Interview

 Tuesday, August 12, 2008

Hari ini gw dapet tugas... menginterview orang, jumlahnya lumayan, 3 orang :). Gile gak nyangka juga gue... akhir-akhir ini gue jadi suka di suruh meng-interview orang, padahal biasanya gue kan yang suka di interview waktu pas ngelamar pekerjaan :D

Terus terang pengalaman menginterview cukup menarik juga. Gue jadi inget pertama kali interview rasanya aneh aja... biasa di interview tiba-tiba berada di posisi harus meng-interview, tapi namanya tugas ya harus di laksanakan walau gue sampe sekarang tetep kurang PD kalo harus interview sendiri, lebih sering gue berdua ama temen gue menginterview. Tapi seru juga... kesannya kita udah gimana gitu.... udah bisa mengiterview orang, padahal kitanya sendiri juga mungkin ngerasanya gak terlalu jago banget...

Pengalaman menginterview gw mungkin gak terlalu banyak, sama yang hari ini... jumlahnya bisa diitung dengan jari, yah sekitar 8 orang lah, yang akhirnya di terima 2 orang. Dan dari 2 orang itu gue cukup puas karena secara skill kedua orang itu lumayan OK pekerjaannya :D yah lumayan juga sih bisa merasakan meng-assess kemampuan orang :p

Gue bersyukur pernah punya pengalaman pake beberapa framework, seperti spring framework, hibernate, apache commons, dll, karena framework ini lah yang biasa gue tanyain waktu interview, ternyata tidak semua orang yang dipanggil wawancara cukup familiar dengan framework tersebut. Kadang gue juga suka nanya perbedaanya antara "Abstract Class" dengan "Interface", kadang juga nanya soal "Design Pattern"-nya si Gang of Four (GoF - Erich Gamma, Richard Helm, Ralph Johnson, & John Vlissides) walau gue sendiri belum hafal semua, tapi setidaknya kalo orang yang di interview bisa jawab minimal menyebut salah satu pattern, setidaknya gue jadi bisa menilai kalo orang ini cukup memahami konsep OOP (Object Oriented Programming), dll.... Btw mungkin juga anda-anda tidak sepakat dengan pendapat gue ini, gak papa kok... ini emang opini gue aja sih dalam menilai konsep OOP seseorang :D

Di interview, biasanya suka di kasih soal test buat di jawab sebelum masuk ke interview. Entah kenapa ya? kalo gue pribadi lebih suka, atau lebih senang menilai orang dari wawancara ketimbang lihat hasil soal test yang dikerjainnya, karena dari situ kita bisa lihat respon orang yang kita interview. Ada yang di testnya biasa-biasa aja, tapi setelah di pancing saat interview, ternyata dia bisa melakukan atau menguasai suatu tertentu. Atau ada juga di CV tertulis menarik, setelah di wawancara ternyata biasa saja... cukup menarik.

Gw sempet dapet orang yang udah dapet SCJP Java 5, gue udah mikirnya bakal jago banget, dan gue bisa merasa keder kalo nanya-nanya, karena gue sendiri belum pernah ambil SCJP :p, tapi setelah di jalanin dengan mengiterview ternyata biasa-biasa aja, gak wah-wah banget skillnya, beberapa konsep tidak terlalu di kuasai, beberapa class juga tidak terlalu diingat. Contohnya, ada pertanyaan "class java apa aja yang ada di package "java.util"? Terus terang dulu gue juga jarang pake jadi kurang tau, tapi setelah lebih sering main di di dunia Java, secara tidak sadar kita jadi lebih tau, class apa aja... seperti Map, List, Set, Date, dll, nah jadi dari pertanyaan "class java apa aja yang ada di package java.util.*?" itu bisa dijadikan salah satu bahan penilaian apakah seseorang berpengalaman dengan Java API apa tidak?. CV boleh aja bilang "gue bisa ini bisa itu", tapi kadang pertanyaan tertentu saat interview bisa lebih di gunakan untuk menentukan atau menilai seberapa "hands-on" seseorang dengan suatu teknologi.

Hal lain yang gue pelajari selama menjadi peng-interview adalah..., kadang menilai seseorang untuk diterima kerja atau tidak itu ternyata sangat subyektif. Boleh jadi dia jago, di wawancara OK, tapi ya kadang kalo emang gak ada "chemistry"-nya ya gak bisa juga untuk diterima, atau bahasa halusnya... dan hal itu masih belum bisa di jelaskan secara akal sehat dan logika oleh gue... Untuk riwayat pendidikan, entah kenapa gue rasanya kurang terlalu memperhatikannya... Gue lebih suka langsung lihat CV dari pengalaman kerjanya ketimbang dia jebolan universitas mana atau berapa IP-nya... Tapi kalo untuk "fresh graduate" kadang jadi lihat tempat kuliah dan IP-nya...

Pernah gue meng-interview orang yang lulusan dari suatu universitas terkenal dari Australia, sebut saja "M University", ternyata pengalamannya menurut gue masih agak kurang, dan waktu pas di tanya memang sepertinya kurang menguasai pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan. Yah hasilnya bisa di tebak, gue sama temen gue gak merekomendasi orang ini ke HRD, kami malah menerima orang yang baru lulus beberapa bulan dari universitas lokal, meski dia tidak terlalu banyak pengalaman, entah kenapa dari cara dia menjawab dan menerangkan, kami mendapat kesan kalau orang ini bisa di kembangkan kemampuannya walau dia belum terlalu paham dengan pertanyaan yang kami ajukan. Dan setelah di terima, hasil pekerjaannya cukup lumayan untuk ukuran orang baru lulus.

Kadang gue mikir setelah itu, "Orang di terima pekerjaan itu emang kadang gak semata-mata karena kemampuan, tapi butuh hoki juga", gak tau ya pendapat gue itu bener apa enggak.... tapi yang jelas perasaan gue sekarang sih kayak begitu.... "Hoki" atau "Keberuntungan" memang suatu hal yang masih misteri :D

0 Comments: