Huuuah Cape....

 Sunday, October 31, 2004

Jum'at
Malam hari dari jam 10-an sampai jam setengah 12 malam memaksa diri untuk bikin soal buat midtest, kalo gak kapan lagi keburu!... :(

Sabtu
Subuh-Pagi, akhirnya beres juga deh bikin soal, gila kalo niat sebenernya seharian juga beres.... untungnya habis subuh badan gak ngantuk jadi deh bisa beresin soal sekalian bikin kisi2 *lega satu beban sudah lepas*

Pagi-pagi berangkat, eh... ternyata yang mau diajar lebih dikit ketimbang kemarin, padahal gue mau ngasih kisi-kisi. ya udah itu sih terserah mereka aja. Kebetulan pas sebelum ngajar, di sekre kebetulan ditanyain apa udah jadi soal sama ibu sekjur, ya udah gue sodorin aja 4 lembar soal yang udah gue buat malem sampai pagi tadi *beres deh satu tanggung jawab*.

Sambil nunggu yang mau diajar dateng, tiba-tiba kok ada satu mahasiswa sepertinya mau ngomong ama gue. Kalo dari penampilan fisik sih, sepertinya dia tipikal mahasiswa cinta almameter, soalnya gue perhatiin setiap gue liat dia selalu pake jaket universitas :) tidak seperti kawan-kawannya yang lainnya. Kalo gak salah emang dia termasuk aktif juga di organisasi kayaknya sih.

Dia nyamperin gue, terus ngomong "Pak, gini pak bulan desember nanti kami mau ngadain acara untuk anak-anak baru, nah kami minta kesediaan bapak (gile gue males banget sebenrnya dipanggil bapak) untuk hadir dalam acara kami".
Dalam hati gue "Haaah gak salah nih bocah ngomong?"
"Jadi rencananya awal desember kami mau mengadakan pengenalan dunia komputer terutama programing ke mahasiswa baru, dan kami meminta bapak untuk bisa jadi pembicara" jawab si mahasiswa
"Gak salah nih? saya ini bukan pengajar tetap disini, dan saya juga baru ngajar 2 kali kuliah dengan ini, kenapa gak ngundang dosen yang lain aja yang lebih senior?" tanya gue heran
"Saya udah diskusi dengan teman-teman mereka punya berbagai pilihan, nah sebagian dari mereka mengajukan nama bapak (tuh kan gue dipanggil bapak lagi) buat jadi pembicara" bales si mahasiswa
"Tapi atas dasar apa dulu nih, kok saya yang dipilih?" tanya gue...
"Ya, berdasarkan poling anak-anak pada milih bapak supaya jadi pembicara" jawab si mahasiswa (dalam hati gue, penasaran polingnya kayak gimana? jangan-jangan dia cuma asal ngomong poling seenaknya dia aja... :p)
"Tapi ya kami sih tidak bisa memberikan apa-apa pak...." si mahasiswa sepertinya agak kesulitan untuk bilang kalo dia itu pengen ngudang tapi ini gak ada duitnya... :)
"Oh, iya soal itu sih gak masalah :), tapi kalaupun saya hadir, apa yang harus saya omongin" tanya gue masih penasaran.
"Ya jadi kayak semacam kuliah umum lah pak, nanti kalo perlu saya minta bantuan pihak jurusan untuk menyediakan peralatan yang dibutuhkan seperti komputer dan lain-lain" jelas si mahasiswa
"Tunggu dulu, kalo saya disuruh menjelaskan tentang pemrograman ataupun bikin diktat, saya gak mau!, kalaupun memang mau jadi pembicara, ya paling sekedar bicara-bicara aja paling cerita-cerita aja" jawab gue ogah kalo sampe beneran ngajar.
"Oh enggak pak, kalo kayak modul itu sih biar saya aja yang buat, gak papa bapak cerita-cerita aja gimana sih manfaat bahasa pemrograman di dunia kerja" jawab si mahasiswa.
Dalam hati gue "duh gak salah lagi nih... gue disuruh nyeritaain pengalaman kerja gue :D padahal soal programming kan gue asli gak jago-jago amat!"
"Ya kalo sekedar gitu sih gak masalah kayaknya..., tapi terus terang kerjaan saya sekarang ini biasa-biasa aja sih jadi kayaknya gak banyak banget yang bisa diceritaain" bales gue rada males-malesan karena merasa kurang PD aja :p
"Ya paling gak kan bapak udah kerja, ya cerita-cerita aja lah gimana manfaat programming bagi dunia kerja" jawab dia..
"Waktunya hari apa" tanya gue lagi
"Sekitar sabtu, jam setengah sembilan pagi" jawab dia
"Lho tapi kan saya ngajar" tanya gue rada heran.. terus dia jawab apa gitu yang gue kurang ngerti juga... tapi intinya sih ya gue oke-oke aja cuma soal waktu kita liat entar aja, kayaknya musti ditanyain lagi sama si mahasiswa ini >:-)

Dalam hati, gue masih aja heran ngapain sih mahasiswa2 itu kok malah milih gue yang jelas-jelas orang baru terus terang gue sama dosen dan karyawan yang lain aja banyak banget yang gak gue kenal palingan ya orang sekjur, janitor, penjaga lab, sama yang bayarin honor :) sisanya belum ada yang kenal :(

Ya kalo mau berfikir negatif, jangan-jangan si mahasiswa udah gak bisa dapet dosen yang mau dijadiin pembicara sehingga terpaksa gue yang dipilih :p. Tapi kalo mau berfikir positif, gue bisa menganggap cara ngajar gue selama ini ternyata bisa diterima oleh mereka-mereka (nyatanya ngaku-ngaku pake poling segala :p - atau itu akal2nya aja :p) ya kalo bener yang kaya gitu, asli bisa ge-er nih gue :) hahahaha terus terang, semua temen gue gak ada yang percaya gue ada tampang untuk ngajar - beneran dari temen2 di sma, sampe temen kerja waktu pas gue ceritaain gue ngajar pada ketawa dan penasaran semua... iya yah gue juga bingung jangan-jangan mahasiswa yang gue ajar bisa ketularan sablengnya gue juga tuh seperti yang di pikir temen-temen gue :D tau dah... jangan-jangan emang gue sebenernya ada bakat ngajar *uhuk-uhuk ehm* bukannya apa-apa pas pulannya gue ketemu ama ketua jurusannya, semester depan gue disuruh pegang 5 kelas... gile mana sanggup gue... pake acara maksa dan "menodong" gue lagi.... hehehehe kita liat aja entar *tapi males sih sebenernya*

Beres si mahasiswa nawarin jadi pembicara gue rada-rada bingung juga... tapi kalo beneran entar gue disuruh jadi pembicara..... heeee bisa-bisa gue kasih doktrin-doktrin terus. Gue bakal cekokin deh doktrin-doktrin yang gue anut selama hari itu >:-)

Setelah sebagian besar peserta kuliah dateng, langsung aja gue kasih kisi-kisi sama penjelasannya. Ternyata susah juga ya nyuruh orang-orang itu pada maju kedepan untuk ngerjain soal... iya sama aja sih kayak gue dulu yang paling ogah juga kalo udah disuruh kedepan. Dulu gue paling males kalo disuruh kedepan ngerjain soal atau bertanya, soalnya suka malu kalo salah ngerjain yang diperintahkan pengajar.

Sekarang gue berada di posisi yang sebaliknya, makanya gue paksa mereka kedepan tapi gue gak mau juga kalo sampai mereka malu kalo jawabannya salah, gue usahaain kalo jawabannya mulai salah, gue coba benerin, jadi sebenernya kayak ngediktein sih kalo emang bener-bener gak ngerti. Tapi ternyata gue "agak meremehkan" mereka!, ternyata sebagian besar jawaban mereka yang gue "paksa" ngerjain di depan papan tulis kuliah sebagian besar banyak yang bener :) ya kalo udah kaya gini sih rasanya bahagia juga kalo yang di ajar ternyata mengerti apa yang telah diajarkan :). sepertinya benar kata kebanyakan pengajar, kebahagian seorang pengajar adalah saat yang diajarkan itu berhasil dimengerti/ditangkap oleh orang-orang yang diajarkan sang pengajar.

Selepas ngajar, iseng main-main aja ke gramed, gak ada yang baru dan "bagus" ya udah akhirnya gue sempetin mampir ke superindo jembatan merah. Disitu iseng gue beli cendol sama tau deh pokoknya yang biasa dibikin minuman (bukan kolak tapi). Niatnya sih biar nyokap yang bikinin gue tinggal makannya hehehehe gue sengaja beli beberapa makanan ringan sama sirup.

Sampe rumah gue minta cendol gue dibuatin, eh udah gitu gue malah tidur *gak sopan* ya mau gimana lagi gue kan udah kurang tidur sebelumnya. Lumayan lama juga sih kayaknya gue tidur, tau-tau gue baru inget kalo hari sabtu sore ada acara buka puasa bersama temen2 kelas 2-6 smansa dulu, temen2 gue waktu pas kelas 2 sma. Entah kenapa, gue ngerasa sayang aja kalo sampe gak jadi dateng, kan udah jarang ketemuan. apalagi anak 2-6 kan asik-asik dan kompak *sok muji kelas sendiri*. Pas gue tidur ternyata gue juga dikirimin sms temen gue, gue disuruh ke tempatnya dia bantuin beresin proyeknya. Wah gue udah pengen nolak-nolak pake alasan ada acara bukber dan pulangnya malem, gue tambah alasan lagi kalo malem udah gak ada lagi KRL ke jakarta, eh malah dibales, ya udah loe naik taksi aja tar di bayarin... duh jadi gak enak terpaksa juga sih gue niat langsung berangkat ketemen gue habis acara buka bersama anak-anak 2-6.

Terus gue jadi mikir, yah percuma dooong gue mintain nyokap gue bikinin kuah cendol malah gak dimakan sama gue :( tapi untungnya, gue masih tetep bisa ngerasain juga, karena ternyata cendolnya waktu pas sore sebelum berangkat udah jadi... jadi gue bisa bawa di pelastik untuk dimakan di tempat temen gue :)

Hmmmm cerita tentang buka bersama & ngebantuin temen kayaknya diceritakan di blog berikutnya aja kali ya... karena bakalan panjang tuh... dan gue bisa gak ngerjain kerjaan gue nih kalo gitu caranya :( Yang jelas hari sabtu ini lumayan sibuk juga, termasuk malam minggu juga :(

4 Comments:

Anonymous Anonymous said...

linda: Alvi sekarang ngajar ya? enak gak ngajar? btw ngajar dimana?

Wednesday, November 03, 2004 4:11:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

Yup sekarang gue emang lagi ngajar. Enak apa enggak ngajar? hmmm relatif sih :)
Enaknya tuh kalo apa yang kita ajarin tuh bisa dimengerti sama mereka yang kita ajarin, selain itu menambah ilmu! beneran nih, kan gue ngajar OOP nih, sebenernya waktu pas awal ngajar, beberapa konsep OOP gue masih rada-rada gak paham, cuma karena mau ngajar mau gak-mau kan akhirnya belajar dulu tuh, akhirnya tambah deh ilmu biar dikit-dikit.
Manfaat lainnya, lebih PD aja kalo bicara di depan orang banyak (setidaknya didepan yang di ajar). Gue masih inget banget awal-awal ngajar pertamakali (tahun 2003 yang lalu) waktu pas mau masuk kelas, rasanya was-was takut-takut dapet mahasiswa yang badung, ternyata gak seburuk itu kok bayangan gue... :p *gara-gara kebanyakan nonton film*. Sekarang sih udah mulai biasa walaupun belum 100% bener-bener gak takut ngomong di depan umum, setidaknya bertahap kan? :D
Gak enaknya, kalo pas meriksa PR atau hasil ujian, Males :p lebih-lebih kalo PR-nya udah soal programming, banyakan copy-paste, ganti NPM doang >:-(
Tapi secara keseluruhan enak kok ternyata ngajar itu :) jadi kapan Linda mau jadi pengajar juga? hehehe :D
Oh iya gue sekarang ngajar kuliah OOP *padahal gak jago2 amat sih :p* di Univ. Pakuan Bogor (tempatnya tuh di samping kiri jalan tol Jagorawi tepat sebelum masuk ke pintu gerbang tol Bogor)

Wednesday, November 03, 2004 4:53:00 PM  

Blogger alvifauzan said...

This comment has been removed by a blog administrator.

Wednesday, November 03, 2004 4:58:00 PM  

Anonymous Anonymous said...

linda: wah jadi pengen ngajar:) sebenernya sih dari dulu pengen ngajar, tapi belum ada kesempatan & dan belum pd sama ilmu yg dipunya.

Monday, November 08, 2004 8:40:00 AM