Sabtu 16 Oktober 2004

 Monday, October 18, 2004

Pagi
Sengaja gak tidur habis sahur, soalnya jam 8 pagi ada jadwal ngajar. Rada-rada telat dateng juga sih, nyampe jam 8.10... ternyata masih sepi. Yang hadir cuma 5 orang... udah gitu kertas absen gak ada karena ruangan tempat nyimpennya belum di buka, begitu pula dengan kelas.
Karena yang dateng masih dikit, akhirnya gue ngobrol-ngobrol aja dengan mahasiswa. Sedih gue waktu denger cerita mereka, ternyata sebagian besar dosen yang lainnya itu ada yang belum pernah ngasih kuliah sama sekali, padahal MidTest awal november... bisa di bayangin dooong! Yah seperti ini ternyata kualitas pendidikan...? :( Dosen-dosen kurang bersemangat untuk mengajar. Gue bisa maklum, karena gue tau sendiri betapa tidak manusiawinya kompensasi honor para dosen-dosen itu. Dibalik gedung yang megah, ternyata kesejahteraan pegawainya hanyalah angan-angan belaka.
Yang gue bingung sih, kalo caranya gini... gimana kualitas pendidikan bakalan meningkat? :(

8.30-10.00 ngajar, dan mudah-mudahan sih mereka pada ngerti apa yang udah gue terangin.

Siang
Iseng gue mampir ke Gramedia, niatnya sih cuma liat-liat buku, dan sama sekali gak ada niatan untuk beli, bukan apa-apa, buanyak banget buku gue yang masih belum gue baca, selain itu niatnya pengiritan setelah keluar duit cukup banyak gara-gara beli buku. Seperti biasa tempat favorit gue adalah bagian pojok Sosial & Biografi. Gak sengaja gue liat buku yang selama ini selalu ingin gue pinjem dari temen gue Sadr tapi gak pernah dikasih, yaitu buku dengan judul: "Jendral tanpa Pasukan, Politisi tanpa Partai, Perjalanan Hidup A.H. Nasution" harganya Rp 65.000,-. Selain itu gue juga ketemu buku yang kayaknya sih lumayan unik, yaitu bukunya H.J. De Graaf aslinya terbitan KITLV, dengan judul "Puncak Kekuasaan Mataram, Politik Ekspansi Sultan Agung" harganya Rp 36.000,-


Dipikir-pikir buku kaya gini jarang dijual, kapan lagi kalo bukan sekarang.... akhirnya gue beli juga deh 2 buku itu... sayang takut gak dijual lagi. Padahal niatnya udah mau berhemat-hemat taunya jebol juga deh dompet buat beli dua buku ini.
Rekor, seumur hidup baru kali ini dalam sebulan gue menghabiskan sekitar 500 ribu+ (rupiah) "cuma" buat beli buku. Padahal dari dulu gue pengen beli TV tunner gak pernah ke sampaian gara-gara niatnya untuk hemat... tapi untuk beli buku wah susah untuk mengatur pengeluaran.... Padahal buku2 yang lama juga belum pada dibaca.... :(

Gramedia kan sampe 31 Oktober ngasih kupon undian berhadiah setiap belanja kelipatan 50.000, nah ternyata dari belanja buku di Gramedia untuk bulan ini aja, gue itung2 udah dapet 6 kupon artinya minimal gue udah beli 300 ribu *huah ternyata banyak*, belum lagi waktu pas belanja di Pameran Buku di JHCC Senayan 3 Oktober 2004, cukup banyak juga tuh gue keluar duit buat beli buku.... Kalo udah beli banyak buku gitu, nyokap gue deh yang paling sebel soalnya gue naroh bukunya suka acak-acakan gak teratur... harusnya sih udah mulai ditaro di rak buku. iya juga sih sayang kan buku mahal2 gak disimpen dengan rapih

Sore
Habis maghrib, ternyata gue masih laper, akhirnya beli lah gue bakso, nah gue pengen cerita aja pengalaman gue. Gue kalo beli bakso yang dibawa pulang pastinya kan dibungkus.. ya gak? nah pengalaman gue kalo mie dan kuah di campur, biasanya mie-nya jadi lembek selain itu kalo kuah dan mie dipisah kan bisa disimpen dulu, pas nanti-nanti mau dimakan baru deh diangetin. Nah karena itu setiap gue beli untuk dibawa pulang gue selalu minta untuk dipisah antara mie dengan kuahnya. Waktu pas gue beli bakso, seperti biasa gue minta kuah dipisah, biasanya sih kebanyakan tukang bakso bakal ngerti dan gak banyak protes. Tapi kali ini, yang jualnya ibu-ibu.

Waktu pas gue bilang pisah kuah dengan mie, eh dia malah komentar "Ih ini lagi minta kuah dipisah" ternyata ada pembeli lain selain gue yang juga minta mie dan kuahnya di pisah. Terus gue dengerin dia ngoceh "Ngapain sih pake perlu dipisah-pisah segala, kalo udah dimakan juga bakalan dicampur-campur juga" udah gitu dia kayaknya ngedumel gitu deh. Sebenernya agak panas juga tuh gue waktu denger komentar penjual seperti itu. Baru kali ini gue beli minta di pisah antara kuah dan mie di komentarin... biasanya penjual bakso yang lain gak banyak protes. Terus pembeli yang sama-sama minta kuahnya dipisah ngomong ke gue, "Kalo saya sih biasanya suka makannya nanti-nanti makanya kuahnya suka dipisah", gue langsung mengiyakan dengan suara yang agak keras biar si ibu yang jual ikutan denger "Iya saya juga biasanya gitu pak, kalo dicampur nanti biasanya jadi gak enak gak bisa dimakan buat malem" bales gue dengan suara agak keras dengan harapan si ibu bakal denger tuh alasan gue...

Heran, perasaan gue beli bakso bayar, gak minta... tapi kok reaksi penjualnya kok gak bersahabat sih! ya gue sih coba maklum, mungkin dengan gue minta kuah di pisah berarti ada plastik lebih yang harus dikeluarin si penjual dan berarti itu biaya tambahan buat dia... ya gue ngerti... tapi kalo dia emang gak mau mbok coba ngomong baik-baik gak usah dengan nada menghina dan merendahkan gitu dooong, gue kan sakit ati jadinya (atau gue aja yang terlalu perasa ya?). Gue gak terima diomongin macem-macem, enak aja... gue beli gak ngerampok!!! gue udah beli bakso di banyak tempat, dan mereka rata-rata maklum dan malah tanpa diminta biasanya misahin kuah dengan mie, kok yang ini kayak baru jualan aja sih! *sorry gue emosi nih*

Apa karena yang jualnya ibu-ibu ya? soalnya biasanya yang jual sih bapak-bapak. Jangan-jangan si ibu itu lagi dapet bulan? *sok tau* makanya gampang emosi mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan hati? Udah gitu gue kan beli 2 bungkus, akhirnya mie-nya dijadiin satu plastik (kalo ditempat jual yang lain ya biasanya dipisah jadi 2 plastik, 4 plastik kalo mie sama kuahnya...) dan satu plastik isi mie yang untuk 2 porsi itu "dikit banget" gue pikir itu mie yang dipisah cuma buat 1 porsi... ternyata untuk 2 porsi... wah sekali lagi gue agak kecewa nih....

Sampe rumah sebelum makan, gue ngomel-ngomel ke orang yang ada di rumah. Ya gue tau itu gak bakal menyelesaikan "masalah" tapi gue puas bisa melampiaskan rasa kekesalan gue sama ibu penjual "bermulut tajam" itu... untungnya rasa baksonya gak jelek-jelek amat, jadi ya gue masih mau maklum dan gue belum memutuskan untuk kapok beli disitu, tapi kalo yang jualanannya masih si ibu-ibu itu... kayaknya gak lagi deh kalo sampe di omongin lagi... :(. Gue sampe sempet ngehayal pengen bales "ngocehin balik" si ibu itu, tapi untunglah itu gak terjadi... kalo iya kan mungkin bisa tambah runyam

Btw nyeritaain kisah gue dengan si ibu penjual bakso itu mengurangi pahala puasa gue gak ya? gue sih niatnya bukan untuk menjelek-jelekan dia, hanya untuk melampiaskan rasa kesel gue (ke dalam blog ini) :D (sama aja dooong)

2 Comments:

Blogger Abang Sayang said...

Benny:
Yach Fi, loe gak kreatif sich nyolotnya.
Klo gue sich, klo ada tukang jualan yang nyolot gara2 gue minta lebih sesuatu (klo kasus loe plastik), gue bilang aja begini "Kenapa..?? Saya bayar dech plastiknya. Tinggal diitung aja semuanya jadi berapa.."
Gue udah beberapa kali kok ngelakuin ini.
Nyolot2 dah.

Tuesday, October 19, 2004 3:55:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Bukan apa-apa ben dari dulu tuh gue gak pernah tega (atau gak berani?) untuk nyolot sama orang lain... palingan gue simpen dihati sampe nanti bisa jadi dendam :)

Wednesday, October 20, 2004 2:55:00 PM