Priiiit... Ini Baru Hari Apes

 Monday, December 13, 2004

Hari Minggu 12 Desember, temen sekelas gue waktu SMA nikah. Setelah janjian dengan temen yang dulu sekelas, akhirnya janjian ngumpul sebelum jam 11 di suatu tempat deket terminal Bis Baranang Siang. Ternyata ada temen gue yang sengaja bela-belain dateng, padahal hari itu dia mau cabut ke luar daerah untuk urusan gawean. Dia minta kalo bisa sebelum jam 12 dia mau balik lagi buat ngejar bis yang bakal nganter dia ke bandara. Karena kebetulan gue bawa motor, temen gue udah ancer-ancer minta dianterin balik dari kawinan temen gue ke tempat pangkalan bis bandara.

Akhirnya setelah ngumpul rada telat, gue sampe di kawinan temen jam 11.30. Niatnya temen gue ini emang mau salaman duluan terus langsung cabut, ternyata acara kawinannya belum mulai, belum ada tamu yang salaman. Karena ngerasa gak bakal keburu, temen gue ini minta dianterin ke pangkalan bis bandara yang dideket terminal Bis Baranang Siang, sama ngambil tas yang dititipin di tempat temen gue. Kebetulan jarak pangkalan bis dengan tempat kawinan paling sekitar 5 Km doang. Ya udah dengan motor temen gue ini gue bonceng dengan kecepatan tinggi, dan nyaris nyerempet motor orang hehehe... waktu itu pas jam 12 siang, kalo kata temen gue jam segitu adalah jadwal bis-nya berangkat, makanya temen gue ngotot pengen naik bis itu, soalnya pesawatnya berangkat jam 2-an lebih. Akhirnya setelah ngambil barang-barang dan tas yang dititipin temen gue, gue bonceng dia dia ke pangkalan... dan ternyata... fiuuuuuuhhhh pas banget tuh gue ngebonceng temen gue. Pas nyampe pangkalan bis, pas buanget bisnya mau berangkat... yah mission complete & gue balik lagi ke tempat kawinan temen gue...

Nah pas balik ini nih gue mendapat tambahan "pengalaman", walaupun sebenernya ini "pengalaman" yang rada memalukan :). Jadi ceritanya habis balik dari kawinan temen gue sama temen gue yang bawa vespa balik bareng-bareng. Nah pas sampe di pertigaan tajur deket dengan Mal Ekalokasari inilah kejadian terjadi. Jadi ceritanya sebelum pertigaan ada lampu lalu-lintas, kebetulan warnanya lagi menunjukan warna merah. Sebenarnya gue rada ragu juga untuk berhenti soalnya kalo dari jalan yang dilewatin gue ini harusnya lurus, jadi ada kemungkinan untuk jalan terus meskipun warna lampu merah. Seperti kebiasaan pada umumnya biasanya emang kalo belok ke kiri atau jalan lurus di pertigaan boleh langsung terus.

Masalahnya gue ragu-ragu untuk terus karena didepan ada polisi dan gue gak liat ada tulisan "Lurus Jalan Terus" yang biasa di pasang di bawah Lampu Lalu-Lintas. Gue dengan tenangnya berhenti. Gue punya pikiran, iya kalo lurus jalan terus, kalo enggak wah bisa gawat kena tilang, lebih-lebih meskipun lurus, dari arah yang berlawanan mobil-mobil suka belok ke arah pertigaan itu, nah jadi tambah ragu-ragu deh gue untuk maju terus.

Eh... taunya gue di semprit sama polisi, ada dua orang polisi yang satu berkumis dengan badan yang agak gemuk pendek, satu lagi pake kacamata agak kurus, kumisan juga. Sebelumnya gue disuruh minggir ke deket pos polisi yang letaknya beberapa meter dari lampu merah ini. Polisi yang gemuk ngasih hormat sambil nanya bisa mengeluarkan SIM dan STNK, gue dengan tenangnya keluarin semua SIM dan STNK. Gue pikir semuanya gak masalah, SIM dan STNK gue punya, gue juga pake helm, jadi gue pikir sekedar razia aja, toh gue juga ngerasa gak salah-salah amat berhenti saat lampu merah.

Polisi itu bilang kalo gue habis melanggar lalu lintas. Gue bingung, "Apa yang saya langgar pak?". "Kamu berhenti di lampu merah, harusnya maju terus" jawab si polisi yang gemuk ini. "Pak saya berhenti soalnya gak ada tulisan Lurus Jalan Terus, dari pada kenapa-kenapa, saya berhenti aja pak" jawab gue dengan rada cuek. "Wah gak boleh, itu ada tulisannya lurus jalan terus" sambil nunjuk ke arah lampu merah. Dalam hati gue... perasaan dari tadi gue lewat gue gak liat ada tulisan lurus jalan terus, yah mungkin barangkali gue gak liat kali ya... tapi gue tanya temen gue, katanya dia juga gak liat. Wah jadi gimana doong siapa yang salah gue & temen gue atau polisinya yang mengada-ngada?. Udah gitu polisinya, ngasih contoh, "Nah yang kayak gini nih gak boleh", sambil nyemprit satu motor yang juga berhenti kayak gue...
Dalam hati gue... wah ini sih sengaja cari mangsa, motor ini disuruh berhenti sama kayak gue dan temen gue ini, kalo gitu emang pertigaan ini seperti jebakan nih...

Akhirnya gue disuruh masuk ke dalam pos, temen gue yang bawa motor juga disuruh masuk. "Masalah" gue ditangani oleh polisi yang gemuk, sedang temen gue sama polisi yang agak kurus. Sambil nunggu polisi yang nanganin gue siap, gue nengok ke pengemudi motor yang baru kena sergap kayak gue, gue senyum2 aja, mereka juga senyum2 sepertinya udah tau kalo "permainan" akan segera dimulai.

Akhirnya gue dikasih tau, kalo gue dibilang ngelanggar. Terus terang gue udah gak terlalu peduli salah gue apa, gue sih ngerasanya bener habis semuanya lengkap-lengkap aja kecuali soal berhenti itu, gue juga ragu kalo gue bener-bener salah. Cuma berhubung gue udah capek habis dari kawinan temen, gue males berdebat dengan polisi. Lebih-lebih kalo hari itu udah rada-rada tengah bulan, sudah pasti polisi lebih ganas cara "mangsa". Ya udah lah gue ikutin aja tujuan permain ini, apalagi kalo bukan "uang damai". Akhirnya gue coba ladenin aja maunya si polisi, tapi tetep gue ngomong sopan juga sama polisi ini.

SIM sama STNK gue dicek, terus dia bilang kalo gue harus kepengadilan. Gue iseng tanya "Pak pengadilannya ini yang dimana ya pak?" tanya gue sambil mikir-mikir dimana tempatnya. "Di sana di jalang pengadilan" jawab si polisi. "Oh yang deket hotel salak deketnya istana bogor itu ya pak?" tanya gue. "Nah... betul" jawab si polisi. Dalam hati gue, wah untung bukan yang di Cibinong, tapi dipikir-pikir repot juga kalo besok gue musti ke pengadilan, soalnya kan besok gue harus gawe...

Akhirnya gue jadi ikut juga dengan permainannya, terus gue bilang "Waduh pak, kalo besok saya takutnya gak bisa nih pak, apa gak bisa pak kalo diselesaikan hari ini aja?, Soalnya saya besok harus masuk kerja" jawab gue. "Oh jadi kamu udah kerja?" tanya si polisi. Gue baru nyadar, kalo gue bilang iya, bisa-bisa dia minta duitnya gede nih, langsung aja dengan gaya sok tenang gue jawab "Sebenernya sih saya belum kerja bener pak, yah baru coba-coba magang, maklum lah pak mahasiswa tingkat akhir nih" dengan gaya sok meyakinkan, padahal udah gak mahasiswa lagi (tapi tampang kayaknya sih emang masih mendukung kok --- hehehe buka ke ge-er-an lho). Polisinya kayaknya percaya juga dengan omongan gue ini. Gue juga baru inget, emang SIM gue tertulis pekerjaan Mahasiswa, jadi emang pas banget kalo gue ngaku mahasiswa :), padalah kalo pekerjaan udah ganti tapi masih ngaku Mahasiswa, bisa-bisa gawat gue dikerjaain polisi.

"Jadi gimana nih, sidang ya?" tanya si polisi sok-sok berwibawa. "Pak sebenernya sih kalo saya bisa nitip sidang ke bapak, saya minta tolong bapak aja deh" jawab gue dengan gaya sesopan mungkin. Trik ini gue dapat dari temen gue, soalnya meskipun semua polisi itu rata-rata suka "uang damai" tapi tidak semua mau harga dirinya jatuh, jadi kalo bilang "Saya bayar bapak deh" atau yang parah "Saya sogok bapak" ada beberapa polisi yang gak bakalan mau di perlakukan begitu, heeey mereka juga manusia kan? butuh rasa hormat juga (walaupun sebenernya kelakuannya udah tidak layak untuk dihormati :p).

"Gimana nih pak, saya nitip biaya sidang ke bapak aja yah? berapa pak biayanya" tanya gue pasrah sambil ngeluarin dompet. Gue udah siap lah kehilangan 15.000-20.000. Kebetulan di dompet gue isinya cuma uang lembaran 10 ribua-an sama 5 ribuan. Gue tes dulu ngeluarin satu lembar 10 ribu kebetulan lembaran uang 5 ribunya ikut keselip juga, jadi keliatannya gue mau ngasih 15 ribu. Entah nih polisi lagi baik atau gimana dia bilang "Udah satu lembar aja cukup", gue bingung 1 lembar 5 ribuan atau yang 10 ribuan. Cuma..., kayaknya gak mungkin kalo ngasih 5 ribuan, jadi gue kasih aja 1 lembar 10 ribu.

Setelah dikasih uang 10 ribu, polisinya bilang "Yah kalo orang niatnya baik, pasti kita juga baik. Kamu kan udah ngomong baik-baik, niatnya juga baik, ya kita juga bakal bantu. Yah kapan-kapan kalo kamu bawa motor harus lebih hati-hati ya" jawab si polisi dengan nada yang cukup ramah ke gue. Gue bingung sendiri, kok bisa ya nomongan polisi jadi rada sopan gitu, tapi emang kalo gak salah, selama gue ngomong sama polisi ini, gue sama sekali gak ada niat untuk ngomong gak sopan atau memandang rendah si polisi, yah kalaupun gue udah tau bakalan bayar di tempat sejak awal gue niatin mau ngasih (niat ngasih kok ke polisi ya... gak salah tuh? :p). Mungkin karena emang udah males debat-debat, gue ngomongnya jadi agak-agak sopan kali ya :)

Masalah gue udah beres, eh ternyata temen gue masih belum beres juga. Sampe orang yang ditilang setelah gue udah beres urusan, temen gue ini masih belum beres juga. Ternyata temen gue ini ogah bayar tilang, kebetulan kakak iparnya emang sama-sama polisi, pantes aja temen gue gak mau bayar tilang. Tapi si polisi ini ngotot minta "di bayar". Gue masih belum beranjak dari pos polisi tempat gue di tilang, sambil ngeliatin temen gue di iterogasi sama polisi yang kurus dan berkaca mata.

Karena gak enak atau gimana, polisi yang kumisan itu ngomong ke gue "Kamukan udah beres urusan ngapain lagi kamu masih disini?". Gue kan gak enak sama temen gue ini, masak berangkat bareng tapi kok gak balik sama-sama lebih-lebih temen gue ini lagi kena masalah juga. Terus si polisi yang kurus dan berkacamata item itu bilang ke gue "Kalo gak kamu coba bantu deh nih masalah temen kamu ini" sambil ngeliatin ke gue. Akhirnya gue masuk lagi ke pos polisi, terus gue tanya ke polisi itu "Memang apalagi pak yang belum beres?" tanya gue. "Temen kamu ini gak bawa SIM sama STNK, gimana gak berat tuh pelanggarannya" jawab si polisi sok berwibawa. Dalam hati gue, wah ini sih emang berat... gue pikir-pikir emang temen gue salah banget kalo gak sampe bawa dua barang itu.

Temen gue masih ngotot gak mau bayar, sampe temen gue bilang "Pak kalo bapak gak percaya, saya titipin aja motornya di sini deh". Polisinya bales "Eh ngapain saya pegang motor kamu, emang saya tempat penitipan motor, lagian saya bawa mobil. Kalo motor kamu ilang emangnya siapa yang mau tanggung jawab" jawab polisi sok berwibawa. Aduh gue puyeng juga nih, habis temen gue emang salah sih, kalo gue kan emang masalahnya juga gak berat dan sebenernya masih bisa diperdebatkan, gue bener-bener salah atau emang gue salah beneran.

Temen gue ini tetep ngotot gak mau bayar, karena emang kakak iparnya polisi juga, ditambah di motornya ada emblem Polisi jadi sebenernya si polisi juga rada-rada segen kalo sampe mau nerima penitipan motor, kalo sampe kakak iparnya dateng kan bisa heboh sesama polisi saling gontok-gontokan. Makanya polisi itu ngotot gak mau dia dititipin motor temen gue ini.

Mungkin karena udah mentok, temen gue udah susah gak mau bayar akhirnya dia ngomong ke gue "Gimana nih temen kamu ini, coba kamu bantu deh masalahnya". Dalam hati gue bilang aja pak suruh bayarin denda temen saya. Polisi ini udah gitu bilang "Gimana gak berat coba pelanggaran temen kamu ini, udah gak bawa SIM gak bawa STNK, paling gak kalo sidang ini bisa lebih dari 100 ribu nih". Dalam hati gue nyengir aja...

Tapi dipikir-pikir kalo gini caranya bisa kelamaan gue di dalam pos polisi, lebih-lebih polisi sama temen gue sama-sama ngototnya. Ya udah deh gue niat bayarin aja deh duit yang di mau si polisi ini. Setelah sebelumnya sukses bayar 10 rebu, kali ini dengan PD-nya gue keluarin aja duit 10 ribu. Temen gue coba ngelarang "Gak usah vi-gak usah", eh polisinya jawab "Duit segitu mah gak ada artinya atuh... pelanggaran temen kamu ini berat banget". Dalam hati gue, sialan loeee duit 10 ribu dibilang gak ada artinya. Akhirnya gue tambahin 5 ribu jadi 15.000, eh dia malah komentar "Duit segitu mah masih kurang doong kalo di liat pelanggarannya". Kesel gue, gue keluarin lagi duit 10 ribuan, jadi total 20 ribu. Pas di sodorin baru deh si polisinya gak komentar macem-macem, nah berarti dia udah ok dengan "uang damainya" :) Kebetulan duit yang 5.000 sebelumnya belum gue masukin ke dompet, karena si polisi udah nerima 2 lembar 10 ribu, ya gue masukin aja duit 5.000 ke dompet gue. Belum juga gue masukin duit 5.000 ke dompet, eh polisinya bilang... "Udah sekalian aja 5.000-nya di kesiniin" gue bengong aja, tapi ya gue kasih juga sih... dalam hati gue... masih doyan juga duit 5.000... wah gue jadi bayar 25.000 dong! eh kalo sama bayaran sebelumnya mah jadi 35.000, wah paling gak duit segitu bisa buat beli satu majalah tuh...

Setelah urusan beres, lebih-lebih setelah si polisi minta duit 5.000 yang mau gue masukin ke dompet, gue jadi semakin yakin kalo polisi-polisi itu emang tujuannya mintain "uang damai" dari kelalaian pengemudi. Terus terang kalo di bilang gue salah, gue akui sih gue emang rada salah, tapi (ceritanya gue membela diri dooong) kalo memang polisi itu bijaksana dan mau menegakkan aturan, harusnya sih sebelum gue berhenti, polisi itu harusnya mencegah, paling gak dia ngasih aba-aba lewat tangannya atau kalo bisa berdiri sebelum lampu merah, biar orang-orang kayak gue gak banyak yang kejebak kayak gue. Atau jangan-jangan sebaliknya, kerancuan itu sengaja dimanfaatkan supaya semakin banyak orang yang kena tangkep sama polisi-polisi itu.

Setelah agak jauh, temen gue ini coba bayar ke gue uang yang di pake buat bayar "uang damai" polisi. Tapi karena gue juga merasa agak-agak bersalah, secara tidak langsung membuat temen gue kena semprit akbat ikut-ikutan gue berhenti di lampu merah, ya gue tolak deh uang dari temen gue (maklum lagi merasa bersalah). Terus temen gue ini cerita kalo sebenernya tempat kakak iparnya itu gak jauh-jauh banget dari pos itu, yah apa mau dikata emang dasar lagi apes.

Bagi gue terus terang agak dilema, kalo mau terus lampu lalu lintasnya masih warna merah, tapi kalo jalan terus takutnya juga gak boleh, soalnya gue gak liat ada tulisan "Lurus Jalan Terus", gimana doong?. Aduh gue musti tobat nih... soalnya secara tidak langsung gue sudah mendukung praktik kolusi nih (astagfirullah, ya Allah ampunilah hambamu ini). Asal aturannya jelas, semua aparat gak ada yang namanya main menawarkan uang damai dan tidak mengada-ngada mencari masalah seseorang, gue ikhlas kalo gue salah, gue harus ke pengadilan. Tapi kalo untuk kasus yang ini terus terang gue gak ikhlas, salah gue ini (kayaknya) gak murni 100% salah gue (biasa ngeles...).

Semoga jangan adalagi kejadian kayak gini. dulu-dulu kalo lewat pertigaan itu biasanya aman-aman aja... hmmmmm mungkin emang inilah yang dinamakan hari apes... :) tapi ya sudahlah itung-itung nambah pengalaman hidup, kalo gak gini kan jadi gak tau gimana rasanya berurusan dengan polisi lalu lintas :) Ampunilah ya Allah hambamu ini yang sudah mendukung praktek "kolusi" semoga tidak pernah lagi ketemu situasi seperti ini. Amien... Mudah-mudahan gak pernah lagi deh gue punya urusan model ginian sama polisi...

What a 'beautiful' day...

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

--lintang_utara@yahoo.com--

untung polisi gemuk yg ngurusin lo udah makan siang..hehehe

laen kali tanya dulu pasal berapa yg d langgar (in case dalam segala hal lo udah benar tapi polisi tetep nyari kesalahan lo)..palingan polisinya makin BT hehehe..

tenang aza vi, melanggar rambu adalah suatu bentuk pelanggaran bukan kejahatan..laen kali tanya dulu pasal berapa yg d langgar..

tapi membayar kepada polisi (istilahnya 86 atau damai) adalah suatu kejahatan..

emang damai itu indah ya Vi..hehehe..

Btw, untuk mencapai damai yg indah butuh trik juga lo (contohnya kyk yg lo lakukan pura2 miskin)..jangan sampai lo jadi korban pemerasan polisi (ini sudah lain persoalan!!)...

dalam melakukan 86 jangan terbawa permainan polisi, kita perlu inisiatif..kalo terbawa permainan dia lo bakal diporoti ampe abis..bis..bis..

Wednesday, December 15, 2004 11:42:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Gue juga baru nyadar waktu pas keluar dari pos polisi, kenapa gak nanya ke polisinya gue melanggar pasal berapa.... :p maklum udah rada capek jadi yah bawaannya udah pengen damai aja.... asli ngeblank gak kepikiran nanya pasal-pasal pelanggaran yang gue lakukan.

Emang bener, damai itu indah :p dan untuk berdamai memang perlu sedikit trik, seperti sok-sok miskin biar kagak di porotin the polis. Kalo untuk ikut UMPTN dan ngelamar kerja aja perlu Tips & Trick, kayaknya harus ada yang segera mengeluarkan buku Tips & Trick menghadapi polisi atau pemeras lainnya :p.

Kadang, cerita miring yang gue denger, kalo malem-malem polisi suka ada razia narkoba, nah dia sengaja bawa narkoba terus di taruh di mobil yang di razia, terus dia pura-pura nemuin narkoba di mobil itu, dan akhirnya yang bawa mobil bakal di peres habis-habisan, nah kalo untuk yang kayak gini gimana ya menghadapinya? :p jangan sampe deh gue ketemu situasi model begini...

Thursday, December 16, 2004 12:01:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

lintang_utara@yahoo.com

memang polisi sekarang udah mirip tukang sulap, bisa memunculkan sesuatu yg tidak ada menjadi ada. Contohnya yah itu waktu razia ada polisi yg iseng naroh sesuatu..

dalam hal ini kalau ada razia dari polisi, langkah2nya:

1. tanya ini razia mengenai apa?
2. tanya surat perintah razianya?
3. ketika polisi meriksa mobil:
a. minta hanya satu polisi aza yg meriksa (supaya
kita bisa focus mengawasi pergerakan polisi);
b. sebelum dia meriksa mobil, periksa dulu tangannya
apakah ada sesuatu yg disembunyikan (sebelum
polisi meriksa kita, periksa dulu polisinya);
c. Perhatikan segala pergerakan polisi ketika
melakukan pemeriksaan.

ketika ada razia kita tidak usah takut, polisi hanya ingin meriksa doang kok. Btw, yg perlu d ingat bahwa untuk melakukan razia atau pemeriksaan, polisi harus memiliki surat perintah razia. Jangan sampai lo d tipu ama polisi dengan pura2 ada razia padahal ga ada surat perintahnya..

O, iya harus dibedakan antara razia lalu lintas, razia yg berhubungan dengan tindak kejahatan atau pelanggaran lain.

razia lalu lintas biasanya berkaitan dengan surat2 dan perlengkapan kendaraan.

razia berhubungan dengan tindak kejahatan seperti razia narkoba, mencari buronan, senjata tajam dll.

razia berhubungan dengan pelanggaran seperti razia KTP.


btw, kemaren gua kena razia gitu vi, asli gua tuh yg udah pasrah gitu deh. Gua ga bisa mengelak vi, polisi langsung nahan gua..Damn!!! Ga nyangka ternyata d zaman sekarang masih ada aza razia orang ganteng.. :)

Thursday, December 16, 2004 11:23:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Terus terang gue penasaran, orang kayak loe kok bisa-bisanya kena razia orang ganteng, kalo razia orang 'gak ganteng' asli gue bakalan percaya deh :) Gak habis pikir gue, gak bisa bedain apa polisinya antara orang ganteng dengan yang gak ganteng, gak salah tuh? Atau jangan-jangan loe ketangkep razia karena justru loe gak ganteng... hehehehehehehe piss ah, gak tahan pengen nyela orang... :)

Anyway kalo baca saran-saran loe gue jadi curiga nih, jangan-jangan loe sering di razia... :)
Tapi thanks juga sih buat tips-tips-nya, mudah-mudahan bisa bermanfaat...

Walaupun kadang gue fikir pada prakteknya biasanya orang yang di razia itu rata-rata posisinya lemah, jarang-jarang bisa balik nge-gertak orang yang ngerazia (polisi dkk) seperti tanya-tanya surat perintah/tugas, surat penggeledahan dll. :(

Mudah-mudahan sih jangan sampe gue kayak gitu...

Friday, December 17, 2004 2:23:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

Lae kali kali ditilang, minta aja slip biru. Artinya dikau mengaku salah.Dendanya tinggal bayar di bank...trus ambil SIM (tempatnya tanya sama yg nilang).Dendanya ga sebanyak itu deh.Resep ini dijamin bakal membuat BT polis yg korup he he he he

Friday, September 28, 2007 5:01:00 PM