Kurang Beruntung

 Friday, December 10, 2004

Hari ini gue berangkat rada-rada siang, cuma karena terlalu siang jadi agak-agak mepet sampe di stasiun. Waktu sampe stasiun udah jam 10.30-an lah... udah gitu kereta ekonominya belum ada yang mangkal (dagangan kali mangkal) waktu itu udah jam 10.43, gue khawatir kalo kereta ekonominya gak dateng-dateng dari jakarta, alamat bisa telat sholat jum'at di kampus nih. Sebelumnya pernah gue nekat nungguin, dan ternyata nungguin kereta kalo udah siang hari itu tingkat kepercayaannya sangat minim alias gak bisa di arepin kalo kereta akan tiba tepat waktu! Bisa gawat lah kalo sampe kereta bener-bener telat dateng.... sial tuh PT KAI udah hampir 60 tahun Indonesia merdeka, masa' untuk bikin jadwal tepat waktu aja gak bisa sih!!! payah deh.

Kebetulan saat itu ada kereta Pakuan AC yang siap-siap akan berangkat pukul 11.46. Karena takut kereta ekonomi telat dateng dan takut gak bisa keburu sholat Jum'at ya udah deh gue beli karcis-nya, kebetulan kereta Pakuan AC ini berhenti di Stasiun Depok Baru, Pondok Cina dan UI ya udah gue bisa naik nih... itung-itung nyobain naik kereta Pakuan AC ke kampus... Karena siang harga tiket gak sampe 10 ribu seperti pagi, harga tiket siang 8 ribu rupiah. Padahalan gue dah punya abodemen ekonomi, tapi karena mau naik kereta pakuan, yah sebagai warga negara yang baik... beli lah tiket...

Naik kereta pakuan sebenernya tingkat kenyamanannya tidak berbanding lurus dengan harganya. Harga karcis KRL ekonomi Bogor-UI sekitar 2000, nah dengan harga yang mencapai 8000, kalo menurut hitungan matematis seharusnya tingkat kepuasannya harus 4 kali lipat dari menumpang KRL ekonomi. Kenyataannya? gak gitu-gitu amat tuh... mungkin karena mahal & siang kali ya jadi penumpangnnya sepi dan itu memang lebih nyaman dari KRL. Oh iya KRL Pakuan kan ber-AC jadi mungkin sedikit lebih nyaman. Tapi semakin lama, kok gue semakin sadar ternyata AC-nya payah. Gile yang namanya AC itu memiliki konotasi dengan kesejukan dan dingin, eh kalo AC KRL Pakuan, kok AC-nya memiliki persamaan dengan AC Bis Mayasari & Steadysafe... alias ANGIN DOANG!!! Kecewa gue naik kereta yang katanya ada AC-nya kok gak dingin, tapi cuma angin doang.

Ada cerita yang bikin gue sebel waktu pas naik Pakuan, yaitu soal Kondekturnya!. Jadi setelah beli gw kan baca tulisan yang ada di baliknya, salah satunya adalah peraturan bahwa kalo kedapatan tidak memiliki karcis maka dendanya mencapai 20x harga karcis dan itu berarti kalo gak punya karcis harusnya bayar 160.000!!! wow jumlah yang sangat buanyak sekali.

Nah kebetulan waktu pas gue naik, ada seorang bapak2 dengan rekannya (atau anaknya ya) nah mungkin karena ketidak tahuan atau kesengajaan, si bapak ini punyanya karcis KRL Ekonomi, tapi naiknya KRL Pakuan. Duduknya si bapak ini gak terlalu jauh dari gue. Waktu pas kondekturnya dateng, sudah pasti si bapak ini bakal kena masalah kan? dan ternyata bener si bapak itu dikasih tau kalo ini karcis ekonomi, gak boleh naik kereta ini, dan kalo masih mau naik dia harus mau di denda. Dengan tampang yang kayaknya sih emang gak tau si bapak-bapak ini bengong aja. Si Kondektur ngasih alternatif ke si bapak itu, dia suruh bayar "cukup" Rp. 5.500 karena berdua jadi harus bayar Rp. 11.000.

Denger si kondektur ngomong dendanya sebesar Rp. 5.500 terus terang gue agak tersinggung nih, bukan apa-apa gue kan baca di baliknya kalo gak punya karcis harusnya denda 20x lipat yaitu Rp 16.000. Kuat dugaan gue, kalo duit Rp 5.500 ini pasti masuk ke kantongnya sendiri dan gak mungkin masuk ke kantong PT KAI.
Setelah didesak-desak, si bapak itu ngaku, kalo dia gak ada duit sebanyak itu, dia coba-coba nawar.... dan akhirnya si kondektor beneran nurunin harganya jadi Rp. 5.000, jadi berdua Rp 10.000,- Sial banget tuh kondektur. Akhirnya pas kereta sampe di Stasiun Pondok Cina, gue turun dengan perasaan agak-agak gak ikhlas setelah naik KRL Pakuan itu...

Karena sampe di Pondok Cina sekitar jam 11-an jadi gue pikir masih ada waktu nih untuk beli sesuatu. Kebetulan gue emang niat pengen beli Spidol, jadi gue sempetin mampir ke Gramedia di deket Pondok Cina. Gue sengaja cari-cari merek yang murah. Akhirnya ketemu tuh spidol dengan merek yang sama masak harganya berbeda. Jadi spidol ini ada yang dijual satuan ada juga yang dijual per dua spidol. Nah gue liat yang warnanya biru dua-duanya harganya 10.000, yang warnanya biru dan hitam 11.000, penasaran kan? gue pikir warna ngaruh ke harga, akhirnya gue cek yang warna hita-hitam harganya 11.000 juga. Setelah cari-cari lagi akhirnya ketemu dua spidol warna biru dua-duanya yang harganya 9.000. Karena penasaran gue tanya ke penjaganya, dia juga bingung kok sama warna sama merek beda harga.

Akhirnya setelah tanya-tanya katanya sih harganya yang bener 10.000. Harga yang 9.000 itu lagi promosi katanya. Terus gue penasaran lagi cari-cari spidol dengan warna dan merek yang sama tapi yang satuan. Kalo sebelumnya per dua spidol, ternyata harganya 4.500 persatuannya untuk warna biru. Terus gue nanya lagi mbak ini bener 4.500 kok malah lebih murah beli ketengan ketimbang beli dua spidol? Si penjaganya juga bingung. "Wah saya juga gak tau, waktu itu sih ada promosi harganya jadi pada turun tapi sekarang sih naik lagi". Terus penjaga itu nunjukin, ada spidol (masih merek yang sama) yang harganya 5.500 tapi ada juga yang harganya 5.000 dan juga 4.500. Terus gue tanya balik "Kalo yang 4.500 ini beneran gak harganya segitu?". "Kalo yang itu kayaknya emang masih tetep harganya 4.500" jawab dia.

Pas bayar di kasir ternyata harganya 4.600, wah gue kesel, masak dari tanya-tanya sampe bayar di kasir harganya bisa beda-beda terus. Karena gue udah kesel sebelumnya, gue gak peduli lagi kalo sebenernya si kasir gak tau apa-apa. Kasirnya gue tegur "Mbak itu kok harganya bukan 4.500 sih!" terus dia baru ngecek ke harganya dan terus dia jawab "Wah gak tau ya, sekarang harganya udah naik". Beres gue bayar, gue bilangin aja ke kasirnya dengan nada sebel "Mbak saya sih gak peduli dengan jumlah uangnya, cuma kalo jualan bikin label harganya yang bener dooong, masak harga tertulis sama yang harus dibayar bisa beda sih!, bilangin deh ke manajemennya yang bener doong kalo bikin harga!"

"Manajernya disitu mas, kalo mau lapor kesana aja" sambil nunjuk ke arah tempat gue beli spidol. Dalam hati, gue udah kesono, orang-orangnya aja gak tau, ngapain juga gua buang-buang waktu, entar disangkanya gue ngeributin duit 200 perak lagi. Gue bales aja si kasir dengan senyum sinis gue... sebel banget deh gue hari itu. Pas gue jalan lewat stasiun, eh taunya kereta ekonominya baru dateng... huuh dasar apes, taunya kali ini kereta ekonomi dari bogor udah nyampe di stasiun, makin sebel aja gue kalo inget sebelumnya gue naik kereta pakuan. Pas dah sampe di kampus gue baru nyadar, ternyata gue salah beli spidol. Harusnya beli spidol yang buat white board eh taunya spidol yang gue beli spidol permanen, ah sial banget sih gue...

Pas agak siangan, gue dapet email dari temen, isinya daftar ringtone U2 yang bisa didapet lewat SMS. Sebenernya gue dari dulu gak tertarik model2 ginian, tapi dipikir-pikir pulsa hp gue masih banyak, gue iseng aja untuk pertamakalinya nyobain. perkiraan gue paling-paling cuma berapa ribu. Gue catet kalo gak salah pulsa gue masih 90 ribu lebih. Pas gue kirim SMS eh pulsa gue dipotong 10.200. Wah kesel gue, inimah bukan tarif premium lagi, tapi tarif rampok, udah gitu gue gak dapet ringtone yang gue pilih, tapi pulsa gue udah kepotong. Aaagh makin kesel deh gue seharian itu!!!

Untungnya apesnya gak terus-terusan. Pas habis maghrib, sesuai janjinya mbak Tary, dia ngajak kami bertiga untuk makan Mpek-mpek yang di Margonda, dan yang penting di traktir alias gratis :D. Entah ini hari keberuntungan atau hari sial gue, gue juga gak tau. Tapi kalo dibilang hari ini hari yang banyak mengeluarkan duit, kayaknya emang iya.... soalnya habis itu gue masih sempat beli dua majalah Commando & Edisi Khusus Angkasa: Airborne, dua-duanya bahas soal militer :). Dua majalah itu harganya 45.000 setelah dapet diskon 1000 perak dari si penjual... Kalo boros begini terus, bisa-bisa gue gak bisa punya tabungan nih....

What a 'lucky' day!...

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

linda: waah bener2x 'lucky' day :) untung terakhirnya ditraktir ya...

Tuesday, December 14, 2004 6:46:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

dani : hahaha.. vi loe emang gak bakal bisa nabung kalo tetap nggak ngatur keuangan loe sendiri...
di planning donk kira2 pengeluaran loe apa aja dalam sebulan, nah trus usahaain pengeluaran loe gak lebih2 amat bedanya ma perhitungann loe
~masterdanihasspokenonceagain

Wednesday, December 15, 2004 4:13:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Planning sih udah, mempertahankan planning yang susah :) Makanya karena banyak dari planning gue tidak sesuai dengan harapan :p
Bulan ini, pengeluarannya membengkak dengan sangat cepat ketimbang bulan-bulan sebelumnya. Beli majalah, beli buku, beli pulsa, beli es krim, dan beli makanan yang menambah gemuk tubuh :). Uang cepat menguap tanpa terasa dari kantong... hiks... :(

Wednesday, December 15, 2004 4:57:00 PM