Masa Depan Tidak Ada Yang Pasti

 Friday, October 03, 2008

Ketika Boeing 747 di luncurkan, beberapa pengamat memperkirakan Boeing 747 hanya akan di produksi sebanyak 400 unit saja, karena adanya pengembangan pesawat supersonic seperti Concorde, faktanya hingga tahun 1993 produksinya sudah melampaui 1000 unit, tahun 2008 sendiri sudah mencapai 1405 unit. Sebaliknya pesawat supersonic yang berhasil dikembangkan dan di produksi hanya Concorde saja, itupun sekarang sudah tidak beroperasi karena besarnya biaya operasional, secara sederhana bisa dikatakan tidak ekonomis.

Ketika Linus Trovalds menciptakan Linux Kernel (bagian inti dari suatu Sistem Operasi), niatnya hanya “untuk senang-senang” (Just for Fun), ketika popularitasnya semakin menanjak seorang professor yang bernama Andrew S. Tanenbaum mengkritik Linux sebagai ketinggalan jaman (obsolete) karena mengembangkan kernel dengan tipe “Monolithic” berbeda dengan GNU Hurd yang kernelnya bertipe “Microkernel”. Sang professor meramalkan bahwa beberapa waktu kedepan Linux akan di tinggalkan, karena orang-orang akan menggunakan GNU Hurd atau BSD, faktanya pengembangan BSD tidak berjalan karena adanya tuntutan hak cipta kepada BSD yang menyebabkan pengembangan BSD menjadi lambat, begitupula dengan GNU Hurd yang ternyata implementasinya cukup kompleks yang memperlambat target release. Akhirnya para pengembang justru memilih Linux Kernel sebagai Sistem Operasi bebas (Free), dan kini Linux lebih popular daripada GNU Hurd dan BSD.

Ketika para pegawai memutuskan untuk mengambil asuransi agar kehidupannya menjadi lebih tenang atau mengambil paket pension agar masa tuanya bisa tetap memiliki uang, Kini di tahun 2008 sebagian harapan itu tidak tercapai karena ternyata pihak yang mereka andalkan tidak mampu memenuhi janjinya. Tahun 2008, Lehman Brother menyatakan bankrut, hal ini menyebabkan kekhawatiran dan demo dari para pegawai yang sudah mengambil paket pension dari Lehman Brother. Di berita yang pernah gue saksikan (kalo gak salah di VOA), orang-orang Amerika yang diwawancari menyatakan kekhawatirannya karena setiap hari uang pension mereka terus berkurang atau hilang alias hangus. Beberapa orang yang diwawancara juga menyatakan mereka akan tetap bekerja meskipun nanti mereka memasuki usia pension akibat ketidakyakinan mereka terhadap paket pension mereka. Ketika orang-orang tahu AIG adalah perusahaan asuransi yang kuat, kini di tahun 2008 perusahaan itu nyaris bangkrut (atau masih akan ada kemungkinan untuk bangkrut?). Diberitakan bahwa beberapa nasabah (jika tidak salah termasuk di Singapura) beramai-ramai mencairkan polisnya karena kekhawatiran polis mereka akan hangus akibat ancaman kebangkrutan perusahaan ini.

Melihat cerita diatas, semakin nyata bahwa kemampuan manusia dalam memprediksi masa depan memang lemah. Manusia hanya mampu menduga dengan akalnya, bahkan manusia mencoba membuat pemodelan terhadap suatu masalah atau domain. Sebagai contoh manusia mencoba membuat pemodelan perubahan cuaca dengan menggunakan computer super canggih, pemodelan pergerakan pasar, pemodelan pertumbuhan jumlah penduduk, dan berbagai pemodelan-pemodelan lainnya. Ketika pemodelan yang manusia buat ternyata tidak sesuai dengan kenyataan, maka bukan salah dari fakta dari suatu kejadian tapi ketidakmampuan dan keterbatasan manusia dalam membuat pemodelan.

Kemampuan manusia memang terbatas dalam memahami masa depan, maka tidak pantas bagi manusia untuk menyombongkan diri, maka tidak ada salahnya (dan seharusnya) bagi manusia agar lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT. Masa depan memang tidak pasti, tapi kita tetap berharap hal-hal yang baik ingin tetap kita dapatkan, maka berdoa kepada Allah SWT tentu lebih utama, ketimbang menyombongkan diri dengan merasa akal kita adalah segala-galanya, merasa akal kita pasti mampu memprediksi masa depan, faktanya manusia terlalu lemah untuk memahami masa depan dengan akalnya…

Masa depan memang akan tetap menjadi misteri bagi manusia...

2 Comments:

Blogger HA! Entertainment said...

hai alvi my maan! ternyata masih nulis. I love reading yours!

You're never boring.

Tuesday, November 11, 2008 6:48:00 PM  

Anonymous romi said...

nice blog keep posting

Thursday, December 23, 2010 2:04:00 PM