Para Perokok

 Wednesday, May 18, 2005

Tau gak apa yang nyebelin kalo naik kendaraan umum? Selain pelayanan yang buruk ada yang gak kalah menyebalkan adalah kelakuan sebagian (gak semua) penumpangnya!. Cukup banyak kelakuan para penumpang yang nyebelin penumpang lain seperti meludah sembarangan, kadang juga suka muntah sembarang tapi itu gak terlalu sering gue temui, dan ada hal yang umum tapi cukup menganggu yang asap yang dihasilkan oleh para perokok!

Ada sebagian perokok yang seenaknya ngerokok di dalam kendaraan umum model kereta api, bis, atau angkot. Gue gak suka deket-deket dengan mereka bukan gue sebel sama orangnya tapi gue gak tahan dengan asap rokok yang di keluarkan dari hidung dan mulutnya. Gue gak tau mereka itu sadar apa enggak kalo perbuatan mereka merokok di tempat umum seperti di dalam kendaraan umum itu merugikan sebagian orang-orang.

Kalo gue deket-deket dengan orang yang ngerokok gue terpaksa menahan napas lebih lama, soalnya gak mau sering-sering menghirup asap rokok yang gak enak itu. Asap rokok itu kalo kena mata gue bikin mata gue perih, kalo kena kulit gue asapnya bikin kulit terasa kering. Kalo terhirup bikin gue pengen batuk-batuk karena gak tahannya dengan asap rokok.

Gue gak tau para perokok itu sebenernya sadar apa enggak kalo aktifitasnya merokok itu telah "mengganggu ketentraman" orang lain yang ada di dekatnya. Memang benar kegiatan merokok itu hak setiap manusia, hak manusia mendapatkan kenikmatan dari asap rokok yang di hisapnya... tapi seringkali hak yang menguntungkan pribadi yang menghisap asap rokok ini tak jarang malah merugikan orang di sekitarnya yang cuma kebagian asapnya doang. Hak adalah hak, namun jika hak itu sampai merugikan manusia di sekitarnya maka sudah sepatutnya para perokok itu tahu diri waktu dan tempat bagi mereka untuk melakukan aktifitas merokoknya supaya tidak menimbulkan kerugian bagi orang di sekitarnya.

Kalo ada yang ngerokok di deket gue, gue emang gak pernah negur tapi gue biasanya mengibas-ngibaskan tangan gue untuk menghalau asap yang deket-deket gue, yah siapa tau yang ngerokoknya sadar, sayangnya cara ini banyakan gak efektif. Kalo yang ngerokok masih gak sadar biasanya gue pura-pura batuk biasanya sih kalo yang ngerti ya matiin rokoknya, tapi kalo yang enggak ya tetep cuek nerusin ngerokoknya. Kalo gue lagi sebel gue pasang muka sebel sambil ngelirik sinis... siapa tau mereka sadar ternyata emang banyak yang gak sadar, tapi kalo di perhatiin kadang mereka agak ragu juga pengen matiin rokoknya, mungkin pikir dia "tanggung nih rokok kalo gak di abisin jadi ya udah deh terusin aja"

Maunya gue sih gue tegur, tapi gue males kalo yang ditegurnya malah bales lebih galak, gue gak mau ribut-ribut di tempat umum lagi pula sering kali yang ngerokok itu bisa lebih dari satu orang dan tersebar di segala penjuru ruangan (bisa ruangan gerbong, bis atau angkot) jadi kalo gue negur satu orang dan gak negur yang lainnya entar di sangkanya gue sentimen sama satu orang padahal gue males kalo udah ngasih tau musti ngasih tau lagi... melakukan pekerjaan yang berulang-ulang itu membosankan!. Temen gue dulu suka sebel sama angkot soalnya kebanyakan mereka seenaknya sendiri bawa kendaraannya... nah temen gue ini demennya nyela atau adu mulut tiap ketemu supir yang dianggap gak tau diri bawa angkotnya... sekarang gue jarang liat dia suka adu mulut dengan supir, pas gue tanya kenapa alasannya ternyata dia udah bosen berantem dengan supir angkot mulu! jadi ya udah jadi orang masa bodo aja...

Gue sekarang emang gak suka terlalu deket-deket dengan orang yang ngerokok gue gak suka kalo asap rokoknya itu kena gue. Kalo ada orang mau ngerokok deket gue sih sebenerbya gak papa aja yang penting asepnya di jaga jangan sampe kena gue (masalahnya justru itu, gak mungkin bisa memastikan asapnya gak kena gue!). Ironisnya gue dulu sempet juga lho "belajar" ngerokok. Pengalaman pertama waktu gue masih SD, berhubung gak punya duit yang cukup gue sama temen main gue waktu itu sempet patungan beli Rokok Daun Kaung (atau Kawung?). Harganya jauh banget dengan rokok pabrik, dulu waktu harga satu batangnya masih di bawah 100 perak perbatang, harga rokok daun kaung beberapa batang bisa dapet seplastik kecil yang isinya bisa banyak. Kayaknya sekarang dah gak ada lagi orang yang jual rokok daun kaung, soalnya ini rokok produk jaman jebot, harap maklum besar kemungkinan karena konsumennya yang udah gak ada lagi. Soalnya jaman gue masih kecil yang ngerokok daun kawung ini biasanya aki-aki (aki=kakek-kakek dlm bahasa sunda), yah sama lah kayak kebiasaan nyirih yang gak gue temui di jaman sekarang, karena yang biasanya nyirih ya nenek-nenek, kalo mereka-mereka sudah wafat ya otomatis udah gak ada lagi konsumennya kan?

Jaman SMA pernah juga coba-coba ngerokok, soalnya waktu pas nonton konser sponsornya rokok, jadi setiap yang beli tiket konser dapet bonus rokok, yah dipikir-pikir sayang kalo gak dimanfaatin jadi ya udah di coba aja diisep rokok yang di kasih sponsor. Kebetulan acara konsernya malem-malem, eh pas paginya dada gue sesak kayak gak bisa nafas, mau mati rasanya waktu itu. Gue kira itu ada hubungannya dengan rokok yang gue isep sebelumnya, ah tapi itu mungkin kebetulan. Di lain kesempatan gue juga coba-coba belajar ngerokok lagi dan ternyata paginya gue sesak nafas semenjak itu gue yakin sesak nafasnya kemungkinan besar gara-gara rokok yang gue isep yang bikin gue sesak nafas. Semenjak itu gue berusaha untuk gak coba-coba ngerokok, males banget kalo tiap pagi musti sesak nafas.

Jaman baru ngerasain kerja, temen satu ruangan gue hobinya ngerokok, katanya gak bisa berfikir maksimal kalo gak ngerokok (emang ngaruh ya?)... baru saat itu gue sadar kalo gue ternyata gak suka dengan asap rokok padahal dulunya sempet "belajar" ngerokok, dan semenjak saat itu gue jauh-jauh deh kalo temen gue mulai nyundut rokoknya, males gue kalo asepnya kena badan gue bisa bau baju gue kena asep rokok, mata kering perih, kulit jadi keriput dll, gue benci asap rokok! (asap dari kendaraan, pabrik, atau bakar sampah juga gak gue suka sih :p).

Tapi untunglah sekarang ada Pemda (DKI?) yang sudah menerapkan larangan merokok di tempat publik, dan juga mereka akan menyediakan ruangan khusus buat para perokok, sukurlah... mudah-mudahan Pemda-Pemda yang lain mengikuti langkah ini, tapi yang terpenting sih pelaksanaan peraturan itu sendiri... percuma aja kan bikin peraturan kalo cuma buat dilangar? :)

Apa pemerintah dan instasi2 sekarang sudah ada yang menyiapkan ruang khusus perokok? soalnya gue udah ngerasain gak enaknya satu ruangan dengan orang yang asep rokoknya kena badan gue. Karena para perokok berhak untuk merokok, maka sebaiknya ya memang dibuatkan ruangan khusus perokok karena mereka juga berhak mendapatkan kenyamanan dari merokok sepertihalnya orang yang tidak merokok mendapatkan kenyamanan dari bebasnya asap rokok.

Jangan salah sangka kalo gue bener-bener benci sama para perokok, gue gak benci sama orang-orangnya tapi sama asap-asapnya itu. Temen-temen gue yang ngerokok sejauh ini banyak yang asik-asik aja gak ada yang rese apalagi maksa-maksain gue untuk ngerokok kayak mereka, justru kebanyakan mereka malah melarang gue untuk ngerokok, "jangan ngerokok tar takut ketagihan,loe bakal susah berhentinya kalo udah kecanduan kayak gue ini" begitu kata temen gue yang hobi ngerokok...

Masih berhubungan dengan rokok, konon katanya pemerintah akan menambahkan definisi rakyat miskin dengan kemampuan membeli rokok dan berjudi. Logika sederhananya kalo orang bisa merokok masak mereka gak bisa beli beras? jadi nantinya hanya orang-orang yang benar-benar miskin lah yang boleh mendapatkan jatah beras miskin, dan kalo syarat tambahan itu benar maka para perokok & pajudi yang hidup dalam kemiskinan di harapkan bisa menghentikan kebiasannya mereka (tapi siapa sih yang tau?)

Lucu juga kalo melihat hidup ini, yang baru belajar ngerokok biasanya suka bilang kalo rasa rokok itu pahit gak enak, tapi bagi yang sudah ketagihan kalo gak ngerokok sehari katanya mulut terasa pahit gak enak. mana yang bener? :p.
Yang benar adalah merokok bisa menyebabkan gangguan ekonomi (harga rokrok mahal man!), tubuh menjadi tidak sehat (kata pak & bu dokter dan pemerintah lho...) dan yang juga benar adalah para perokok adalah "pahlawan tanpa tanda jasa" lho kok bisa?

Asal tau aja cukai (pajak?) rokok di indonesia itu jumlahnya mencapai 40%, jumlah yang tidak sedikit, bandingkan dengan pajak-pajak yang lain yang biasanya sekitar 10% seperti PPN dll. Jadi sebenernya pemerintah menikmati keuntungan yang sangat besar dari industri rokok, tapi gue gak tau kemana tuh duit larinya? nyatanya kalo orang sekolah masih bayar dengan mahal atau kalo sakit tetep aja bayar mahal juga. Sayangnya membeli rokok itu gak ada asuransi kesehatan seperti asuransi perjalana yang di dapet kalo kita beli tiket bis, kereta atau pesawat. Mudah-mudahan jasa para perokok sebagai pembayar pajak (tidak langsung) yang baik ini digunakan untuk pembangunan negara bukan untuk pembangunan kesejahteraan para pejabat korup yang ngembat duit pajak buat menghidupi anak istri dan gundik-gundiknya... (emang sih gue gak punya buktinya, tapi kayaknya udah jadi rahasia umum kan kalo uang pajak di tilep sama orang yang punya kuasa?)

Secara tidak langsung para perokok juga sudah membangun perekonomian bangsa lho, tidak sedikit orang-orang indonesia yang di pekerjakan sebagai buruh pabrik rokok yang jumlahnya bisa mencapai ribuan (atau lebih?). Kalo sampe pabrik rokok di tutup, maka pemerintah tidak akan punya pendapatan dari cukai yang 40% itu dan buruh-buruh pabrik juga akan kehilangan pekerjaan akibatnya akan semakin banyaklah penganggur di negeri ini, kalo banyak orang yang ngaggur maka akan makin banyak orang yang lapar. Kalo kata seorang kandidat capres dalam suatu debat capres tahun lalu yang mengatakan "Hungry Man is Angry Man", kalo para penganggur itu lapar jika mereka marah bisa-bisa mereka nekat jadi penjahat... mau orang indonesia isinya penjahat semua?

Oh iya jangan lupa juga lho banyak acara-acara yang di sponsori oleh produsen rokok. Kalo main ke acara konser (misal konser musik atau apa aja) perhatiin deh sponsornya biasanya gak jauh-jauh dari rokok. Terus acara sepakbola liga indonesia yang sekarang siapa sponsornya? gak dikit dari perusahaan rokok. Malah kalo gue liat banyakan memang produsen rokok yang niat banget mensponsori acara olah raga model-model sepak bola. Katanya nih (gue jg gak tau) kalo loe pencinta acara bola, maka tinggal di Indonesia adalah berkah soalnya liga-liga sepakbola top eropa bisa kita saksiin dengan gratis di TV-TV indonesia. Katanya kalo tinggal di eropa malah gak bisa liat liga-liga negara lainnya selain liga negaranya sendiri, kalo mau liat negara lain musti bayar... di Indonesia kita bebas nonton aneka macam liga mulai dari inggris, itali atau champion dengan gratis!, dan semua itu kebanyakan di sponsori oleh produsen rokok!

RCTI merupakan salah satu stasiun TV yang pernah merasakan ruginya nayangin pertandingan sepakbola. Kata temen gue, waktu pas acara piala dunia tahun 2002 RCTI jadi satu-satunya TV yang punya hak nayangin acara ini. Beda waktu Indonesia dengan Jepang-Korea kan paling cuma beberapa jam, nah kalo ada pertandingan langsung bisanya kan malem atau sore. Kalo ada tanding sore hari langsung disana di tayangin di Indonesia sekitar jam 1 siang. Berhubung di Indonesia baru ada peraturan baru kalo iklan rokok hanya boleh tayang kalo udah malem-malem makanya gak ada produsen rokok yang mau sponsorin acara ini, akhirnya yang sponsorin minuman berenergi. Dan gara-gara gak ada sponsor dari produsen rokok RCTI rugi bandar tuh alias tekor beli hak siar eksklusif piala dunia 2002. makan pas sesi kompetisi selanjutnya dia gak sanggup beli hak siar liga itali, akhirnya nayangin liga 'cuma' jerman yang harganya lebih murah.

Makanya gue juga susah kalo mo menyalahkan para perokok yang masih doyan ngerokok... bagaimanapun secara tidak langsung mereka telah berjasa pada bangsa ini (ya... secara tidak langsung...). Jadi mungkin semuanya itu berpulang kembali ke hati nurani para perokok supaya jangan sampai kenikmatan yang mereka dapatkan dari merokok mengganggu orang disekitarnya...

0 Comments: