaknya sih bukan barang aneh liat cewek punya karir, posisi, materi yang bagus, umur sudah cukup tetapi masih memilih melajang demi mengejar karir yang lebih baik, dan itu hal yang kayaknya wajar-wajar aja di jaman sekarang.

Gue perhatiin kadang-kadang yang ngejalanin santai dengan status lajangnya, tapi yang pusing malah orang tuanya. Gue sempet ngobrol sama nyokapnya temen gue. Gue sempet iseng nanya "kapan bu X mau dinikahin? :)"
"Tau tuuuuh..., di sekolain tinggi-tinggi malah bikin males untuk cepet-cepet nikah, santai-santai aja kayaknya..., malah bilang udah punya rencana gak mau mikir nikah untuk dua tahun kedepan, tau gitu gak usah disekolain tinggi-tinggi kalo jadi males nikah" kata nyokapnya temen gue dengan nada becanda. Emang sih becanda, tapi gue yakin sebenernya dari nada bicara atau hasil ngobrol dengan nyokapnya tetangga gue, beliau lebih senang kalo anaknya bisa lebih cepet nikah lebih baik... (sok tahu deh gue). Gue gak tau apa kasus di Indonesia doang, beberapa temen-temen cowok yang gue sempet tanya rata-rata malah gak mau punya cewek yang karir dan penghasilannya lebih baik dari dia, tau di luar negri apa kayak gini juga?. Untuk urusan setuju apa enggak istri kerja, gue memperhatikan paling gak ada tiga pendapat dari cowok, yang satu pengen punya istri bener2 tinggal di rumah jadi IRT yang baik melayani keluarga, yang satu gak setuju kalo istri gak gawe, karena jaman sekarang kebutuhan hidup berkeluarga besar, sudah selayaknya cewek ikut kerja bantu ekonomi keluarga, dan yang ketiga tipe cowok yang "moderat" yang mebolehkan istri kerja tapi kerjaannya yang gak nyita waktu keluarga seperti jadi guru, dosen, atau dokter, lagian katanya lagi... kalo bener-bener gak ada kerjaan malah jelek yang ada takutnya malah kerjaannya jadi ngegosip gak jelas...

Dulu gue sempet ngborol bareng temen waktu kuliah, kalo gak salah waktu itu lagi ngebahas suatu acara kontes bakat nyanyi (Indon'Idol) terus nyambung ke juri yang galak, terus ada pertanyaan diantara kami, si juri yang galak itu udah nikah apa belum sih, kata yang lain "belum", terus ada yang heran "Kalo gak salah dia juga jadi manajer di media-media hiburan, kenapa ya belum mau kawin, padahal duit dah banyak, karir udah bagus, mau apa lagi..?". Terus teme kuliah gue yang cewek bilang "Kalo cowok, makin tinggi karir dan gajinya, makin besar kemungkinan untuk dapetin jodoh, tapi kalo cewek, makin tinggi karir dan gajinya, maka kemungkinan untuk dapetin jodoh makin kecil, soalnya pasti cewek yang sukses bakal nyari cowok yang sama suksesnya dengan dia". Tau deh bener apa enggak...

Balik lagi ke temen gue yang berani melepas karir yang bakal menjanjikan demi permintaan orang tua sepertinya gue jarang deh... (atau gue gak tau aja kalo sebenernya banyak?). Gue sih salut aja demi orang tua dia rela melepas "cita-cita berkarir". Entah kenapa gue merasa salut aja temen gue punya prinsip gitu. Kebetulan gue juga suka banget kalo ada cerita soal kesetiaan atau rela berkorban seperti di cerita-cerita klasik jaman dulu utamanaya cerita Cina Klasik tentang kesetiaan seorang prajurit sama jendralnya, seperti ceritanya jendral Wu Ch'i (430-381SM).

Jendral ini kalo perang barang bawaannya sama beratnya dengan bawaan prajurit-prajuritnya, kalo tidur gak milih di matras tapi di tanah sama seperti prajuritnya, kalo makan lauk pauknya sama dengan yang dimakan prajuritnya, pokoknya sama bawah sangat sangat perhatian dan gak ada jarak deh, meskipun Wu Ch'i ini sangat disiplin, dia tetap berani menghukum mati anak buahnya karena keluar dari formasi pasukan meskipun anak buahnya itu berhasil membunuh 2 musuh. Pernah ada seorang prajurit kena racun di tenggorokannya, dan Jendral Wu Ch'i tanpa ragu mengeluarkannya sendiri racun itu, waktu cerita itu di sampaikan ke si ibu dari prajurit yang kena racun itu, dia malah menangis, orang yang nyeritaain bilang harusnya bangga anaknya bisa sehat lagi gara-gara racunnya berhasil di keluarin, padahal gak gampang ngeluarin racun lebih-lebih sama jendralnya sendiri bukan sama orang lain. Terus ibu itu bilang "Ketika pimpinan komanda melakukan hal yang sama kepada suamiku beberapa tahun yang lalu, suamiku tetap setia pada kedudukannya dan akhirnya mati dalam perang demi komanda yang telah menolongnya itu. Sekarang hal yang sama pasti akan terjadi pada anakku. Ia merasa berhutang nyawa kepada jendral itu dan akan tetap setia sampai mati".

Atau cerita tentang kesetiaan Ali RA yang rela menggantikan posisi Rasulullah waktu hendak hijrah ke Madinah. Orang kalo di suruh gantiin posisi sebagai komisaris perusahaan mungkin banyak yang mau... siapa sih yang gak mau berada di posisi enak?, tapi Ali disuruh gantiin posisi yang resikonya adalah mati yaitu berpura-pura tidur sebagai sang nabi di rumah nabi yang udah dikepung dari segala penjuru, jelas orang yang mau menggantikan seperti itu biasanya punya kepercayaan, keyakinan yang sangat besar dengan junjungannya, yah mungkin istilahnya "Rela berkorban segala-galanya demi orang yang di hormati".

Bagi gue kisah-kisah seperti ini seperti romantisme masa lalu yang kayaknya jarang ditemui lagi di jaman sekarang (mungkin gue salah?). Orang sekarang lebih seneng jadi pemimpin sampe aneka jenish tips & trik banyak beredar model-model buku dengan judul "Bagaimana menjadi pemimpin yang baik, bijaksana & di segani" atau "Bagaimana bisa hidup mandiri tanpa menjadi pegawai orang lain" dsb yah sesuatu yang mirip seperti itu, tapi gue belum pernah liat ada buku-buku yang berjudul seperti "Bagaimana menjadi anak yang bisa membahagiakan orang tua", "Bagaimana menjadi pegawai yang setia", dsb. Toh semua posisi baik jadi atasan (Kawula) ataupun sebagai bawahan (Abdi) sama baiknya. Pemimpin gak bakal bisa ngapa-ngapain tanpa anak buah yang cakap, begitu juga anak buah gak bakal berarti apa-apa tanpa memiliki pemimpin yang visioner... Sama baiknya, sama mulianya... Semuanya balik ke niat & pelaksanaannya...

Terus apa hubungannya sikap temen gue ama cerita-cerita diatas? gak tau... gue sendiri juga bingung..., sebenernya gue nulis apaan sih nih kok ngelantur...? :p

~karena-otak-manusia-berfikir-secara-paralel...

0 Comments: