Record Set

 Tuesday, November 29, 2005

Kemarin gw dites... disuruh bikin aplikasi sederhana yang ngambil record set yang sangat gede... Pertama datang gak tau mau ngapa-ngapain, janji jam 10 tapi udah sampe jam 10 masih belum ada tanda-tanda mau dites. Untung di kantor itu ada si Fajar Ujian sama Irwan 99, jadi deh gw ngobrol-ngobrol sambil nunggu-nungguin tes...

Waktu ngobrol gw sempet tanya ke mereka "sampe kapan loe pada mau terus-terus coding?" si Irwan bilang "pengen sampe tua", "busyet loe gak bosen tuh?" tanya gue, eh terus dia bilang "Gue suka coding kok, mungkin sampe tua gue bakal coding, siapa tau gue bisa kayak Martin Fowler, atau yang kayak yang bikin JUnit, siapa namanya?" tanya si Irwan. "Erich Gamma... yang bikin buku Design Pattern, Gang of Four?" gue mencoba menjawab. "Nah itu dia, mereka itu udah pada tua-tua tapi tetep masih pada mau coding, dan siapa tau gue bisa menghasilkan sesuatu kayak mereka...".
Pada saat itu gue terdiam, dalam hati gue mengiyakan omongan lawan bicara gue... Iya yah kenapa juga harus meninggalkan sesuatu yang loe senangi meski kata orang pekerjaan itu ya... "begitulah" :)

Setelah ngobrol2, pas jam 12 kurang seperempat gue dipanggil buat test, tesnya bikin file pake jsp dengan web server Bea Weblogic dan DB Oracle, busyet dua barang itu belum pernah gue sentuh sama sekali... Akhirnya gue coba bikin, ternyata error gak bisa jalan karena waktu pas mau di deploy terjadi kegagalan, setelah ngecek webapps yang lain, baru inget kayaknya gue belum bikin file web.xml yang disimpen di direktori WEB-INF/, ohhh iya coba aja dan.... akhirnya berhasil deh ngedeploy direktori tempat gw bikin file. Beres deploy coba-coba ngecek passing parameter, untung bisa... nah yang repot waktu gue mau bikin koneksi ke database. Seumur2 belum pernah bikin koneksi ke Oracle, walau langkah-langkah make JDBC standar, tapi takutnya ada hal teknis tertentu yang gue gak tau, dan bener aja tuh... untuk konek DB yang gue tau ada dua cara satu lewat DriverManager, satu lagi lewat DataSource, nah gue mau pake DataSource aja karena gue pikir hasilnya lebih cepet, ternyata tidak... bukan karena DataSource-nya tapi karena gue gak tau setting DataSource di Bea... huuuh nyebelin mana waktu testingnya udah dibatasin lagi.

Akhirnya gue pake DriverManager aja, wah ternyata gak bisa connect, setelah dicek pantesan driver Oraclenya belum gue masukin ke direktori WEB-INF/lib, setelah dimasukkin akhirnya bisa deh DriverManager-nya jalan, tapi waktu pas mau bikin connection kok gak bisa, setelah di cek sana-sini ternyata gue musti declare secara lengkap yaitu java.sql.Connection... baru deh bisa... fiuhhh untungnya bisa. Setelah itu bisa baru deh gue bisa bikin Querynya... bikin querynya sih sederhana, yang lama nyeting buat koneksi ke DB, jadinya waktu tes yang harusnya beres jam 1 siang harus diterusin sampe jam 2 sian deh... :( Tapi masih untung, hasil tesnya bisa gue anggap gak banget-banget lah, mengingat gue belum pernah sama sekali pake dua barang itu Weblogic & Oracle... programnya jalan, meski waktu ngakses paging halaman query ke 900 (atau data ke 900*15 = 13.500 dari 1,2 jutaan data!) waktunya aksesnya lama banget sampe 1 menit :p

Beres tes, gue balik ternyata gw di panggil sama orang PPSI, hmm berarti jadi juga nih gw bakal dinasehatin ini itu supaya mengubah niat gw cabut... Dan rencananya hari ini harusnya, tapi berhubung orangnya lagi belum ada waktu, terpaksalah gue menunggu, sambil menunggu, gue menulis blog ini aja :). Oh iya pas sore kemarin temen gue ngasih tau, gue disuruh dateng ketemu orang HRD buat interview sore, hari ini... wah lumayan nih buat nambah2 peluang :) so.. wish me luck ya hehehehe

0 Comments: