14 Feb 2005

 Monday, February 21, 2005

Gue harus pergi hari itu, tanggal 14 februari 2005. Gue gak perlu cerita maksud dan tujuan gue pergi, gue cuma mau cerita sedikit (atau banyak?) pengalaman gue selama perjalanan hari itu.

Perjalanan dilakukan dengan menggunakan bis, katanya sih bis eksekutif, tarif 75 ribu, kalo bisa nunjukin 10 tiket bisa dapet bonus 1 tiket... ah gak ngaruh gue jarang pergi jadi gak mungkin bisa sempet ngumpulin sampe 10 tiket. Meski eksekutif, kayaknya bisnya kurang perawatan deh, kursinya rada kotor, selimutnya kotor, kayaknya udah berapa hari gak di cuci sampe bau (yaik!!), ac-nya gak dingin (mungkin freonnya bocor?), tv & vcd yang nongkrong di depan bis persis pajangan doang, gak pernah dipake buat nyetel film. Body bisnya udah ada yang di dempul, kaca depannya ada yang dah retak, gue ngeri kalo pas perjalanan nanti mesinnya mogok, bisa gawat kan kalo mogok tengah malem apalagi kalo di daerah hutan.

Tempat jual tiketnya rada-rada kotor, kalo gak kepepet kayaknya gue males juga deh naik bis itu, tapi sekali-kali nyobain gak ada salahnya walaupun di hati gue sebenernya sangat-sangat ragu dengan kenyamanan dan keamanan dengan bis model gitu. Kebetulan tempat jual tiketnya ini gak terlalu jauh dari rumah, deket terminal Bubulak Bogor yang ada sekitar 700 meter dari rumah. Gue cuma bilang Bismillah aja deh mudah-mudahan selamat sampe tujuan (dan alhamdulillah memang selamat sih). Bisnya berangkat agak telat sedikit dari jadwal jam 12 siang. Bisnya mengambil penumpang dari agen-agen bis yang tersebar di jalan raya bogor, utamanya yang di daerah jakarta timur sekitar pasar rumah sakit yang gue gak inget namanya yang jelas setelah pertigaan PAL. Kebetulan banget tuh bis yang gue naikin rejekinya lagi bagus, semua tempat duduk sudah habis ludes di beli. Akhirnya setelah jam 14.30 sore bis berangkat ke arah timur pulau jawa.

Sekitar jam 14.57, HP gue berbunyi, dan pas di cek nomornya gakada dalam address book di HP gue. Agak ragu dan males untuk nerima telpon yang gak jelas itu, tapi akhirnya gue angkat juga telpon itu.

"Halo, ini ad***n (nama sengaja dirahasiakan :p) pak yang waktu itu telat ngumpulin tugas"
Agak bingung juga siapa ya ad***n itu?, setelah agak lama mengingat-ingat, baru sadar ternyata dia salah satu mhs yang sempat gue ajar semester ini. "Oh iya ada apa ya?" tanya gue. Gue waktu itu nebak pasti masalah nilai yang gue keluarin hari sabtu kemarin nih...
"Gini pak waktu itu tugasnya belum bisa dikumpulin soalnya WinRar-nya rusak, jadi saya waktu itu belum bisa ngumpulin. Sekalian juga mau nanya kapan bapak ke kampus?, soalnya beberapa hari ini saya cari di kampus gak pernah ketemu" lanjut sang mhs.
"Oh saya memang gak akan pernah kekampus lagi, setelah urusan nilai kuliah beres saya memang tidak berniat datang ke ke kampus lagi" jawab gue, dan niatnya emang untuk semester ini gue gak mau ngajar lagi biar hari sabtu bisa lebih banyak waktu buat bersantai :).
"Sekarang sedang di luar kota pak?" tanya si mhs.
"Iya saya sedang di luar kota, sekarang" jawab gue.
"Lama pak? kapan balik ke kampus?" tanya si mhs lagi.
"Wah saya gak bisa mastiin, tapi kayaknya agak lama di luar kota" jawab gue
"Aduh gimana ya, untuk nilai PBO saya apa tidak bisa di rubah pak?" tanya dia dengan nada rada-rada putus asa.
"Kamu sudah tau nilainya kan?" tanya gue. Gue inget kalo gak salah mhs ini 1 dari 2 mahasiswa yang gue kasih nilai E.
"Iya, kalo bisa jangan segitu nilainya pak, waktu itu saya mau ngumpulin tugasnya tapi zip-an file-nya rusak jadi..." si mhs coba membela diri dengan nada yang ragu-ragu, penuh harap banget sama gue, layaknya seorang terpidana yang memohon pada hakim untuk dibebaskan dari hukumannya. Saat itu gue pengen senyum-senyum denger permohonan dia, ternyata gini rasanya memiliki kekuasaan. Ternyata begini nada bicara orang yang "terdesak" pasrah memohon kemurahan hati dari gue :) *gue jahat gak sih? :)*. Sebenernya meskipun mhs ini mengumpulkan tugas, peluang untuk dapet nilai D atau C cukup berat, karena nilai UTS dan UAS-nya "parah", dan gue tau banget nih anak masuk cuma pas UTS dan UAS aja, pas kuliah sama sekali gak pernah nongol barang setor muka doang.
"Aduh gimana ya, kayaknya gak mungkin nilainya saya rubah, saya sudah serahkan daftar nilai itu ke pihak fakultas dan jurusan, jadi gak mungkin kalo saya ubah nilai itu lagi, meskipun kamu mengirimkan tugas kamu" jawab gue.
"Aduh gimana doong, apa gak ada kebijaksanaan pak?" tanya dia dengan nada memelas dan putus asa
"Kalo memang mau nyerahin tugas, harusnya dari jauh-jauh hari sebelum saya mengumumkan nilai, paling tidak kan ada waktu seminggu setelah ujian akhir hingga sabtu kemarin, kenapa tidak dimanfaatkan untuk mengumpulkan tugas?" bales gue.
Si mhs diam gak bisa jawab, tapi tetep berusaha meyakinkan supaya gue mau merubah nilainya dia.
"Kamu sudah dewasa, jadi kalo memang ada butuh harusnya kamu aktif berusaha menghubungi saya sebelum nilainya saya keluarkan, kalo memang merasa hasil ujiannya tidak memuaskan, saya masih memberi tugas tambahan supaya nilainya tidak seperti sekarang, tapi kamu telat!, kamu baru berinisiatif setelah nilai keluar" jawab gue sok-sok gak peduli dan gak mau ambil pusing (emang beneran gue gak mau peduli dan ambil pusing...)
"Kapan kamu lulus?, tahun ini?, tahun depan?" tanya gue.
"Ah masih belum pak..." jawab dia rada malu-malu dan sungkan
"Nah kalo gitu, berarti kamu berarti masih memiliki kesempatan tahun depan untuk mengulangi lagi kuliah itu" tanya gue coba meyakinkan dia.
"Aduh pak... kalo bisa jangan dong... kuliah saya makin berat tahun depan kalo nilai ini masih seperti itu pak" pinta dia dengan nada masih mengiba sama gue...
"Saya tidak bisa berbuat banyak, masalahnya nilai sudah keluar, dan kamu baru mau mengumpulkan tugas setelah mengetahui nilai itu tak sesuai dengan harapan kamu" jawab gue.
"Ya kalo memang bisa saya minta tolong pak kalo bisa nilai saya jangan seperti itu" mhs ini masih ngotot pengen gue mau merubah keputusan nilainya dia.
"Kamu masih belum didesak untuk segera lulus jadi masih ada waktu tahun depan untuk mengulang, anggap saja kejadian ini sebagai bahan pelajaran bagi kamu. Lain kali kalo memang kamu merasa nilainya kurang memuaskan, kamu harus berinisiatif jauh-jauh hari sebelum nilai dikeluarkan, kamu kan sudah besar jadi jangan berharap saya yang mencari kamu supaya kamu mengumpulkan tugas. Anggaplah kejadian ini sebagai pelajaran bagi kamu..., gimana kamu coba lagi tahun depan ya?" gue coba menerangkan dengan harapan dia mau ngerti kalo gue gak bakal bisa ngerubah nilai yang sudah gue umumin.
"Iya pak... makasih pak" jawab si mhs dengan nada pasrah kalo usaha lobinya telah gagal total. Komentar gue..., kalo memang merasa nilainya jelek masa' musti gue sih yang peduli, nilai-nilai kuliah sendiri masak gak ada inisiatif sendiri.

Ternyata beberapa hari yang lalu pas gue ngecek email, ada dua orang lagi yang pengen nilainya berubah. Emailnya seperti berikut:

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Maaf kemarin mungkin salah alamat emailnya, mohon Pak nilai saya untuk dipertimbangkan kembali, karena saya sudah 2 kali ngulang pak (So what? --red).
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih
Em** Sya****i

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Maaf pak saya Ab****ah H.A. Sh***b mahasiswa jurusan ilmu komputer. Mohon untuk pertimbangan nilai matakuliah PBO. Sebelumnya saya sampaikan terima kasih

Gue belum sempat bales kedua email itu tapi yang jelas jawaban gue akan tetap TIDAK. Gue ngerasa udah cukup baik memberi kelonggaran pengunduran waktu pengumpulan tugas praktikum hingga beberapa minggu, tapi sayang niat baik gue gak ditanggapi oleh mereka, setelah nilai dikeluarkan mereka memohon-mohon untuk dibantu. Mengapa gue harus bantu mereka? kalo mereka sendiri tidak mau membantu diri mereka sendiri dengan memanfaatkan kesempatan yang sudah diberikan jauh-jauh hari. Gue udah kasih kisi-kisi, kenapa mereka gak ada inisiatif untuk mempelajarinya atau kalo memang gak dapet karena gak masuk, kenapa gak inisiatif nanya ke temen-temenya yang masuk?. Gue udah kasih kesempatan bertanya via email kalo memang ada kesulitan, tapi mereka seolah gak peduli, setelah nilainya keluar dan jelek, baru mereka merengek-rengek minta dibantu... haruskah gue bantu mereka? ah kalo gue bantu mengubah nilai mereka gue justru menjerumuskan mereka.... mereka harus belajar bahwa untuk hidup itu memang tidak mudah... gak pernah kuliah, gak ngumpulin tugas masak pengen dapet nilai yang bagus?


Dah beres urusan mahasiswa yang 'ngeyel' minta nilainya dinaikin, gue coba nikmati perjalanan sore itu. Ketika bis mulai melalui tol di kawasan bekasi, cibitung, pokoknya kawasan industri jalanan mulai terasa lambat karena memang sedang ada pekerjaan pelebaran jalan, disamping itu tak sedikit gue temui berbagai kecelakaan di jalan ini, dari truk yang 'nyusruk' masuk ke sawah, atau truk pengaduk semen yang terguling di pinggir jalan dan berbagai kecelakaan lainnya deh. Kalo di itung-itung udah lebih dari 5 kendaraan yang mengalami kecelakaan di jalan tol Cikampek itu.

Keluar dari tol, supir bis bawaannya masih ngebut terus, mau jalan lurus, menikung pokoknya ngebut terus, gue sebenernya sih seneng-seneng aja kalo supirnya bisa bawa ngebut kan berarti cepet sampe :) Lama-lama bukannya seneng, gue malah ngeri ngeliat supirnya ngebut kayak orang dikejar-kejar setan... bukan apa-apa orang-orang yang dipinggir jalan atau pengendara sepeda atau motor hampir berapa kali keserempet sama bis yang gue naikin, gue ngeri kalo-kalo sampe beneran nabrak dan mati. Kalo sampe kejadian kan gawat bisa-bisa bisnya di timpuk atau di bakar. Jalur pantura ini memang jalur tengkorak setiap berapa kilometer ibaratnya gue gak pernah putus-putusnya liat kecelakaan kendaraan dari yang biasa-biasa sampe yang parah, herannya nih supir bisa yang dinaikin gue kayaknya cuek-cuek aja ngebut, malah kalo hampir mau nabrak orang atau sepeda dia klakson-klakson sambil ketawa-ketawa kayak orang tua nakut-nakutin anak kecil.

Sebelum lebaran bulan november 2004 lalu, di jalur Pantura di resmikan jembatan layang yang cukup panjang untuk mengatasi kemacetan, kalo gak salah jalan layang ini berada di daerah palimanan. Nah pas mau sampe turunan jalan layang ini, didepan gue ada motor yang ngebut. Awalnya gue lagi baca-baca buku yang gue bawa, tiba-tiba supir bis sama keneknya teriak-teriak "Eh ngapain tuh motor di depan" gue gak liat secara langsung tapi ternyata 2 orang yang naik motor itu ngebut, jalanannya agak licin karena banyak debu dan kerikil-kerikil yang bikin keseimbangann motor itu kacau, akhirnya motor itu nabrak warung kaki lima yang menjual rokok. Suara mesin motor masih terdengar dengan jelas, tapi yang jelas kedua orang penumpang itu terlentang tak berdaya, gue liat dari hidungnya keluar beberapa darah segar dan sepertinya keduanya langsung mati ditempat saat itu juga di depan mata gue sendiri!. Kalo kata supir atau kenek bis kedua orang itu kemungkinan besar mati soalnya motor itu sebelum jatuh salto berkali-kali layaknya di sirkus-sirkus tapi yang ini tidak terkontrol, akibatnya ya itu jatuh dan kemungkinan besar mati, kalaupun gak mati mungkin bakalan geger otak berat soalnya dua orang ini gak pake helm dua-duanya.... tapi gue rasa dua orang itu langsung mati di tempat deh...

Merinding gue kalo inget wajah dua orang itu yang mati ditempat akibat ngebut pas turunan dari 'fly over'. Setelah kejadian itu supir bisnya tetep aja masih ngebut kayak gak inget habis liat kecelakaan sebelumnya. Pas keluar dari Pintu Tol Kanci, di depan ada gerobak kerupuk, nah bis yang gue naikin ini keluar dari pintu tol kanci ke jalan biasa dengan kecepatan tinggi, mana beloknya 90 derajat lagi. Gue denger dengan jelas sura derit ban bis layaknya suara ban mobil balap yang berbelok dengan tajam, masalahnya ini bis yang bawa puluhan nyawa, pas tikungan 90 derajat bukannya memperlambat malah tetep ngebut, mana di depannya ada tukang kerupuk. Coba kalo sampe bis itu nabrak tukang kerupuk bisa gawat dah urusannya.

Naik bis itu gue jadi teringat dengan joke antara Supir Bis dengan Pemuka Agama. Alkisah di hari pembalasan ternyata derajat si Supir Bis lebih baik dari Pemuka Agama, karuan saja Pemuka Agama protes kenapa dia yang menyebarkan kebaikan malah kalah derajat ketimbang Supir Bis, sang malaikat memberi penjelasan kalo Pemuka agama itu sering membuat ngantuk umat yang diberikan khotbah olehnya sehingga kebaikan yang disebarkan tidak sampai pada tujuan. Sebaliknya sang supir bis karena gila membawa kendaraannya membuat semua penumpangnya ingat kepada Tuhan. Jangan dimasukin ati, itu cuma joke aja... tapi yang jelas gue jadi banyak baca-bacaan selama naik bis ini.

Selepas kota Tegal (jam 22.00-an), supirnya diganti dengan supir yang lain, ternyata supir pengganti ini tidak kalah 'garang' dengan supir sebelumnya, bawa bisnya tetep ngebut meski jalanan ancur, sempit dan gelap. Beberapa kali gue liat kendaraan yang kecelakaan di tempat itu. Ketimbang supir pertama, meski sama-sama rusuh bawanya, tapi kayaknya lebih baik.

Pas sampe di daerah Semarang (jam 01-an) Bis masuk ke jalan Tol Tembalang-Manyaran gue bisa menikmati pemandangan yang cukup indah. Kita bisa lihat dikanan dan kiri kita cahaya dari rumah-rumah yang terhampar luas di bawah jalan ini. Pokoknya pemandangan malam di film-film deh :) asli bagus banget cahaya dari rumah-rumah yang ada di bawah jalan itu. Karena jalan tol ini memang berada di atas bukit (atau gunung?)

Lewat semarang jalannya naik turun dan berkelak-kelok karena memang daerah disana berbukit-bukit, tapi tetep supirnya bawa bis dengan ngebut juga. Pas masuk kota solo, kalo gue gak salah inget, pas pertigaan jalan mau masuk ke arah jalan A. Yani, Surakarta (jam 03.00-an) laju bis tidak banyak diperlambat meski bis akan berbelok 90 derajat ke arah kanan. Karena ngebut itu pas belok, pintu di samping supir sampe kebuka. Gue yang duduknya persis di belakang supir terang aja kaget. Sendalnya si supir jatuh ke jalan, untungnya si supir gak ikutan jatuh apa lagi supirnya gak pake sabuk pengaman... kalo sampe jatuh berarti bis gak ada supirnya. Bisa kebayang dong gimana nasib bis yang ngebut itu kalo gak ada supir, dan supirnya pun ada kemungkinan jatuh ke aspal yang keras itu dan yang terburuk bisa juga supir bis yang gue naikin kegiles bisnya sendiri kalo sampe jatuh. Waktu pas pintu supir kebuka sendiri, si supir agak kuwalahan megangin pintu supir kayak adegan di film-film, untung dari arah berlawanan gak ada kendaraan, kalo ada kendaraan urusan bisa tambah runyam :(. Gila, parah amat sih nih supir (bisnya juga sama parah sih), beneran gue gak tenang naik bis ini. Kebetulan di jalan A. Yani ini ada pool bis itu, tempatnya persis di depan kantor pejabat pembuat akta ikrar wakaf, gak terlalu jauh dari tempat itu ada terminal bis Tirtonadi Solo.

Di depan pool bis, pintu disamping supir dicoba di benerin ternyata pintu itu rusak gak bisa dibuat nutup, supirnya ngedumel mulu soalnya pintu gak bisa di tutup dan sendal yang dipake dia jatuh di jalan waktu pas tikungan tadi. Supir itu ngamuk-ngamuk sendiri, untungnya dari pool bis itu ada supir yang gantiin, kalo gak digantiin gue tambah serem aja di bawa sama orang yang lagi emosi. Kalo supir yang ketiga ini agak lebih asik bawanya, emang masih tetep ngebut tapi gak kaya dua supir sebelumnya yang bikin sport jantung. Belum lagi sebelumnya supirnya pernah ngomong kalo rem bisnya musti diperbaiki... :(

Setelah merasakan kejadian yang mendebarkan itu, gue kagak mau lagi naik bis itu, makanya waktu pas pulangnya gue gak mau naik bis itu lagi, meskipun pangkalan bis itu gak terlalu jauh dari tempat tinggal gue. Inisial nama bis yang gue naikin ini adalah HP, gue gak usah sebut nama bis itu, yang jelas plat nomor bis itu di mulai dengan huruf Z yang artinya bis itu terdaftar untuk wilayah Priangan Timur (mungkin dari kota Tasikmalaya). Saran gue hati-hati naik bis dengan inisial HP ini...

6 Comments:

Anonymous Anonymous said...

lintang_utara@yahoo.com

vi, hati2 aza lo d sumpahin..

maksud eke, sumpah palapa bow :)

Tuesday, February 22, 2005 12:50:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

Halo, ini ad***n (nama sengaja dirahasiakan :p) pak yang waktu itu telat ngumpulin tugas"
Agak bingung juga siapa ya adrian, setelah agak lama mengingat-ingat, baru sadar ternyata dia salah.
==============
Gimana nih vi? kok namanya disebutin :D

Wednesday, February 23, 2005 11:48:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Uups... asli salah gue :) tadinya gak mau di rahasiain, pas dijadiin rahasia ternyata ada yang kelupaan ikut di ubah, konyol!... tapi bagus lah berarti loe membaca dengan sungguh-sungguh... thanx buat koreksinya :)
Sekarang udah gue edit supaya rahasia :D (sebenernya dah gak ngaruh sih... udah kepalang gak rahasia :p)

BTW kalo bisa ditulis nickname loe doong... seperti si lintang_utara, biar gak terlalu anonymous.... :p

Thursday, February 24, 2005 11:47:00 AM  

Anonymous Anonymous said...

Hehehe...itu gua Vi. Hoki.
Biasa kalau gua tugas malam, sering baca blog elo. Lumayan kayak cerita seru :))
Hehehe..becanda ding.

Thursday, February 24, 2005 10:06:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

lintang_utara@yahoo.com

Sekarang udah gue edit supaya rahasia :D

=============
maksudnya??? mau rahasia gimana kalo nama ADRIAN masih lo biarin nonggol di comment..

Friday, February 25, 2005 10:54:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Emang masih rahasia..., sampe loe baca commentnya :). Gue bisa aja hapus comment yang bikin gak rahasia kayak coment loe itu :p, tapi dipikir-pikir gak ngaruh... yang baca juga gak pada tau muka orangnya kayak gimana, jadi ya biarkan saja... :D

Monday, February 28, 2005 3:02:00 PM