Kandidat Dekan Fasilkom UI

 Tuesday, August 31, 2004

Hari ini ada pemaparan 7 Kandidat calon Dekan. 4 dari Internal Fasilkom dan 3 dari Luar. Keempat calon dari Internal Fasilkom adalah:
1. Heru Suhartanto, PhD
2. Zainal Hasibuan (Pak Ucok)
3. Widijanto S N (Pak Didit)
4. T. Bassarudin (Pak Chan)

Sedang 3 dari luar Fasilkom gue gak apal :( tapi yang jelas dari institusi di luar Fasilkom (ya iya lah...) seperti dari Paramadina, dari Binus dan satu lagi satu-satunya calon wanita gak tau asalnya dari mana (Gue telat nonton sesi pertama -- dua calon dari luar pokoknya bergelar Prof. lah).

Sesi pertama (09.00-12.00), pemaparan visi dilakukan oleh 3 orang kandidat yaitu pak Heru, 2 dari luar (paramadina & satu calon wanita). Sesi kedua (13.00-17.00) dilakukan pemaparan oleh 4 orang kandidat yaitu pak Ucok, pak Didit, dari Binus (Iman H.K.?) dan yang terakhir dari pak Chan.

Cukup menarik juga ada acara seperti ini (jarang-jarang lho), bisa melihat visi dan misi dari para kandidat. Secara subyektif menurut pandangan gue... kayaknya yang dari Paramadina cukup menjanjikan visi misinya (gue liatnya pas bagian tanya jawab aja pas sesi terakhir). Beliau adalah mantan wakil (atau Deputi ya?) dari Paramadina. Kalo dia sepertinya menonjolkan kerjasama dengan pihak pengusaha. Dia mencontohkan kalo di Paramadina itu beberapa pengusaha diajak terlibat aktif dalam pendanaan mahasiswa. Beliau mengaku bahwa gajinya di Paramadina jauh diatas gaji dekan Fasilkom UI, dan demi memajukan Fasilkom sih katanya dia siap untuk melepaskan semua jabatannya untuk menjadi dekan Fasilkom jika nanti terpilih.

Untuk kandidat dari Binus, yang paling gue tangkep sih masalah riset yang bersinergi dengan penelitian lainnya. Pada dasarnya resource yang tersedia terbatas, oleh karenanya visinya kandidat dari Binus ini adalah melakukan penelitian yang selain memiliki sinergi juga memiliki nilai jual untuk mensiasati keterbatasan resource (terutama masalah dana dsb).

Ada juga pertanyaan dari sang Dekan aktif bagaimana jika kebijakan dekan bersebrangan dengan kebijakan rektorat. Beliau bilang contoh nyata sekarang bahwa dia saat ini mengalami dilema bahwa konon gaji Dekan di UI akan dinaikan oleh pihak Rektorat menjadi 20 Juta (Heee baru tau kalo gaji baru Dekan di UI bakal segede gitu...), dan beliau tidak menyetujui kebijakan rektorat itu, karena menurutnya tidak etis dia memiliki gaji sebesar itu sedangkan anak buahnya masih ada yang gajinya masih dalam kisaran 600K. Rata-rata jawaban kandidat berkisar pada tataran normatif (duh bahasanya -- padahal asal nulis aja biar keliatan keren), yaitu mengundurkan diri kalo secara prinsip sudah tidak bisa bekerja sama lagi (baik dengan pihak rektorat atau dengan pihak internal Fasilkom).

Kritik dari salah satu dosen (Ruang 3207 -- you know? ken pasti tau... musuhnya sih :p --kata si opik99 lho) adalah bahwa ternyata para kandidat dari internal Fasilkom kurang siap dalam bahan penyampaian visi & misinya dibandingkan dari luar. Kayaknya gue juga harus setuju dengan pendapat ini. Secara subyektif, kayaknya sih gue dukung calon dekan dari luar internal Fasilkom deh, terutama yang berjiwa bisnis biar Fasilkom bisa lebih maju *keliatannya sih...*. Selain itu beberapa kandidat (dari calon luar fasilkom?) menawarkan perubahan mindset dari para staf di Fasilkom agar pemikirannya bisa sinergi dengan perubahan de el el.... banyak banget dan gue gak inget lah...

Yang pasti gue inget sih gue dapet snack hehehe :) sesi pertama dapet makanan ringan (kue + lemper) dan pas siang harinya (12.00) juga dapet nasi bungkus dari RM Sederhana --rendang daging, jarang-jarang kan!-- Sial tau gratis gue ambil juga deh....>:-) (ah otaknya masih mahasiswa banget sih... demen yang gratisan) Sayangnya gue udah kepalang makan pake kupon... padahal kata si Komar (Janitor) masih banyak tuh makanannya... ye gue udah makan kenyang baru ditawarin... Si Sadr dapet deh makan rendang gratis... (der loe kalo makanan gratis naluri loe kok bisa langsung jalan sih?). Sesi dua dapet snack kripik singkong keju + kacang goreng... :) dan minuman air putih pastinya...

Ahh lama banget ya kalo dipikir-pikir acaranya? gue sampe gak ngerjain kerjaan gue hari ini... dan kebanyakan karyawan Fasilkom juga gitu deh kayaknya? dari Janitor, Sekre, Staf Perpus, Staf Administrasi semua pada nonton. Bahkan dari Sekre ada yang nanya ke kandidat apa bener isu bahwa UI akan diadakan restrukturisasi yang akan menyebabkan mereka di PHK? ada juga yang menanyakan masalah kesejahteraan seperti jaminan kesehatan dll (Kalo gue sih gak ngaruh kayaknya, pegawai kontrak seperti gue kayaknya sih gak bakalan deh dapet jaminan kesehatan :(.

Eh ada gosip juga lho (ember banget sih gue?) kata si S*** si g**97 lagi ngejar si a***02? bener apa enggak gue juga gak tau... cuma yang jelas waktu pas tadi sih iya duduknya mereka barengan gitu... (wah iseng banget sih gue.... biarin, biar blog gue tambah rame aja....;p)

So begitulah hasil siaran pandangan mata yang berhasil gue himpun :)

6 Comments:

Blogger Adila A. Krisnadhi said...

Thanks vi, sayang gue nggak bisa liat... :( padahal pengen... btw, sayang elu kurang detil ... :D

Wednesday, September 01, 2004 3:55:00 AM  

Blogger KentutIjo said...

g**97?? Gay97!!! wah siapa nih?

Wednesday, September 01, 2004 11:00:00 AM  

Blogger alvifauzan said...

For mas doli, gimana lagi man.. loe tau sendiri kan gue orangnya jarang mencatat kalo lagi kuliah, apalagi pas acara model2 gini... so jelas lah gue gak bakal bisa menceritakan secara detail.... :p

Untuk Dani & Ken... grow up man! masih doyan juga lu denger gosip dari kampus... :) masih kurang gosip dari tayangan infotainment? but oke lah gue kasih hint... :p don't ask for more hint please... :) Yang cowok anak 97, kayaknya pernah satu sekolah dengan dani deh... kalo yang ceweknya anak 02 (or 01?) nama: a**l ok?

Wednesday, September 01, 2004 12:36:00 PM  

Blogger KentutIjo said...

HAH a**l???
gile loe, masa' ada cewek namanya (maaf) 'anal'??

Thursday, September 02, 2004 12:33:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Ah loe Ken, bisa aja.... :p silahkan saja lah kalau mau menginterpretasikanya seperti itu... :)

Thursday, September 02, 2004 3:51:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

Sangat Serius dan Sangat Mendesak:

Dicari 10-15 Programmer Java dengan berbagai Level Keahlian untuk bekerja di PT Imocha (www.imocha.com.my). Suatu perusahaan Teknologi Informasi Malaysia. Kandidat yang diterima akan bekerja di BOGOR, JAWA BARAT (Tepatnya di Jalan Pajajaran Bogor). Perusahaan Imocha Malaysia membuka cabang unit produknya di BOGOR.

Tanggung Jawab Umum:

Koding dalam Java menjadi tugas sehari-hari. Area Pengembangan mencakup Teknologi Cutting-Edge seperti: JEE5, GlassFish, Struts2, Teknologi JAX, Apache Service MIx (ESB) dll.
Berpartisipasi dalam pendesainan kebutuhan fungsi dan kebutuhan teknis.
Memberikan ide-ide cemerlang pada tim.
Dapat bekerja dalam deadline yang ketat namun tetap memelihara kualitas software.

Tanggung Jawab Programmer Senior (Gaji Rp 6jt+Medical+Jamsostek):
Memimpin satu atau lebih proyek atau produk pengembangan software.
Bekerja dengan Manajer Produk untuk memastikan semua keperluan dan persyaratan pengembangan terpenuhi.
Secara terus menerus melakukan penelitian dan evaluasi terhadap teknologi yang akan membawa perubahan di masa depan pada bidang software.
Membuat keputusan terbaik dengan pendekatan teknik untuk kebutuhan pelanggan/bisnis dengan mempertimbangkan sisi performa, realibilitas dan skalabilitas.
Tanggung Jawab Programmer Intermediate (Gaji Rp 4,5jt+Jamsostek+Medical):

Mengembangkan produk perangkat lunak dengan 1 atau lebih programmer di dalam tim.
Bisa membuat aplikasi dari scratch atau dari aplikasi yang sudah ada.
Melakukan diagnosa pada koding dan memberikan bantuan teknis dibidang pemrograman pada tim pendukung pada saat aplikasi harus LIVE.
Tanggung Jawab Programmer FreshGraduate (Gaji Rp 3jt+Jamsostek+Medical):

Dengan modal penguasaan OOP, dapat belajar secara cepat dan mandiri mengenai teknologi yang dipakai oleh perusahaan.
Terus menerus melakukan pembelajaran diri.
Mengembangkan produk perangkat lunak dengan 1 atau lebih programmer di dalam tim.
Bisa membuat aplikasi dari scratch atau dari aplikasi yang sudah ada.
Persyaratan(HARUS):
Berbakat dan Memiliki hasrat pada dunia pengembangan perangkat lunak
Fast Learner & Self Starter
Berpengalamn 3-4 tahun dalam pengkodean Java berskala enterprises (posisi senior programmer).
Memahami framework J2EE (khususnya Struts 2), layar persistence (JPA/Hibernate), teknologi SOAP, webservice, GlassFish dan MAVEN.
Bisa berbahasa Inggris minimal pasif.
Nilai Tambah:

Memahami teknologi cutting-edge seperti : JEE5, EJB3, Apache CXF, Service Mix dan Spring.
Paham Oracle.

Peserta yang berminat harap mengirimkan CV via email ke: andriyana.the.mefax@gmail.com sebelum tanggal 13 Maret. Peserta bersedia bekerja di Bogor!!!! atau kontak HP: Andriyana 0859 2052 1972

Friday, March 07, 2008 8:41:00 AM