23 Juni 2005

 Monday, June 27, 2005

Kereta telat, sialan ada apa sih ampe ditahan-tahan, terpaksa gue naik ojek untuk ngejar waktu ketemu dengan calon "client". Tiba agak telat dikit, terus mereka memberikan sedikit saran mengenai pengembangan. Dan setelah panjang lebar, mereka menanyakan apa gue sudah menyiapkan daftar penawaran harga, terus gue bilang "disini aja pak?", "ya gak papa disini aja" kata mereka. Dalam hati gue... "buset ngomongin harga didepan orang-orang banyak, gue jadi gak enak gini, soal duitkan masalah private dan sensitif *right?*". tapi udah lah cuek aja, gue langsung sodorin daftar harga yang gue ajuin.

Mereka manggut-manggut, terus pak karo bilang "De' apa gak bisa dikurangin nih harganya..." Dengan sok PD gue bilang aja "Waduh pak kayaknya agak susah, soalnya kerjaan ini beratnya hampir 1/2 kerjaan yang dulu, bapak tentu tau kan berapa nilai proyek yang dulu" (dalam hati gue, udah bagus gue nawarinnya segitu... kerjaan 1/2 dari yang dulu, tapi harga gak sampe 1/4 yang dulu). "Masak gak bisa turun sih de'" pak karo masih berniat minta turun harga. "Pak ini tuh seharusnya kerjaan 2-3 orang pak, tapi dikerjaain sama saya sendirian, kalo yang ngerjainnya lebih dari seorang, harganya gak bisa segitu pak, lagipula nanti saya kasih bonus deh pak..." gue sok meyakinkan.

Kemudian mereka ngobrol berdua, terus pak karo bilang, "De' semuanya saya serahin ke pak ****** ya?", "Oh iya pak...". Terus pak ****** yang menjabat sebagai kasubag bilang dengan tanpa ekspresi, "Ini saya pelajari dulu ya, saya nanti pengen nego lagi", "Oh ya gak masalah pak....". Terus dia juga menambahkan "Nanti hari sabtu tolong programnya nanti diinstallin di komputer ini ya...", Gue agak keberatan masak harga belum deal minta langsung diinstallin... terus gue bilang "Pak, kalo bisa dijadiin dulu pak" (maksudnya urusan harganya dibikin jelas dulu baru gue mau install). "Jadi, pasti jadi..., cuma saya mau nego dulu....". Yah gak ada salahnya percaya sama orang ini. Terus gue ngomong "Baik pak nanti saya coba installin hari sabtu, tapi saya minta konfirmasi dari bapak sebelumnya". "Oh pasti"....

Sabtu gak ditelpon sama dia, ah gue pikir gak jadi. ternyata mereka sedang sibuk, tapi hari minggu kasubag itu nelpon, dia nego harganya 90% dari harga yang gue tawarkan, gue gak mau langsung nyerah gue keluarin tuh alasan kerjaannya setengah kerjaan yang dulu, udah gitu harusnya ini kerjaan lebih dari satu orang. Dan gue mau kalo turun harganya 97% dari yang gue tawarkan. Dia masih belum puas, dan dia minta turun jadi 95% harga yang gue tawarkan sebelumnya, sambil menjanjikan habis ini ada kelanjutannya... dan gue langsung OK. Hahahaha ternyata dikit-dikit gue masih bisa meyakinkan orang buat menuruti keinginan gue. Sejak awal gue udah siap worst case-nya dia bakal nawar 95% dari yang gue tawarkan dan memang sudah gue duga. Tapi dengan sedikit omongan mau juga dia menaikan tawaran harganya jadi 97% not bad lah untuk seorang yang gak pernah nanganin masalah nego harga spt gue ini... :)

Terus dia minta bulan agustus kerjaan gue udah beres semua, gue bilang akhir agustus, atau awal september lah... "ah kelamaan tuh kan kerjaannya udah mulai dari bulan mei", dengan sok meyakinkan gue bilang "tapi pak kan juga mulainya baru pertengahan mei..." terus dia diem, kayaknya sih mikir dan dia bilang "ok deh...", ha jadi juga bisa meyakinkan dia supaya waktunya jadi awal september :) gak nyangka dia mau juga setuju dengan saran-saran & alasan-alasan gue :D

Ternyata jadi negosiator, kalo menguasai apa yang mau dinegosiasikan menjadi pekerjaan yang menarik juga lho, (mungkin lebih menarik) daripada (sekedar) jadi orang teknis mulu seperti gue selama ini... :) Tapi gue akui kerberhasilan nego itu cuma kebetulan, gue belom jago untuk urusan nge-bluff kayak orang-orang marketing (yang sebagian kebangetan kalo nge-bluff-nya, tanpa tau kendala teknis *just joke man!*) hehehehehe

Oh ya kalo masih mau baca, gue juga ada cerita, sehabis nego sebelumnya yang gagal gue lama banget nunggu kereta, menyebalkan... masa dah jam 9 malem, kereta ke bogor masih penuh, apalagi kalo bukan gara-gara kereta telat datanngnya!!! Berdiri ya apalagi yang bisa diarepin kalo naek kereta yang penuh, untung di suatu stasiun ada tiga orang yang duduk mau turun, kebetulan gue didepan mereka jadi gue berharap gue bakal duduk. Ternyata ketiga orang itu belum mau bangkit dari kursi kereta, tapi ada satu orang yang bangkin dan sengaja ngasih tempat duduk ke seorang cewek, waktu itu gue ngeliat mukanya kok kayak temennya temen gue. Pengen juga sih gue sapa, itung-itung kenalan dan sukur-sukur bisa jadi temen ngobrol kebogor... tapi karena gue berdiri dan dia duduk, ya udah deh gue cuekin aja. Ternyata dua orang yang duduk jadi juga turun, langsung deh gue nempatin kursi yang ditinggalin, dan kebetulan duduk disamping si cewek itu.

Nah kalo gini baru enak buat nanya bener gak dia temennya temen gue si maul. "Mbak temennya maul ya?" tanya gue. "Maul? maul siapa ya?" dalam hati gue "Wah gawat jangan-jangan dia gak kenal dengan si maul lagi... "Itu maul yang anak fisika 98, kenal kan?". "Oh si aul... iya saya kenal...". "Gimana kabarnya dia?" tanya gue basa-basi..., "Baru saya juga mau tanya yang sama..." dst... dst...
Dari tadi ngomongin si maul aja, iseng gue tanya ke dia "Udah beres kuliahnya?" dia diem kayaknya lagi mikirin jawaban yang enak, sebelum dia jawab gue nyeletuk "atau itu pertanyaan yang terlalu sensitif untuk ditanyakan?" kata gue setengah becanda...
Dia senyum, dan dia bilang "masih ngurusin laporan akhir..." kali ini dengan tambahan senyuman dari dia :p. Terus gue iseng tanya kedia "pasti tadi pertanyaan yang sering ditanya orang ya?". "Iya... sih..." kata dia. "Yah saya juga pernah ngalamain, kalo orang belum lulus itu paling males kalo ditanya urusan kapan lulus... :)". terus gue nambahin "Orang udah lulus juga suka males kalo ditanyaain dimana kerjanya atau kapan dia kerjanya, orang yang udah kerja aja paling males kalo ditanya kapan mau kawin, orang yang udah kawin paling males kalo ditanya kapan mau punya anak.... dan orang yang punya anak juga nantinya akan males kalo ditanya kapan mau nikahin anaknya.... :)"... Dia tertawa kecil, dan bilang "Yah kalo gitu sih gak akan pernah beres doong masalah..." Emang!

Lumayan seru juga gue ngobrol dengan temennya si maul ini, ngobrolnya macem-macem mulai dari nerusin kuliah, friendster, komputer sampe-sampe dia nyeletuk (atau ngeledek ya?) waktu ngomongin hal-hal yang berbau komputer, "Hmmmm ini nih tipikal anak fasilkom yang ngomongnya komputer mulu". Wah iya ya... gue baru sadar gue udah ngomong hal-hal terlalu teknis dengan dia. Kemudian dia iseng kerjaan gue yang sekarang apa? gue bilang dengan bercanda "Yah pokoknya kerja deh... ". "Kok gitu sih" kata si cw agak gak terima gue jawab asal pertanyaan dia. Terus gue nyeletuk "Habis entar kalo diceritain kerjaan gue, nanti dibilang 'bahasanya tipikal anak fasilkom', jadi sebelum dibilang gitu mending sekarang jawabnya pokoknya sekarang ada kerjaan deh :)". Dia ketawa-ketawa aja dengan penjelasan gue.

Gak kerasa ngobrol dengan dia, perjalanan yang jauh jadi gak kerasa, konyol setelah lama ngobrol gue belum sempet tau siapa nama dia, sebelum masuk ke stasiun bogor iseng aja gue ngomong "Oh iya kita udah ngobrol lama, tapi saya belum tau nih namanya, nama siapa sih...." ***** jawab si cewek, "kamu sendiri?" gue kasih tau deh siapa nama gue.... hihihi lucu ngobrol dah lama tapi gak tau siapa nama masing-masing. Lumayan seru juga ngobrol dengan cewek ini, pas gue berpisah jalur dengan si cw, gue bilang "Kayaknya kita sampe sini nih, saya pulang ke sini dulu ya". Terus dia jawab "Iya, sampe ketemu kapan-kapan... makasih ya...."
Setelah jalan agak lama gue baru mikir, kenapa dia bilang makasih ke gue? gue juga harusnya berterima kasih sama dia, karena dia sudah membunuh waktu perjalanan dengan obrolan yang hangat dan santai :). Jarang gw ketemu orang yang baru dikenal bisa nyambung ngobrol seperti udah kenal lama, lebih-lebih dia cewek... :D hehehehehe yah itung-itung hiburan dari masalah gue yang timbul selama ini akibat kebegoan Windows 2000 yang gak bisa diinstal di HD 200GB!

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Dani :

Cieeeee...Alvi... sekarang
jadi Playboy KRL bogor-jakarta nih..
cieeeh cieeeeh....

Tuesday, June 28, 2005 5:27:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Hush...

cuma iseng aja, daripada bengong lama nungguin kereta nyampe ke bogor, kalo ada temen ngobrol kan perjalanan yang lama jadi gak kerasa membosankan... ya gak?

*hehehehe*

Wednesday, June 29, 2005 3:05:00 PM