Borong Buku

 Monday, July 04, 2005


Tanggal 2 Juli kemarin sengaja gw menyempatkan diri dateng kepameran buku di senayan. Lumayan sore gw nyampe sana habis berangkat dari sononya juga siang sih. Dibilang punya duit lebih sebenernya enggak, cuma udah jauh-jauh ke pameran mending beli sekalian aja mumpung lagi pada diskon :p

Buku yg gw beli terakhir adalah Taiko & Mushasi habis bukunya berat jadi mending terakhir aja belinya. Gw sebernya dari dulu pengen baca 2 buku ini gara-gara di 'racunin' Adila yang sering banget cerita dua buku ini (Taiko & Mushashi). Pengennya sih minjem, tapi berhubung katanya bagus... sayang kalo buku yang katanya bagus kalo gak dijadiin koleksi :). Dulu si Rhama beli Taiko juga gara-gara Adila terus kata si Rhama lumayan juga isinya tentang model-model cerita warlord lah (dan gue suka cerita model gini meski kalo disuruh mengalami hidup di zaman itu gue ogah banget)... jadi ya udah gw beli aja mumpung diskon, manfaatkan untuk membeli buku mahal ini, meski diskonnya cuma 20% yah lumayan lah harga Mushasi dari 125 rebu turun jadi 100 rebu. Taiko dari 130 jadi 104 rebu. Gak banyak emang turunnya tapi ya daripada beli di toko...

Oh iya gw jg beli komik jaman jebot... gara-garanya dulu mbak tari beli di pameran buku FIB beli Mimin, pas gw iseng baca ternyata lucu juga. Gw beli di stand SH (Sinar Harapan) 10 biji 30 rebu mayan lah... Oh iya sekedar info SH itu juga yang nerbitin komik Asterix.

Masih di stand Sinar Harapan (SH) gw jg beli buku biografi-biografi yang lumayan juga banyak jenisnya. Waktu beli gw sampe iseng ditanya segala "Hobi baca biografi ya?" gw bilang aja "Iseng mas buat baca-baca". terus gue iseng nanya "Ngomong-ngomong kok biografinya banyakan tokoh-tokoh militer sih... emang yang punya orang militer atau yang punyanya deket sama orang militer...?" Ternyata memang katanya yang punyanya punya kenalan deket para perwira, oooh pantes. Bebeberapa biografi memang ada yg bukan tokoh militer spt 100 tahun H Agus Salim, atau Soemitro yg begawan ekonomi sekaligus bokapnya Prabowo mantan Pangkostrad itu.

Lumayan diskon di stand SH ampe 50% emang buku2 stok lama sih but worthed lah dengan diskonnya. Saking banyakan stok lama, sampe ada pengunjung yang mlesetin kalo SH singkatan dari Sampai Habis.

Selain itu gw jg beli buku yang ada kaitannya dengan agama yang boleh dibilang judulnya cukup "heboh". Kalo buku bahaya JIL & FLA sih gw pengen tau apa pandangan orang tentang "aliran" ini. Dulu gw sempat ikutan milisnya dan gue gak ngarti apa-apa yang diomongin disana... maklum otak gw mungkin emang pas-pasan kalo menelaah masalah begitu :p. Kalo kata buku ini ada pernyataan yang menyesatkan dari salah satu anggota JIL spt yang menyebutkan kalo "Boleh jadi Vodka (minuman keras) itu bisa halal di Rusia karena disana sangat dingin". Di buku itu di komentari (kira-kira pake bhs gw diri) "Kalo itu alasannya, maka lain kali saya juga boleh bilang kalo saya ke puncak saya boleh berzina, karena disana sangat dingin" dan gw belum tau apa tanggapan orang JIL terhadap komentar itu...

Kalo untuk buku yang berjudul "Ada pemurtadan di IAIN/UIN" gw tertarik karena resensi buku di suatu koran. Nah mungkin ada yang pernah denger beberapa kasus ada mahasiswa yang dulu sempat mengucapkan "Anjing hu akbar", gw yang baca tulisan resensi itu geleng-geleng kepala... hebat & berani bener ya orang udah sampe berani mengganti "Allahu Akbar" dengan kata-kata itu. Selain itu, masih menurut resensi yg gw baca, acara penerimaan mahasiswa baru untuk suatu jurusan di IAIN/UIN terbentang kain bertuliskan "Selamat Datang di Kawasan Bebas Tuhan" ck ck ck... gak nyangka kalo orang IAIN/UIN lebih berani untuk membuat tulisan spt itu. Masih di tulisan resensi yang sama di bilang gak usah heran kalo kelakuan mahasiswanya seperti itu, soalnya dosennya aja bangga sudah tiga bulan tidak sholat. Apa itu bener? kalo bener astaghirullah mau jadi apa negara ini nantinya kalo dipimpin oleh intelektual (yang mengaku) muslim seperti itu nantinya... atau emang gue aja yang pikirannya "terlalu kuno" & gak ilmiah atau kurang wawasan...

Yang bikin gw makin penasaran pengen beli buku ini akibat baca resensi tentang buku ini yang ditulis oleh Indra Adil dalam buletin (atau tabloid ya?) Indonesia NewsNet yang dibagikan di Masjid UI saat mau sholat Jum'at. Judul resensinya pun heboh "Anda Ingin Murtad? Masuklah IAIN/UIN!" di resensi itu dia menuliskan ada usaha sistematis di IAIN/UIN untuk mendangkalkan akidah mahasiswanya spt yang ditulis dalam resensinya:
"...terhadap ilmu tafsir, ulumul Qur'an, hadits, mushtolah hadits, fiqh, ushul fiqh, dan ilmu-ilmu syari'ah, yang merupakan nafas ajaran islam, didangkalkan, tidak ada pendalaman sama sekali. Tetapi, yang disempalkan ke dalam otak para mahasiswa/i IAIN/UIN adalah ilmu-ilmu filsafat yang - seandainya kita pelajari dengan kritis Sejarah Islam - justru telah berjasa mengawali keruntuhan peradaban Islam."

"Jadi Primadona kurikulum di IAIN/UIN saat ini adalah mata kuliah Sejarah Pemikiran Islam (SPI) dan Sejarah Kebudayaan/Peradaban Islam (SKI). Kedua mata ajaran ini merupakan mata kuliah dasar yang wajib diikuti bagi perguruan tinggi swasta, mahasiswanya harus mengikuti ujian negara. Didalam SPI dijelaskan pemikiran dan sekte-sekte dalam Islam, tetapi dicampuradukan antara 'aliran beneran' dan 'aliran sesat'....."

Di resensi itu juga menuliskan "Kalo Snouck Hurgronje hanya membuat skenario garis besar untuk mengalahkan Ummat Islam dengan lewat budaya 'pembelandaan' maka kini di IAIN/UIN skenarionya jauh lebih canggih, Mereka merekrut tenaga-tenaga pengajar potensial untuk belajar memperdalam Islam ke Amerika, Kanada, dan Eropa. Ha, ha, ha...., memang lucu, itu sama halnya dengan kita ingin belajar budaya barat dengan sekolah ke Nigeria. Sebenernya lebih lucu lagi, karena kita semua sama mengetahui bahwa telah beratus tahun semua negara Barat tersebut adalah lawan yang nyata bagi Islam. Anda-anda yang cerdas bisa melihat kan? Betapa gamblangnya negara-negara Sekutu Barat meluluh-lantakan negara-negara Islam. Entah kalau anda-anda yang idiot....."

Provokatif? tentu saja kalo gak mungkin gue belum tentu beli buku ini ("Ada pemurtadan di IAIN/UIN"). Tapi kalo dipikir tulisan sang peresensi ada benarnya juga, suatu kekonyolan memperdalam suatu budaya bukan di tempat budaya itu lahir dan berkembang. Bagaimanapun emang seperti suatu kejanggalan belajar sesuatu supaya ahli tapi bukan sama ahlinya. Misal loe pengen jadi tukang kayu yang ahli, masak loe belajar sama tukang gali sumur? apa bener ini sebuah lelucon? Dan mungkin benar juga kata si peresensi kalo "lebih lucu lagi pihak barat adalah pihak yang sejak dulu benci dengan kebudayaan Islam". Gue gak bisa membayangkan bagaimana tenaga pegajar potensial itu bisa & mau dikirim belajar memperdalam Islam pada dosen-dosen barat yang belum tentu percaya Islam, karena dosen-dosen Barat ini sendiri ada yang belum memeluk agama Islam artinya mereka (para dosen Barat) belum percaya akan manfaat Islam bagi hidupnya sendiri. Kalo gue menganalogikan, gimana loe bisa memperdalam & jadi ahli kalkulus kalo dosen yang ngajarin loe sendiri gak yakin kalo ilmu kalkulus yang diajarkan itu nantinya akan bermanfaat? Atau kalo dianalogikan yang lainnya, bagaimana loe bakal pake barang merek X kalo produsen produk X sendiri pake produk orang lain, loe yang jadi calon pembeli bisa bertanya-tanya jangan-jangan emang produk X yang diproduksinya emang gak layak pakai. Jadi kalo dikembalikan ke para dosen-dosen Barat tadi, gimana loe bisa percaya ilmu-ilmu mereka itu akan bermanfaat bagi para pelajar kalo mereka sendiri yang mengajarkan tidak merasakan manfaat dari ilmunya. Lagipula semua orang tau, meski para pengajar boleh bangga dengan titel S2, S3 atau Professor karena keahlian mereka dalam mempelajari suatu agama, tidak ada yang menjamin kalo mereka jadi orang yang benar-benar paling dekat dengan Tuhan (kasarnya, ya antara ilmu agama yang mereka kuasai belum tentu sesuai dengan tingkah laku keseharian seperti yang disyaratkan oleh agamanya). Tau deh analogi gue pas atau gak yang jelas sih itu yang kepikiran di otak gue yang awam dan kemampuannya emang pas-pasan untuk menelaah masalah seperti itu. Gue masih lebih ngarti urusan koding dah daripada masalah gitu... Kalo contoh yang gue kasih gak sesuai konteks atau ngawur... ya sory aja, gue emang gak sejago loe-loe semua dalam urusan ginian, gue nulis ini hanya sebatas opini aja sebagai orang awam dalam masalah agama.

Ada yang menarik, di salah satu buku ini yang sempat gue baca di bagian pendahuluannya yang menyatakan seorang ulama bilang kalo pemikiran nyeleneh/sesat (atau apalah mau disebut ilmiah atau apa kek --ini tambahan dari gue) cuma buat diri sendiri mungkin gak masalah... tapi yang masalah kalo ada orang yang mau memperdalam agama di kacaukan oleh pemikiran-pemikiran ini, bisa meresahkan dan membikin ragu dalam menjalankan agama...

...yang jelas kayaknya buku ini perlu segera gue baca biar lebih terang ajaran siapa yang benar, siapa yang mengada-ngada (alias sesat) :(

9 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Wah selamat selamat. Akhirnya jadi beli juga Musashi dan Taiko. Satu lagi Vi... Senopati Pamungkas karangannya Arswendo... dua jilid dua-duanya sama tebelnya dengan Musashi dan Taiko. Very recommended by me... :D. Cerita silat yang jauh lebih keren dari Khopingho... :D.

Monday, July 04, 2005 10:51:00 PM  

Blogger Luluk said...

Satu lagi yg 'katanya' bagus: Sam Po Kong tulisannya Remy Silado.

Ah, nyesel gw kmrn ke pameran buku cuma beli Robin Hood Betawi-nya Abah Alwi Shahab.. :( Kalo lo udah khatam Musashi & Taiko-nya... boleh dong,vi... minjem? ;) *nggak modal mode: ON*

Tuesday, July 05, 2005 3:17:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Masak sih dil ceritanya lebih keren dari Khopingho? di ceritanya tokohnya pada punya jurus aneh-anah gak dil? model model Ilmu sakti menyerap tenaga lawan/Thi-I-Khi-Beng (spell? lupa ejaan) :D

Luk, Kalo gue malah pengen cari cerita Sam Kok (Kisah 3 Negara, Sam = 3? Kok = Kerajaan?), waktu itu pengen sih gue beli 4 jilid dari awal ampe tamat, tapi duitnya udah krisis :p lagi pula tas gue udah kepenuhan :(

Btw, boleh aja luk kalo mo pinjem... tapi loe kayaknya musti bersabar menunggu & musti kebogor deh buat ngambil buku cerita yang beratnya segede 'kitab pusaka' :p habis repot sih bawa buku segede itu di kereta yang penuh orang :(

Wednesday, July 06, 2005 1:26:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

Eh serius lho. Okelah memang jurusnya nggak sebanyak dan seaneh2 Khopingho. tapi ceritanya lebih dalem dan jurus2 yang diceritain lebih mantabh :D. Kalo gue kasih nilai 1-10, khopingho beberapa ceritanya gue kasih 7 dan sebagian cerita yang lain kasih 6, kalo Arswendo ini minimal 8.5 deh...:). Terus settingnya jaman akhir Singasari dan awal Majapahit, pokoknya sip deh... :D.

Wednesday, July 06, 2005 6:15:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

Setting jaman Singosari-Majapahit ya? wah kayaknya menarik nih. Gue suka cerita-cerita yang bersetting zaman peralihan kekuasaan. Tapi sayangnya ini kayaknya fiksi murni ya? kalo Senopati Pamungkas itu termasuk Sejarah atau paling gak Semi Sejarah, bacanya kan jadi lebih mantep :p, itung-itung mempelajari kenapa sampe suatu kerajaan hancur dan kenapa suatu kerajaan bisa lahir :).

Kalo cerita fiksi kan kita cuma menduga-duga apa bener suatu kerajaannya ambruk gara-gara masalah-masalah yang diceritaain oleh si pengarang...?

Kalo cerita Sam Kok, meski gak bisa dibilang murni sejarah, tapi dikit-dikit ada sejarah yang menceritakan mengenai kejatuhan Dinasti Han jadi yah itung-itung kan juga belajar sejarah... :)

Tapi bolehlah tar kalo dah ada duit lebih, gue coba beli Senopati Pamungkas (or pinjem aza deh? :p)

Kalo gak salah Senopati itu dalam bahasa jawa artinya pemimpin perang kan? Kalo gak salah setiap raja jawa/Mataram II gelarnya suka ada embel-embel Senopati, spt Senopati Ing Ngalago...
Bener gak dugaan gue kalo ceritanya Senopati Pamungkas adalah kisah tentang perjuangan Jendral Perang terakhir mempertahankan negri yang ada di ambang kehancuran.... *hehehe nebak gue dil, habis belum pernah baca sama sekali, termasuk resensinya...*

Sebenernya gue mau tanya ke loe dil cerita yang judulnya kalo gak salah "Patih Gajah Mada" bagus gak? tapi mungkin loe gak tau... habis

Wednesday, July 06, 2005 7:09:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

kok aneh sih comment gw yg barusan ditulisnya 'anonymous'? tapi ya sudahlah...

Wednesday, July 06, 2005 7:12:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

Ya at least semi sejarah lah. Yang kita tau dari buku2 sejarah kan misalnya keruntuhan Singasari itu karena pengkhianatan Jayakatwang. Di Senopati Pamungkas, Arswendo "mengisi" kisah sejarah ini jadi biar "ada" ceritanya.
Kalo "Patih Gajah Mada" emang karangannya siapa? Kayaknya gue baru denger...

Thursday, July 07, 2005 6:04:00 AM  

Anonymous Anonymous said...

udah nonton vcd nya bedah buku ada Pemurtadan di IAIN, yg ngisi penulis buku & counter nya ada Ulil Abshar pentolannya JIL.... seru banget ngeliat mereka berdialog....bagus juga untuk ditonton....

btw sedih juga pas baca artikel yg ngebahas ttg pemurtadan di IAIN itu...:( universitas yg berasaskan agama....tapi...jauh dari agama :(

Friday, July 08, 2005 10:09:00 AM  

Anonymous wawan said...

cip

Friday, November 13, 2009 4:17:00 PM