Gozzip & Omongan :p

 Friday, June 24, 2005

Waktu itu lagi makan siang, gue ikutan nimbrung berang anak-anak cowok 99 yang masih pada makan. Biasalah sambil makan-makan dibarengin ngobrol, ternyata anak-anak cowok ini sedang ngomongonin gosip seorang artis... Terus gue nyeletuk "Buset dahhh loe kok pada tau sih si artis ini pada gini gitu... loe sering ya nonton acara gosip?" tanya gue setengah becanda.... Mereka cuek aja sih gue ledek pada doyan gosip... hmmmm sebenernya gue juga kadang suka nonton acara itu kok (sebenernya malu juga nih gue mengakui :p) Gue pikir anak-anak cw aja yang doyan gosip, ternyata mereka juga... Mereka sih gak spesifik ngomongin gosip tertentu, malah mereka ngebahas soal bantahan-bantahan yang sering di lontarkan para artis. Sebagian besar (wah gw belum tau presentase pastinya) artis-artis yang nyangkal pasti ujung-ujungnya pasti ngaku.

Contoh, dulu ada artis dangdut dengan goyang andalannya goyang "patah-patah", waktu itu dia dikonfirmasikan kalo dia udah punya anak. Eh artisnya bilangnya belum pernah nikah... udah gitu wartawan gossip berhasil mewawancara orang yang dipercaya sebagai suaminya terus dapet juga foto-foto pas nikah & juga gambar anaknya. Yang konyol waktu pas dikonfirm ke si artis, dia bilang apa itu anaknya...? nih artis dangdut malah membantah, dia bilang itu anaknya itu hasil diperkosa.... buset dah diperkosa sampe punya dua anak mah bukan diperkosa atuh... itu mah doyan... geli gue kalo liat kelakuan artis yang doyan ngeboong...

Ada juga artis grup beken yang disinyalir membantah kalo dia adalah bapak biologis dari anak yang dikandung seorang cewek, udah gitu si artis bilang kalo dia gak kenal sama tuh cewek... eh lain hari tu orang akhirnya malah kawin juga... ck... ck... artis-artis doyan banget boong....

Nah yang sekarang lagi di omongin ama anak-anak 99 perihal gosip tentang suaminya artis penyanyi sedih ND. Terus gue iseng nyeletuk... "eh ngomong sebenernya apa sih manfaatnya nonton gosip? jelas gak guna, sampah... tapi kok kita-kita (kita) masih doyan nonton acara begituan?". Pada diem sebentar... terus ada yang bilang... "yah nonton acara gitu buat nambah wawasan... kita jadi bisa lebih tau cara seseorang menghadapi suatu masalah dlllll" hmmm gitu ya? terus ada lagi yang nyeletuk "Yah biar kalo kita ketemu orang ada bahan buat ngobrol" *gubrak* Hmmm jadi nonton gossip biar kalo ketemu atau ngobrol ada bahan pembicaraan ya? :)

Pernah sekilas gue baca, ada alasannya kenapa manusia sekarang doyan nonton acara "begitu". Katanya sih karena pola pikir manusia primitf masih terbawa hingga kini. Manusia primitif selalu khawatir akan adanya bahaya, seperti binatang buas, bencana alam dll. Nah di jaman modern hal-hal seperti binatang buas, atau apalah diganti dengan segala yang mengancam eksistensi, atau kepentingannya, maka manusia akan menjadi perhatian terhadap masalah itu. Itu sebabnya mungkin kenapa acara kriminal tetep laku untuk ditayangkan, termasuk juga dengan gossip yang isinya gak jauh dengan informasi seputar "masalah seseorang"... yah mungkin manusia memang selalu tertarik dengan informasi yang berkaitan dengan masalah. Bahkan dalam dunia pers konon ada istilah, "Bad News is A Good News"... semakin jelek suatu peristiwa, oplah atau rating suatu media (cetak/elektronik) semakin baik.... mungkin itu sudah bisa dijadikan sebagai alasan kalo manusia pada dasarnya suka banget dengan berita-berita yang tidak baik. IMHO :)

Masih ngomongin soal gossip, gue kok jadi kepikiran dengan masa lalu artis yang sedang di gosipin temen makan siang itu... Jadi si ND ini terkenal dulu suka menyanyikan lagu-lagu sedih (kalo gak salah "gelas-gelas kaca" termasuk lagu hitsnya dia ditahun pertengahan 80an), isinya gak jauh-jauh tentang perlakuan suami yang tidak baik atau apalah... ternyata nasib 2 perkawinannya emang cukup ironis (jika memang bisa disebut ironis, tergantung sudut pandang). Adalagi penyanyi BS yang dulu punya suami WD seorang aktor laga, ternyata perkawinannya juga seperti isi lagu-lagu yang dibawakannya (lirik yg gw inget "pulangkan saja aku pada ibuku, atau ayahku...." :p) kejadian sama dia, atau ada juga artis DRS asal sukabumi yang beken dengan lagu "Tenda Biru", ternyata dia masih belum beruntung dalam menjalani 2 pernikahan seperti lagu sedih yang dinyanyikannya.....

Gw iseng aja sih kok tiba-tiba kepikiran ke-3 artis itu... dan nasib ketiga artis itu kok mirip yang dengan cerita dari lagu-lagu yang dinyanyikannya. (FYI dulu jaman si mbah harto konon ada mentri yang melarang peredaran musik-musik sedih...) Gue kok jadi teringat dengan suatu tulisan entah dimana... kalo apa yang kita pikirkan itu seringkali terwujud. Misal kalo ada cewek yang suka berfikir cowoknya suka selingkuh padahal jelas-jelas dia gak pernah selingkuh, cuma karena cemburu buta atau apalah... eh malah beneran kejadian cowoknya selingkuh. Nah kalo kasus ketiga artis ini mungkin agak mirip kali ya... mereka itu kan nyanyinya penuh dengan perasaan, penuh penghayatan dan akhirnya kok kejadian (sedih) yang ada di lagu-lagu yang dibawakan ke kehidupannyata mereka.

Ada kepercayaan pada orang jaman dulu (mungkin masih berlaku sampe sekarang) yaitu "Kalo ngomong musti ati-ati takut entar keturutan (kejadian)". Yah nyanyikan sama aja dengan ngomong cuma bedanya udah pake nada-nada biar kedengaran lebih indah... Gue pernah baca cerita di 30 kisah teladan entah nomor berapa, jadi ada cerita ada seorang anak yang pandai dan ingin melanjutkan studi agamanya ke tempat orang-orang pintar akan ilmu agama, sang ibu tidak rela kalo anaknya meninggalkan dia sendirian meski itu untuk menuntut ilmu. Si anak gak mau denger omongan ibunya dia tetep nekat juga mau ke negeri lain untuk menuntut ilmu. Si ibu tersinggung karena ucapannya tidak dihiraukan oleh anaknya, dan kemudian dia berdoa secara spontan (kira-kira) "Ya Tuhan, kembalikan anakku di bawah kakiku dengan perasaan dia penuh penyesalan". Nah si anak kan udah pergi jauh... dia tiba di suatu kampung malam hari, kebetulan waktu itu ada maling, nah orang pada triak-tirak "Maling" ternyata orang-orang sekampung pada nyangka si anak yang mau belajar agama ini yang maling. Si anak mau membela tapi gak bisa karena masa udah keburu emosi. Baru pas udah babak belur di hajar masa, si anak ini bisa meyakinkan kalo dia bukan maling. Terus dia cerita kalo kepergian dia untuk belajar agama memang tidak diridhoi ibunya, akhirnya penduduk yang sudah salah mengira itu minta maaf dan mengantarkan anak yang sudah cacat karena di pukul itu ke rumah ibu-nya... dan saat itulah si anak menyesal karena tidak menghiraukan permintaan ibunya, dan si ibu juga menyesal karena berdoa yang "tidak baik" buat anaknya. Tapi apa mau dikata nasi sudah menjadi bubur... yah begitulah cerita bagaimana kekuatan ucapan (doa) bisa merubah nasib orang.

Dulu jaman gue kecil, gue pernah bikin kesel kedua orang tua gue, terus orang tua gue marah besar sambil nasehatin "Kamu jangan suka buat orang tua marah, kalo orang udah marah takutnya keluar omongan-omongan yang gak pentes!, kalo sampe keturutan kamu bisa celaka". Terus bokap gue cerita "Dikampung, dulu ada tetangga yang namanya pak Fulan, kamu inget gak waktu itu bapak-bapak yang matanya pecak (buta) sebelah nah itu yang namanay pak Fulan. Dulunya dia pernah bikin kesel orang tuanya, terus orang tuanya kelepasan bilang 'entar mata kamu pecak' dan bener akhirnya matanya jadi pecak". Wah kalo inget cerita itu gue jadi serem juga kalo sampe kena sumpah omongan orang yang gak baik buat kita (biasanya kalo kita nyakitin hati orang itu kan?).

Gue juga baru nyadar kenapa nyokap gue kalo ngeledek gue kadang gak ngomongin hal yang jelek. Misal gue disuruh ngambilin pisau di dapur sama suatu bahan makanan, cuma karena emang beda pikiran kali ya... gue disuruh ngambilin pisau ya pisau aja yang gue ambilin padahal maksudnya nyokap gue sama bahan makanan juga yang ada disampingnya... Dan terus nyokap gue bilang "Aduh pinter amat sih kamu jadi anak" (baca: duh jadi anak loe gak paham amat sih), dasarnya gue lagi mood becanda, gue bales juga "Makasaih bu, emang anak ibu ini pinter :p". Eh nyokap gue malah ketawa ke arah bokap gue, sambil ngomong "Dasar anak sekarang, disindir malah seneng.... :)". Akhir-akhir ini gue baru nangkep mungkin omongan nyokap gue yang berniat ngeledek gue tapi malah dengan kata-kata pujian mungkin masih terpengaruh dengan pemikiran orang tua dulu yang nasehatin kalo ngomong musti ati-ati...

Jadi kesimpulannya? silahkan disimpulkan masing-masing... cuma gara-gara berita gosip gak enak artis penyanyi spesialis lagu-lagu sedih... gue kok makin yakin... emang kalo ngomong (atau menyanyikan) musti ati-ati. Pun gue jadi teringat dengan nasehat nyokap gue kalo gue mulai kesel dan bersumpah serapah dengan kata-kata yang jelek, nyokap gue paling bakal bilang "Sama-sama ngomongnya, mending ngomong yang baik-baik aja..."

1 Comments:

Blogger Luluk said...

Vi, kok ngebahas Nia Daniati juga sihh??! :D mampir ke blog gw deh..

Thursday, June 23, 2005 5:03:00 PM