Hasil SPMB

 Thursday, August 04, 2005

Gue kira hari ini ada pengumuman spmb, ternyata baru tanggal 5-6 Agustus 2005 besok pengumumannya keluar. Sebenernya sih gue dah gak ada urusan lagi ama SPMB atau yang jaman gue dulu beken dengan sebutan UMPTN. gue cuma penasaran aja gimana nasib tetangga gue, sama anak temennya nyokap gue, lulus apa enggak...

Gue penasaran lulus apa enggaknya tetangga gue, soalnya dulu gue sempet iseng nanya kalo gak keterima mau masuk mana, dia bilang mau ikutan ujian STAN, kalo masih gak lulus juga mungkin bakal di modalin jualan koran! gue pikir dia sih becanda, eh waktu itu lagi rame-rame kumpul orang, terus ada yang iseng orang nanya ke bokapnya tetangga gue ini. orang itu nanya kalo anaknya gak lulus mau masuk kemana, dia bilang harus masuk negeri kalo gak bisa masuk mending jualan koran, barangkali bener tuh omongan temen gue kalo dia gak lulus dia di suruh jualan koran. Kebetulan bokapnya tetangga gue ini menjabat sebagai kajur di suatu univ swasta, dan dia bilang gak mau anaknya spt mahasiswa-mahasiswanya yang kadang-kadang kurang kerjaan (gue yakin gak semua kayak gitu sih), jadi lebih baik milih masuk D3 negeri daripada masuk swasta... ya mudah2an aja tetangga gue ini nasibnya gak harus jadi tukang koran, gak tega aja gue liat sodara kembarnya kuliah di IPB (kebetulan sodara kembarnya dah keterima lewat jalur PMDK)

Kalo anaknya temen nyokap gue lain lagi, anaknya termasuk pinter, kebetulan dia termasuk punya prestasi bagus di sma-nya yang kebetulan sama juga dengan sma gue dulu (so what...?). Dia kalo mau masuk IPB pasti bisa keterima, gue yakin... maklum temen2 gue dulu dengan nilai rapor spt itu banyak yang keterima di IPB tanpa harus capek2 ikut UMPTN. Sayangnya (jika itu bisa disebut sayang) sekarang jalur penerimaan mahasiswa baru lewat jalur PMDK (tau deh namanya sekarang apa sih? PPKB? USMI? what everlah...) di IPB gak bisa memilih jurusan spt dulu. Jadi setiap anak yang keterima via jalur PMDK ini selama setahun gak punya jurusan sama sekali, nanti kalo udah setahun bisa di liat dari IP/Prestasi nah baru deh dia di jurusin sama IPB ke tempat yang 'menurut mereka pas'. Nah cara ini bikin anaknya temen nyokap gue gak suka dengan cara itu, padahal bokapnya udah nyuruh dia coba aja, tar kalo setahun gak cocok baru ikut SPMB lagi... dasarnya gak suka dengan cara PMDK baru di IPB dia pilih masuk ke UI masuk lewat jalur PMDK.

Waktu pas di umumin ternyata dia gak lolos masuk UI via PMDK, yang lolos temennya dia, dia sebenernya urutan kedua (secara prestasi kali ya...) cuma karena nerimanya cuma satu jadi dia gak lolos. Udah gitu yang bikin kecewa adalah temen yang keterima di UI itu ternyata juga keterima di univ. beken di Singapur jadi dia lebih pilih ambil yang singapur daripada UI, sayangnya kekosongan itu gak otomatis bikin dia bisa PMDK, ya terpaksa lah musti ikut UMPTN juga.

Nah ini situasi yang dilematis bagi orang pinter seperti itu, kalo kegagalan terjadi mungkin kekecewaan akan lebih besar ketimbang orang yang biasa-biasa aja, orang biasa kalo gagal kan nyarai alasan (excuse) kenapa dia gagal kan lebih banyak dari orang pinter hehehehe. Kalo ngebandingin beda banget ama gue dulu, gue boro-boro berprestasi, yang ada juga berprestasi dari urutan paling bawah hehehe, jadi gue tau diri aja gak coba deh lamar-lamar ikutan PMDK, yakin soalnya pasti gak qualify. Kalaupun seumpama bisa keterima di suatu jurusan gue juga gak yakin bakal seneng dengan jurusan itu, kalo gak suka buat apa juga gue coba masuk. Itu juga sebabnya gue gak mau ikutan tes masuk ke STAN, gimana mau masuk ke sana nilai ulangan harian akuntasi aja cuma dapet 3 itu juga karena gurunya gak tega ngasih nilai 0, habis kan kalo di akuntansi salah diatas pasti yang kebawah salah juga. Intinya ngimpi aja deh bagi gue bisa keterima di univ lewat jalur PMDK hehehehe.

Tapi justru keadaan itu jadi memaksa gue gak bisa liat pilihan lain kecuali harus lolos UMPTN kalo mau masuk univ negri, ya udah deh segala soal-soal jaman dulu di coba-coba, ah kalo gue inget saat-saat itu gak nyangka juga kalo gue bisa rajin :p (sayang sekarang kok susah ya gue mo rajin lagi). Bagi gue saat itu nothing to lose, gak lulus ya berarti emang otak gue emang segitu kemampuannya... tapi kalo anaknya temennya nyokap gue ini jelas beda dong situasinya dia pinter selalu juara dan dia pasti bakal khawatir banget kalo sampe2 gak lolos SPMB tahun ini. Mungkin kalo gak lolos SPMB bisa jadi penyesalan soalnya bokap-nyokapnya kurang sreg dengan gambling dengan ikut SPMB (jika ikutan SPMB bisa disebut gambling) padahal jelas2 kalo dia mau dia pasti keterima di IPB tanpa tes (meski tanpa punya jurusan).

Kebetulan, temennya nyokap gue ini sampe nelpon-nelpon segala ke gue nanya seluk beluk ikutan SPMB (ya elah gak salah tuh, masak nanya ke gue sih...) Gue emang lulus UMPTN, tapi semua itu gue pikir lebih bisa di sebut faktor mujur deh... soalnya gue pas udah lulus baru tau kalo temen2 se-SMA yang daftar ke jurusan yang gue pilih ternyata cukup banyak juga dan pasti lebih jago-jago dan pinter dari gue termasuk shinta 99 tapi gue gak ngerti kenapa juga gue malah jadi satu2nya orang yang keterima, aneh tapi ya alhamdulillah juga sih soalnya pas jaman gue masuk ke PTN adalah angkatan terakhir yang bayaran persemesternya masih lebih murah (sekitar 550 rebu per semester, angkatan berikutnya bayarnya 1,5jt++, sekarang malah ditambah kudu bayar uang pangkal 25jt :( ).

Gue inget pertama kali tau gue jebol UMPTN dikasih tau Apin, temen SMA gue (makasih ya pin!). Gue beneran gak nyangka juga sih bisa jebol UMPTN pilihan yang pertama lagi, dan tetep gue masih belum yakin sebelum baca sendiri ada nama gue di koran yang mengumumin (yah itung2 seumur hidup sekali nama gue bisa nongol di koran).
Mungkin karena gue bisa lolos itu kali temennya nyokap gue nanya gue gimana cara lulus, yah gue juga bingung jawab gimana cara lolosnya spmb.

Kebetulan temennya nyokap gue ini pernah diceritain sama nyokap gue kalo gue pernah jadi data kontrol UMPTN (ah... masa-masa itu... :p masih inget gak ben kita berpartner ngejar shift..). jadi temennya nyokap gue ini pengen tau gimana sebenernya nasibnya lembar jawaban UMPTN kalo udah diserahin ke pengawas sampe pengumuman kelulusan, termasuk dia juga tanya soal mitos-mitos yang beredar seputar UMPTN. Karena ditanya ya gue jelasin sejauh yang gue tau...

Memang banyak mitos-mitos yang beredar katanya kalo hasil ujian UMPTN/SPMB yang robek atau keinjek gak bakal diperhatiin dan langsung di buang... dan hal itu juga yang ditanyain temennya nyokap gue ini. Gue yakin mitos itu boong... kenyataannya gak seperti itu kok. Kalo emang ada orang pinter gagal lulus UMPTN/SPMB memang ada beberapa kemungkinan seperti keteledoran peserta atau bisa juga kesalahan pihak pengawas atau bisa juga sih kesalahan data kontrol. Kesalahan yang umum dari peserta adalah dia teledor mengisi data pribadi dan data ujian. Kalo kita daftar UMPTN biasanya kita akan dikasih formulir yang harus diisi dengan mengarsir lingkaran dengan pinsil 2B, nah kesalahan yang muncul kadang kala mereka lupa mengisi/mengarsir lingkaran ini dengan pinsil 2B. Biasanya kan di form nama kita musti mengisi dengan huruf/angka di bagian atas, dan melingkari huruf/angka yang beresuaian di kolom bagian bawah angka itu, nah biasanya para peserta cuma menulis huruf/angka tapi lupa mengarsir lingkaran yang bersesuaian di kolom bawahnya. Kalo kasusnya seperti ini jelas bukan salah komputer atau data kontrol tapi salah dari si peserta.

Mungkin itu juga bisa menjelaskan kenapa ada orang pinter tapi kok gak lulus, boleh jadi saat dia mendaftar dia lupa mengarsir lingkaran2 untuk kode jurusannya. Gimana komputer mau memasukan seseorang lolos/tidaknya ke suatu jurusan kalo komputer tidak tau peserta itu mau masuk kemana, Garbage in Garbage out... Begitu pula dengan pas saat ujian biasanya para peserta cuma konsen pada mengisi jawaban tapi dia lupa mengisi/mengarsir kode peserta ujian dan kode soal, karena gimana komputer bisa mencocokan jawaban si peserta dengan jawaban yang sesuai kalo dia tidak tau kode soalnya. Ini kejadian nyata terjadi sama anak 99 fasilkom (muzamil) dia sebernya lulus sma tahun 97 tapi dia dua kali gagal tes ujian karena dua kali dia ikut umptn dia lupa melingkari/mengarsir kode soal... konyol kan! sebanyak apapun jawaban kita yang benar selama kita gak mengisi/mengarsir kode soal ya gak bakalan deh lolos UMPTN!

Tugas data kontrol tidak diperkenankan untuk menambahkan lingkaran/mengarsir kecuali jika memang ada arsiran tapi tetap tidak terbaca komputer baru lah itu boleh di benarkan oleh data kontrol. Oh iya dulu gue sama temen gue pernah waktu pas jadi data kontrol menemui beberapa lembar jawaban yang memang masih keselip di amplop ujian. Jadi setelah beres ujian biasanya kan lembar jawaban di kumpulkan dan dimasukan kedalam amplop, nah ada kalanya mungkin karena kebanyakan ngasih lem, lembar jawaban itu masih nempel di dalem amplop. semua amplop dari tempat ujian kan di ceknya di sini, jadi jumlahnya bisa banyak banget amplopnya bisa ampe ratusan jadi kebayangkan kemungkinan untuk ngecek apa semua udah di keluarin itu masih ada kemungkinan untuk keselip. Apalagi kalo ngerjainnya pas malem2 ketelitian para pegawai kan makin lemah (ya mereka kan juga manusia... :p). Tapi tetep kok kalo ada yang keselip itu pasti di cek lagi apa bener ada yang keselip apa enggak, waktu itu gue sama temen gue sempet nemuin ada setidaknya ada 10 lembar jawaban yang masih terselip di amplop-amplop yang masing2 terpisah. Yah kalo udah di sini emang udah takdir juga sih kalo sampe gak ditemui oleh tim data kontrol... tapi yang jelas gak pernah tuh ada niatan dari tim data kontrol untuk sengaja membiarkan lembar jawaban gak di perlakukan sebagaimana layaknya...

