HD 200GB & 'Jodoh' AA Navis

 Monday, June 06, 2005

Seagate 200GBHari sabtu kemarin gue jadi juga beli HD yang sempat ketunda akibat duitnya udah abis dulu sebelum sempat di beliin HD :). Gila gak tuh gue beli HD yang kapasitasnya gede-gede, buat apa coba? emang sih gue juga belum kepikiran space sebanyak itu buat apa?. Tapi gue pikir-pikir HD yang kapasitasnya gede lebih murah ketimbang yang lebih kecil. Gue kemarin tanya HD yang 160GB harganya bervariasi dari 880rb-980rb. Sedangkan yang 200GB harganya sekitar 1,08jt. Dipikir-pikir harga per GB jauh lebih murah beli yang 200GB kan? soal mau dipake buat apa kapasitas segede itu... itu mah urusan entar aja yang jelas HD gue yang sekarang aja space-nya sudah kritis. segitu HD gue kapasitasnya 120GB sama 40GB (total 160GB) jadi ya kayaknya emang harus beli yang gede sekalian. Ternyata si rudi199 punya cerita lain lagi, dia udah punya 200GB, sekarang mo beli lagi yang segede 200GB maklum diakan bandar anime di kampus yang selalu aktif setiap hari, ternyata 200GB itu kecil bung! gue rasa entar 400GB juga kurang buat dia (kalo dia masih hobi donlot anime :p).

Keuntungan punya HD yang kapasitasnya gede yang pasti ada lebih banyak ruang buat kita untuk menyimpan file-file. Mulai dari file musik, film, ebook, juga installer-installer yang sekarang ini sangat makan space. Game-game sekarang mah butuh free spacenya udah bukan ratusan MB tapi udah ada yang butuh sampe 1GB lebih... Udah gitu kalo punya HD yang kapasitasnya gede gue bebas buat nginstall Encarta Reference 2005 yang makan space sampe 2-3 GB jadi gue gak perlu repot-repot musti masukin CD itu. Sebenernya kalo Wikipedia ngeluarin CD kayak Microsoft Encarta pasti bakal lebih asik tuh, soalnya isinya Wikipedia lebih banyak, lebih update, kadang lebih detail, cuma memang kalo urusan media dia agak minim, karena gratisan dia gak mau pasang media (photo, musik, video) yang license, beda sama Encarta yang emang modal beli license media. Jadinya medianya lumayan banyak, kita jadi bisa denger excerpt suatu musik, video dll.

HD 200GB yang gue beli ternyata tidak sepenuhnya bisa langsung pake, ternyata di komputer gue gak kedetect. Konyol!. Gue jadi teringat di suatu milis ada temen yang nyari HD 20GB, orang-orang pada nasehatin ngapain beli HD yang kapasitasnya segitu, lagipula yang kapasitasnya gede udah lebih murah. Ternyata alasannya sederhana, komputernya itu komputer lama, dia gak bisa ngenalin HD yang kapasitasnya lebih dari 20 GB. Dan sepertinya gue mengalami hampir hal yang sama nih, beruntung HD gue masih kedetect, tapi sayangnya cuma kedetect 130GB, Ah tidakk!. (ya setidaknya masih untung kedetect!) Gue disaranin temen buat cari update bios atau pake software tertentu, kalo semua itu gak bisa terpaksa gue harus beli Motherboard baru. Kalo musti ganti motherboard baru mending gue beli PC baru sekalian!. Gue sempet tanya-tanya berapa harga setiap komponen yang gue cari, rata-rata masih mahal. AMD 64 3000+ masih 1,3jt, motherboardnya mungkin sekitar 1,3jt, AGP NVidia 6600 (bukan GT) masih 1,3jt, memori 256MB PC3200 sekitar 400rb. Kalo gue anggap aja komponen itu harganya 1,5 berarti gue musti keluar 3x1,5 = 4,5jt. Terus gue pengen beli Memori 512 (2x256) berarti sekitar 800 rebu total diatas 5jt belum beli casing PC yang baru.... Aduh untuk sekarang mana ada gue alokasi dana segitu :( Semoga update BIOS-nya ada, maklum PC keluaran 2001 mah itungannya udah agak 'tua' :(

Waktu tadi gue minta bantuan & ngobrol dengan rudi199, ternyata HD dengan kapasitas gede punya konsekuensi tersendiri. Kata dia kalo HD yang berkapasitas diatas 128GB, dalam satu hardisk jika kita partisi lebih dari 128GB sektor selanjutnya gak akan di baca oleh Windows 2000, tapi Windows XP masih tetep bisa baca. Jadi kalo kita nyimpen file atau mau baca file di bagian sector yang belakang gak bisa kebaca (katanya sih... gue sendiri belom nyobain). Hmm... ternyata terlalu banyak seluk beluk yang harus diperhatikan kalo beli HD dengan ukuran extra besar. :(

Oh iya waktu pas gue beli HD ini kan tadinya mau beli di MP yang jadi langganan gue, cuma kayaknya sekarang MP dah gak jualan komponen secara eceran, maksudnya kalo kaya gue beli HD doang gak akan dilayanin. Dia mau ngelayanin kalo mo beli PC jadi belinya ya gak cuma satu komponen, jadi beli Prosesor, sekaligus Mobo, Graphic Card dll. Sayang juga sih, soalnya si engkohnya lumayan baik (kata temen-temen gue yang jadi langganannya juga). Gue dulu beli HD garansi 2 tahun selama 2 tahun HD gue rusak 2x dan dua kali ganti baru :). Padahal harusnya sih diperbaiki, bukan di ganti. Gitu juga dengan CD-ROM yang ngadat, harusnya cuma di perbaikin, tapi malah di tuker dengan yang baru padahal gue dah make 6 bulan :p. Pokoknya urusan komplain dia gak rese, gak mempersulit (gak tau deh kalo sekarang). Tapi ya itu... dia sekarang dah gak melayani pembelian ketengan, soalnya yang komplain-komplain suka gak jelas. Katanya dia ada yang komplain, bilang komputernya gak idup gara-gara HD-nya rusak pas HDnya di benerin ternyata yang rusak bukan HD-nya tapi memorinya, dan aneka cerita lainnya intinya terlalu banyak kemungkinan yang menyebabkan suatu komputer gak berfungsi dengan normal. Malah ada yang konyol kata si engkoh, ada yang masang pin prosesor ke socket terbalik, akibatnya pin-pin prosesornya pada patah...



Sibuk... masih sibuk BT gue disuruh bikin dokumentasi manual penggunaan... fuihhh mending gue semaleman ngerjain koding daripada sejam bikin dokumentasi. Males deh. Gara-gara itu gue jadi makin sering tidur malem (diatas jam 2+ AM) :(( mana bentar lagi mo testing, ada juga deadline minggu depan aduh pusing gue urusan partisi HD yang baru belum kelar kerjaan yang lain juga harus dipikirin... tapi sejauh ini gue masih bisa enjoy tau kalo sering-sering kayak gini (moga enggak!)

Gara-gara tadi malem gak bisa tidur cepet (akibat keseringan begadang) gue iseng-iseng baca buku cerpennya AA Navis yang berjudul 'Jodoh' yang ditulis dia tahun 1975. Cuplikan bagian terakhirnya seperti ini (buat yang belum baca 'warning' ini spoiler!!!)

...
Karena seni hidup bukanlah perhitungan eksak, melainkan dengan upaya penyesuaian diri pada iklim yang membentuk masyarakat. Dan Idealisme masa perjaka ternyata suatu utopia semata, yaitu idealisme yang membius orang-orang yang tidak punya beban hidup keluarga. Idealisme seorang laki-laki yang telah menjadi suami dan menjadi seorang ayah, ialah idealisme yang abadi, yakni bagaimana caranya membahagiakan istri dan anak-anak.

Dan kalau Badri sesekali membaca surat kabar yang mengisahkan perjuangan orang-orang muda dalam mencapai cita-citanya, cepat-cepat ia melipat surat kabar itu dan meletakannya di rak kertas-kertas tua, yang nanti akan diloakkan mertuanya.

Padang, Agustus 1975

Cerpen AA Navis yang berjudul 'Jodoh' menurut gue adalah salah satu dari sedikit cerpennya yang berakhir dengan 'bahagia', kebayakan cerpen yang dia buat seringkali tokoh-tokohnya berakhir dengan tragedi (agak males juga sih gue baca yang tragedi-tragedi... hidup gue udah 'susah' kok musti ditambah dengan baca cerita-cerita tragedi). Contoh cerita tragedi yang juga jadi 'masterpiece'-nya AA Navis apalagi kalo bukan cerpen "Robohnya Surau Kami" yang dijadikan bahan pelajaran bahasa indonesia di sekolah menengah dulu... ada yang masih inget? :) Tapi pria asal minang ini cukup enak juga memnuturkan cerita melalui gaya bahasa yang mudah dimengerti, kadang diselingi juga dengan humor... yaaaa meski akhir ceritanya kadang harus berakhir dengan tragedi...

Bener gak tuh apa katanya sastrawan AA Navis itu ya? mungkin itulah misteri hidup yang harus dipecahkan sendiri oleh masing-masing manusia, utamanya kaum lelaki :) Bagaimana dengan bersikap realistis? manusia juga tidak akan pernah bisa lepas dari realita kan? Bersikap realistis gak bisa di bilang salah juga kan? (Seperti gak mau berjodoh dulu sebelum punya penghasilan minimal sekian-sekian, harus jadi pegawai tetap dsb, kalo temen gue bilang nunggu bisa beli Harley dulu (tuh anak masih gak ya mikir kayak gitu?). Mungkin banyak laki-laki yang berfikir 'terlalu realistis' (gue gak tau gue termasuk golongan ini apa enggak? :p) yang akhirnya gak mau menyegerakan untuk berjodoh :)

Seni hidup bukanlah perhitungan eksak...?
don't know lah... yang gue pikirin sekarang gimana caranya HD gue bisa kedetect dan bisa berfungsi normal ... mungkin itulah seni hidup dengan perhitungan eksak :p

0 Comments: