K-Lonx

 Friday, May 27, 2005

Selama seminggu ini hidup gue makin mirip kalong alias kelelawar yang beraktifitas di malam hari dan baru istirahat di siang hari. Beberapa hari terakhir ini gw tidur selalu di atas jam 3 pagi, kemarinnya malah baru jam 7 pagi. Sekarang masih ngantuk nih... *gak nyambung* penurunan level kenyamanan dalam bekerja... biasa pake PHP yang selalu mengubah parameter otomatis menjadi variabel. Sekarang harus memperhatikan tipe variabel dan selalu memanggil request.getParameter("nama_variabel"); masih lebih praktis dengan $_GET["nama_variabel"]. Belum lagi setiap nilai parameter non string harus diubah dulu spt dengan Integer.parseInt(request.getParameter("nama_variabel")); dll. But it's ok.... Jadi pengen bertanya-tanya kenapa teknologi ini cukup populer (padahal level kenyamanannya.. fiuhhh... jauh dari PHP).
Yang jelas bulan depan akan 'sibuk' atau 'sangat tidak' sibuk sekali alias jobless atawa pengangguran... Kedua pilihan itu membuat gue 'mungkin' akan membuat gue membiarkan blog ini mlompong tidak terupdate untuk batas waktu yang tidak bisa di tentukan...

~masih-ngantuk:(

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

aslm,
Hmmm vi lu mau ganti kerjaan yah? atau mau abis kontrak doang, meninggalkan si Rhama sendirian :p
Soal nyaman yg lu maksud gua rasa bisa diatasi dengan IDE, dan 'kenyamanan' gaya seperti yg lu tulis itu kayaknya ada konsekwensinya deh, makanya gak semua orang mau bikin 'kenyamanan' seperti itu. Kenapa teknologi yg 'gak nyaman' itu populer, yg pasti karena kenyaman programmer bukan key factor dalam decision making :)
waslm

Monday, May 30, 2005 3:56:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Belum mau ganti kerjaan, cuma kemungkinan... lagian gw ama si Rhama emang mo abis kontraknya bulan depan. Btw gw denger loe dah pindah gawean ke perusahaan asing pencipta bahasa java itu ya? 'sistem kecil matahari'? :D
pake IDE emang sepertinya IDE yang baik, ada auto complete dll, tapi tetep gw belum ngerasa sepraktis kalo pake PHP yang nama fungsinya lebih pendek-pendek, variablenya gak usah cape2 di declare, array selalu bisa expand spt vector, array bisa diakses pake key string gak melulu harus integer, jadi class HashMap dkk tidak mesti harus dipake, udah gitu lebih banyak data yg harus pake explicit casting kalo beda tipe data, dll.
Emang bener sih faktor kenyamanan bukan key factor dalam decision making, tapi alangkah baiknya jika perlu dipikirkan bahasa yang lebih 'flexible', 'asik', 'praktis' buat kita-kita (kita?)...*duh, gue gak bisa bikin bhs pmrogrmn sendiri aja protes, ingatlah vi berapa sih nilai kompilator loe?!*
Tapi berhubung gue udah kenal agak lama dengan nih bahasa ya gw sih gak terlalu keberatan... tapi buat yang baru kenal? bisa kapok kali :)) *i'm not sure juga sih apa bakalan ada yang kapok :p*

Tuesday, May 31, 2005 7:12:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

Hehehe, gua ngerti banget maksud lu Vi. Tapi justru bagusnya kalau bahasanya strict gitu, jadi sederhana kan, gak perlu menghapal syntax, cukup tau keyword, dan API. Kalau ada IDE justru gak perlu hafal IDE, semuanya dibantu IDE.
Justru waktu gua belajar PHP, gua rasa kayak VC, berusaha mempermudah/singkat tapi jadinya banyak pola dan syntax yg mesti gua hafalin.
Soal typesafe itu justru jadi supaya menghindari runtime bugs. Di Tiger sendiri sebagian besar kekakuan Java sudah dipermudah dengan generics, autoboxing, enhanced loop, static import, dll.
But after all, Java dan PHP memang gak bisa disejajarkan dalam hal ini, PHP lebih ke praktis, Java lebih ke scalable. Yg penting kita tau kapan make PHP kapan make Java. Gak bisa ngarepin Java jadi sepraktis PHP atau PHP jadi seskalable Java :)

Justru gua kapok di C, C++, VC, Perl, PHP. Gak ada yg bisa gua dr semua itu. Begitu kenal Java, bahagia krn bhsnya punya pola yg mudah dimengerti. Justru yg bikin kapok biasanya buzzwordnya tuh :p

Friday, June 03, 2005 6:19:00 PM