Ma buk

 Monday, April 25, 2005

Gue gak bermaksud ngomongin kalo gue mabuk atau mabok. Ma buk yang di maksud gue adalah My Book alias buku gue... Payah deh betapa ancurnya manajemen pengelolaan uang gue bulan ini. Udah cari duit susah eh seenaknya gue abisin buat beli ini-itu. Tapi diantara ini-itu yang gue abisin, porsi terbesar di sumbang oleh pembelian buku. Jika tidak ada tindakan lanjut untuk melakukan kebijakan pengetatan ikat pinggang, besar kemungkinan "buku" akan menjadi sumber yang menyumbang "kebangkrutan" ekonomi gue.

Gak habis pikir... untuk bulan ini aja paling gak gue beli 9 buku, kalo di itung sama buku gambar jadi 10 :). Awal bulan beli buku, tengah bulan beli buku, eh akhir bulan beli buku juga. Paling gak ada dua buku 'yang rada mahal' yang gue beli... harganya sampe 85 rebu... yang lain harganya dalam kisaran 20-55 rebu kalo buku gambar sih 'cuma' 4000 :p. Udah gak pernah nabung, yang ada kartu debit sering di gesek mulu...

Pusing nih gue... gue khawatir sama gue sendiri jangan-jangan gue mulai jadi orang yang kecanduan buku. Padahal tidak sedikit (alias banyak) dari buku yang gue beli ada yang masih belum tamat, bahkan ada buku yang udah lebih dari setahun gue beli belum di baca sama sekali :(. Mending buku yang gue beli bisa menambah ilmu yang menunjang pekerjaan gue saat ini model-model buku pemrograman atau aneka buku yang berkaitan dengan dunia IT, eh yang gue beli malah buku "Non IT-Related" biasanya ada hubungannya dengan sejarah, biografi, cerita, kadang berhubungan dengan politik. Kadang isi dari buku yang gue beli rada-rada katro tapi lumayan buat hiburan. Sama sekali gue gak pernah beli buku yang berkaitan dengan IT...

Jadi inget jaman baru pertama gue masuk SMP disuruh isi formulir data diri, salah satunya adalah Hobi, gue inget waktu itu gue nulisnya "Membaca", waktu SMA & Kuliah gue masih teringat dengan "Hobi" yang gue tulis ini dan kalo inget gue cuma bilang "Yeah right...". Setau gue jaman SMA atau kuliah gue jarang baca buku kecuali buku pelajaran (mau gak mau) apalagi beli buku, gak ada dana buat beli buku deh alhasil kayaknya gak pernah beli buku selain buku pelajaran...

Pas udah punya penghasilan, sebenernya gue juga jarang beli, baru setahun belakangan ini gue rada-rada getol main ke toko buku & sesekali beli buku yang gue anggap menarik. Cuma bulan ini sepertinya rekor dalam hidup gue. Gue abis duit banyak buat beli buku padahal buku yang gue beli hampir semua adalah buku lokal yang harganya relatif lebih murah ketimbang buku impor.

Buku itu Mahal Jendral!...Perilaku gue ini (duh bahasanya...) sedikit banyak akibat prinsip gue beberapa bulan yang lalu "Kalo ke toko buku terus liat buku yang 'keliatannya bagus' beli aja daripada nyesel pas pengen beli buku itu ternyata udah gak ada". Yah itulah prinsip gue sampe sekarang... Kayaknya gue sekarang harus jauh-jauh main dari toko buku. Sabtu kemarin gue mampir ke toko buku tujuan utama cuma mau beli sampul plastik buat buku-buku gue sama buku gambar... yah sesekali pengen nostalgia ke jaman SD dimana gue dulu seneng ngegambar-gambar gak jelas, gak bakal beli buku!. Ternyata niat tinggal niat. Pada akhirnya akhirnya gue malah beli buku dan gak tanggung-tanggung hari itu habis 190 ribu buat beli 3 buku 'doang'... :( *i'm broke*

Akal sehat gue pengen marah... masak 1 bulan bisa habis duit banyak banget buat beli buku doang!, tapi di sisi lain gue ngerasa lebih baik "kecanduan" beli buku (beli? bukan baca?) ketimbang duit abis buat beli narkoba. Yah udah deh... siapa tau buku yang udah gue beli itu bisa manfaat bagi gua. Soalnya pernah ada tulisan yang bilang "Membeli buku tidak menjamin seseorang untuk mendapatkan ilmu darinya..." (Terang aja... gimana mau jadi ilmu, kalo punya buku gak pernah di baca. Buku yang di baca aja belum tentu bisa di mengerti... gimana mau jadi ilmu?)

Agak ngelantur..., gue pernah kepikiran pengen punya kerjaan seperti ayahnya Sabrina. Pernah nonton film Sabrina yang diperankan oleh Julia Ormond & Harisson Ford sebagai Linus?. Jadi bokapnya sabrina ini kerja buat orang kaya, bokapnya Sabrina ini kerjanya jadi supir mobil-mobil mewah tuannya seperti mobil Roll Royce atau Bentley. Dalam suatu scene bokapnya sabrina bilang ke sabrina kalo alasan dia jadi supir & sampe sekarang tetep jadi supir karena kecintaannya sama buku.

Setiap tuannya kerja atau nego bisnis, dia habiskan waktu menunggu untuk membaca buku-buku. Pernah karena suatu nasehat bokapnya sabrina ke sabrina, sabrina malah balik ngeledek bokapnya "emangnya ayah punya duit 1 million (atau billion?) dollar bisa ngomong kayak gitu?" Dengan tenang bokapnya Sabrina bilang... "Salah aku punya 2 million (atau billion?) dollar". Ternyata bokapnya ini selalu ikut-ikutan investasi setiap tuannya melakukan investasi. Kalo tuannya beli saham perusahaan X dia ikutan beli, begitu pula kalo tuannya beli saham Y dia ikutan beli dari situ dia jadi tajir. Jadi bokapnya sabrina itu sebenernya udah jadi orang tajir tapi tetep milih jadi supir alasannya waktu luang yang lebih untuk menyalurkan kecintaannya pada buku-buku :)
Kalo gue jadi supir orang kaya bisa gak yah jadi ikutan tajir kaya bokapnya sabrina ini? Kalo bisa tajir kayak bokapnya Sabrina, gue juga mau doong jadi supir orang kaya hehehe :)

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Dani :

Loe kebanyakan ngayal dari dulu..
udahs sana kerja yang bener & nabung biar bisa nyimpen duit..
ntar kalo loe dah bisa nyimpen duit
baru mikirin caranya biar bisa jadi supir yang tajir hehehehe

Tuesday, April 26, 2005 3:09:00 PM  

Blogger Luluk said...

nah, Vi, daripada dianggurin aja tu buku-buku lo yg udah kebeli, sini deh gw pinjem. buku-buku apa yang asik? (asal jgn chicklit aja ya!) :D

btw, the life of pi high recommended tuh! :) *IMHO*

Friday, April 29, 2005 6:15:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Buat Dani: Ngayal emang salah satu kerjaan utama gue :) Mumpung ngayal masih gratis ya puas-puasin aja ngayalnya. Kalo gue udah tajir mah, gue gak bakal ngayal jadi supir lagi dan... :)

Buat Luluk: Buku asik gue apa aja yah? wah kalo yang loe maksud buku cerita, koleksi gue sangat miskin paling roman Atheis-nya Achdiat K. Miharja (hehehe ini mah buku jaman sekolah dulu - tapi bagus juga ceritanya), Selain itu apa lagi yah? paling ringkasan (bukan yang full version) cerita Sam Kok (Romance of 3 Kingdom?). Sisanya buku-buku non-cerita seperti: Kisah Para Diktator (Jules Archer), Sang Penguasa (Machiavelli), Politik Ekspansi Sultan Agung (De Graaf)
Apa ada yang menarik tuh? :D

btw belum baca sama sekali 'life of pi' jadi belum bisa memberi kesan apa-apa kecuali buku itu nyaris bikin gue bangkrut, semoga isinya beneran bagus atau penderitaan gue semakin bertambah :)

Friday, April 29, 2005 7:10:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

waah sama bgt sama linda:) kebiasaan "beli" buku & akhirnya gak kebaca, karna kebanyakan :(. Tiap ke toko buku "pasti" ada aja yg dibeli.... ditambah sekarang suka beli majalah, tabloid & komik :( dirumah udah menumpuk gitu.... sampe2x akhirnya dibeliin satu lemari khusus buat nyimpan buku, biar gak bertebaran dimana2x...
Jadi pecinta buku itu bagus kok :)
btw seandainya bisa kaya' bapaknya sabrina :) kalo ce' enaknya kerja jadi apa yah? yg bisa banyak baca buku....???

Tuesday, May 03, 2005 10:41:00 AM  

Blogger alvifauzan said...

Wah asyik tuh punya lemari khusus buku... sayang juga buku gw ditumpuk-tumpuk begitu saja karena gak punya lemari :( Untung gak begitu terlalu bertebaran...

Menjadi pencita buku memang bagus... hanya saja iklim di indonesia kurang mendukung tuh untuk jatuh cinta sama buku (pajak kertas & buku yang tinggi -> harga buku yang mahal -> pembeli harus membatasi jatah membeli buku biar ekonomi keluarga tidak morat-marit -> tidak bisa jadi cinta buku, ditambah jarang ada perpustakaan umum di indonesia :( )

Wah belum kepikiran tuh kalo ce' mau bisa sering-sering baca buku & tajir musti kerja apa ya? Ce' jadi sopir pribadi orang super tajir juga kayaknya gak papa kok :) *eh tapi jangan deh, entar malah digodain tuannya*
Jadi enaknya kerjaan kayak gimana ya...???? *bingung juga*

Tuesday, May 10, 2005 6:23:00 PM