Terus temennya nyokap gue ini juga cerita kalo anak dia di tempat les hasil Try Out selalu lolos dengan skor sekian2, terus dia nanya kalo skor di UMPTN itu kayak gimana? terus terang gue juga gak tau gimana kayaknya sih itu urusan panitia deh, cuma yang gue bingung kok bisa2nya setiap bimbel bikin ancer2 passing grade untuk setiap jurusan, tau dari mana dia kalo taun lalu jurusan X minimal score untuk keterima adalah sekian2. Boong kali, boleh jadi... soalnya gue geli sendiri dulu kalo dapet brosur iklan dari tiap bimbel, biasanya di brosur itu tertulis "50% orang yang diterima di jurusan X universitas Y (pokoknya univ. bergengsi lah) adalah lulusan bimbel Z", terus bimbel yang lain juga ngiklanin hal yang sama yang bilang "50% orang yang diterima di jurusan X universitas Y adalah lulusan bimbel A" dst.. kalo ada 3 bimbel yang masing2 ngaku 50% jelas jumlahnya jadi 150% dan gak mungkin lah... emang dasar bisnis, ada kalanya sesekali keliatan mentereng memang diperlukan tak peduli jika memang harus berbohong (mudah2 sih gak gitu)

Dulu kalo gak salah di Balairung UI ada acara model2 seminar persiapan UMPTN dan disitu di ada anak SMA yang nanya kenapa sih hasil UMPTN gak diumumin aja secara terbuka berapa passing gradenya buat tiap jurusan di tiap universitas negeri. Jawaban dari sang ketua panitia UMPTN saat itu yang kebetulan jadi nara sumber adalah, dia sangat senang sekali kalo hal tersebut dilakukan mengingat ini jamannya keterbukaan, tapi keputusan tetep ditentukan oleh hasil rapat diantara para rektor dari tiap universitas, dan mereka memang bersepakat untuk tidak memberitahu berapa minimum score untuk setiap jurusan, alasannya adalah kasian bagi peserta UMPTN yang keterima di jurusan dan universitas yang nerima passing gradenya rendah, nanti setelah lulus bukannya seneng tapi malah gak semangat begitu tau ternyata jurusan yang di pilihnya nerima passing gradenya rendah (yah mungkin takut turun gengsi lah kalo ketauan berapa skor2nya), karena alasan itu ya lebih baik sih katanya di rahasiain aja.

Setelah gue ceritain hal ini ke temen nyokap gue baru sih agak maklum, dia bilang anaknya lagi agak tertekan nih gara-gara mau SPMB, eh udah gitu gue sok2 memberi nasehat, ya kalo kayak gitu harus dibangkitkan semangat & optimismenya (yeah right... kenapa gak diri gue sendiri yang coba ngelakonin!). Eh tapi kan bener orang kalo mau ujian ya harus di kasih semangat biar gak mikir gagal mulu... apalagi memang beban juga sih kalo sampe dia gak lulus padahal diakan termasuk anak berprestasi disekolahnya dan seharusnya bisa keterima PMDK di suatu univ. Emang kebetulan juga di keluarganya dia itu ada sodaranya yang pinter tapi ya gak lolos UMPTN jadi mungkin kayak trauma gitu lah takut hal yang sama (gagal UMPTN) kejadian juga sama dia...

yah mudah2an sih hasil pengumuman besok tetangga gue dan anaknya temen nyokap gue itu bisa lulus SPMB, ya sukses lah semoga tercapai apa yang terbaik.... (dan adakalanya yang terbaik itu tidak harus selalu lolos SPMB, betuuuul? *gaya kiwil*)

~ternyata-sudah-7-tahun...cepat-sekali-sang-waktu-berlalu...

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

Saturday, November 21, 2009 6:31:00 AM