Kebutuhan dengan Kenikmatannya

 Monday, October 25, 2004

Hari Minggu dini hari, gue masih bantuin temen ngerjain projeknya sampai pas mau sahur, nah kayaknya temen gue ini gak enak, makannya kami di ajak nginep di suatu hotel. rencananya sih biar habis bangun bisa semangat ngerjain lagi... sebenernya sih gue gak mengharap untuk bisa tidur di hotel, tapi berhubung dipaksa dan dipikir2 gak ada salahnya juga ya udah gue dan yang lainnya mau aja.

Masuk ke hotel, pas adzan subuh gitu... gue bertiga bereng temen nginep di hotel. Karena defaulnya cuma buat dua orang jadi harus pesen tempat tidur tambahan. Ya pokoknya akhirnya kami tidur di hotel. Entah kenapa ya, gue saat itu setelah sholat shubuh, tidur itu kok agak-agak susah banget tidurnya. Mulai tidur paling sekitar jam 5 pagi kurang, itu juga dengan susah payah, eh jam 6 taunya gue udah bangun karena batuk-batuk, tapi gue harus maksain tidur soalnya takut gak bisa ngerjain, tapi ternyata setelah coba diterusin, akhirnya jam 9 pagi mata ini udah pengen melek aja. Ya udah deh emang dasar udah gak bisa tidur meskipun udah dihotel, ya mo gimana lagi emang dasarnya mata gak mau tidur sih...

Setelah kami beres-beres mandi, akhirnya minggu jam 10 kami balik lagi bantuin proyek temen ini... yah lumayan ribet juga ternyata. temen gue yang ngajakin ke hotel datengnya agak siangan, ternyata pas saing hari dia juga masih ngantuk tuh :( saat itu gue masih kuat untuk ngerjain kerjaan. Entah kenapa pas habis sholat ashar, kok mata gue ngantuk banget ya... :( akhirnya gue jejerin 3 kursi itu supaya bisa gue tidurin dan ternyata gue bisa tidur dengan nyenyak tuh di kursi kantor temen gue.

Dari situ gue kok jadi mikir, kalo sebenernya nikmatnya tidur itu kalo memang badan butuh untuk istirahat, bukan karena semata-mata tidur di hotel yang pake kasur spring bed, kalo emang dasarnya mata lagi gak mau untuk diajak tidur malah gak nikmat juga tidurnya. Tidur di hotel, dikit-dikit bangun, sedangkan tidur di kursi yang dijejerin ternyata nyenyak juga sampe-sampe tau-tau udah maghrib aja.... Bangun rasanya badan agak seger juga... :) emang rada pegel ya maklum aja namanya juga tidur di kursi... tapi mata lebih enak aja habis bangun...

Hal yang sama itu juga soal makan, mungkin kalo yang ini udah banyak yang denger. Makanan itu rasanya nikmat kalo memang perut kita udah butuh diisi (laper). Jadi inget dengan cerita yang ada di majalah anak-anak jaman gue kecil, kalo ada suatu raja yang senang makan tapi jahat, kerjanya suka membunuh semua juru masak istana kalo masakan yang dibuatnya gak enak. Pastinya gak ada lagi juru masak yang mau kerja buat sang raja. Tapi pada suatu hari ada seorang juru masak yang berani melamar jadi juru masak istana (kalo sekarang mungkin namanya Chef kali ya..) nah dia ngaku punya resep yang luar biasa, tapi ada syaratnya, makan yang dibuatnya gak boleh di makan di istana, harus di tempat yang jauh baru resep itu manjur (obat kali manjur).

Si Raja tertarik dan akhirnya sang raja bersama rombongannya pergi ke suatu tempat pagi-pagi seperti yang dikatakan sang juru masak untuk memenuhi persyaratan memakan masakannya si juru masak. Setelah berjalan agak jauh, sang raja bertanya dimana tempat dia bisa makan makanannya. Si juru masak masih meyakinkan sang raja bahwa tempatnya masih jauh. Si Raja sudah tidak sabar ingin segera memakannya. Oleh si juru masak, si Raja dipaksa untuk terus melanjutkan perjalanan, setiap kali ingin makan selalu dikatakan bahwa tempatnya bukan disini. Sampai suatu saat hari sudah menjadi siang, si raja sudah kehabisan kesabarannya dan akan membunuh si juru masak karena dianggap mempermainkan raja.

Saat itu juga si juru masak memberitahu bahwa beruntung sekali raja ternyata sudah menemukan lokasi yang tepat untuk makan makanan yang di buat olehnya. Akhirnya makanan itu di buka dan dimakan lahap oleh sang raja. Sang Raja puas sekali dengan resep yang dibuat oleh juru masak yang baru itu, dan menanyakan apa resep rahasianya. Akhirnya si juru masak memberitahukan rahasiannya, ternyata rahasianya adalah LAPAR, si raja di ajak ke tempat yang jauh, sengaja supaya perutnya menjadi lapar. Kemudian dia menunjukan makannan yang dibuatnya itu sebenernya resepnya tidak jauh berbeda dengan resep-resep makanan yang telah dibuat oleh para juru masak sebelumnya yang sudah habis dibunuh karena rasanya dianggap tidak enak.

Sang raja akhirnya baru menyadari kalo ternyata memang makanannya sama dengan makanan-makanan yang dibuat oleh juru masak sebelumnya, akhirnya sang raja menjadi sadar kalo ternyata makan saat lapar itu memberikan nikmat tersendiri, dan si Pelayan itu akhirnya di beri hadiah dan tetap menjadi juru masak istana.

Contoh si raja itu kayaknya pernah juga sih dialami oleh gue, kalo laper banget kayaknya semua makanan emang jadi nikmat... :)
Jadi inget dengan ceramahnya Aa Gym, kalo sesuatu yang enak itu akan nikmat kalo dirasakannya sedikit saja. Beliau mencontohkan kalo es krim itu enak kalo dimakannya dikit, coba aja kalo makan es krim se-drum mana bakalan enak lagi. Hal ini juga pernah juga gue alami waktu pas makan di restoran all you can eat. Sengaja perut di kosongin biar bisa nampung banyak makanan nantinya. Bener makanan emang banyak yang dimakan, tapi sampai titik tertentu, ternyata perut udah gak bisa nerima lagi, semua makanan yang masuk mulut udah gak enak rasanya, malah berkali-kali gue pengen muntah akibat kebanyakan makan... :)

Jadi sebenernya emang kayaknya segala sesuatu itu akan jadi nikmat saat kita benar-benar membutuhkannya, dan jumlahnya pun gak banyak-banyak kita coba nikmatin... karena makin banyak kita ingin menikmati pada akhirnya akan menjadi tidak nikmat lagi deh.... :( Ah andai saja kenikmatan itu bisa dinikmati dalam jumlah yang banyak.... Tapi sejauh pengamatan gue, emang kayaknya gak ada deh, sepertinya memang rumusnya: nikmat = bener-bener butuh + secukupnya. Derajat kenikmatan akan semakin tinggi seiring dengan derajat kebutuhan... atau ada rumus lainnya ya? ya sejauh ini kayaknya baru rumus itu tuh yang gue tau...

Ngomong-ngomong soal kenikmatan, kayaknya zaman sekarang kebanyakan (tidak semua) untuk bisa mendapatkan kenikmatan biasanya butuh uang, nah untuk dapet uang butuh kerja kan?. Nah meskipun rada gak nyambung-nyambung, ada peluang kerja nih jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional), gue dikasih tau temen gue. Yang berminat harus datang langsung ke Kantor Pusat BATAN di mampang prapatan Jakarta selatan telp. 5251109 mulai tanggal 27 okt-3 nov, setiap hari kerja jam 9.00-14.00, membawa fotokopi kartu kuning pencari kerja dari depnaker, pensil 2b, penghapus, foto 2 lembar ukuran 3x4, surat lamaran ke kepala BATAN, fotokopi ijasah, transkrip nilai.usia maksimal 27 tahun, ip min 2, 75.

Ada yang tertarik? gue sebenernya pengen nyoba juga sih, tapi gak yakin kapan ada waktu beresin persyaratan administrasinya? apalagi itu tuh syarat yang kartu kuning depnaker, asli gue baru denger lho ada kartu kuning pencari kerja :(. Orang mau cari kerja kok dipersulit segala sih harus pake kartu kuning pencari kerja....

0 Comments: