Old Stuff

 Friday, June 17, 2005

Dalam dunia komputer, pergantian teknologi datang dan pergi silih berganti dengan sangat cepat. Tapi tetep aja yang namanya teknologi Floppy Disk dan Operating System DOS tetep aja masih belum tamat juga nasibnya.

Jadi inget pertama kenal komputer jaman SMP, tahun 1992an. Disketnya masih yang 5 1/4 inc dengan kapasitas cuma 700KB, udah beredar disket yang kecil 3,5 inc dengan kapasitas 1,4MB. Mungkin diantara perkembangan teknologi yang sangat cepat itu, cuma teknologi disket aja yang masih bertahan sampai sekarang. DOS aja waktu itu baru versi 5... dulu sempat ikut ekskul komputer di smp,yang dipelajari cuma program bikin lingkaran, persegi... katro banget deh beda sama sekarang yang dah ada photoshop, flash... mana jaman dulu belum ada yang namanya mouse!

Ternyata teknologi yang udah dirasa ketinggalan jaman masih dibutuhkan manfaatnya. Gue tadi update BIOS mobo gue... dari produsennya dikasih file update yang cuma bisa di jalanin di DOS, yah DOS yang katanya sekarang udah sangat kuno itu. Tanpa DOS gak bakalan gue bisa ngupdate BIOS...

Gue gak inget kapan terakhir pake floppy disk di komputer gue. Yang jelas gue baru tau waku pas mau ngupdate bios, kalo sekarang floppy disk gue dah rusak. Repot juga kalo lagi butuh pake floppy dis, taunya gak bisa dipake. Untung sekarang CD yang Bootable udah banyak... jadi meski gak bisa booting via floppy disk gue masih bisa booting via CD.

Hebat juga teknologi lama ini ternyata masih ada juga peranannya.... Kapan tukang jual komputer gak akan menyertakan floppy disk dari komputernya ya? 10 tahun 20 tahun lagi? lebih-lebih sekarang harga CD blank dah murah (ada yang cuma 1500 perak), USB Flashdisk yang semakin terjangkau (256MB ~200-300rebu)

0 Comments: