Awal Juli 2005

 Friday, July 01, 2005

Koran hari ini sebagian besar memberitakan perihal tingginya tingkat kelulusan di berbagai SMU di seluruh Indonesia, bahkan ada sekolah yang semua siswanya tidak lulus. Ternyata sekarang lulus SMA makin susah, lebih-lebih kalopun udah dengan modal ijazah SMA semakin sulit bersaing dengan para pencari pegawai yang notabene tidak sedikit dari mereka lulusan S1 atau S2. Apa emang parah banget sih kualitas pendidikan di Indonesia? Emang ada yang bilang diantara negara Asia Tenggarapun kualitas pendidikan di Indonesia masih dalam level jongkok...

Berita yang lainnya apalagi kalo bukan soal KRL di 'cium' KRL, sampe jatuh beberapa korban meninggal. Semenjak tahun 2003, setau gue ini kali kedua KRL jabotabek di sruduk KRL setelah sebelumnya bulan okober 2003 juga kejadian tabrakan di daerah Bondes (Kebon Pedes) Bogor. Semenjak pintu stasiun Bogor yang baru ada ditengah-tengah, gue sekarang lebih sering naik di gerbong tengah, dan kalo gue mengamati dari dua kejadian itu sepertinya emang yang paling beresiko terkena ya di bagian gerbong belakang dan gerbong depan. Lagipula memang sebenernya KRL ini udah gak layak pakai umurnya udah lebih dari 20 tahun (kalo yang nabrak kalo gak salah keluaran tahun 1976 - bisa diliat dari nomor seri gerbong - dan itu berarti hampir 30 tahun umur kereta!). Di jepang kereta yang umurnya udah tua dibuang kalo gak di jual kenegara miskin kayak indonesia, tuh kereta pakuan yang beredar semua kereta bekas, mungkin disana kelasnya ekonomi, tapi kalo disini naik level jadi kelas eksekutif (dengan definisi eksekutif = ada AC, bisnis = ada kipas angin, ekonomi = ada AC alami + bau keringat penumpang :p)... Langkanya mendapatkan keamanan & kenyamanan dari angkutan umum :(
Oh iya gara-gara berita tabrakan itu, sampe-sampe ada sodara gue yang jauh nanyain gue gimana kabarnya, soalnya sodara gue taunya gue sering naik KRL jabotabek... alhamdulilah cobaan berat itu tidak sampe terjadi sama gue (naudzubilah... jangan sampe deh...), tapi buat yang mengalaminya semoga diberikan ketabahan (ucapan yang gampang di keluarkan namun sangat berat untuk dijalankan)

Berita lainnya dari koran hari ini, perihal keprihatinan sebagian anggota masyarakat yang melihat saat ini semakin menurunnya tingkat kesadaran para ibu untuk memberikan asi eksklusif bagi bayinya. Di koran itu disebutkan bahwa mendapatkan ASI adalah hak seorang anak. Kata koran, hal ini sebabkan kurang sadarnya masyarakat akan manfaat ASI bagi perkembangan bayi mereka, ditambah minimnya tenaga kesehatan yang katanya sih juga kurang memahami pentingnya ASI sehingga tidak memberikan penyuluhan bagi warga masyarakat tentang pentingnya ASI. Ditambah lagi, kata koran adalah jor-joran iklan-iklan susu untuk anak yang sering beredar dimasyarakat yang mengesankan bahwa susu mereka (bukan ASI) sama baiknya dengan kandungan gizi dari ASI.

Gue setuju nih, produsen-produsen kadang kebangetan juga tuh bikin iklan yang mengesankan kalo mengkonsumsi produk susu mereka adalah sangat baik, bahkan terkesan (dlm pandangan gue) lebih bermanfaat ketimbang ASI. Bukan tidak mungkin ini juga akibat saran para tenaga kesehatan... sorry dulu gue pernah denger gosip konon sebagian dokter telah bekerja sama dengan industri farmasi agar memasarkan produk mereka kepada para pasiennya. Menjalankan bisnis farmasi (obat-obatan) pastinya bukan bisnis yang murah, gue yakin tuh bikin riset untuk menemukan suatu formula obat pasti mahal. Sebagai perusahaan, keuntungan harus diperhatikan doong, nah supaya mereka gak rugi ngeluarin duit riset yang gila-gilaan mahalnya pasti mereka akan berharap kelak produkunya bisa laku terjual dalam jumlah tertentu doong, nah kalo pake cara konservatif dengan menjual di apotik atau toko-toko mungkin hasil penjualannya gak bakal sebanyak kalo menjualnya melalui dokter.

Di Indonesia, kalo yang gue perhatiin sih sebagian besar masyarakat masih menganggap omongan seorang dokter itu seperti fatwa seorang ulama. Kalo kata dokter musti pake obat ini, ya biasanya langsung nurut, lagian emang masyarakat juga tau diri kalo dirinya gak lebih tau dari dokter. Masalahnya kadang janji bagi hasil keuntungan apabila mereka berhasil menjual produk farmasi ke para pasien telah membuat kesan kalo fungsi dokter seperti menjadi ajang bisnis. Pasien yang kesusahan dimanfaatkan ketidaktahuannya untuk membeli sesuatu yang sebenernya tidak diperlukan. Gue pernah diceritaain ada orang yang sakit ke dokter, dokternya bilang perlu minum obat ini-itu, nyatanya kata temennya yang lain yang juga dokter cuma bilang, sebenernya cuma butuh istirahat beberapa hari aja, gak perlu musti beli obat ini itu yang harganya gak bisa dibilang murah, lebih-lebih bagi rakyat kecil. Mungkin dokter-dokter itu lagi ngejar setoran kali ya? habis kuliah kedokteran kan mahal... mungkin mereka harus balik modal, ditambah anggapan kalo jadi dokter bisa jadi orang kaya... mungkin sih tapi kalo sampe memaksa pasien yang kesusahan untuk membeli obat yang seharusnya tidak dibutuhkan... dimana rasa kemanusiaannya? Kalo orang jualan mungkin banyak orang masih bisa maklum, contoh kayak telpon seluler (ponsel), untuk rakyat indonesia kayaknya yang bener-bener dibutuhin dari ponsel sebenernya cuma buat nelpon dan sms aja, tapi rasanya gak mantep aja kalo beli hp bukan seri terbaru yang fasilitasnya lengkap (yah meski gak bakal semua dibutuhin.... tapi itulah hebatnya dunia periklanan!).

Ada cerita yang lucu juga soal masalah kebutuhan, gue waktu itu ngeluarin USB Falshdisk buat ngambil data-data/dokumen. Nah ceritanya ada bapak-bapak udah agak tua tapi dia termasuk punya posisi lah. Nah waktu gue ngeluarin Flashdisk dia nanya "Itu kapasitasnya berapa?". "256 Mega pak" kata gue, terus dia bilang "Wah gede juga ya " sambil ngeliatin Flashdisk USB yang dikalungin. Iseng aja gue tanya balik "Kalo punya bapak berapa pak?". "Satu giga.... itu kayak gimana ya" tanya dia. Gue bilang "Wah itu gede banget pak, 1 film VCD muat di taroh di flashdisk bapak...". "Oooo gitu ya? ini kapasitasnya kayak gimana sih?". "Yah kalo disamain dengan kapasitas disket bisa sekitar 700an disket lah pak". "Wah banyak juga ya..." dengan nada bangga. Gue disitu agak geli aja, buat orang seperti dia, buat apa punya USB Flashdisk sampe segede gitu, toh kayaknya jarang-jarang juga dia berhubungan dengan komputer, kalo mau dokumen-dokumen dia bisa nyuruh anak buahnya. Mungkin dia ngeliat anak buahnya pada punya flashdisk, kalo gak punya tengsin juga doong sebagai atasan, mungkin juga sekedar ikut trend masa kini, kesannya punya sekedar punya aja buat keren-keren tanpa tau sebenernya dia butuh apa enggak :p Tapi bagiamanapun itu hak dia... gak ada hak gue buat ikut nyalahin keputusan dia *ya iya lah!*.

Nah untuk yang kasus susu itu takutnya para dokter anak ini spt agen-agen iklan barang-barang "konsumtif" (kalo membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan berarti konsumtif kan...?) model-model "Ponsel", "Flashdisk" dll. Kepentingan utama kalah deh kalo udah urusan gengsi/duit (mgkn gue juga bisa kayak gitu entar... tapi mdh2an sih enggak deh...). Dengan sponsor dari perusahaan susu menyuruh para ibu untuk memberikan susu pabrik padahal untuk umurnya tuh bayi belum wajib/belom bener-bener butuh minum susu selain ASI. Tapi gue yakin pasti gak semua dokter kayak gitu kok, itu cuma ulah segelintir oknum (asal jangan sampe kejadian jumlah oknum lebih banyak dari yang bukan oknum)

Jelas-jelas ASI banyak memberi manfaat kenapa pilih yang lain ya? Katanya ASI meningkatkan hubungan batin si Ibu dan Anak, kadar gizinya tinggi, dapat menambah kecerdasaan anak dll. Tapi gue juga pernah denger versi lain manfaat dari ASI dibanding susu dari pabrik, seperti:

Praktis, kalo pake ASI para ibu gak perlu repot-repot bawa botol atau alat minum lainnya, gak perlu nyiapin air anget buat nyeduh, jadi kalo bepergian kemana-mana gak perlu bawa susu pabrik sehingga beban perjalanan jadi lebih ringan.

Hemat, kalo udah pake ASI berarti udah penghematan uang yang harusnya di beliin susu bisa di beliin buat yang lainnya.

Jauh dari jangkauan hewan spt kucing, tikus, kecoa dll. Ya iyalah sebelum mendekat hewan-hewan itu pasti udah digebuk dulu, sehingga ASI bisa lebih higenis daripada susu yang disimpen sembarangan (kecuali kalo ibunya gak pernah menjaga kebersihan kali ya... :p)

Dan yang juga tidak kalah penting, katanya sih kemasan ASI lebih menarik daripada kemasaan susu bubuk/kaleng. Kemasan ASI tidak hanya disuka oleh kalangan bayi/anak-anak saja tapi... *ah terusin diri aja deh :p*

Duh kok jadi ngomongin ASI sih...
~error-gara2-kehujanan&kebanjiran--sableng!

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Dani :

Gw baca bagian terakhir ..
HUEHEHEHEHEHEHE....
alvi sekarang sudah bisa menyisipkan pornografi ke dalam tulisan blognya :D

Tuesday, July 05, 2005 5:49:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Eh joke ini (mengapa ASI lebih baik) sebenernya dapet dari quis selingan dari suatu acara musik di FEUI (JGTC), kalo gak salah waktu itu kita bareng2 nonton JGTC sama si ganang & tisna itu... *loe inget gak?*

Nah si MC-nya nawarin hadiah buat yang bisa jawab.... yang jawabannya serius (ilmiah) kagak pada menang, yang menang yang jawabannya model gitu dan... hehehe
Kebetulan gue lagi inget joke gak guna & nyerempet2 yang model gitu, terus iseng aja gue tulis :D

Wednesday, July 06, 2005 1:07:00 PM