Pencarian Keripik Singkong

 Saturday, June 19, 2004

Sudah niatan agak lama pengen beli keripik singkong sekardus, maksudnya biar puas makannya. Rencananya mau beli di pasar aja, maksudnya sih biar bisa dapet harga yang murah. Waktu itu yang ada di pikiran tuh beli di toko makanan ringan yang ada di Pasar Kebon Kembang, yang dulunya bernama Pasar Anyar (Anyar = Baru).

Sebelum ke pasar gue niatin mampir dulu ke toko buku Gunung Agung yang ada di daerah Jembatan Merah, iseng-iseng aja pengen lihat buku-buku yang mungkin menarik. Sebenernya ada sih bukun yang agak menarik, bukunya Fadli Zon yang judulnya kalo gak salah Huru-Hara 1998, sebenernya pengen beli tapi berhubung sudah niatan duit yang ada mo di beliin Keripik aja akhirnya gak jadi deh. Lumayan sih harganya sekitar Rp 35.000,- edisi tanda tangan. Karena edisi tanda-tangan buku itu ada tanda tangannya si Fadli Zon (pantes gak di bungkus plastik seperti buku-buku pada umumnya).

Gue iseng mau lihat-lihat buku yang lain, yang lagi kepikiran adalah bukunya Kievlan Zein kan sekarang lagi heboh tuh, sempet ke pikiran kalo di jual pengen juga nih beli bukunya. Eh udah gitu taunya cewek penjaga stand buku nanya ke gue "Ada yang bisa di bantu mas?" ya udah gue bilang aja "Cari bukunya Kievlan Zein". Penjaga itu nanya lagi "Judulnya apa mas?". "Wah gak inget mbak, yang saya tau bukunya lagi heboh di berita-berita" jawab gue. Akhirnya cewek yang jaga tersebut nyamperin ke komputer, eh dia malah nanya "Ngejanya gimana?". Ya udah gue ketikin aja ternyata memang belum ada ya udah gue udah mau langsung keluar aja dari toko itu.

Sebelum keluar gue pikir-pikir gak ada salahnya liat-liat judul yang lainnya, kebetulan ketemu dengan penjaga yang tadi, terus dia nawarin judul yang lain, kalo gak salah bukunya bertema bagaimana mengatasi kesedihan. Gue agak heran sekaligus lucu juga, kenapa yang ditawarin buku itu padahal ada buku yang lain-lain, yaaa gue pikir wajar aja sih namanya juga penjual coba nawarin barang. Tapi iseng aja gue jawab "Wah mbak, emang keliatan ya kalo muka saya ini muka yang banyak masalah". Pelayannya itu rada bingung pas mau jawabnya :D, terus dia bilang "Ya namanya hidup kan kita gak pernah lepas dari masalah mas, nah buku ini nerangin hal-hal apa aja yang bisa kita lakukan kalo lagi kena masalah", ya udah gue gak bisa ngomong lagi... terpaksa gue setuju. Kebetulan bosnya lagi lewat, terus pelayan itu nanyain buku yang gue cari, ternyata memang benar buku itu belum keluar. Pas di tanya kapan keluarnya, bosnya penjaga ini ternyata juga gak tahu. Ya udah akhirnya gue cabut aja dari toko itu.

Dari toko Gunung Agung gue jalan kaki lewatin stasiun Bogor untuk ke Pasar Kebon Kembang. Pasar ini memang deket banget dengan Stasiun Kereta Api Bogor. Jalan kesana itu becek dan bau sampah lagi. Dalam hati gue mikir, niat banget gue pengen beli kripik singkong sampe lewat jalanan becek, sumpek, kotor, dan rame cuma buat beli keripik singkong. Lebih lebih gue sebenernya paling males kalo main ke pasar. Dulu waktu SD gue paling males kalo diajakin nganterin belanja ke Pasar, soalnya di sana itu becek, sumpek, dan lama!!!, pokoknya gak betah deh kalo ke pasar. Entah udah berapa tahun gue gak pernah main ke Pasar Kebon Kembang, dulu terakhir kali sih bikin celana waktu pas kuliah sekitar tahun 2001. Sekarang demi kripik gue bakal ngebela-belain nyusurin lagi gang-gang dan toko-toko yang ada di Pasar Kebon Kembang... Demi Keripik Singkong...

Pas lagi jalan, persis depan Stasiun Kereta, ternyata ada toko yang jual makanan-makanan ringan seperti kripik dan manisan, ah kebetulan... ya udah langsung deh gue mampir ke sono. Ngantri sebentar soalnya nunggu pelayan toko ngelayanain pembeli yang lain. Di toko ini memang bener ada kripik singkong, warna keripiknya agak oranye ke putih-putihan, nah yang ini pasti rasa Keju. Gue dan orang di rumah lebih suka rasa Jagung Bakar dibanding rasa Keju, jadi ya gue lihat-lihat di toko ini ada gak keripik singkong rasa Jagung Bakar. Warna keripik rasa Jagung Bakar biasanya agak merah, ya udah gue lihat-lihat dan bener ternyata toko ini jual kripik yang warna merah.

Akhirnya gue tanya aja ke penjualnya "Ada gak keripik singkong yang kayak gini sekardus" (sambil nunjuk ke keripik singkong yang warnanya merah). "Ada" jawab penjual. "Berapa harganya satu kardus?" tanya gue. "35 ribu" jawabnya. Dalam hati gue "Busyet mahal amat ya". Sebenernya emang wajar sih harganya segitu, soalnya sekilonya biasanya Rp 14.000,- jadi kalo satu kardusnya isi 2,5 kg harganya sekitar Rp 35.000,-. Tapi gue coba tawar Rp 25.000,- gak bisa kata yang jual, gue naikin jadi Rp 27.000,- juga gak mau, akhirnya pas ditawar Rp 30.000,- baru mau.

Akhirnya satu kardus isi kripik yang gue minta diambilin sama yang jual. Gue minta liat isinya, pas dilihat emang bener warna merah, rasa Jagung Bakar nih... "Bungkus bang" kata gue. Setelah bayar, langsung aja gue cabut balik. Dipikir-pikir gue bener-bener niat, pergi cuma mau cari kripik singkong doang... ya kapan lagi ada waktu mumpung pas lagi libur & ada duit pikir gue.

Sampe di rumah, gue coba buka bungkusannya. Gue coba ambil kripik dari wadahnya... di cium kok rasanya gak kaya rasa Jagung Bakar, ah gue pikir yang penting rasanya deh. Pas kripik di makan, kok rasanya gak kayak rasa Jagung Bakar. Pas di lihat ke kardusnya bener... ternyata itu rasa Balado. Wah asli gue salah beli nih... Waktu pas beli singkong ini gue yakin banget kalo ini singkong rasa Jagung Bakar soalnya di kardusnya ada tulisan "Singkong Bakar". Pas di rumah baru gue nyadar kalo di bagian bawahnya ada tulisan "Rasa Balado" apes nih salah beli...

Niat beli keripik banyak sampe sekardus maksudnya biar puas makannya. Bukannya puas malah kecewa, soalnya pas gue coba makan, rasa keripiknya kurang mantep, baru sebentar (sekitar 15 menit lah :p ) gue udah gak mau nerusin makan lagi. Mau gak di makan udah di beli, ya udah mau gak mau terpaksa... Setidaknya hari ini memberikan pelajaran bagi gue: Jangan beli kripik singkong berdasarkan warnanya, tapi tanya langsung sama yang jual apa rasanya! atau dengan kata lain Jangan tertipu oleh Penampilan. Dasar warna merah penipu!!! Ya ini akibat gue kuper juga sama yang namanya dunia kripik singkong. Gue taunya kripik singkong itu cuma ada tiga rasa yaitu rasa Asli Singkong (+ variasi), rasa Keju, sama rasa Jagung Bakar, ternyata sekarang udah nambah lagi rasa Balado, gak tau entar-entar bakal nambah rasa apa lagi? coklat atau strowberi kali kayak susu sapi.

Selain itu, kalo gue beli secara ngeteng, biasanya tulisan merek kripiknya di kardus itu "Tes" nah yang ini mereknya "PJ", jangan-jangan ini ngaruh juga... soalnya tingkat kerenyahan singkong merek "PJ" (dengan mengabaikan faktor rasa pun) agak dipertanyakan dibanding merek "Tes". Ya jadi agak-agak kurang renyah dan empuk lah, soalnya gigi gue pas ngeggit sempet saki gara-gara ada potongan keripiknya agak kegedean dan keras. Kalo diterusin bisa-bisa rontok deh gigi gue. Yah setidaknya hari ini jadi bahan pelajaranlah dalam membeli singkong, dan lain kali kayaknya musti tanya juga sama orang-orang yang sudah berpengalaman, di toko mana gue harus beli. Lebih baik gue masuk ke gang-gang sempit di dalam pasar untuk dapetin keripik yang sesuai selera, dari pada beli di tempat yang deket tapi ternyata hasilnya kurang memuaskan... Ah Kripik Singkong...

4 Comments:

Anonymous Anonymous said...

hahaha...lucu jugra ur story...

Coba lo jadi beli buku, se-ga-nya lo bisa dapet nomer phone pelayan tersebut...

Setelah lo dapet no phone dia, lo janjian deh ama dia beli kripik singkong bareng...yah, se-ga-nya kalau lo masih tetep salah beli, kripiknya masih bisa dimakan berdua...


- L U -

Sunday, June 20, 2004 9:30:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Hehehe boleh juga ide-nya tuh :D, yah maklum lah saat itu mata hati gue sudah "terbutakan" oleh keripik singkong, jadi hal-hal yang beginian gak kepikiran di otak gue... *ngeles*

Monday, June 21, 2004 4:00:00 PM  

Blogger KentutIjo said...

elo sih, udah tau nyari keripik singkong rasa JAGUNG BAKAR. ya beli dong yang ada tulisannya JAGUNG BAKAR, bukan SINGKONG BAKAR (baca lagi deh tulisan loe :D )

Tuesday, June 22, 2004 8:23:00 AM  

Blogger alvifauzan said...

Kan pas akhir-akhir gue bilang, kalo gue kuper dengan perkembangan kripik singkong :), ya gue pikir rasa kripik itu cuma Keju dan Jagung Bakar jadi gue pikir yang dimaksud singkong Bakar itu sama dengan rasa Jagung Bakar :D

Tuesday, June 22, 2004 11:35:00 AM