2 Tahun Sudah...

 Monday, August 11, 2008

Kemarin temen istri gue nikah, kami berdua menghadirinya. Tempat resepsinya cukup besar dan mewah untuk ukuran kota Bogor, letaknya pun strategis, tidak terlalu jauh dari ujung tol Jagorawi, yah sekitar 100an meter, dan yang tidak kalah penting, makanannya enak! :) Konon katanya untuk menyewa gedung ini saja paling tidak harus merogoh kocek sekitar 30juta, itupun kosong, tidak termasuk yang lain-lain hanya sewa gedung saja. Tamu undangannya pun tidak sedikit, karangan bunga tampak bertebaran dari berbagai Perusahaan, termasuk karangan bunga dari seorang mentri. Sudah pasti yang menggelar hajatan ini bukan orang biasa, setidaknya pejabat eselon menurut dugaan gue.

Kadang kalo melihat resepsi semewah itu, rasanya sayang juga mengeluarkan uang sebanyak itu "hanya" untuk resepsi pernikahan. Terus terang ini jelas subyektif pendapat gue aja, karena kalo menurut pendapat gue nilai itu kalo di uangkan jumlahnya bakal lumayan untuk menyambung kehidupan setelah menikah, seperti beli rumah atau beli kendaraan :) Kebetulan gue juga dapet cerita (dasar gossip :p) kalo pengantennya sendiri secara penghasilan biasa aja, jadi gue ngebayangin bahwa cash flow keuangan keluarga baru ini bisa (agak) kacau, karena biasanya harus membeli atau membayar kebutuhan rumah tangga yang dasar, kecuali kalo mereka memutuskan masih mau tinggal di rumah orang tua/mertua mungkin bisa lebih ringan atau bahkan bisa jadi masih dapet subsidi dari orang tua :).

Gue sendiri jadi inget kalo gue ternyata udah 2 tahun menikah, dan teringat masa-masa di mana gue sering bolak-balik tinggal di rumah orang tua dan mertua, jadi kadang 2 minggu di orang tua dan 2 minggu di mertua. Jadi kalo tinggal di mertua kadang suka ditelponin sama orang tua, begitu juga istri kalo tinggal di orang tua gue suka di telpon sama orang tuanya (mertua gue). Yah namanya juga orang tua ya... mungkin masih belum bisa 100% melepas begitu saja anaknya...

Suatu saat persisnya bulan Agustus 2006 atau 1 bulan setelah gue menikah, kawan istri gue nelpon gue pengen ngobrol-ngobrol dengan istri dan gue, kebetulan rumahnya gak terlalu jauh dari rumah mertua gue. Ternyata kawannya istri gue ini (dan gue baru nyadar kalo dia ternyata satu SMP ama gue :p) mau melahirkan. Nah berhubung dia mau melahirkan, dia berencana selama 6 bulan setelah kelahiran dia mau tinggal di rumah orang tuanya, karena kantornya dia lebih dekat ke rumah orang tuanya. Akibatnya dia meminta kami untuk "menjaga" rumahnya selama 6 bulan. Terus terang buat kami itu rejeki tersendiri karena setelah satu bulan memang sempet kepikiran untuk ngontrak sendiri, eh ini malah ada yang nawarin rumah untuk di tempatin, gratis lagi. Fasilitas di rumah seperti listrik, air dan telpon katanya sih di tanggung oleh yang punya rumah, wah makin tambah enak aja tinggal gratis.

Singkat kata, akhirnya kami menempati rumah kawan kami ini. Kami bersyukur karena di berikan kesempatan untuk hidup mandiri dengan modal nyaris gratis. Tapi setelah berdiskusi dengan istri, sepertinya gak enak juga kalo kita menempati rumah tapi gak bayar apa-apa, akhirnya kami berdua memutuskan akan bilang sama temennya istri ini kalo listrik dan telpon biar kami aja yang bayar, dah ternyata kebetulan sekali... setelah melahirkan, kawan kami ini membutuhkan banyak biaya (tentu saja!) sehingga membayar listrik dan telepon tentu menambah beban mereka, jadi klop juga sih. Tapi untuk air yang punya rumah itu tetap yang membiayai.

Rumah kawan kami ini cukup strategis, letaknya persis di pinggir jalan. Akhirnya gue ngerasain juga tinggal di tempat strategis, dan kesimpulan gue adalah "tidak terlalu nyaman" :) bukannya tidak bersyukur, siapa yang gak mau di kasih ngontrak gratis! Tapi kalo kami nanti ngontrak atau beli rumah, kami sudah memikirkan untuk tidak tinggal di daerah yang strategis, karena:

  • Berisik, karena di pinggir jalan kadang sampai larut malam sering terdengar suara motor yang knalpontnya memekakkan telinga, padahal rumah ini terletak di jalan biasa, bukan jalan utama atau boulevard.
  • Tidak terlalu aman, letak rumah ini berada di ujung trayek angkutan kota, jadi daerah ini cukup ramai oleh para calo angkot (kadang populer di sebut timer) dan tukang ojek. Jadi di depan rumah kawan kami ini ada pohon jambu, entah kenapa, rasanya kami sangat jarang merasakan jambu itu sampai matang, karena lebih sering di curi oleh orang-orang yang lewat di depan rumah, pernah gue beberapa kali memergoki, jam 10 malam, beberapa tukang ojek ngambil jambu sampe di bela-belain naik pohonnya, pas gue tegur langsung pada kabur gitu :) lucu deh liat orang nyolong panik dan kabur.... :)
  • Cepet Kotor, karena di pinggir jalan ya mau gak mau debu-debu sering berterbangan masuk ke halaman, jadi yang namanya lantai pagi di pel, siang mesti udah penuh dengan debu, lebih-lebih kalo musim kemarau, tidak ketinggalan kaca juga jadi lebih sering kotor
  • Biaya operasionalnya cukup mahal. Jadi rumah yang kami tempati ini berada di pinggir jalan dan itu ternyata memiliki konsekuensi, daya listrik yang terpasang tidak boleh kecil, kalo tidak salah listrik di rumah itu mencapai 2200 watt, untuk kami beruda jumlah itu terlalu besar, selain itu telepon di situ di hitung sebagai bisnis, jadi kalo di telpon rumah abodemennya sekitar 50 ribu di situ paling tidak harus 75 ribu. Seinget gue, biaya rutin untuk operasional rumah yang kami tempati itu paling tidak bisa mencapai hampir 500 ribu! jumlah yang tidak kecil menurut ukuran kami, segitu biaya air sudah di tanggung oleh yang punya rumah! kalo tidak tentu bisa lebih dari 500 ribu! Sejak saat itu gue ngebayangin betapa beratnya orang2 yang tinggal di daerah elit, dan ternyata bener, kawan gue tinggal sama tantenya di daerah menteng jakarta pusat, dan dia cerita biaya operasional untuk rumah mereka bisa mencapai 4 juta sebulan! dia cerita tantenya itu pengen pindah karena agak keberatan dengan biaya yang terlalu besar, kebetulan tantenya ini terpaksa tinggal disitu karena wasiat dari orang tuanya agar tetap tinggal dan tidak menjual rumah warisan, yang kebetulan si tantenya temen gue ini dapet jatah rumah yang di menteng. Masak waktu gue cerita soal begini ke sodara gue, beliau bilang kalo biaya operasional segitu termasuk murah.... busyet... musti punya gaji berapa untuk tinggal di daerah strategis :)


Nah saat gue mulai pisah dari orang tua ini lah gue mulai berasa agak beratnya penyesuaian cash flow keuangan keluarga, jadi kembali ke soal penganten yang gue ceritaain di awal, gue bakal ngebayangin kalo mereka kemungkinan bisa agak kesulitan dalam mengelola keuangan keluarga (karena secara gaji mereka biasa saja), lebih-lebih kalo orang udah menikah kadang keinginannya jadi bertambah :) seperti pengen jalan-jalan, nonton, belanja, beli mesin cuci, beli tv, dll. Ya mudah-mudahan si penganten baru itu bisa segera mandiri lah... Setelah menikah dan tinggal sendiri, memang harus ada yang di sesuaikan, seperti menyisihkan uang kita untuk membayar listrik, telpon, iuran warga, biaya kebersihan, dll. Kalo kita masih sama orang tua kan masih bisa sharing jadi duitnya bisa lebih di hemat...

Tapi bagaimanapun, gue (dan istri gue) ngerasain, tinggal pisah dari orang tua itu memang lebih banyak menyenangkan, karena kita jadi lebih mandiri, dan pastinya lebih bebas kalo mau melakukan sesuatu :) seperti kalo kita males-malesan pengen tidur pagi sampe siang gak perlu harus merasa tidak enak pada mertua, kalo ada masalah antara suami istri juga tidak ada yang mendengar selama gak berisik tapinya yah ;p yah namanya juga berkeluarga, pasti masalah bakal selalu ada... :D

Btw kayaknya tulisan gue udah panjang juga yah...? padahal banyak banget yang pengen gue tulis, tapi oke lah.... nanti aja di lanjut ke tulisan berikutnya. Makasih buat yang udah mau baca tulisan ini sampe beres :)

2 Comments:

Blogger wida said...

hehe emg lebih enak di rumah sendiri.
lebih mandiri, lebih nyantai, lebih jadi diri sendiri. untungya mertua g di jawa dan ortu g, dari g sd udah bilang, kalo ntar udah nikah harus tinggal pisah. dan emang rumah ortu ga cukup kalo ditambahin 1 orang lagi :P

Friday, July 17, 2009 7:01:00 PM  

Blogger indra yunan said...

thakn you for nice info. please visit our website.
Kampusnya Atlet

Wednesday, May 24, 2023 10:28:00 PM