Gambir-Baranang Siang

 Wednesday, June 15, 2005

Cabut dari gambir jam 9 mau balik ke bogor. Jam segitu mana ada kereta yang kebogor, tau deh kalo kereta hantu :(. Mau naik bis gak tau musti naik kemana-kemana dulu, kepikiran cari bis ke depok, setau gue musti ke terminal bis senen yang image-nya "menyeramkan" dimata gue. Lagian gue sendiri, gak ada temen... lagian iya kalo ada... setau gue bis juga ada jadwal terakhirnya. Dan kalo dah lewat dari jam 9 kayaknya sih bakalan susah, kecuali naik taksi. Naik taksi... satu-satunya alternatif transportasi yang kepikiran paling cepet, karena gak ada acara ngetem-ngeteman. Lebih aman, karena gak usah gonta-ganti kendaraan umum, lagian gonta-ganti naik kendaraan umum juga penuh resiko.

Sayangnya tarif taksi mahalnya naudzubillah..., tapi gue pikir daripada gue nyasar di tengah malam di daerah yang gue kenal, atau mati konyol gara-gara preman nekat. Biar deh mahal-mahal dikit, sesekali gak papa deh jadiin pengalaman juga naik taksi dari jakarta ke bogor. Perkiraan mungkin sekitar 70-85rebu lah tarifnya....

Gue liat dipangkalan banyak sih taksi, tapi berhubung gue belum tau reputasi taksinya gue mending naik taksi yang sering gue naikin. Akhirnya ada taksi yang lewat gue setop, langsung gue tanya. "Mau ke bogor gak?" "Boleh..." kata supir taksinya. Baru buka pintu dah kena 4 rebu, wah iya gue baru inget tarif taksi dah naik. Untung gue bawa duit lebih kalo gak kan bisa tengsin berat kalo gak bisa bayar taksi :)

Pertama naik yang kepikiran berapa ya ongkosnya sampe di bogor? gue ngeri aja kalo duitnya gak cukup. Maklum gue gak nyangka kalo bakal gini kejadiannya. Untungnya sopirnya asik buat diajak ngobrol, lama-lama gue agak lupa juga dengan urusan tarif argo. Ngobrolnya macem-macem juga dari urusan presiden, pemilu, koruptor, sampe ke cerita keluarganya sama tetangganya. Hampir selama perjalanan diselingin dengan ngobrol lah...

Ngobrol ngalor-ngidul bikin lama perjalanan gak terlalu kerasa lama... cuma kalo lagi keingetan berapa argo yang gue kudu bayar agak "pusing" juga gue :) *takut duitnya gak cukup* Gimana gue gak khawatir, dari gambir lewat merdeka utara, merdeka barat, sampe depan BI aja argonya udah sepuluh rebu.... udah gitu ternyata jalannya masih rada-rada merayap gitu padahal dah jam 9-an. Masuk tol dalam kota yang di gatot subroto dah sekitar 40 rebu.

Tukang taksinya sempet juga ngobrolin masalah nanem bawang, ketemu uler, diisep pacet, ngalor ngidul lah. Ada juga cerita yang menarik, soal tetangganya yang tajir punya lahan luas di kampung. Tanahnya berapa hekatar dijual-jualin buat biaya anak-anaknya. Emang anaknya jadi orang sukses, dia jadi polisi yang punya pangkat. Cuma gara-gara punya kuasa tu polisi lupa diri apa gimana. Waktu malem-malem dia sama ajudannya main ke bar langganannya, kebetulan wanita penghiburnya yang biasa di pake dia pada habis di booking orang lain.... nah dasar lagi mabok juga, dia emosi waktu dibilang kagak ada cewek yang bisa ngelayanin dia... eh langsung aja pistol yang dibawa di tarik sampe bikin mati.

Dasar bego, kalo dia lagi pake pakaian dinas mungkin dia masih bisa pake dalih membela diri, lah ini lagi bebas dinas jelas gak bisa lolos dari hukuman. Kalo kata tukang supir yang nyeritaain ya mirip-mirip kasusnya si adiguna sutowo lah... Dah karirnya sebagai perwira polisi tamat disitu... orang tua yang udah abis biaya banyak supaya anaknya bisa jadi polisi yang punya pangkat, kaget langsung shock, stroke and langsung mati di tempat akibat terlalu kaget denger anak kebanggaannya bunuh orang.

Cukup menghibur juga supir ini dalam bercerita, meski bukan akhir cerita yang baik. Dasar orang kere, habis denger cerita mata gue malah liat argo yang dah sampe 80 rebu, waktu itu dah sampe daerah sentul, makin gak konsen aja gue ngobrol ama si supir. Argonya cepet banget seperti speedometernya yang ada di mobil F1 (boong banget sih gue... hiperbola...), yah apa yang mo dikata... emang tarif taksi udah naik sejak beberapa waktu yang lalu. Tapi ya udahlah, gue pikir-pikir gak boleh nyesel naik taksi lagi pula mungkin ini memang rezekinya si supir. Waktu pas ngobrol dia bilang dia narik dari jam 9 pagi, dapet penumpangnya dikit, dah gitu jaraknya deket-deket terus dia bilang "Saya berdoa hari ini mudah-mudahan bisa dapet penumpang jarak jauh biar cepet nutup target, eh taunya mas yang naik taksi ini". Hmm kalo gitu bener-bener rezekinya dia kali yaaaa...

Pas mau sampe pintu tol bogor dah 100 rebu tuh argonya... wah caranya gini gue sampe baranang siang aja deh. Bener pas sampe pintu tol dah 110.000, kalo di itung sama bayar tol, 2x masuk di tol dalam kota & jagorawi habis 2x4000=8000 jadi setidaknya hari itu keluar modal 118.000. Wah setelah kejadian ini gue makin yakin aja, kalo gawe di jakarta jangan balik ke bogor malem-malem... mahal cing! (kalo mau rada aman sih...). Wah entar-entar gue gak mau dah gue balik semalem itu.... Berangkat jam 9 nyampe jam 11 malem kurang.... blah pa lagi kalo gak naik taksi bisa jam berapa gue nyampe

3 Comments:

Blogger taschan said...

emang lg ada gawe di jkt, vi? kok malem2 ada di gambir? btw, dah mo UAS ya. met koreksi jawaban para mahasiswa ya :D

Friday, June 17, 2005 12:51:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

gak juga sih... cuma lagi ada 'sedikit' urusan...
Barangkali tau, tanya dong... kalo dari gambir & sekitarnya malem-malem mau ke depok naik kendaraannya apa aja ya?

BTW gw sekarang dah gak ngajar lagi nih... ceritanya istirahat dulu :p. Mungkin lain kali ngajar lagi *tapi kapan ya?*

Friday, June 17, 2005 1:17:00 PM  

Blogger diditho said...

Terimakasih ya atas info biaya taksi jakarta-bogornya, hehe.. Berguna juga buat gue yang lagi dikereta , tinggal googling dapet infonya.. Lagi kepepet harus naik taksi ke cibinong dari satsiun jatinegara. Thaks to this blog,google and gprs.

br,didit
http://diditho.net

Wednesday, December 19, 2007 4:45:00 PM