Ferdinand Porsche

 Thursday, September 02, 2004

Siapa yang tidak kenal mobil dengan merek Porsche? Rasanya hampir semua orang dengan mudah mengasosiasikan nama Porsche dengan mobil mewah asal Jerman ini.

Tapi tahukah anda karya Ferdinand Porsche selain mobil Porsche? Ya... karya Ferdinand Porsche yang lainnya adalah mobil VW Beetle (kadang disebut juga VW Kodok). Karya Ferdinand Porsche ini cukup melegenda hingga saat ini, bahkan kini VW Beetle memiliki pelanjutnya yang di beri nama The New Beetle.

Untuk memenuhi keinginannya membuat mobil sendiri, Ferdinand Porsche yang lahir 3 September 1875 di Vratislavice (Austria-Hungaria, kini berada di Repubik Ceko) mulai merancang mobil untuk kelas menengah yang kecil dan murah. Proyeknya ini didanai dari hasil pinjaman dana dengan jaminan asuransi jiwa yang dimilikinya. Beberapa pihak sempat tertarik dengan proyek yang dibuat oleh Ferdinand, tapi tidak ada yang berlanjut hingga proses produksi. Proyek ini baru terwujud setelah Adolf Hitler memutuskan bahwa setiap warga negara Jerman harus memiliki mobil atau traktor. Pada tahun 1934 dia mendapatkan kontrak untuk membuat 3 purwarupa (prototype) berdasarkan hasil rancangannya. Ketiganya selesai dibuat pada tahun 1936. Pabriknya didirikan di kota yang bernama Wolfsburg, hingga kini kota ini masih tetap sebagai markas VW. Penggunaan nama VW (Volks Wagen) sangat sesuai dengan keputusan Adolf Hitler saat itu yang menginginkan "Mobil Rakyat" bagi seluruh warga negara Jerman.

Selanjutnya pada Perang Dunia II, Ferdinand mendapatkan proyek dari pemerintah Jerman untuk mendirikan tank (Panzer). Jenis tank yang di buat oleh Ferdinand Porsche diantaranya adalah Jenis Leopard dan Tiger. Salah satu karya disain dari Ferdinand Porsche, yaitu Elephant lebih dikenal sebagai Panzer Ferdinand.



Panzer Ferdinand (Elephant). Hak cipta gambar milik Achtung Panzer

Setelah Perang Dunia II, nama Ferdinand Porsche sempat buruk karena kedekatannya selama ini dengan pemerintahan NAZI. Bahkan anaknya Ferry Ferdinand sempat dijadikan penjahat perang, namun akhirnya Ferry Ferdinand dibebaskan dari tuduhan. Ferry Ferdinand selanjutnya melanjutkan pengelolaan pabrik kendaraan Porsche. Berkat andil Ferry Ferdinand-lah nama mobil Porsche menjadi terkenal hingga kini. Pada November 1950 untuk pertamakalinya Ferdinand Porsche mengunjungi pabrik mobil VW di Wolfsburg setelah usai Perang Dunia II. Beberapa minggu kemudian, Ferdinand Porsche terkena serangan stroke, dan tidak pernah kembali sehat hingga ajal datang pada 30 Januari 1950.
Tanggal 3 September ini Ferdinand Porsche memperingati 129 tahun kelahirannya.

Sumber:
- Wikipedia (Bahasa Inggris)
- Achtung Panzer (Gambar)

PS: Untuk Adila, kalo nanti main ke Wolfsburg atau ke Museum Perang Dunia II di Jerman sana bagi-bagi fotonya ya... kirim PostCard juga boleh (dan sangat di harapkan) :D

0 Comments: