TV Tuner & Radio FM

 Thursday, December 02, 2004

Berhubung si Rhama beli PS2 sama TV Tuner external baru, berarti TV Tuner yang lama gak dipake lagi. Nah gue kemarin minta dia bawa tuh TV Tuner mau gue cobain di komputer gue, dari pada nganggur kan gue pinjem aja.

Sampe rumah, dengan hati-hati gue masukin TV Tuner ke slot PCI yang tersedia. Terus terang dari dulu sampe sekarang gue paling males deh kalo udah bongkar pasang komponen CPU, suka ribet, kadang komputer suka jadi error, pokoknya bikin males buuuuanget deh! Tapi karena tekad sudah dibulatkan untuk nyobain TV Tuner, makanya biar dah, ribet dikit yang penting bisa nonton TV dan denger radio FM dari komputer.

Langkah pertama yang pasti deketin CPU-nya (ya iya lah, masak dijauhin sih?), pegang CPU-nya, kalo ada tutup casing CPU dibuka dulu... tapi karena CPU gue gak pernah ditutup casingnya jadi ya langsung aja deh bisa melihat isi daleman CPU tanpa perlu bersusah payah mengeluarkan energi tambahan seperti terawang batin (loe kira dunia lain atau uka-uka?!) atau sinar-X pokoknya langsung keliatan deh jeroan CPU. Oh iya kelupaan, sebelum buka CPU, cabut semua colokan-colokan yang ke CPU seperti colokan listri, keyboard, mouse, speaker, monitor dll.

Nah kalo semua itu udah dicopot, angkat CPU ke tempat yang terjangkau dan nyaman bagi kita untuk ngebongkar-bongkar. Nah karena CPU gue gak pernah gue tutup, jadi gue ada kerjaan tambahan, bersihin debu dan jaring-jaring yang numpuk kaya sarang vampir. Beres bersihin tuh debu & jaring-jaring halus, gue siapin TV Tuner yang gue pinjem, sambil masukin TV Tuner ke slot PCI, gue juga ubah urutan beberapa card seperti Sound Card, Modem Internal dll. Akhirnya setelah semua dimasukan ke slot PCI, tiba saatnya merasakan kenikmatan menonton TV dan mendengarkan radio FM melalu komputer.

Teken tombol Power, BIOS menginformasikan ada perubahan seting, setelah itu tampilan startup Window XP tetap berjalan normal, nah yang repot pas giliran gue pilih username gue, langsung deh komputer-nya langsung restart sendiri. Udah gitu muncul pesan yang menginformasikan BIOS gue error. Pokoknya gue teringat dengan berbagai masalah yang mucul kalo bongkar-bongkar hardware, dan ternyata masalah itu jadi kenyataan.

Berkali-kali komputer gak mau hidup, BIOS Error, Hardisk discan terus, gue ngerinya kalo ada Badsector aja tapi untunglah gak papa. Ada kali hampir satu jam gue ngoprek-ngoprek. Pokoknya kayak eksperimen aja, satu komponen card dicabut, hidup apa enggak, kalo idup baru ditambahin card yang lain. Dan intinya kegiatan ini nyebelin buaaangetttt.... untungnya BIOS erorr itu bukan karena error beneran, tapi gara-gara masangnya rada gak pas. Gue juga bingung perasaan udah bener deh. Yah pokoknya setelah hampir satu jam baru deh tuh TV Tuner bisa dipake di komputer gue.

Beres instal TV Tuner Card, giliran instal driver. Setelah driver terinstal sepertinya sudah mulai bisa digunakan. Pertama gue klik icon Radio FM. Gue berharap bisa denger radio, ternyata kok gak bunyi-bunyi. Gue telpon si Rhama, taunya gue musti colokin lagi output dari TV Tuner ke input Sound Card Gue.... Grrrr pantes dari tadi ditungguin kok suaranya gak muncul-muncul.

Radio OK, sekarang TV, gak tau kenapa kok gak berhasil-berhasil sih.... cukup lama juga gue oprek, dan ternyata gak bisa juga... ya udah gue males deh nerusin, jadi sampe sekarang masih belum bisa deh nonton TV dari komputer :(
Daripada BT, ya udah gue dengerin radio FM. Akhirnya baru sekarang lagi gue make radio. Terakhir kali make radio sekitar 2 tahun yang lalu waktu dikamar gue masih ada tape setelah udah gak ada ditempat gue... ya udah gak pernah denger lagi deh duh dah lama juga ternyata gue gak dengerin radio... :)

Kebetulan stasiun radio yang gue dengerin ini lagi muter salah satu lagu yang kebetulan gue punya MP3-nya. Dan setelah didengarkan dengan seksama ternyata... kualitas suara radio FM itu rendah :( Jadi gue ngebandingin lagu yang lagi diputer di radio dengan MP3 yang gue puter. MP3 ini memiliki tingkat kompresi (Bitrate) 128 KBps. Sekedar informasi semakin tinggi nilai Bitrate, berarti semakin tinggi kualitas suaranya, tapi itu juga berarti semakin makan tempat di hardisk.

Kualitas CD selalu jadi patokan dalam menentukan kualitas suara, karena memang kualitas CD itu tidak dikompresi sehingga kualitas suaranya tetep paling top, sedangkan file-file audio (MP3, WMA, AAC) itu memang dikompresi, tapi ternyata meskipun sudah dikompresi, ternyata kualitas MP3 dengan bitrate 128 KBps masih jauh lebih unggul dari suara radio FM. Gue memperkirakan kalo kualitas radio FM yang gue denger ini setara dengan MP3 dengan bitrate sekitar 56KBps - 96KBps (rada jauh banget kualitasnya).

Ya sudahlah ya memang begitu sepertinya, gak bisa ngarepin bakal dapet suara yang bagus kalo denger dari radio. Padahal jaman-jaman SMA dulu, gue suka banget denger radio, saking cekaknya dana rasanya gak worthed kalo tiap ada lagu baru yang enak didenger terus beli kasetnya, padahal kalo didenger yang enak cuma satu-dua lagu. Akhirnya gue akalin dengan beli kaset kosong, pas jam-jam tertentu gue tau kalo radio ini nyiarin lagunya full dari awal sampe akhir, nah kaset kosong itu gue gunain buat ngerekam lagu-lagu dari siaran radio.... bener-bener cara kuno :)
Semenjak gue punya komputer ya udah deh selamat tinggal kaset... gak pernah beli dan gak pernah disentuh-sentuh lagi :D.

Katanya radio FM sekarang frekuensinya pada berubah, makanya pas gue setel kok difrekuensi tertentu gak muncul nama radio yang dulu biasa gue denger. Duluuuuuuuuuu (saking lamanya gak denger-denger lagi) gue suka denger radi Kisi FM 91.8, ini nih radionya anak muda yang beken di Bogor, kalo habis maghrib isinya lagu-lagu indonesia yang full gak dipotong-potong sama suara penyiar. Yang gue inget kalo setiap senin malem suka ada acara curhat, hari selasa bahas artis-artis beken jaman dulu kayak The Beatles, Eric Clapton, Bon Jovi, dll. Moto dari Kisi FM yang gue inget dulu sih "Young, Free, and Single".

Selain itu adalagi stasiun radio yang gue suka jaman-jaman SMP adalah dengerin radio SK (Suara Kejayaan). Gila nih radio isinya lawakan-lawakan, walau kadang rada-rada garing juga sih. Dulu gue masih sempet ngerasain lawakannya Patrio sebelum beken di TPI, mereka udah siaran di stasiun radio ini. Beberapa pelawak yang terkenal sekarang, banyak yang sebelumnya pernah kerja di radio SK ini seperti Ulfa, Taufik Savalas, Eko Patrio, dll. Entah tahun berapa gue denger radionya bangkrut, dan frekuensinya diambil alih sama MTV On SKY.

Oh iya kalo di radio Lesmana FM (Radio Bogor) itu ada yang gue inget acaranya setiap malam jum'at jam 9 keatas isinya cerita-cerita horor, gile gue sampe kadang-kadang takut juga buat dengerin acaranya. Temen gue pernah cerita ada salah satu stasiun radio (bukan Lesmana FM) yang juga nayangin cerita-cerita horor dari para pendengarnya yang akhirnya tidak menyiarkan lagi acara ini, soalnya pas waktu acara berlangsung ternyata *katanyasih* ada keganjilan-keganjilan gitu... jadi penyiarnya juga ketakutan akhirnya gak ada lagi acara model cerita pengalaman serem di malem jum'at.

Gue penasaran, kok bisa ya radio masih bertahan padahal TV udah banyak... Oh iya... mungkin gara-gara di TV kebanyakan sinetron kali ya... makanya radio tetep hidup hehehe. Tapi gue banding-bandingin emang radio lebih enak jadi teman belajar ketimbang nonton TV *beneran nih belajar?* Ya pokoknya kalo kita lagi kerja juga lebih enak sambil dengerin radio, soalnya kalo bareng nonton TV pasti bukannya belajar atau kerja tapi malah nonton... :D

Ah radio... televisi sudah bertambah, tapi kau masih saja bisa bertahan...

0 Comments: