Ajal & Jodoh

 Friday, February 04, 2005

Gue punya tetangga namanya widiyani, kadang dipanggil widi kadang dipanggil yani. Secara fisik wajah widi lumayan menarik (tapi bukan tipe gue :p), kurus emang karena gak suka makan, seinget gue, keluarganya belum ada 5 tahun tinggal di tempat gue tinggal selama ini. Awal pindah, banyak juga anak-anak cowok di lingkungan sekitar gue yang sempet kagum, naksir tapi intinya sih semua itu gak ada yang kesampean deh, soalnya dia udah punya pacar dari daerah lain. Nah rencananya si widi itu dalam waktu dekat ini entah bulan februari atau juni rencananya akan nikah dengan pacarnya (ya iyalah masak dengan orang lain).

Nah di akhir bulan Januari kemarin tepatnya hari sabtu malam, keluarganya mendapat musibah, tetangga gue yang namanya widi ini kena kecelakaan. Jadi ceritanya dia mau pulang dari tempat uwa'-nya (uwa' = pakde = paman?) balik ke rumahnya, ternyata tidak di sangka-sangka hari sabtu malam itu adalah hari terakhir dia menikmati kehidupan dunia. Secara tragis dia tertabrak motor, entah karena kerasnya tabrakan itu atau apa, badannya terbanting keras ke aspal dan yang paling parah kepalanya membentur keras jalanan itu hingga tulang tengkoraknya retak dan agak masuk ke dalam kepala.

Kebetulan waktu itu widi pulang dengan adiknya yang bernama wita. Saat kecelakaan terjadi, anak dari ua'-nya itu (sepupunya widi) baru pulang dan secara tidak sengaja melihat kerumunan orang-orang yang melihat kecelakaan, setelah diperhatikan ternyata sepupunya yang bernama wita sedang terbaring lemah. Kontan saja sepupunya widi & wita ini panik. Wita yang sudah lemah masih sempat bilang ke sepupunya, "teteh-teteh" (teteh = kakak perempuan), sepupunya ini tidak mengerti apa yang dimaksud sepupu yang kecilnya ini. Akhirnya mobil yang sudah siap membawa kedua kakak beradik itu diberangkatkan. Sepupunya widi itu menelpon keluarganya.

Keluarganya panik, tapi saat itu keluarganya tidak tau kalo anaknya yang bernama widi itu kena celaka, mereka hanya tau anaknya yang bernama wita terkena kecelakaan setelah diberitahu sepupunya yang hanya melihat wita saat kejadian berlangsung, sebab widi sudah lebih dulu dimasukan ke mobil. Nah saat itu pak RT yang kebetulan lagi main di rumah bapaknya widi jadi ikut panik juga, akhirnya dengan pakaian seadanya (masih pake celana pendek) dia pergi juga nemenin keluarganya yang sedang ditimpa kesusahan itu.

Saat pak RT mau berangkat pacarnya yang mau jadi calon suaminya itu baru aja dateng, niatnya sih mau ngapel dan sepertinya mau membicarakan urusan pernikahan mereka. Konon katanya pacarnya itu udah liat-liat barang dan besoknya mau dibeli untuk "seserahan". Dan saat itu pacarnya sengaja gak dikasih tau kalo keluarganya sedang kena musibah.

Setelah 1 jam kecelakaan akhirnya widi harus menyerah pada ajal, dia akhirnya meniggal di rumah sakit kebetulan sebagian keluarganya sudah berkumpul. Pas meninggal kontan semua keluarganya berduka bahkan sempat hampir terjadi kecelakaan lagi, karena saat itu bapak dan ibunya si widi menangis berpelukan sampe lupa kalo ibunya tidak sadar sedang menggendong adiknya yang lain yang masih balita. Kalo tidak ditangkap orang-orang besar kemungkinan bayi itu bakal terlepas dari gendongan si ibu. Keluarga itu tidak menyangka kalo widi ikut jadi korban, karena mereka mengira anaknya yang bernama wita yang terkena kecelakaan sesuai laporan dari keponakannya.

Gue lagi asik-asik nonton TV jam 10-an malam, gak biasa-biasanya tetangga gue manggilin gue, ternyata bener ada berita penting kalo si Widi meninggal dunia. Gue bengong gak percaya, masak iya sih si widi tetangga gue itu meninggal. Akhirnya gue, bokap dan nyokap keluar dan di luar sudah banyak tetangga yang ngumpul. Gak lama muncul sirine ambulan yang bawa jenazahnya widi. Temen gue ikut bantuin ngangkat jenazahnya. Gue yang ngeliat aja udah merinding, apalagi temen gue yang bantuin ngangkat, dan emang bener temen gue merinding.

Hari itu gue dan temen-temen gue sempet ngobrol, dan sepertinya mereka sepakat kalo hari itu ada pelajaran yang bisa dipetik diantaranya, umur dan jodoh ditangan Allah. Tidak ada satupun dari kami yang nyangka kalo widi yang masih muda itu harus mengakhiri hidupnya malam itu di usianya yang paling baru sekitar 24 tahun. Jodoh memang sudah diatur oleh Allah, manusia yang berusaha Tuhan pula yang menentukan. Pacarnya yang sudah siap untuk membeli "seserahan" untuk lamaran pernikahan ternyata, Sang Pencipta menentukan langkah yang lain bagi hubungan mereka. Niat pacarnya untuk apel malah mendapat berita kematian calon istrinya. Kalo gue inget malam itu gue merinding ketakutan, walaupun sejujurnya gue gak tau takutnya kenapa, apa karena ngeliat kenyataan kalo umur dan jodoh benar-bener dapat tidak ada yang tau, atau gue takut belum siap untuk mati muda.

Sungguh ajal dan jodoh tidak ada yang satupun yang benar-benera memiliki kuasa atas itu semua, kecuali Allah SWT. Semoga widi bisa tenang di alam yang baru. Semoga keluarganya yang ditinggalkan diberikan rasa sabar. Selalu berfikir positif bahwa kejadian ini bukan berarti bahwa Allah membenci mereka, justru boleh jadi Allah menganggap kejadian itu adalah yang terbaik menurut-Nya.

Bebeberapa bulan yang lalu, kata temen gue di daerah sekitar tempat gue tinggal itu ada beberapa kecelakaan motor yang membuat orang yang mendapatkannya meninggal dunia. Gue di ceritain ada anak yang sebenernya baik, dari yang tua sampe yang muda kenal sama dia soalnya emang orangnya ramah. Entah kenapa pas kejadian itu dia lagi mabuk akibat minuman keras, ya biasalah kalo orang mabok di "komporin" dikit langsung kebakar. Nah dia itu lagi naik motor terus kayaknya ada orang yang nantangin balap motor, dasarnya lagi gak sadar dia bawa motor dengan kenceng dan secara tragis dia meninggal akibat nabrak pohon. Akhir kehidupan yang berakhir dengan tragis.

Kematian orang itu sempat heboh di daerah tempat gue. Katanya waktu pas orang itu di kuburin, malamnya tetangga gue liat pocong dari rumahnya dia, kebetulan memang rumahnya agak deket dengan pekuburan. Tetangga gue ini terang aja ketakutan sampe-sampe tidur di kamar anaknya, waktu pas anaknya nanya tetangga gue ini diem aja dan emang gak berniat cerita apa-apa soal kemunculan pocong malam itu. Ternyata waktu pas paginya tetangga-tetangga yang lain heboh pada ngomongin kalo tadi malem ada pocong, ternyata bukan tetangga gue aja yang liat. Untungnya gue gak liat soalnya gue juga biasanya tidur tengah malam (duh gue kok percaya banget sih cerita beginian). Entah kenapa kok bisa kebetulan tuh pocong muncul pas orang yang meninggal akibat nabrak pohon itu di kubur di daerah itu. Semoga itu cuma kebetulan.

Ada lagi cerita tetangga gue, beberapa bulan sebelumnya sepupunya juga meninggal akibat jatuh dari motor. Entah dasar ajal atau apa, biasanya sepupunya itu kalo bawa motor itu pake helm kali ini gak pake, ya akhirnya kejadian deh jatuh dari motor dan sampe koma selama seminggu sampe akhirnya meninggal. Kalo melihat latar belakang keluarga sepupu temen gue ini, dia itu ternyata anak tunggal. Jadi dia bibinya temen gue itu susah banget punya anak, katanya ada sampai 5 kali kehamilan bibinya berakhir dengan keguguran, yang bisa sampe dilahirkan ya cuma seorang itu.

Dasarnya susah punya anak, segala maunya si anak di turutin sama bibinya temen gue ini. Si anak minta apa biasanya selalu di kasih, ya mau gimana lagi namanya juga sayang anak, gak mau sedikitpun orang tuanya melihat anaknya kecewa. Pas anaknya ini baru SMP dia ngotot minta di beliin motor, orang tuanya juga udah nolak-nolak, soalnya masih belum cukup umur. Merasa keinginannya di beliin motor gak kesampean, anak ini mogok makan, mogok ngomong ke orang tuanya. Akhirnya orang tuanya nyerah sama keinginan anak satu-satunya ini, di belikanlah anak itu motor. Ternyata beberapa bulan kemudia, motor yang dibelikan itulah yang menjemput ajal sepupunya temen gue.

Sudah pasti kedua orang tua itu sedih anak satu-satunya harus pergi selama-lamanya. Denger cerita dari nyokap gue yang di ceritaain sama nyokapnya temen gue ini kalo ternyata setelah kejadian itu ada hikmah bagi keluarga sepupunya temen gue. Ibunya sekarang sudah tidak terlalu tertarik lagi mengejar hal-hal duniawi, dia berpendapat buat apa susah payah mengumpulkan harta benda, kalo akhirnya harta itu tidak bisa di nikmati bersama anaknya. Dibalik setiap musibah pasti ada hikmah, dan kalo denger cerita nyokap gue sekarang orang tua dari sepupu temen gue itu makin tekun menjalankan ibadah, yang namanya sholat 5 waktu gak pernah ketinggalan. Sepertinya setelah ditinggal anak satu-satunya kedua orang tuanya jadi semakin taat beribadah.

Ternyata kalo cobaan berupa kesusahan lebih membuat orang semakin dekat kepada Tuhannya ketimbang cobaan berupa kenikmatan. Saat ditimpa musibah atau kesusahan orang langsung teringat kepada Tuhannya, begitu cobaan berupa kenikmatan seperti kekayaan, kekuasaan, kecantikan maka sedikit sekali orang yang tetap berusaha mengingat Tuhannya *duh gue kayaknya gue termasuk tipe manusia seperti itu, ampuni hambamu ini ya Allah*.

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

linda: Innalillahi wa innailaihi rojiuun....*turut berduka cita*
memang yg namanya jodoh, maut dan rezeki itu ada di tangan Allah SWT, kita sbg hambanya hanya dapat berusaha....dan yg menentukan tetap Allah SWT.

Dulu juga pernah baca di blog seseorang ttg ce' yg melihat sendiri tunangannya kecelakaan ketabrak mobil pas mau jemput dia. Kejadian itu berlangsung 2 minggu sebelum mereka menikah:( *tragis*

Friday, February 11, 2005 5:40:00 PM