Kecelakaan, Terpaksa Nolak, dan Ngobrol...

 Monday, June 28, 2004

Hari Sabtu pagi-pagi gue dibangunkan oleh telepon dari Kris Sugianto, temen satu kelas gue di SMA. Kebetulan hari sabtu ini (26 Juni 2004) dan minggu besok (27 Juni) di SMU Negeri 1 Bogor berlangsung Reuni Akbar dari angkatan jebot sampai yang terakhir 2003. Ternyata temen lama gue ini nanya janjian ketemuan bareng-nya. Gue bilangin ke temen gue ini kalo kayaknya hari sabtu ini gue gak yakin yang lainnya bakal bisa. Soalnya hari sabtu ada yang masih masuk gawe jadi kalo untuk dateng sabtu ini besar kemungkinan gak bisa. Kebetulan HP temen gue ini ilang, dan nanya nomornya yang lain... ya udah gue kasih.

Setelah ngirimin nomor telepon temen-temen ke si Kris, gak beberapa lama gue dapet SMS dari Ikhsan, temen gue satu kelas juga waktu di SMA. Isinya pertanyaannya yang gak jauh beda, nanya kapan janjian berangkatnya. Gue bilangin aja kalo minggu besok aja soalnya hari ini masih ada yang kerja. Gak lama Ikhsan nelepon gue, ya udah kami ngobrol cukup lama, sampai akhirnya iseng gue bilangin ke temen gue ini kalo gue pengen main ke rumahnya di daerah Cipaku Bogor. Tempat tinggalnya gue belum tau, dengan modal nekat gue mau hunting alamat rumahnya, toh sekarang komunikasi udah canggih mudah-mudahan lebih gampang nyarinya. Akhirnya setelah ngobrol di telepon cukup lama, gue bikin janji kalo agak sore gue bakal main ke rumahnya.

Akhirnya jam setengah dua siang gue berangkat ke rumah temen gue dengan menggunakan motor. Rute yang dilewati ke daerah Cipaku dari rumah gue di Sindang Barang adalah lewat: Gunung Batu, Jembatan Merah, Taman Topi, Pertigaan Katedral, SMU 1 Bogor (Sengaja liat gimana suasana reuni disana, ternyata udah agak kosong). Rute selanjutnya adalah Pasar Ramayana, Sukasari (Daerah Macet, full Angkot...), Pertigaan Batu tulis belok ke kanan jalan agak jau akhirnya ketemu pertigaan dan gue ambil jalur ke kiri ke arah Istana Batu Tulis.

Sambil jalan, tepat di Istana Batu Tulis ini gue ngelihat kerumunan masa yang sedang menonton orang diangkut ke angkot. Di depan Istana yang sempat menghebohkan pemberitaan media masa gara-gara penggalian situs di sekitarnya oleh Menteri Agama Said Agil Munawar ini, Gue cari posisi sebentar untuk liat ;) (Jadi inget omongan dosen gue dulu, kalo di Indonesia, kecelakaan itu suka dijadiin bahan tontonan). Kebetulan lagi bawa kamera ya udah gue foto aja situasi disana. *iseng banget ya...*


Kerumunan orang-orang yang nonton kecelakaan


Bagian depan angkot yang penyok di tabrak motor

Setelah tanya-tanya sama yang nonton, ternyata korbannya sekitar tiga orang. Tiga orang korbannya patah-patah tulang ada yang kena di bagian tangan ada juga yang kena dibagian kaki, untungnya gak ada yang mati. Gue gak tau sopirnya kena jadi korban apa enggak... soalnya bagian mobil yang ketabrak itu bagian depan tempat supir persis. Daerah ini memang lumayan rame karena deket dengan pertigaan.

Karena banyak yang nonton :) akhirnya jalanan jadi sedikit terhambat karena pengendara yang lewat kebanyakan memperlambat laju kendaraannya untuk "nonton" kecelakaan itu. Gue coba nerusin perjalanan ke rumah temen gue ini lewat pertigaan di deket Istana Batu Tulis yang juga deket persis dengan lokasi kecelakaan. Yah kebayangkan macetnya... udah ada yang celaka deket pertigaan lagi. Gue aja untuk masuk kesana nungguin bisa lewat sekitar beberapa menit... padahal pake motor.

Akhirnya lewat juga tuh pertigaan. Untuk pertama kalinya gue lewati jalan ini sambil ngelewatin Stasiun KA Batu Tulis, jalannya sempit angkotnya banyak (yah biasalah Bogor). Gue belom pernah lewat sini, cuma kata temen gue ancer-ancernya kalo ada pertigaan gue lurus aja sampai ngelewatin rel KA lagi. Pertigaan ini arahnya lurus dan ke kanan, kalo ke kanan katanya sih bisa ke arah Sukabumi. Gue ambil jalan lurus sesuai dengan pesen temen gue.

Setelah lewat rel KA, gue jalan terus sampe ke tempat ancer-ancer yang temen gue bilang yaitu pertigaan di depan SD. Setelah jalan agak jauh akhirnya sampailah gue di tempat itu. Dari pertigaan gue ambil jalur ke kiri, jalannya agak jelek dan gue telepon temen gue. Dia bilang cari gapuran yang ada tulisan Cimanengah. Setelah sampe disana gak ketemu juga dengan temen gue, gue telepon... hp-nya gak diangkat sama temen gue. Temen gue nelpon balik dan ternyata dia udah dipertigaan di jalan depan SD. Heran gue padahal pas mau ke gapura gue lewat jalan yang sama dengan temen gue, tapi gue kok gak ketemu ya?.

Ya udah akhirnya gue balik lagi, dan bener ternyata lagi nungguin disana. Akhirnya sama temen gue ini gue ditunjukin jalur yang lain yaitu lewat jalan yang arahnya lurus (sebelumnya gue belok ke kiri). Dan ternyata di daerah Cipaku ini banyak banget ditemukan kompleks "Kuburan Cina". Memang kebanyakan suku Tionghoa bahkan yang tinggal di Jakarta menggunakan kawasan ini sebagai tempat favorit untuk peristirahatan terakhir. Tempatnya... gile keren-keren lho..., tau sendiri kan "Kuburan Cina" gampang dikenali dengan penanda berbentuk nisan atau bangunan yang cukup gede dibandingkan kuburan-kuburan pada umumnya. Sebenernya gue pengen banget nih motret bukit-bukit di daerah Cipaku yang terhampar luas dengan kuburan-kuburan cina yang megah dan rapih, gak tau kenapa ya waktu itu gak gue foto aja ya padahal bawa kamera *nyesel*.

Gue sih bukan "pencinta" kuburan cuma pemandangan yang terhampar oleh kuburan-kuburan ini lumayan menarik untuk dipotret, apalagi dengan topografi wilayah pekuburan yang berbukit-bukit yang berada di kaki Gunung Salak menambah pemandangan menjadi lebih menarik. Kata temen gue kalo kuburan disini harganya mahal banget, mirip dengan beli rumah mewah lah... Kalo ngeliat kompleks "Kuburan Cina", tempatnya terawat rapih sehingga gak mengesankan ke angkeran yang biasa terlihat di kuburan-kuburan pada umumnya.

Sepertinya para ahli waris dari orang-orang yang dikuburkan di daerah ini cukup rajin merawat kuburan. Gue jadi teringat dengan omongan Jere temen gue di kampus, kalo orang-orang Tionghoa/Cina percaya bahwa sebagian keberuntungan mereka bergantung dengan bakti mereka kepada leluhurnya. Kalo gak salah denger, mereka percaya kalo tidak bersungguh-sungguh merawat makam leluhurnya keberuntungannya bakal jelek. Masih kata Jere, kalo di daerah Hong Kong, orang-orang disana banyak yang merahasiakan lokasi kuburan orang tuanya. Karena kalo sampai saingan bisnis mengetahui lokasi kuburan orang tua mereka, besar kemungkinan makam tersebut bakal di "ganggu" sama saingan bisnis yang pada akhirnya akan menghancurkan keberuntungan bisnis dari ahli waris yang kuburanya di "ganggu". Bener gak ya? menarik juga, begitu tau ada kepercayaan seperti itu...

Setelah melewati kawasan "Kuburan Cina", akhirnya gak beberapa lama sampai juga deh gue di rumah temen gue ini. Ternyata gak jauh dari Gapura "Cimanengah". Rencananya agak sore gue mau main lagi sama temen gue ini ke rumahnya Alfin untuk ngomongin janjian besok pas Reuni. Ternyata si Alfin masih belum pulang, ya udah gue ngobrol-ngobrol aja sama temen gue dirumahnya. Pengennya sih gue main lagi ke kawasan kuburan untuk motret-motret lagi, ternyata mendung dan akhirnya hujan lebat ya akhirnya gak jadi lah...

Pas lagi ngobrol, eh temen SMA gue yang lain nelepon, dia pengen pinjem kamera perekam (camcoder) gue besok. Duh gimana ya... padahal gue udah rencana dari jauh-jauh hari kalo gue besok mau pake nih kamera besok pas Reuni. Entah dari siapa temen gue ini tau kalo gue punya camcoder, dengan gaya yang memohon-mohon dengan alasan sudah gak ada harapan lagi, hampir luluh juga gue untuk ngasih pinjem. Tapi gue masih berat untuk ngasih pinjem, soalnya camcoder gue ini masih relatif baru *ciehh baru ni yee...(apa coba?)* jadi gue belom ikhlas untuk di pinjemin ke orang. Lebih-lebih harga camcoder ini menurut gue relatif mahal (emang mahal banget banget...!!!!). Untuk beli camcoder ini gue dengan tekun dan sabar (catet: tekun dan sabar :p) menyisihkan gaji gue selama lebih dari enam bulan kerja buat bisa beli camcoder. Lebih-lebih gue udah korban perasaan dengan keluarga utamanya nyokap yang sebenernya rada kurang setuju kalo gue ngabisin uang tabungan buat beli camcoder.

Acara temen gue ini rencananya bakal di adain di kawasan Sukabumi deket-deket Javanaspa acaranya ya Outbound. Dalam hati gue Outbound lagi wah makin berat gue untuk minjemin. Kebetulan sodara gue lagi di Sukabumi, temen gue kayaknya tau kalo gue belum ikhlas minjemin, dia bilang kalo entar yang make itu sodara gue deh, akhirnya gue bilangin ke temen gue kalo dia suruh nelpon sodara gue dulu dia bisa apa enggak, entar kalo bisa gue baru nanya dulu ke nyokap gue. Ternyata sodara gue bisa, gue akhirnya nelpon nyokap untuk nanya boleh apa enggak dipinjemin, nyokap gue kayaknya gak ikhlas banget kalo gue minjemin camcoder, lebih-lebih emang rencananya besok mau gue pake buat reuni.

Berat bagi gue untuk nolak permintaan minjem temen, tapi untuk barang-barang elektornik gue kayaknya harus belajar untuk nolak deh... soalnya keluarga sama temen gue punya pengalaman buruk dengan minjemin barang elektornik ke orang lain. USB flash disk temen gue baru-baru ini dipinjem sama temennya ternyata kebakar, rusak gak bisa dipake... sampe sekarang tuh flash disk belum diganti tega banget sih.... Pengalaman lainnya, bokap gue dulu punya kamera SLR, mereknya Canon. Kamera ini dipinjem sama temennya bokap, pas di balikin taunya rusak, udah cari informasi ke toko-toko ternyata sulit untuk dibenerin. Hasilnya... selama gue SMP sampai sekitar kelas 2 SMA gue sekeluarga gak punya foto pribadi.

Gue paling sebel dengan para peminjam yang gak punya rasa tanggung jawab, biasanya kalo make suka gak se-apik yang punya. Make seenaknya aja padahal yang punya makenya hati-hati. Kalo udah make terus rusak, gak mau tanggung jawab. Apa lagi kalo barang udah gak ditangan kita, udah deh gak bakal bisa kita ngawasin. Sebenernya gue bukan orang yang pelit buat minjemin tapi berdasarkan pengalaman gue minjemin, ada aja beberapa orang yang gak tanggung jawab sama barang yang dipinjemnya. Untuk masalah minjemin camcoder, waktu pas mau beli, nyokap gue udah wanti-wanti ke gue untuk gak minjemin. Nyokap gue gak bakal ngijinin gue untuk ngabisin uang tabungan gue untuk beli camcoder kalo sampai nantinya dipinjemin. Nyokap gue kayaknya emang sering punya pengalaman buruk dengan masalah meminjemin barang, makanya meskipun uang yang dipake buat camcoder itu uang gue sendiri, ya sebagai anak gue coba nurut aja deh... toh yang di omongin nyokap gue masuk akal juga dan... ya itu tadi nyokap gue udah sering dapet pengalaman jelek kalo minjemin barang.

Kenapa gue rela menghabiskan semua duit tabungan gue untuk beli camcoder, karena sebenarnya sejak dulu suka banget mengabadikan momen dengan memotret walaupun gue belum sampai tahap sebagai fotografer. Sekarang hobi motret ini ditambah dengan hobi mengabadikan gambar bergerak. Dulu, bahkan sekarang pun gue masih menganggap kesenangan gue ini sebernernya termasuk hobi yang mahal banget. Tapi dengan adanya teknologi digital setidaknya hobi gue bisa lebih murah, soalnya udah gak perlu mikirin biaya beli film dan nyucinya. Kalo nyetak sih mungkin masih mahal ya. Kebetulan sekarang udah ada penghasilan :), ya sudah jadilah keinginan lama itu terwujud...

-

Setelah agak lama ngobrol dengan Ikhasan di rumahnya, hujan udah reda tapi waktu udah hampir maghrib ya udah gue sholat maghrib dulu ditemen gue baru rencananya cabut berdua main ke rumahnya si Alfin. Pas mau kesana gila ternyata di depan Istana Batu Tulis masih macet, jangan-jangan sisa kemacetan gara-gara tabrakan tadi. Pas ditengah jalan rencana di ubah dulu, gue langsung mampir dulu beli Baso. Nama basonya kalo gak salah itu Baso Boboho, gak tau kenapa dinamain seperti itu.

Gue suruh si Alfin main ke situ dulu, akhirnya kami bertiga ngobrol cukup lama di tempat itu. Rasa baso-nya lumayan enak, isi basonya agak mirip dengan Baso Seuseupan yang jarak warungnya gak terlalu jauh dar Baso Boboho. Kemiripannya adalah dengan menambah gorengan ikan (gak tau ikan apa?). Gorengan ikan ini isinya agak kopong (kosong) seperti kerupuk, ya lebih mirip dengan Krécék (Kulit Sapi Goreng). Harganya Rp 4.000,- isinya standar sih yaitu Mie telor + Bihun, Gorengan Ikan yang mirip Krecek, Sayur Secin (Caisin?) + toge, 4 baso kecil, dan 1 baso urat yang lebih gede. Tidak seperti warung baso lainnya, di sini Kecap sama Sambel saos yang dipake termasuk bermerek, kalo gak salah mereknya Indofood, jarang-jarang warung baso yang gue temuin pake yang bermerek. Minuman Es Jeruk harganya Rp 2.000,- kalo Es Teler/Campur sekitar Rp 3.500,- (kok jadi promosi daftar harga ya...)

Setelah beres makan baso, akhirnya kami ngobrol cukup lama di rumahnya si Alfin, sambil tuker-tukeran nomer telepon temen SMA. Pas lagi asyik ngobrol, eh temen gue yang sebelumnya mau minjem camcoder nelpon lagi, dia bilang udah gak ada harapan lagi, cuma gue satu-satunya harapan dia. Antara kasian dengan tega, dengan terpaksa gue tolak deh rencana minjem camcoder gue bilang aja alasannya besok mau gue pake (emang bener kan...) walaupun sebenernya gue emang gak mau minjemin. Bodo lah kalo nanti gue dibilang pelit... lagian temen gue ini minjeminnya untuk urusan bisnis ya seharusnya jauh-jauh hari udah dipersiapkan dengan matang. Trnyata yang lain ngedukung keputusan gue, ya udah berkurang deh perasaan berdosa gue. Cukup lama ngobrol gak kerasa dari jam tujuh malem, tau-tau udah jam 9. Ya sut, izin mau balik, tapi ya ternyata masih ngobrol juga, akhirnya baru jam setengah sepuluh baru pulang dari sana.

Malem-malem iseng gue coba anterin temen gue Ikhsan lewatin jalan Pajajaran rencananya pas di pertigaan deket Tajur entar gue belok ke arah sebelum Bondongan. Iseng-iseng lah sambil melihat kehidupan malam di Bogor :p. Sambil ngelewati jalan Pajajaran, agak jauh setelah lewat Masjid Raya tepatnya sebelum Bale Binarum, gue liat banyak tuh yang jualan makanan dikawasan ini, lumayan banyak lah mobil-mobil diparkir di daerah ini. Gue jadi tau kalo ternyata disini banyak banget penjual makanan seperti (standar) Ayam Goreng, Nasi Goreng, Martabak dll. Wah jadi pengen nih nyobain makan disana, ada yang mau nemenin gak ya? (mau nraktirin gue lebih baik hehehe)

Setelah nyampe dipertigaan deket Tajur, tepatnya di depan Mall Ekalokasari akhirnya gue belok kanan dan berjalan beberapa lama untuk sekalian nganterin temen gue. Setelah sekalian nganterin temen, akhirnya dengan menggeber motor sampe pernah kecepatannya 80 km/jam (kadang kalo inget, gue ngerasa nekat juga gelap-gelap ngebut) akhirnya nyampe juga deh dirumah, ya udah Sholat Isya dan nonton TV kebetulan di Indosiar lagi di putar film "The Firm" ya udah deh masih entar nih tidurnya...

4 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Yang harus diperhatikan dalam meminjamkan barang:

1. Pinjamkan kepada orang yg benar2 kita kenal, orang tsb harus berjiwa apik (tidak sembrono) terhadap suatu barang.

2. Tentir dan briefing bagaimana cara pengunaanya dan bla bla bla..kepada yg meminjam.

3. Lihat latar belakang yg meminjam, apakah dia mampu untuk mengganti bila terjadi sesuatu pada barang yg kita pinjam. Kalau bisa minta jaminan benda lain yg harganya lebih mahal, sebagai antisipasi.

4. Buat hitam di atas putih antara peminjam dan yg meminjam yg menyatakan bahwa telah dilakukan peminjaman dan kesediaan mengganti bila terjadi kerusakan atau hilang.

5. Cari saksi ketika meminjamkan, harap saksi itu mengingat bagaimana kondisi barang ketika dipinjamkan.

5. Untuk menerapkan semua hal di atas, lo mesti jadi raja tega!

6. Btw, boleh duonk gua minjem kamera lo (gua orangnya apik, tajir, gua bersedia di tentir, briefing, dan membuat pernyataan...lengkap kan!).


-LU-

Monday, June 28, 2004 7:08:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Ini kebiasaan loe ya kalo mau minjemin barang, bagus juga sih sarannya cuma apa itu mungkin? Kebiasaan pekerjaan loe dibawa juga ke kehidupan sehari-hari? hehehe

Untuk point terakhir, Gue akan nekenin ngikutin poin 6 (tertulis 5) yang loe tulis. Gue harus jadi raja tega... jadi otomatis poin selanjutnya, poin 7 (tertulis 6/terakhir) gue dengan tega tidak bisa meminjamkannya ke elu...

Tuesday, June 29, 2004 12:07:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

selamat bung Anda telah mendapat gelar"Paman Gober"...hehehe.

Mengenai diri gua, sok teyu dey yei..

Yakin lo, ga nyesel, kalau ga minjemin gua...

-LU-

Wednesday, June 30, 2004 10:21:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Soal kehidupan pribadi loe, cepat atau lambat akan segera terungkap dalam acara uka-uka (uji keberanian untuk kebenaran) hehehehe

Kayaknya sih gue gak bakalan nyesel gak minjemin barang ke loe hehehehe

Thursday, July 01, 2004 11:14:00 AM