Malu Bertanya Gak Bakalan Tau...

 Tuesday, October 05, 2004

Baru nyadar kalo hari ini tanggal 5 Oktober, nah di TVRI kebetulan lagi ada siaran langsung HUT TNI. Ya udah deh gue nonton sampe mau beres... otomatis doong gue masuk siang :) ya jelas lah. Habis nonton baru gue cabut ke Stasiun Bogor, kebetulan pas banget waktu sampe stasiun, kereta baru dateng. Kebetulan agak sepi jadi bisa deh gue duduk.

Gak lama duduk, eh ada seorang ibu muda (mungkin umurnya kurang dari 30 tahun) bawa barang gede banget. Pas gue liat ternyata bawa keripik & aneka snack lainnya :) wah sempet ngiler juga nih liat makanan yang dibawa ibu-ibu ini. Eh dasar gue lagi penasaran sama yang namanya snack-snack yang di bawa si ibu, jarang-jarang gue akhirnya ngajak ngobrol ibu yang bawa makanan ini. Kebetulan duduknya pas di samping gue persis deket pintu kereta.

"Habis borong nih bu?" tanya gue sok akrab.
"Iya nih biasa...." bales si ibu dengan ramah
"Belinya ini dimana bu?" tanya gue penasaran
"Itu persis di depan Stasiun Bogor" jawab si ibu
"Nama tokonya apa bu?" tanya gue lagi
"Ohh namanya OMirasa" jawab si ibu
"Mirasa? dimananya stasiun ya bu?" tanya gue lagi
"OMirasa itu persis dari stasiun bogor, depannya langsung" bales si ibu
"Ohh di situ ya bu?" bales gue (padahal gak terlalu ngeuh juga sih :p)
"Memangnya murah ya bu kalo beli di situ?" tanya gue
"Wah murah, setahu saya sih yang paling murah ya disitu" jawab dia dengan ramah
"Lumayan beda beberapa ribu dengan ditempat lain" Timpal dia lagi.
"Ohhh, saya soalnya dulu juga pernah beli bu keripik singkong, kayaknya sih di daerah deket-deket yang ibu bilang. Cuma waktu itu saya agak kapok soalnya keripiknya agak melempem." bales gue
"Makanya saya iseng nanya ke ibu, belinya di mana, soalnya adik saya kan punya temen dia juga suka beli keripik untuk di jual lagi, katanya sih di dalem pasar, bukan di deket stasiun"
"Ohh gitu ya..." jawab dia sambil tersenyum kecil
"Ini untuk dijual lagi ya bu" tanya gue sambil liat snack yang banyak banget itu...
"Iya saya emang beli banyak buat di jual lagi" bales si ibu
"Emang di jual di mana bu?" tanya gue penasaran
"Di Koprasi pegawai (...kalo gak salah kejaksaan -- pen...)" jawab si ibu
"Memang ibu tinggalnya di mana?" tanya gue
"Di Lebak Bulus" bales dia
"Bukannya di Jakarta juga banyak bu?" tanya gue
"Banyak sih tapi lebih mahal-mahal, saya paling seneng kalo udah beli di sini" jawab dia

Dalam hati gue... wah orang jakarta aja belinya di Bogor... berarti bener doong kalo Bogor itu tempatnya makanan yang lebih murah...

"Biar saya orang Betawi, kalo saya sih orangnya gak bisa diem maunya ada kerjaan, makanya saya jualan snack ini" kata si ibu
"saya kira orang Betawi banyaknya di condet aja bu, ternyata ada di mana-mana ya" jawab gue sok gak tau sambil itung2 cari bahan pembicaraan.

"Selain jualan ini jualan apa aja bu" tanya gue lagi
"Enggak ada saya cuma jualan ini aja kalo koprasinya sih jualannya macem-macem. Kalo mau lebaran biasanya sih saya juga bikin kue-kue" jawab dia
"Kalo mau lebaran, beli & jalan snacknya masih jalan bu?" tanya gue
"Oh masih, malah saya belinya lebih banyak, sampe bawa kendaraan sendiri dari rumah, soalnya justru makin laris kalo pas lebaran" jawab dia

Beberapa jenis makanan snack yang di bawa si ibu iseng2 iseng aja gue tanyain harganya, ternyata harganya bervariasi, tapi kisaran harganya ya sekitar 20.000-sampai 25.000 sekardus (+- 2.5 Kg). Tapi harganya tergantung juga sih, beda-beda soalnya. Gue sempet tanya keripik singkong bakar rasa balado dan harganya hampir/sama dengan yang gue beli dulu. Terus gue iseng tanya harga perkilonya keripik tales yang lumaya gue sukai ini. Dia bilang sih mahal, sekilonya bisa 15.000,- dan itu berarti lebih mahal dari harga perkilonya singkong bakar rasa balado. Yah pokoknya berhubung duduknya deket dengan pemborong snack/keripik, gak ada salahnya dooong gue tanya harga yang selama ini bikin gue penasaran :)

...dst...

Lewatlah tukang jual jambu batu di kereta, dia jual Rp 2.000,- per buah. Entah gimana si ibu ini bisa juga dapet 4 jambu seharga Rp 5.000,-. Iseng aja langsung gue ngomong:
"Bu kok bisa sih dapet jambu 4 5000 (rupiah)?, kalo saya beli kok susah banget sih di tawar sampai mau segitu" tanya gue penasaran...
"Wah gak tau juga ya" jawab si ibu sambil tersenyum
"Wah mungkin karena saya laki-laki kali ya bu, jadi gak mau ngasih murah :)" timpal gue

Asli sampe sekarang gue masih merenungi nasib gue yang tidak pandai dalam menawar barang, kemarin waktu pas pameran buku, penjualnya ngejual seharga Rp 25.000,- gue tawar 15.000 gak mau naik, sampai akhirnya gue naikin tawaran gue sampe 20.000 juga gak mau :( terus gue tawar Rp 23.000,- baru deh dia mau, itu juga dengan gue bilang yang penting turunlah harganya... padahal gue juga tau sih turun Rp 2.000,- perak itu gak signifikan... tapi yang penting puas bisa nawar. Persis kayak pengakuan sepupunya nyokap gue, dia cerita sebernya sanggup beli harga yang di tawarin, tapi seneng banget dengan yang namanya ngotot nawar barang, kalo berhasil katanya sih ada kepuasan tersendiri :) apa bener tuh? *pertanyaan ini timbul dari omongan orang (gue) yang gak pernah berhasil nawar sampe gila-gilaan*

Kembali ke si ibu muda yang manis ini (beneran lho mukanya manis, disamping masih muda, putih dan berjilbab -- huuuh dasar pikirannya gak jauh2 deh). Gue kan beli koran, nah kebetulan beritanya si SBY dah jadi presiden, gue iseng aja nanya ternyata dia golput, dari pemilihan presiden sejak putaran pertama sampai yang kedua. Dia bilang sih dia gak terlalu suka ngurusih hal-hal begitu. Gue pengennya sih bilang gak setuju... tapi itukan haknya dia ya udah gue terusin aja baca koran yang baru gue beli. Gue tawarin mau baca koran gue, dia malah gak mau. Repot katanya sih.

Pas lagi asik baca koran, si ibu ini ternyata di tanya penumpang cewek yang lain. Ternyata dia nanyain juga soal keripik dan berbagai snack yang di bawa si ibu ini. Gue gak mau ikutan tapi menarik juga mendengar seluk beluk tempat penjualan berbagai aneka panganan ringan ini. Maunya sih gue ikutan, tapi ya udah deh gue dengeri aja. Penumpang yang nanya ke si ibu ini cerita dimana dia biasa beli, terus bilang harganya juga termasuk murah, saudaranya katanyasih punya kenalan dengan pabrik yang buat makanan ringannya. Wah penasaran juga nih gue pengen tau dimana ya pabrik pembuat snack2 itu...
"Lumayan lho bu kalo kita jualnya perempatan (1/4 kg --pen.), ibu jualannya perepatan juga kan?" tanya si wanita yang di deket si ibu
"Iya, saya jual perempatan di palastikin, harganya 5.000,- an, lumayan lah" jawab si ibu
"Oh sama ya kalo gitu... eh bu saya duluan ya turun disini" bales si wanita di deket si ibu

Ternyata penumpang itu turun di Stasiun Depok lama, iseng aja gue nanya lagi ke si ibu yang duduk disamping gue itu:
"Jadi doong bu nyobain tempat baru" tanya gue iseng
"Iya, kan lumanya lebih murah ya seribu-duaribu kan lumayan" timpal dia
"Memang beda 1000 itu ngaruh banyak ya bu?, soalnya kan saya bergaul dengan temen yang gak terlalu peduli beda harganya berapa, apalagi kalo bedanya 1000 (rupiah) aja" tanya gue
"Ya ngaruh doong" jawab dia.

Dalam hati: hmmm ngaruh ya duit seribu? kalo pembelinya gue mungkin enggak kali ya, soalnya gue kan kalo beli snack gitu cuma beli 1 kardus dan buat gue makan sendiri sedangkan si ibu ini beli banyak dan untuk di jual lagi.

Oh iya dari ngobrol ini si ibu ini malah sempat nyuruh gue jualan kripik/snack, katanya sih untungnya lumayan... masak sih? tapi boleh juga sih, cuma gue belum punya pasar-nya nih... ada yang mau gak beli snack dari gue? kalo mau gue mau deh jualan snack... ya biar kalo gue beli gak gue abisin sendiri :)

Setelah kereta berjalan, tiba-tiba ada anak jalanan (anak kereta kali ya?) yang suka nyapu lantai gerbong, dan dia maksa minta duit ke si ibu. Akhirnya gak tega juga tuh si ibu ngasih duit. Di keluarin duit selembar 1000 rupiah, akhirnya pergi juga tuh anak kecil. Setelah anak kecil itu pergi gue berkomentar sinis:
"Anak kecil itu pasti ada yang nyuruh" gue coba ngasih komentar
"Iya pasti" jawab si Ibu menimpali omongan gue.
"Saya pernah denger cerita orang bu, kalo mereka itu kadang makannya lebih mewah dari kita-kita, makannya mereka sering pake ayam & daging" kata gue sinis. Terus gue ngomentarin lagi:
"Saya juga pernah denger tuh bu, ada orang yang coba berbaik hati mengangkat mereka jadi anak angkat, tapi mereka malah balik lagi jadi anak jalanan. Mereka kan biasa hidup bebas, uangnya juga banyak mungkin bisa sampai dapet 20.000 (rupiah) sehari. Nah wajar aja kalo gak betah diangkat anak, soalnya kan berarti harus sekolah gak bisa bebas lagi, udah gitu kalaupun di kasih uang jajan paling banter cuma di kasih 1000-2000 rupiah, ya mana tahan mereka, akhirnya banyak yang lebih milih balik lagi jadi anak jalanan" jawab gue sok tau...
"Iya sih, serba salah ya..." jawab si ibu

Gak terasa akhirnya sampai juga kereta di Stasiun Pondok Cina, akhirnya gue pamitan ke si ibu:
"Bu saya duluan turun di sini ya? Sukeses ya bu" gue coba berpamitan
"Oh iya, Assalamualaikum Wr. Wb" bales si ibu
"Waalaikumsalam wr. wb" jawab gue.

Rada aneh juga ya, baru kali ini gue pamit di kasih salam sama orang, sama wanita lagi... dan gue kok rasanya seneng banget di kasih salam (bukan karena yang ngasih salamnya cewek lho....). Mungkin si ibu ini ngasihnya salamnya dengan ikhlas kali ya, sampai gue jadi tersentuh gitu... wah gue harus lebih ikhlas nih kalo ngasih salam ke orang :) Bener kata nabi, kalo senyuman yang ikhlas itu lebih baik daripada shodakoh yang diiringi dengan muka cemberut. Mungkin dalam hal ini senyuman bisa di ganti dengan salam kali ya... (gak tau deh....)

Ahhh turun dari kereta rasanya gue lebih seneng aja setelah ngobrol-ngobrol dengan si ibu. Jadi benar pepatah dahul malu bertanya sesat di jalan. Malu bertanya gak bakalan tau tempat dan harga penjual keripik/snack. Tapi ada yang konyol juga kenapa gue gak tanya namanya dia ya? udah gitu gak nanya statusnya hehehe. Tapi untuk nanya status (pernikahan) itu gue kayaknya sekarang sudah mulai men-tabu-kan nanya ke cewe disamping nanya umur. Soalnya kalo yang ditanya berkenan sih gak papa tapi kalo gak, bisa menyinggung perasaan.

Gue pernah ngalamain soalnya waktu pas belum lulus kuliah, ditanyain sama orang-orang biasanya udah lulus belum, emang kenyataannya sih belum... tapi pertanyaan itu dalam sekali mengena ke hati gue!!! :) Nah dari pengalaman itu gue gak mau deh nanya dia udah nikah/udah punya anak... itu sepertinya pertanyaan yang sensitif :) toh tujuan gue bertanya sudah tercapai yaitu nanya harga dan lokasi tempat jual keripik/snack :)

4 Comments:

Blogger Luluk said...

Huahahaha....!! :D

Btw, vi, udah pernah nyoba kusuka kan?

Thursday, October 07, 2004 5:49:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Buat Dani: What "Little Crush" yang loe maksud dan? :)
Buat Luluk: Kusuka, wah gue baru sekali nyobain tapi rasanya masih "terngiang-ngiang" di lidah gue. Ni kripik sejauh ini termasuk yang paling top-rated menurut gue :D, keripiknya empuk, rasanya juga enak, bungkusnya menarik, isinya juga banyak, cuma harganya pun jauh diatas rata-rata keripik pada umumnya :) (ya trade off lah). Dan satu lagi, ini kripik buatan Bogor lho :) sayang gue gak tau pabriknya, kalo tau... dah gue bakalan beli dari sana kali (barangkali aja bisa dapet lebih murah hehehehe)

Thursday, October 07, 2004 5:59:00 PM  

Blogger KentutIjo said...

oooh, si alvi seleranya IBU-IBU MUDA== masih muda tapi udah jadi ibu2

Sunday, October 10, 2004 2:53:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Protes gue, masak loe bilang selera gue ibu-ibu muda... :) pantang dong... bagi gue untuk merebut sesuatu dari pemilik yang sah... :D
Hmm lain kali kayaknya pengalaman yang beginian jangan diceritakan di blog (atau gaya penulisannya yang musti di ubah deh...)... bisa menimbulkan salah persepsi :D

Monday, October 11, 2004 2:04:00 PM