Minggu Memilih

 Monday, December 27, 2004

Tahukah anda, bahwa tanggal 27 Desember "seharusnya" menjadi hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia? Kenapa, karena 55 tahun yang lalu atau tepatnya tanggal 27 Desember 1949, secara resmi Ratu Juliana dari Belanda secara resmi menerima pengakuan kedaulatan Republik Indonesia yang dipimpin oleh delegasi Indonesia, Moh. Hatta. Pengakuan ini sekaligus secara resmi mengakhiri pertikaian bersenjata antara Republik Indonesia dengan Tentara Belanda semenjak tahun 1945. Sejak tanggal 27 Desember 1949, secara resmi nama Republik Indonesia tercantum dalam peta dunia, setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai Hindia Belanda. Jangan heran jika di dunia internasional hari kemerdekaan indonesia disebut tahun 1949 bukan tahun 1945.

Konon pada awalnya setiap tanggal 27 Desember selalu diperingati sebagai hari penting disamping tanggal 17 Agustus. Entah mungkin karena Republik Indonesia bersama Negara-Negara Bagian Indonesia lainnya memutuskan keluar dari Uni Indonesia-Belanda, perlahan tapi pasti tanggal 27 Desember tidak dirayakan secara meriah bahkan kini sudah tidak ada lagi perayaan setiap tanggal 27 Desember. Perayaan kemerdekaan yang masih tetap berlangsung adalah perayaan setiap tanggal 17 Agustus, atau orang-orang lebih suka menyebutnya sebagai acara "Tujuhbelasan".

Ah cukup sudah membicarakan tanggal yang "seharusnya" bersejarah, bagi gue minggu-minggu ini tidak ada yang menarik untuk dianggap sebagai sejarah, semuanya masih sama seperti biasa. Hal yang mungkin tidak biasa adalah di minggu ini gue harus membuat suatu pilihan. Pilihan meneruskan bekerja ditempat yang lama (sekarang) atau pindah pekerjaan ke tempat lain.

Setiap gue tanya orang mana yang baik, meneruskan kerjaan ditempat yang lama atau pindah ke tempat kerja yang baru... semuanya pada akhirnya hanya memberikan jawabannya "Yah terserah kamu yang mau ngejalanin...", "Terserah loe, yang penting loe enjoy kerjanya..."

Hah... udah nanya pendapat, tapi tidak ada satupun jawaban yang dapat meyakinkan gue untuk memilih mana yang seharusnya gue pilih. Sebenernya ada beberapa untung rugi dari masing-masing pilihan itu:

Tetap Bekerja: Untung (+), Kerugian (-)
+ Udah enjoy dengan suasana kerjanya yang waktunya bisa diatur
+ Kalo mau & bisa, boleh bawa kerjaan di rumah
+ Tidak ada tekan menekan dalam melakukan kerjaan (dengan kata lain tidak kerja rodi)
+ Lebih deket dari rumah, sehingga lebih "hemat" waktu dan juga hemat ongkos, gue pikir percuma punya gaji gede kalo akhirnya operasionalnya juga gede
+ Jarang gue liat ada kerjaan yang waktunya bisa sefleksibel tempat gue sekarang, sehingga ada kemungkinan untuk ngambil "side job" :p
+ Gue merasa masih punya utang kerjaan, jadi gue merasa "berdosa" kalo ninggalin kerjaan yang sekarang (ah andai gue gak punya perasaan itu!!!)
+ Bosnya orangnya lumayan asik dan gak terlalu "Bossy"
- Gajinya mungkin "gak terlalu gede", tapi sebenernya ini lebih dari cukup kalo buat gue sendiri, tapi kalo kata orang-orang: "pikirkan masa depan, kalo bisa cari uang yang banyak supaya bisa banyak nyimpen uang buat masa depan" hmmm dunno.... :-?
- Gue gak bisa berkembang, karena pengalamannya ya "gitu-gitu" aja...
- Bosen, Jenuh, dan sebagai macamnya...
- Karir gak jelas (mungkin gak ada karir kali ya... :p)

Ganti Kerjaan: Untung (+), Kerugian (-)
+ Gaji lebih gede (lumayan juga sih bedanya)
+ Nambah pengalaman, ganti suasana...
+ Apalagi yah... gak bisa mikir kelebihan ganti kerjaan???
- Suasana kerja tidak jelas, apakah "asik" / "gak asik"
- Tetep sebagai seorang "kontraktor" (orang yang kerjanya berstatus kontrak)
- Meskipun nambah pengalaman & ganti suasana, tetep aja masih di dunia yang sama! IT!

Akhirnya setelah berhari-hari memikirkan akhirnya gue memilih: Meneruskan pekerjaan yang lama meskipun gajinya tidak lebih gede dan jenuhnya sudah hampir ke ubun-ubun... yah apa mau dikata :) Gue cuma teringat dengan omongan temen dan gue sendiri, kalo kerja itu yang penting bisa di nikmati (enjoy)... sejauh ini meskipun bosaaaaaaannnnn dan merasa stagnan, setidaknya gue menikmati kerjaan gue :) Gue gak tau keputusan gue ini salah atau bener, tapi apapun itu nantinya gue gak boleh menyesalinya! hiks hiks :( *semoga...*

Baru milih kerjaan aja udah puyeng, gimana harus milih langkah-langkah menuju ke masa depan? :-/ Entahlah (kok entahlah sih!).... Dazed & Confused ....

0 Comments: